Pages

Babad Bali Keturunan De Pasek Lurah Kubayan

Babad Bali Keturunan De Pasek Lurah Kubayan

Adapun De Pasek Lurah Kubayan di Banjar Kubayan, Desa Nyambu,Tabanan, pada hari Senin Umanis, Wara Sungsang, Sasih Karo, tahun Saka 1257 oleh Raja Bali Sri Gajah Waktra alias Sri Gajah Wahana diangkat Amancabhumi dengan tugas selaku pengempon Pura Batukaru berkedudukan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde, Tabanan. 

Raja Cri Gajah Waktra dinobatkan pada tahun saka 1264 dan berakhir pada tahun saka 1265. De Pasek Lurah Kubayan setelah berada di Banjar Bendul, Desa Wangayagde menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan dan tetap tinggal di Banjar Bendul, Desa Wangayadge. 

Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde dan Pasek Kubayan di Banjar Kaja, Desa Wangayagde, Tabanan. Dan kedua orang Pasek Kubayan ini mempunyai tugas kewajiban berbeda, yaitu 

  1. menggantikan kedududkan ayahnya sebagai pengempon Pura Batukaru dan pamarajan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde 
  2. menjadi Perbekel Desa Wangayagde.

Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde menurunkan:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Tambakasari, Desa Kapal, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Batanduren, Desa Selingsing, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Sedahan, Desa Munggu, 
  4. Pasek Kubayan di Banjar Jagasater, Desa Kediri, Tabanan, 
  5. Pasek Kubayan di Banjar Belubang, Desa Kawan, Bangli, 
  6. Pasek kubayan di Banjar dan Desa Simpar, Karangasem, 
  7. Pasek kubayan di Des Penebel, Tabanan, 
  8. Pasek Kubayan di Banjar Kadampal, Desa Magesta, Tabanan, 
  9. Pasek Kubayan di Desa Buruan, Tabanan,
  10. Pasek Kubayan di Desa Lumbung, Tabanan. 
Selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Tambaksari, Desa Kapal menurunkan: Pasek Kubayan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde tidak mempunyai keturunan lagi, 


Pasek Kubayan dari Banjar Tangeb, Desa Kapal kembali ke Banjar Bendul, Desa Wangabyagde, Tabanan, dan pasek Kubayan inilah yang selanjutnya menurunkan Pasek kubayan di Banjar Bendul, Desa Wangayade Tabanan.

Seterusnya Pasek kubayan di Banjar Jagasateru, Desa Kediri menurunkan Pasek kubayan di Desa Pejaten, Tabanan. 

Pasek Kubayan Bandesa Simpar lalu menurunkan:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Kelodan, Desa Bondalem
  2. Pasek Kubayan di Banjar Tajen Dawunyeh, Desa Biaung, Daerah Tabanan, 
selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Tajen Dawunyeh, desa Biaung daerah Tabanan menurunkan anak laki-laki, yaitu:


  1. Pasek Kubayan di Banjar Lebah, Desa Wanagiri, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Tunjuk Delodyeh, Desa Buahan
  3. Pasek Kubyan di Banjar Pande, desa Kediri, Tabanan.

Adapun Pasek kubayan di Banjar Kedampal, Desa Mengata menurunkan Pasek Kubayan di Banjar Apuan, Desa Apuan, Marga, Tabana. 

Pasek Kubayan di Banjar Tambaksari, desa Kapal lalu menurunkan tiga orang anak laki-laki yaitu:

  1. Pasek kubayan di Banjar Lukluk Delodpempetan, Desa Sempidi, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Sedahan, Desa Munggu, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Tegaltengah, Desa Darmasaba, Daerah Badung. 
Selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Sedahan, Desa Munggu menurunkan anak laki-laki yaitu:


  1. Pasek Kubayan di Banjar Puseh, Desa Angantaka, Daerah Badung, 
  2. Pasek kubayan Banjar Kanginan, Desa Kasiut, Daerah Tabanan, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Delodpeken, desa busungbiyu, Daerah Buleleng, 
  4. Pasek Kubyan di desa Belumbang. Desa belumbang menurunkan Pasek Kubayan di Banjar Kelod, Desa Selamedeg, Daerah Tabanan.

Adapun Pasek Kubayan di Banjar Kutuhkaja, Desa Samsam menurunkan seorang anak laki-laki yakni Pasek Kubayan di Banjar Bangkiangmayung, Desa Meliling, Daerah Tabanan. 

Selanjutnya Pasek Kubayan Di Banjar Belimbing, Desa Belimbing menurunkan:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Suranadi, Desa Belimbing, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Bantiran, Desa Pupuan,
  3. Pasek Kubayan di Banjar Desa Sanda, Daerah Tabanan. 
Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Desa Sanda menurunkan dua orang anak laki-laki yakni 


  1. Pasek Kubayan di Banjar Bantiran, Desa Pupuan, Daerah Tabanan,
  2. Pasek Kubayan di Banjar Kaja, desa Kedis Daerah Buleleng. 
Sedang Pasek kubayan di Banjar Kedampal Pakudwi, Desa Mangesta menurunkan tiga orang anak laki-laki:


  1. Pasek Kubayan di Banjar Pakudwi, Desa Kedisan, Gianyar, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Benanakelod, Desa Buruan,
  3. Pasek Kubayan di Banjar Wangayabetenan, Desa Mangesta menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan di Banjar Belulang, Desa Mangesta, Daerah Tabanan.

Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Tangeb, Desa Kapal, menurunkan dua orang anak laki-laki, masing-masing bernama:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Dukuh kubayan, Desa Munggu, Badung
  2. Pasek kubayan di Banjar Batanderun, Desa Cepaka, Tabanan.
Selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Batanderun, Desa Cepaka menurunkan seoarang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan di Banjar Kelakahan, di Desa Buwit, 


Sedang Pasek Kubayan di Banjar Gamongan, Desa Kaba-Kaba lalu menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan di Banjar Kawan, Desa Samsam daerah Tabanan. 

Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Pasekan Tengahsawah, Desa Braban menurunkan seorang anak laki-laki yaitu Pasek Kubayan di Banjar Kaja, Desa Silamedeg, Daerah Tabanan. 

Selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Kelanting menurunkan seorang anak laki-laki yakni Pasek Kubayan di Banjar Tegaltemukaja, Desa Tibubiyu, Daerah Tabanan. Dan menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubaya di Banjar Dangin Tukad, Desa Pengeragoan, Daerah Jembrana.

Adapun Pasek Kubayan di Banjar Kaja, Desa Wangayagde menurunkan:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Kaja, Desa Wangayagde, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Tegaljaya Gaji, Desa Dalung, Daerah Badung, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Puseh, Desa Angantaka, Badung, 
  4. Pasek Kubayan di Banjar Lebah, Desa Bongan, Pasek Kubayan di Banjar Tunjuk, Desa Buahan, 
  5. Pasek Kubayan di Banjar Kaja, Desa Puluk-puluk, 
  6. Pasek Kubayan di Banjar Kelod, Desa Puluk-puluk, Pasek Kubayan di Banjar Kelod, Desa Wangaya Kelod, Daerah Tabanan, 
  7. Pasek Kubayan di Banjar Delodpeken, Desa Busungbiyu, Daerah Buleleng. 
Selanjutnya Pasek Kubayan di Banjar Tegaljaya Gaji, Desa Dalung menurunkan anak laki-laki, masing-masing bernama:


  1. Pasek Kubayan di Banjar Tegaljayakangin Gaji, Desa Dalung,
  2. Pasek kubayan di Banjar Kepisah, Desa Pedungan, Pasek Kebuyan di Banjar gde, Desa Kerobokan, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Batuculung, Desa Kerobokan, 
  4. Pasek Kubayan di Banjar Babakan, Desa Kerobokan, Daerah Badung. 
Seterusnya Pasek kubayan di Banjar Tagaljayakangin Gaji, Desa Dalung menurunkan empat orang anak laki-laki yaitu:


  1. Pasek kubayan di Banjar Tegen, Desa Kerobokan, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Umanyar, Desa Penarungan, Badung, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Tuakilangkaja, Desa Denbatas,
  4. Pasek Kubayan di Banjar Dadakan, Desa Abiantuwung, Daerah Tabanan.

Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Dakdakan, Desa Abiantuwung menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan di Banjar Bonganjawa, Desa Bongan, Daerah Tabanan. 

Sedang Pasek Kubayan di Banjar Kepisah, Desa Pedungan menurunkan anak laki-laki, masingmasing bernama:

  1. Pasek Kubayan di Banjar Gede, Desa Kerobokan, 
  2. Pasek Kubayan di Banjar Kayutulang, Desa Canggu, Daerah Badung, 
  3. Pasek Kubayan di Banjar Dukuh, Desa Baturiti, daerah Tabanan dan daaerah Badung. 
Seterusnya Pasek Kubayan di Banjar Batuculung, desa Kerobokan menurunkan anak laki-laki yaitu:


  1. Pasek kubayan di Banjar Tengah, Desa Kerobokan,
  2. Pasek kubayan di Banjar Kancil, Desa Kerobokan,
  3. Pasek Kubayan di Banjar Petingan, Desa Kerobokan,
  4. Pasek Kabuyan di Banjar Gde, Desa Kerobokan, Daerah Badung. 
Kemudian Pasek Kubayan di Banjar Babakan, Desa Kerobokan menurunkan anak laki-laki, masing-masing bernama: Pasek Kubayan di Banjar Gde, Desa Kerobokan, Daerah Badung. 


Seterusnya Pasek Kubayan di Banjar Puseh, Desa Angantaka menurunkan dua orang anak laki-laki, yakni 

  1. Pasek Kubyan di Banjar Bantantanjung Cemagi, Desa Munggu, Daerah Badung, 
  2. Pasek Kabuyan di Banjar Tunjuk Belod Baleagung, desa Buahan lalu menurunkan seorang anak laki-laki Pasek Kabuyan di Banjar Lebah, Desa Bongan, Daerah Tabanan.

59 komentar:

  1. Om Swastiastu. Apa bedanya Kebayan Wangaya Gede dengan Pasek Kubayan Wangaya Gede? Suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampure... ngantos mangkin ten wenten purana sane jelas nerangin indik punika..
      ahmangkinang kari semetonan tyg drika memperdebatkan bahasa "kone" lan "pamuwus"
      tyg ten purun menjawab pertanyaan ratu...
      indeyang satukan pikiran, kepercayaan dengan bukti2 yang sudah ada serta bukti keadaan pribadi masing2...

      Hapus
    2. Kebayan di Wangaya kaja dengan Pasek Kebayan yg di Banjar Bendul adalah sangat berbeda dan tidak ada hubungannya.Kebayan yg ada di Wangaya Kaja tidak termasuk dalam keturunan pasek.Keberadaan Kebayan yg Merajannya di Wangaya Kaja,memiliki peranan penting dalam prosesi keagamaan di desa Wangaya Gde.Bersama sama dengan PASEK,SINOMAN,DAN PENYARIKAN. Sedangkan PASEK KEBAYAN YANG kawitannya ada di Bendul secara struktural peranannya tidak ada.kEMUDIAN DILIHAT DARI DATA EMPIRIS DI LAPANGAN JERO MANGKU GDE di PURE BATUKAU BELUM PERNAH DARI KETURUNAN PASEK KEBAYAN BENDUL.DISAMPING DATA YANG MENDUKUNG ADALAH SEBUAH PELINGGIH KERINAN YANG ADA DI JEROAN PURE BATUKAU HANYA DISUNGSUNG OLEH PARISENTANA DARI KEBAYAN WANGAYA KAJA.kADI PUNIKE KIRANG LANGKUNG NUNAS SINAMPURE.

      Hapus
    3. sejarah lengkap dari soroh kebayan di desa wangaya gede ada ga ya?

      Hapus
    4. suksma masukannya... indik kebayan ring batukaru sampun tyg posting... nike berdasarkan kupasan prasati yg diperoleh di pura batukaru.
      didalam prasasti tsb, tidak menunjukan soroh atau keluarga, tetapi menunjuk warna atau jabatan sebagai pengempon pura dalam artian sbg pemangku.

      untuk itu, agar dpt melengkapi tulisan artikel niki, mohon pasemetonan kebayan miceyang dasar sastra,prasasti dan purana yang mendukung keberadaan warga kebayan nika. demi menyatukan dan mempertajam keyakinan semeton kebayan. suksma, mogi rahayu

      Hapus
  2. KEBAYAN WANGAYA KAJA DENGAN PASEK KEBAYAN DI BANJAR BENDUL TIDAK ADA HUBUNGANNYA.
    DILIHAT DARI KESEHARIAN (TATANAN KEGIATAN SOSIAL/KEAGAMAAN) YANG ADA DI WANGAYA GDE.

    PERBEDAAN TERSEBUT DAPAT DILIHAT DARI BUKTI EMPIRIS DI WANGAYA GDE .
    - BANJAR BENDUL DENGAN WANGAYA KAJA ADALAH BERADA DI KEDESAAN WANGAYA GDE.
    BANJAR BENDUL DENGAN BANJAR WANGAYA KAJA HAMPIR TIDAK ADA BATASNYA.(SATU KAWASAN)
    YANG ADA DI DESA WANGAYA GDE.
    - DILIHAT DARI KEPEMILIKAN LAHAN PERTANIAN DARI PEMBAGIAN WARIS .ANTARA KETURUNAN
    PASEK KEBAYAN BENDUL DENGAN KEBAYAN WANGAYA KAJA HAMPIR TIDAK ADA YANG BERDEKATAN.
    SEPERTINYA TIDAK ADA PEMBAGIAN WARIS.
    - PELINGGIH KERINAN KEBAYAN YANG ADA DI PENATARAN PURE BATUKAU .PENYUNGSUNGNYA HANYA
    DARI WARGA KETURUNAN KEBAYAN WANGAYA KAJA.TIDAK ADA DARI KETURUNAN PASEK KEBAYAN
    BENDUL.
    - PEMANGKU PEMUCUK/JERO MANGKU GEDE/JERO MANGKU KEBAYAN YANG DI PURE BATUKAU
    BELUM PERNAH DARI KETURUNAN PASEK KEBAYAN.SEPANJANG SEJARAH DARI KETURUNAN KEBAYAN
    WANGAYA KAJA.
    - DALAM TATANAN/PROSESI KEAGAMAAN YANG DILAKSANAKAN DI DESA WANGAYA GDE YANG BERPE
    NAN PENTING ADALAH ADA EMPAT YAITU : kEBAYAN (WANGAYA KAJA),KESINOMAN,PENYARIKAN
    DAN PASEK (WANGAYA KELOD).PASEK KEBAYAN BENDUL TIDAK ADA PERANANANNYA.
    - DALAM PRASASTI KEBAYAN DISEBUTKAN BAHWA KEBAYAN WANGAYA KAJA TIDAK TERMASUK DALAM
    WARGA PASEK.

    KESIMPULANNYA : CERITA DIATAS PERLU DITINJAU KEMBALI,PASSEK KEBAYAN BENDUL DENGAN
    TIDAK ADA HUBUNGANNYA.
    TULISAN INI SEKALIGUS SEBAGAI JAWABAN ATAS PERTANYAAN DIATAS.
    SUKSEME...........KELUNGKUNG SEMARAPURA,KIRANG LANGKUNG SINAMPURE.


    BalasHapus
    Balasan
    1. suksma masukannya.. :)
      mohon masukan babadnya, agar tulisan niki lebih lengkap..
      krn niki babad, mohon dlm bentuk cerita perjalanan, shg para pembaca bs menikmati, serta jng lupa bukti pendukungnya sprt catatan sastra, prasati atau purana penguat cerita tsb.
      suksma, mogi rahayu

      Hapus
  3. Titiang wenten Prasasti kebayan,(NENTEN pasek kebayan),sakewanten ring prasasti punike nenten kedadosang kesobyahang,santukan prasasti punike pingit pisan.(SAPUNIKE SANE KESURAT RING PRASASTI INUCAP ).

    Nike Mawinan aturang titiyang PASEK KEBAYAN BENDUL metiyosan sareng KEBAYAN WANGAYA KAJA.Ring Wangaya Kaja Nenten medaging PASEK.wantah KEBAYAN.

    Malih aturang titiang ring Wangaya Gde,ritakla ngemargiang parikrama yadnya sane berperan wantah :KEBAYAN, PASEK, KESINOMAN LAN PENYARIKAN, Nenten wenten PASEK KEBAYAN.
    sAKING DUMUN DERENG WENTEN PERGESERAN TOKOH (SOROH) YANG PEGANG PERANAN RING WANGAYA GDE.

    JERO MANGKU GEDE ring PURE LUHUR BATUKAU Dereng naenin saking PRISENTANA SAKING PASEK KEBAYAN . Saking dumun wantah saking PRISENTANA KEBAYAN

    ring Wangaya Gde nenten wenten pembagian tugas antara Kebayan sareng Pasek Kebayan.
    santukan ring wangaya gde ,samian kegamel sareng KEBAYAN.

    sAPUNIKE ATURANG TITIANG, KIRANG LANGKUNG SINAMPURE,
    SANE ATURANG TITIANG WANTAH REALITA YANG ADA DI LAPANGAN (DI DESA WANGAYA GDE- DESAN TIANGE)










    BalasHapus
    Balasan
    1. nah nike sampun.. meweh ngemargiyang pemargi kawitan...
      yening wenten prasasti, becikne rikale petoyan agung, prasasti punika kewacen, ketedunin mangde ten wenten pakrimik ring pasemetonan...

      semalihe, makeh tyg ngemanggihang prasasti sane pingitang, ri sampun katedunang jek mempas sareng prasasti utawi purana sane janten mayuse lingsirang...
      dadosne, wenten singsal rikala nyurat prasasti punika

      tyg mase ten purun, sire sane singsal punika..
      tyg wantah ngewacen hasil tedunan presasti, tyg ten purun nedunang langsung pang ten keni rajepanulah..

      indeyang aturin ring ide jro mangku gde, mangde nedunang prasasti punika.. tur sandingang sareng purane sane wenten ring luhur batukaru... lan purana2 lianan sane wenten ring bali sane lingsirang..
      yening cocok, wantah nike sane ke aptiang...
      tur cingak angke tahun nyuratne.. gaya bahasa lan piteket2 utawi pinget2 sane menggah ring presasti punika... mekadi: duk sepemadeg dalem sire, utawi petoyan lan pemugaran pura agung ring dije, utawi wenten kejadian penting sane menggah wing presasti punika.
      nike pinake pinget presasti...

      santukan, antuk pengalaman tyg... makeh presasti sane kesurat pastike wenten pinget kejadian. sapunike sakeng tyg...
      ampure yening iwang atur.. suksema, mogi trah irage sami nemu rahayu

      Hapus
  4. ampure sedurung lantur..titiang jagi pacang metakon...indikang pasek kubayan sareng kebayan niki. napi wenten hubungan napi ten...? terus yen kebayan niki medue pedarman napi ten....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yening pedharman kebayan, yen ten iwang, ring puncak kedaton batukaru...
      nanging yen pedharman pasek de kubayan, amring catur lawa ratu pasek besakih

      Hapus
    2. Maksudnyane ring puncak gunung batukaru enggih..riantukan mangkin titiang kantun bingung minehang indikang punika.soalnya dumun naenin pengelingsir titiang tingkil ring puncak gunung batukaru.riantukan daweg nika titiang kantun alit....indayang icen penjelasan. Suksema

      Hapus
  5. Om swastyastu"
    Ampura yening tyang iwang matur..
    indik perbedaan antara jro kubayan dan pasek kubayan niki supaya tidak membuat bingung pratisentana mohon bantuan nya dari semeton sareng sami gimana caranya agar jelas kebenarannya...berdasar fakta dn bukti yg ada.
    sinampura yening tyang iwang matur..
    dumogi rahayu sareng sami
    om shanti"' om

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata "jro" biasanya diberikan kpd org yg dihormati atau lebih di tingikan..
      misalnya jro kebayan di batur, hanya penglingsir saja yang menggunakan...
      jro kebayan guwang, merupakan sengguh ida bagawati sakeng semeton kebayan ring sukawati..
      jro kebayan ring taro gianyar, beliau dijadikan tetua adat...
      jadi intinya sengguh (istilah) JRO hanya diberikan kepada org yg diormati atau di tinggikan derajatnya..

      yening "pasek kebayan" nika salah satu sentana pasek yang diberi kewenangan khusus dalam ngubayanin (bertanggung jawab atas upacara) di suatu daerah...

      pasek kebayan dengan warga kebayan nike lianan...
      nanging geginannyane dumun pateh...
      bertangung jawab atas unggah ingguh upakara upacara ring wewidangan ipun...

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Om Suastiastu
    tityang pasek kubayan saking desa tangguwisia (seririt, buleleng)
    ampura tyang jagi metaken majeng ring jro umaseh pasupati,. napikeh jro uning sejarah sane menurunkan pasek kubayan ring desan tiyang niki?? tyang tanya ke penglingsir ring dadya mekasi ten uning...

    tyang baca penjelasan ring ajeng sangat menarik pisan,..
    suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. om swastiastu...
      ngantos mangkin tyg durung ngemanggihang pemargi ide ke genah duwe, mogi yenten pemargi, benjangan tyg unggah ring blog puniki...

      Hapus
  8. om suastiastu,tityang ngh di sulawesi tengah.ada tdk hbngnya kebayan dgn pasek kubayan?kalo ada tolong jelaskan.kalo tdk ada tolong jelaskan.dan kalo memang tdk ada hubunganya,jgn dijadikan perdepatan,apalagi saling adu pendapat.kita semua keluarga.apapun warnanya.suksme

    BalasHapus
    Balasan
    1. hubungan secara garus keturunan mungkin tidak ada...
      dimana, yang dimaksud dengan jro kebayan adalah beliau beserta keluarga yang diberi tugas dan mempunyai kewajiban menjaga pura sad khayangan dan manca'nya dibali...
      tulisan tentang penugasan jro kebayan pertama kali ditemukan di purana pura luhur batukaru, yang ditulis pada masa raja udayana...

      mengenai pasek kebayan, merupakan warga pasek yang diberi tugas oleh dalem klungkung untuk menjadi manca desa, yang tugasnya hampir mirip dengan tugas jro kebayan, yaitu menjaga khayangan jagat berserta menjadi petugas yang bertanggung jawab atas yadnya di pura tersebut.

      Hapus
  9. Yang ditanyakan sudah ada jawaban pada beberapa tulisan diatas, mohon dibaca,kenken Neeeee anda tidak baca

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampun nike...
      indeyang wacen malih...

      Hapus
    2. maaf saya dari sulawesi mau bertanya kenapa saya soroh kebayan kalau di bali di desa belimbing anyar kok gk masuk dalam babad kenapa hanya belimbing suradadi yg masuk apakah ada yg ketinggalan ?

      Hapus
    3. Ampure sedurunge semeton kubayan lan pasek kebayan disini tiyang cuma mencocokkan soal mimpi masalah desa wang aye dan desa bendul tiyang dari lampung pernah ke bali main ke tmpt nanang tyg di bendul nginep disana lalu tyg mimpi ada suara dan petunjuk di dalam mimpi tyg di kasi gambaran batok kelapa atau kau balinya dan suara itu bilang CENING PANG CENING NAWANG NE KAU SEBENARNE WANG AYE TO PENGABIH BENDUL begitu mimpi tyg waktu ke bali kalo tyg dari lampung tpi org tua tyg dulu dari wang aye gde tolong infonya semeton masalah mimpi tyg siapa tau ada yg tau sejarah bli adi desa wang aye dan bendul dan didalan mimpi pun pernah ada sugre leluhur yg datang yaitu empu kaki lan nini raga runting kalo bliu berkats kalo tyg pasek kubayan /pasekbatu karu pengabih/tangan kanan raje dalem puri 🙏🙏🙏

      Hapus
  10. Belum pernah ada cerita Pasek kebayan yang merajannya di Banjar Bendul desa Wangaya Gede menjadi Jero Kebayan di desa wangaya gede maupun menjadi Jero Mangku Gede /Pemucuk ring Pure Batukaru. SELALU DARI PARI SENTANA KEBAYAN Yang Merajannya ada di Merajan Kebayan di Banjar Wangaya Kaja desa Wangaya gede.
    Di Pure Batukaru hanya ada PELINGGIH KERINAN KEBAYAN Yang disungsung/diamong hanya dari parisentana KEBAYAN, TIDAK ADA dari parisentana PASEK KEBAYAN yang merajannya di Banjar Bendul Wangaya Gede.
    TOKOH YANG PEGANG PERANAN DI DESA WANGAYA GEDE ADALAH : KEBAYAN, PASEK,KESINOMAN DAN PENYARIKAN.Peranan PASEK KEBAYAN Tidak ada.
    Dari sini dapat disimpulkan bahwa tidak ada pembagian tugas antara KEBAYAN dengan PASEK KEBAYAN
    Di Pure BATUKARU hanya ada PELINGGIH KERINAN KEBAYAN yang diamong /disungsung hanya dari Parisentana KEBAYAN.TIDAK ADA PELINGGIH YANG DIAMONG DARI PARISENTANA PASEK KEBAYAN.
    Dari sini dapat disimpulkan bahwa dari dulu pengemong Pure Batukaru adalah dari Parisentana KEBAYAN
    dari kenyataan ini dapat disimpulkan bahwa KEBAYAN DENGAN PASEK KEBAYAN ADALAH BEEERRBEEEDAA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. inggih... sampun tyg bahas ring babad kebayan,
      niki sekilas babad pasek kebayan...
      neng indeyang wacen malih TS ring luhur...
      mogi rahayu...


      niki sekilas purana ring pura luhur batukaru"

      Warnnanen ri prapteng aryeng Hindu anakrawerti ring Bali juga agwangun ndan anabdab kahyangan bhuwana titanem makadi sira Abhiseka Sri Wira Dalem Kesari wangunakna kang Pura Sad Kahyangan kwirya:
      - ring Pura Penataran Besakih,
      - ring Pura Bukit Gamongan,
      - ring PURA WATUKARU, - ring pura Uluwatu,
      - ring Pura Erjeruk,
      - ring Pura Penataran Pejeng.

      Mwang yanana sawonging Bali tanmeling angabhakti kadi arep, sinapakna buwat hupadrawan mwah asuduk lawan rowangnya.

      Nimita samwa sidha anunggalaken hyun lawan para hulu, khabayan, paraning wwang ngawiwit kahyangan kalano.

      Lwir ring Pura Luhur Watukaru samana anabdab kahyangan lawan pada KHUBAYAN ing kana.

      Risampun puput punang pura-pura kabeh, mahyun ta sira angaci, ngwit aci ring; Bu, Ka, Sinta, praya angaci gelar Pagerwesi ngaranya.
      Wus ta ngaci gelar, kaci sikep ayuddha, ring Sa, Ka, Landep. Tumpek Landep haranya.
      Ring: Sa, Ka, Wariga, malar kaci maharam Tumpek Uduh, apan sira mahyun angaci Widhi mwang para dewatha kang lina ajurit, ring Bu, Ka, Dungulan, mawasta Galungan.
      Pamupulan sarin tahun saking duranagara, Makasar, Sumbhawa, Sasak, mwang Blambangan, kang kawawa olih Sri Maha Raja Bali. Wre, Wa, Sungsang, anama Sugyan Jawa, Punang Bali Dwipa, ring Su, Ka, Sungsang anama SugyanBali.
      Punang aci Galungan ika ngawit, Bu, Ka, Dungulan, sasih ka-catur, tang dina 15, Isaka warsaning bumi 804. Bangun Indrabhawana ikang Bali rajya, atabuhan awanti-wanti siyang latri, makadinya gending laluwangan, salonding, pada ngastiti Widhi lan dewa-dewatha. Gemah ripah punang nagara sawengkoning Bali rajya kang sinengguh murddharning para Bhatara ika AbhisekaSri Kesari Warmmadewa.

      niki linknyane: http://cakepane.blogspot.com/2012/12/sri-kesari-warmmadewa-di-dalam-purana.html

      Hapus
    2. PALING LUWUNGE JEG....GGGG MUSYAWARAH UNTUK MUFAKAT BAPAK2 GEDE

      Hapus
  11. PADA PURANA BATUKARU DIATAS SUDAH JELAS DISEBUTKAN Yang disebut adalah KEBAYAN SEBAGAI PEMUCUK DALAM PROSESI KEAGAMAAN DI PURE BATUKARU BUKAN PASEK KEBAYAN, AKAN TETAPI KEBAYAN SEKALI LAGI........ KE B A Y AN ..... BUKAN.... P A S E K K E B A Y A N. PERLU KAMI SAMPAIKAN DI DESA WANGAYA GEDE ADA MERAJAN KEBAYAN DAN MERAJAN PASEK KEBAYAN. MERAJAN KEBAYAN ADA DI BANJAR WANGAYA KAJA DESA WANGAYA GEDE SEDANGKAN PASEK KEBAYAN MERAJAN DI BANJAR BENDUL DESA WANAGAYA GEDE. DAN INI TIDAK ADA HUBUNGANNYA SAMA SEKALI. ANTARA MERAJAN KEBAYAN YANG ADA DI BANJAR WANGAYA KAJA DESA WANGAYA GEDE DENGAN MERAJAN PASEK KEBAYAN YANG ADA DI BANJAR BENDUL DESA WANGAYA GEDE.
    HAL TERSEBUT DAPAT DILIHAT DARI BUKTI-BUKTI EMPIRIS YANG ADA DI DESA WANGAYA GEDE ANTARA LAIN :
    - SALAH SATU PURE/PELINGGIH (KERINAN KEBAYAN) YANG ADA DIPENATARAN PURE BATUKARU
    HANYA DISUNGSUNG OLEH PARISENTANA DARI KEBAYAN YANG MERAJANNYA ADA DI BANJAR
    WANGAYA KAJA DESA WANGAYA GEDE. TIDAK ADA DARI PARISENTANA DARI PASEK KEBAYAN
    YANG MERAJNNYA ADA DI BANJAR BENDUL DESA WANGAYA GEDE.
    - TANAH WARISAN ANTARA PARISENTANA KEBAYAN DENGAN PASEK KEBAYAN YANG ADA DI
    WILAYAH WANGAYA GEDE TIDAK ADA YANG BERDEKATAN. INI BERATI TIDAK ADA PEMBA
    GIAN WARIS ANTARA PARISENTA KEBAYAN DENGAN PASEK KEBAYAN.
    - INILAH BUKTI BAHWA ANTARA KEBAYAN DENGAN PASEK KEBAYAN TIDAK ADA HUBUNGANNYA
    SAMA SEKALI.
    - ANTARA PASEK KEBAYAN DENGAN KEBAYAN TIDAK ADA PEMBAGIAN TUGAS DALAM PROSESI
    ADAT/KEAGAMAAN DI DESA WANGAYA GEDE.... KARNA YANG BERPERAN DI DESA WANGAYA
    GEDE ADALAH KEBAYAN, KESINOMAN, PASEK DAN PENYARIKAN. TIDAK ADA PERAN
    PASEK KEBAYAN.
    INILAH SEKILAS DATA YANG ADA DI DESA WANGAYA GEDE.......MUDAH-MUDAH BISA DIPAKAI BAHAN
    DALAM MENGKAJI CERITA YANG TERSURAT DIATAS.....KELUNGKUNG SEMARAPURA............
    KIRANG LANGKUNG SINAMPURE.

    BalasHapus
    Balasan
    1. suksma antuk data empiris nyane...
      mangde lebih nincap, indeyang ngamedalang prasasti indi kawentenan duwe'ne.. pangde semeton kubayan ring wewidangan tabanan lan sekitarnya pade uningin...

      indik pangeling-eling ring purana pura batukaru, nike indik tugas... janten ten wenten nguningang indik wit jro kubayan. nike mawinan samar kawentenan trah kubayan ring bali...
      napi kubayan nike wastan kaluwarga utawi nike wastan jabatan, mekadi kasinoman, kelian, bandesa, demung dll...

      tunas data primer indik nike, sire uning, ring pura-pura sekitar tabanan wenten ngunggahang indik kubayan nike...
      yen kadi tyg, ring purana nike, istilah "kubayan" mearti jabatan... ten je kaluarga..
      pateh kadi ring padesaan, sane dados kesinoman sire, bandesa sira, mangku sira lan kubayan sira...
      yening diteliti sejarah babadne... jabatan nike makehan melekat ring sentana'e

      contoh extrime... Kasta ring bali...
      dumun leluhurne dados raja, mangkin sami sentanane ngangge gelar satria...
      neng cingak sane kalah perang lan jabatanne kebancut, sami dados anak jaba...
      nike contoh...

      nike mawinang tyg durung mresidang nulis indik kubayan kadi atur jro, santukan buku, prasasti utawi purana sane nyenggung trah kubayan ngantos mangkin tyg dureng ngemanggihin.

      nunas sugra, tyg taler wenten paiketan sareng kubayan, kaluwarga tyg dados jro gde ring taro, nyungsung pura gunung raung... dados jro kubayan kiwa tengen ring puncak panulisan, tyg sakeng sukawati nyungsung pura er jeruk, nanging prasasti indik trah tyg dereng wenten :)

      Hapus
    2. MUSYAWARAH AJA PAK........UNTUK MUFAKAT.....

      Hapus
  12. tiyang sedikit koreksi terhadap cerita babad di atas, ,realitanya tidak ada pembagian tugas antara KEBAYAN dengan PASEK KEBAYAN DI WANGAYA GEDE MAUPUN DI PURE BATUKARU. sepanang sejarah KEBAYAN selalu dados pemucuk di Pure batukaru, maupun dalam tatanan sosial keagamaan di desa Wangaya Gede. Pasek Kebayan tidak pegang peranan di desa wangaya gede. Yang pegang PERANAN adalah KEBAYAN, SINOMAN PENYARIKAN DAN PASEK.. SEKALI LAGI DI WANGAYA GEDE ADA PASEK KEBAYAN DAN ADA KEBAYAN yang masing masing memiliki MERAJAN Kawitan. KEBAYAN merajan Kawitannya di Banjar Wangaya kaja, ,Desa Wangaya Gde,sedangkan Pasek Kebayan Merajn Kawitannya di banjar Bendul desa Wangaya Gede.



    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggih pak pokoknya beda nggih pak? Nggih bapak memang berbeda😊

      Hapus
  13. Koreksi Babd diatas ,PASEK KEBAYAN YANG ADA DI BANJAR BENDUL DESA WANGAYA GEDE BELUM PERNAH MENJADI JERO KEBAYAN DI PURE BATUKARU.......YANG MENJADI JERO KEBAYAN DI PURE BATUKARU SELALU DARI KEBAYAN YANG ADA DI DESA WANGAYA KAJA DESA WANGAYA GEDE.

    BalasHapus
  14. Kebayan sebenarnya adlh jabatan tertinggi dlm sistem ulu apad saing. Tidak ada kaitan dgn keturunan. Pada masa bali kuno,siapapun warga desa laki berkesempatan jd jro kebayan sepanjang dia blm baki. Jabatan dimulai ulu apad dimulai dari jro saing,kmdn naik jadi jro guru,kemudian naik jadi jro bahu,terakhir jro kebayan. Jro kubayan akan brenti jadi kebayan jika dia baki,istri meninggal, atau dia meninggal. Penggantinya adlh pejabat jro bahu,tdk hrs ada hub keluarga. Sistem ulu apad msh diterapkan di banyak desa yh merpkn desa bali mula. Jadi kl ingin tau scr benar itu sangat mudah. Ndak ada ceritanya seorang kebayan brenti kmdn digantikan keturunannya,silahkan cek di di desa2 bali mula di daerah kintamani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu lagi. Di batur tdk ada jabatan jro kebayan,yg ada jro gde. Fungsinya dan sistemnya sama. Ndak ada cerita jro gde digantikan keturunannya. Silahkan cek.

      Hapus
  15. Dlm blog ini juga pernah menulis tentang jro dangka. Sama spt kebayan,ini adlh jabatan.kl kebayan adlh jabatan di wilyh desa,jro dangka adlh jabtan di pura dadia. Dlm melaksanakan tugasnya jro dangka dibantu oleh jro penyarikan.brsl dr kata carik yg artinya nulis dlm bhs bali kuno.jadi jro dangka adlh ketua dadia sdgkan penyarikan adlh sekretaris. Ini sama sekali ndak ada kaitannya dgn keturunan. Krn tiap2 dadia punya jro dangka dan jro penyarikan. Mrk ndak ada hub sama sekali. Jro dangka dadia bendesa manik mas ndak ada hub dng jro dangka kayu selem, walupun sama2 jro dangka

    BalasHapus
  16. di dunia globalisasi ini yang perlu kita pertanyakan bisa eksiskah anak cucu kita mengikuti peradaban modern yang berpacu dengan waktu untuk kehidupannya kelak?mohonpikirkan hal2 seperti ini ,bapak2 yang terhormat,kita sangat perlu tahu kawitan(asal usul kita) namun jangan menyobongkan diri kalaupun hanya menyebut diri dari trah keturunan yang paling asli dan tidak

    BalasHapus
  17. Betul sekali bapak gede osa jayadi sy sebagai pratisentana pasek kubayan ingin tahu asal usul (kawitan ) leluhur saya dg mmbaca tulisan di blog ini.terima kasih pd penulis krn tlh memposting tulisan yg bs mmberi penerangan bagi sy dn pembaca yg lain. Tentang perbedaan kabayan dg pasek kabayan ( perbedaan nama tugas atau apapun itu ) yg menimbulkan perdebatan diatas jgnlah kita trlalu berpkir smpit pd masa era globalisasi skrg ini msh bnyk yg htus kita prjuangkan sperti penebangn hutan secara liar,jmlh sampah dn polusi yg smakin meluas,pengalihan laut menjadi daratan,turunnya nilai tukar rupiah,biarlah perbedaan itu yg sudah sejak dahulu ad dn msih kita teruskan sampai skrg yg penting bagaimana sembah sujud bakti kita pada leluhur, tuhan yang maha esa tdk putus untuk memohon tuntunan selalu agar pulau bali (khusunya) yg kita cintai beserta budayanya ttp ajeg sampai anak cucu nanti...

    BalasHapus
  18. Betul sekali bapak gede osa jayadi sy sebagai pratisentana pasek kubayan ingin tahu asal usul (kawitan ) leluhur saya dg mmbaca tulisan di blog ini.terima kasih pd penulis krn tlh memposting tulisan yg bs mmberi penerangan bagi sy dn pembaca yg lain. Tentang perbedaan kabayan dg pasek kabayan ( perbedaan nama tugas atau apapun itu ) yg menimbulkan perdebatan diatas jgnlah kita trlalu berpkir smpit pd masa era globalisasi skrg ini msh bnyk yg htus kita prjuangkan sperti penebangn hutan secara liar,jmlh sampah dn polusi yg smakin meluas,pengalihan laut menjadi daratan,turunnya nilai tukar rupiah,biarlah perbedaan itu yg sudah sejak dahulu ad dn msih kita teruskan sampai skrg yg penting bagaimana sembah sujud bakti kita pada leluhur, tuhan yang maha esa tdk putus untuk memohon tuntunan selalu agar pulau bali (khusunya) yg kita cintai beserta budayanya ttp ajeg sampai anak cucu nanti...

    BalasHapus
  19. Saya kt sutar datri kubayan delod peken banjar buleleng, mohon penjelasan selama ini kluarga ty nyungsung kawtitan pasek kubayan ring banjar gambang desa mengwi,, setelah menemukan tulisan dan penjelasan tentang pasek kubayan sepertinya tindakan kluarga ty seperti keluru, dg ini kluga mau mekawitan di pasek kubayn mendul, mungkinkah ty bisa lakukan itu,, dan bagaimana caranya memasuki kawiran yg baru itu

    BalasHapus
  20. YENING NGORTE TANPA DASAR SANE MEJANTEN PASTI,SAMPUN JELAS HASIL NE PUTIH-KUNING ( KANGIN-KAUH ) PALING. TEN PURUN TYG RING LINGGIH HYANG. NANGING SASTRA SAMI PINGIT SAKEMAWON SAMI DADOS KAWACEN TUR KASOBYAHANG RING DAMUH" IDE NE. TYG WENTEN PENGALAMAN DUMUN WENTEN KELUWARGA NYUNGSUNG MERAJAN AGUNG TUR RING MERAJAN WENTEN DUE PRASASTI " KOCAP" DAHAT PINGIT TAN NAENIN KATEDUNANG NAPI MALIH KAWACEN. SAKING MELED MANAH TYG DUK NGANTEBANG PIODALAN RING MERAJAN NIKE TUNASIN TYG PENGELINGSIR IRIKA NEDUNANG. MINAB SAMPUN PITUDUH GELISIN CARITE KATEDUNANG TUR WACEN TYG MIMIH DEWE RATU PINGIT DAGING LONTAR PUNIKA SAMI MEKESIAB DAMUH/SENTANA IRIKA MIRENGGANG DAGING NYANE WANTAH INDIK PENGAYAM-AYAMAN. LINTANG 50 TH LONTAR NIKA KASUNGSUNG TUR KAPINGITANG IRIKA......
    NGIRING JE DABDABANG PIKAYUNE TEN WENTEN PINGITAN KEN IDE BHETARE, SEBATAK LONTAR PRASASTI/BABAD/PURANA NIKE NAK WANTAH PEKARYAN IMANUSA DUK E NGUNI PINAKA TETENGER RING SENTANAN IPUN NGUDE NIKE JEG PESEREMIN. DADOS WACEN SAKEMAON ATUK TATE-TITI SANE MANUT.

    BalasHapus
  21. nunas pengampura aturang titiang majeng ring betara kawitan... tiang saking pasek kubayan br. gede kerobokan.. tiang jagi metaken, wenten pelinggih pasek kubayan ring pura batur karu? dan boleh tiang sembahyang disana? tiang mohon info dan dasar sastra nya.. suksme

    BalasHapus
  22. sane wenten ring pura luhur batukau wantah Pelinggih kerinan kubayan,...kerinan kubayan puniki sane ngemponin wantah pretisentana kubayan sane ring banjar wangaya kaja,nenten wenten saking Pasek kubayan banjar bendul...niki data empiris sane wenten boye saking cerita utawi saking lontar....niki data empiris ring lapangan....sapunike jroooooo

    BalasHapus
  23. Ingat kata Kubayan dengan Kebayan itu beda tapi masemetonan karena sama sama nyungsung ring Pura Batukaru....kalo keturunan Pasek tentu disebut Pasek Kubayan dibendul, sedang Kebayan berdiri sendiri artinya cukup disebut Kebayan bukan Kubayan....sedang yang dimaksud Kriyinan di Pura Luhur Batukaru itu adalah pura awal atau ngriyinin dimana semua pemedek semestinya pertama nangkil dulu ke pura kriyinan sebelum kepebijian ataupun dijroan pura batukaru..kriyinan bukan pura kawitan...seperti di besakih...ada namanya pura basukihan...ini adalah pura awal/kriyinan pura...yang menjadi pengemong pura itu sesuai dengan warah dalem atau raja sri gajah waktra Pangemong Pura Batukaru adalah Pasek Kubayan, Desa wongaya gede, banjar Bendul....bukan Pasek Batukaru...karena menurut Babad yang ditulis Jro Gde Subandi pun dijelaskan demikian...suksma

    BalasHapus
  24. sugre pekulun ping banget majeng batare kawitan,,,pasek kubayan dalam babad pasek merupakan keturunan ida bhatara mpu gnijaya sane berstana di pura lempuyang madya, dan merupakan saudara tertua dari panca tirta( ida bhatara mpu semeru, ida bhatara mpu gana, ida bhatara mpu kuturan dan ida bhatara mpu baradah) yang saya tanyakan kepada yang ingin menjawab,, trah ""KEBAYAN"" tsb dari keturunan siapa? mohon pencerahan berdasarkan prespektif dasar sastra nya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om suastiastu. Kemungkinan sama dengan pasek kebayan. Cuman karena masuk kasta premenak terkait jabatannya di batukaru jadi ngga pakai pasek. Ampure niki hanya dari analisa nomenklatur (sistem penamaan)

      Hapus
  25. Om,suwasty astu tiang iketut suantra,mohon maaf ting pake bahasa indonesia,ting lahir dibali desa kutuh,kec.kuta selatan pada th.1974 selanjutnya ting di ajak orang tua pergi merantau th.1978,menurut keluarga peibon dibali tiang pasek kubayan,maklum ting besar di perantauan jd mohon penjelasan apa bedanya pasek kubayan dengan kebayan ini yg menjadi pertanyaak temen2 semeton di perantauan ,selanjutnya bl pasek kubayan dimana pusatnya dibali dan kebayan dimana ahar tepat suatu saat bila ada rejeki sy mau tangki, hal yg lain ting mau tanya apa pantangan yg tidak boleh dimakan demikian dl yg bs sy uraikan mohon penjelasan trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om swastyastu, tiyang saking lampung. Maaf sebelumnya tiyang pakai bahasa indonesia. Maaf 🙏 banyak pertanyaaan. Tiyang juga pasek kubayan (puru luhur batukaru) di wongaye gede yg piodalan nya setiap hari kamis manis galungan. Tiyang cucu dari pekak (yg dlu transmigrasi ke lampung tahun 1956). Disini tiyang tidak tau betul bagaimana sejarah aslinya pasek batukaru. Yg tiyang tau pasek batukaru ada di pura luhur batukaru wongaye gede.
      Trs katanya katanya, umat pasek batukaru tidak ada pedarman di pura besakih, apakah benar itu ?
      Trs katanya pura pasek batukaru itu mesiwa raga (nyiwa raga), apakah benar itu ?
      Trs katanya umat pasek batukaru tidak boleh nerima Tirta dr ide pedande, apakah benar itu ? Kenapa alasan nya ?
      Trs katanya umat pasek batukaru tidak boleh makan Waluh /labu kinung (pumpkin), apakah benar itu ? Kenapa alasan nya ?
      Trs katanya pasek batukaru itu lebih tegeh katanya dari cokorde, apakah benar itu ?
      Trs pasek batukaru itu keturunan Mpu siapa ya ?
      Mohon di jawab ya semeton, tiyang mau cari tau kebenaran asal usul tiyang (kawitan leluhur), biar tidak katanya katanya lagi. Sukseme 🙏🙏🙏












      Hapus
  26. Mohon no.contakx biar tiang bs komunikasi ahar jelas ting dpt info trims

    BalasHapus
  27. Seperti keliru... Penempetan tahun sakanya, semestinya tahun raja dinobatkan dulu baru memberikan gelar amacabumi dari raja itu sendiri....kepada pasek kubayan. Berati 1257-1265 masa kejayaan sri gajah waktara utawi sri gajah wahana. Suksme amputayang tityanh yening tambed ngewacen babad puniki. Salam pesemetonan tyang saking denbukit warih benculuk tegeh kuri.

    BalasHapus
  28. Seperti keliru... Penempetan tahun sakanya, semestinya tahun raja dinobatkan dulu baru memberikan gelar amacabumi dari raja itu sendiri....kepada pasek kubayan. Berati 1257-1265 masa kejayaan sri gajah waktara utawi sri gajah wahana. Suksme amputayang tityanh yening tambed ngewacen babad puniki. Salam pesemetonan tyang saking denbukit warih benculuk tegeh kuri.

    BalasHapus
  29. Ampure tiang metaken pasek kubayan ring Buleleng desa Kubutambahan dados ten munggah sakeng napi dadosne

    BalasHapus
  30. Om Swastyastu Semeton Pasek
    Rahajeng Wengi , Titiang warga pasek kebayan dari Banjar Sangketan , Desa Sangketan , Penebel Tabanan
    Titiang nyantos mangkin durung uning kawitan , titiang nunas pituduh ( petunjuk ) ring semeton sami , sapunapi antuk titiang mangda prasida nemuang kawitan titiang
    Suksma OM Santhi Santhi Santhi Om

    BalasHapus
  31. Om swasti astu....
    Nunas ampura ring bhatara kawitan.mangda tan kni cakrapinulah...
    Tyg membaca komentar dr atas dan juga mencoba memahami lebih dalam. Tiyang selama ini mekawitan ring merajan.agng kebayan dan itomatis ke keriyinan juga.
    Namun dalam perjalanan.waktu.kebngungan.antara dualisme.kebayan/pasek kubayan di wangaya gede selalu muncul.
    Jika.memang masih ada prasasti atau lontar tentang asal usul kebayan.di kedua pihak yg belum dikupas atau belum ditedunkan.untuk dibaca,tentu kita sebagai penerus sangat menunggu hal ini untuk.menerangi kebingungan yg masih ada diantara preti sentana.

    Apakah pasek kebayan ada setelah trah kebayan.pengemong batukaru ada,apakah kebayan itu sebuah jabatan tugas,apakah ini bagian dari kebijakan.politik jaman itu,dll. Kira kira seperti itu yang paling ingin saya ketahui.

    Suksma
    Om santi,santi,santi,Om.

    BalasHapus
  32. Ampura tityang matur pitaken kedik sapariindik babad utawi lelintihan Pasek kubayan puniki,tityang made sujana ,saking desa padangsambiann denpasar,mebatesan sareng desa adat kerobokan,lan desa adat tegaljaya Badung,titya sampun polih ngewacen pabawosan ring ajen, hal niki bagu tityang sangat menarik saantukan saking dumun tetuan tityang ngorahin tityang wantah warga pasek kemawon ten uning pasek napi.niki dados tambah menarik saantukan rahine mangkin nemu tumpek krulut piodalan ring pura paibon tityang,terus wenten kaselang petakan kerauhan mapaice bawos kocap lleluhur tityang wantah Pasek Kubayan.
    Sane tunasang tityang ring ratu/jro sane ngawikanin indik puniki punapi pemargi sane patut laksaneyang tityang mangde praside uning tur sauninge ring kawitan
    Malih siki sane takenang tityang neked ring dije sane sampun kinucap pura kawitan saantukan yan sane wacen tityang ring babad pasek kubayan ring ajeng niki keturunan nyane wenten ring sami kabupaten ring Bali.
    Inggih malih pisan titang nunas ring Ida sane ngewikanin indik puniki.
    Kirang langkung atur tityang wantah ampure banget ...

    BalasHapus
  33. Osa Semeton ty naler warih Pasek kubayan,ty sampun naenang Tangkil ring merajam kubayan,sampun naler ty wacen babad Pasek, itika menggah warih de Pasek lurah kubayan ada di Wangaya gede Banjar bendul dan de Pasek kubayan penebel.dan menurut babat Pasek tulisan Jero mangku Ketut Subandi naler pateh,wusan Nike ty naler Tangkil ring Bendul irike ty ngerasa yang batin ty ketemu sareng leluhur titiyang,akhirnya ty terus Tangkil nyabran petirtan. Ampure Semeton wantah amunika pengalaman ty kirang langkung ty Munas pure.Om dirghayu astu,Awighnam Astu, Subhan Astu,kesamaspura ya namah swaha,

    BalasHapus
  34. SANGAT BENAR DENGAN YANG DITERANGKAN DIATAS BAHWA

    Babad Bali Keturunan De Pasek Lurah Kubayan
    Adapun De Pasek Lurah Kubayan di Banjar Kubayan, Desa Nyambu,Tabanan, pada hari Senin Umanis, Wara Sungsang, Sasih Karo, tahun Saka 1257 oleh Raja Bali Sri Gajah Waktra alias Sri Gajah Wahana diangkat Amancabhumi dengan tugas selaku pengempon Pura Batukaru berkedudukan di Banjar Bendul, Desa Wangayagde, Tabanan.

    Raja Cri Gajah Waktra dinobatkan pada tahun saka 1264 dan berakhir pada tahun saka 1265. De Pasek Lurah Kubayan setelah berada di Banjar Bendul, Desa Wangayagde menurunkan seorang anak laki-laki bernama Pasek Kubayan dan tetap tinggal di Banjar Bendul, Desa Wangayadge.

    INI BERARTI YANG MENJADI PANGEMONG PURA BATUKARU ADALAH PASEK KUBAYAN DENGAN TUGAS SEBAGAI JRO KEBAYAN/ SEBAGAI KEBAYAN...SEDANG KAWITAN SEBENARNYA/KETURUNANNYA BERASAL DARI BANJAR BENDUL, DESA WONGAYA GEDE "PASEK KUBAYAN" Sedang Kebayan itu hanyalah tugas bukan kawitan

    BalasHapus
  35. Masalah Kubayan dan Pasek (De Lurah Pasek Kubayan) adalah berbeda asal-usul kawitannya. Sama halnya Pasek Kayu Selem (Kawitan Mpu Semeru) dengan Pasek Sanak Sapta Resi (Kawitannya Mpu Gnijaya), demikian pula berbeda dengan Warga Pande kawitannya Mpu Brahmaraja/Mpu Brahmawisesa/Mpu Pandya Bhumi Sakti/Mpu Siwa Saguna berastana Pasraman Kayu Manis Madura. (Purana Dewa Tatwa)

    BalasHapus
  36. Om swastyastu admin saking napi tyg mohon pencerahan karana yg dikatakan dari kubayan adat mundeh kediri tabanan belum ada oenjelasan

    BalasHapus
  37. Ampura nki. Dados tyng uning nmr wa nkh mangde gampang tyng mtaken nki. Suksma

    BalasHapus