Google+

Bhagavad Gita 1.1

Bhagavad Gita I.1

Mengamati tentara di medan Pertempuran Kurukṣetra


dhṛtarāṣṭra uvāca
dharma-kṣetre kuru-kṣetre
samavetā yuyutsavaḥ
māmakāḥ pāṇḍavāś caiva
kim akurvata sañjaya

sinonim katanya Bhagavad Gita 1.1

dhṛtarāṣṭraḥ - Raja Dhṛtarāṣṭra,
uvāca - kata,
dharmakṣetre - di tempat ziarah,
kurukṣetre - di tempat yang bernama Kurukṣetra,
samavetāḥ - dirakit;
yuyatsavaḥ - menginginkan untuk melawan,
māmakāḥ - anak anak saya,
pāṇḍavāḥ - putra Pandu,
ca - dan,
eva - tentu,
kim - apa,
akurvata - mereka lakukan,
Sanjaya - seorang abdi yang bernama Sanjaya.

arti sloka Bhagavad Gita 1.1:

Dhṛtarāṣṭra mengatakan: O Sanjaya, setelah perakitan di tempat ziarah di Kurukṣetra, apa yang anak-anak saya dan anak-anak Pandu lakukan, yang berkeinginan untuk melawan?


Bhagavad-gita adalah ilmu teistik dibaca luas diringkas dalam gita-māhātmya (Pemuliaan of Gita). Ada dikatakan bahwa seseorang harus membaca Bhagavad-gita sangat scrutinizingly dengan bantuan seseorang yang merupakan pemuja Sri Krsna dan mencoba untuk memahami tanpa interpretasi pribadi termotivasi. Contoh pemahaman yang jelas ada dalam Bhagavad-gita sendiri, dalam cara pengajaran dipahami oleh Arjuna, yang mendengar Gita langsung dari Tuhan. Jika seseorang cukup beruntung untuk memahami Bhagavad-gita dalam garis suksesi disciplic, tanpa penafsiran termotivasi, maka ia melampaui semua studi kebijaksanaan Veda, dan semua kitab suci dari dunia. Satu akan menemukan dalam Bhagavad-gita semua yang terkandung dalam kitab suci lainnya, namun pembaca juga akan menemukan hal-hal yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Itu adalah standar spesifik dari Gita. Ini adalah ilmu teistik sempurna karena langsung diucapkan oleh Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Sri Krsna.

Topik-topik yang dibahas oleh Dhṛtarāṣṭra dan Sanjaya, seperti yang dijelaskan dalam Mahabharata, membentuk prinsip dasar untuk filosofi ini besar. Hal ini dipahami bahwa filsafat ini berkembang pada bidang Pertempuran Kurukṣetra, yang merupakan tempat suci ziarah dari waktu purbakala dari zaman Veda. Hal itu diucapkan oleh Tuhan ketika Dia hadir secara pribadi di planet ini untuk bimbingan umat manusia.

Kata dharma-kṣetra (tempat di mana ritual keagamaan yang dilakukan) sangat penting karena, pada bidang Pertempuran Kurukṣetra, Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa hadir di sisi Arjuna. Dhṛtarāṣṭra, ayah dari kaum kuru, itu sangat diragukan tentang kemungkinan kemenangan akhir anak-anaknya. Dalam keraguan, ia bertanya dari sekretarisnya Sanjaya, "Apa yang anak-anak saya dan anak-anak Pandu lakukan?" Dia yakin bahwa kedua anaknya dan anak-anak adiknya Pandu berkumpul dalam Bidang Kurukṣetra untuk keterlibatan ditentukan perang. Namun, pertanyaannya adalah signifikan. Dia tidak ingin kompromi antara sepupu dan saudara, dan dia ingin memastikan nasib anak-anaknya di medan perang. Karena pertempuran itu diatur untuk bertempur di Kurukṣetra, yang disebutkan di tempat lain dalam Weda sebagai tempat ibadah-bahkan untuk penghuni surga-Dhṛtarāṣṭra menjadi sangat takut tentang pengaruh tempat suci pada hasil pertempuran. Dia tahu betul bahwa ini akan mempengaruhi Arjuna dan anak-anak Pandu menguntungkan, karena pada dasarnya mereka semua berbudi luhur. Sanjaya adalah seorang mahasiswa Vyasa, dan oleh karena itu, karena rahmat Vyasa, Sanjaya mampu membayangkan bidang Pertempuran Kurukṣetra bahkan ketika ia berada di kamar Dhṛtarāṣṭra. Dan sebagainya, Dhṛtarāṣṭra bertanya kepadanya tentang situasi di medan perang. .

Baik Pandawa dan anak-anak Dhṛtarāṣṭra milik keluarga yang sama, tetapi pikiran Dhṛtarāṣṭra yang diungkapkan di sini. Dia sengaja diklaim hanya anak-anaknya sebagai Kuru, dan ia memisahkan anak-anak Pandu dari warisan keluarga. Satu sehingga bisa memahami posisi tertentu Dhṛtarāṣṭra dalam hubungannya dengan keponakannya, anak-anak Pandu. Seperti di sawah tanaman yang tidak perlu dibawa keluar, sehingga diharapkan dari awal topik ini yang di bidang agama Kurukṣetra mana bapak agama, Sri Krsna, hadir, tanaman yang tidak diinginkan seperti Dhṛtarāṣṭra putra Duryodana dan lain-lain akan dihapus dan orang-orang benar-benar religius, dipimpin oleh Yudistira, akan ditetapkan oleh Tuhan. Inilah arti penting dari kata-kata dharma-kṣetre dan kuru-kṣetre, terlepas dari pentingnya mereka sejarah dan Veda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar