Google+

Pura Kyaki Agung Pasek Gelgel Aan di tuakilang Tabanan

Pura Kyaki Agung Pasek Gelgel Aan di tuakilang tabanan

Pasek gelgel di tuakilang, tabanan, yang lazim disebut bandesa sibangkaja adalah keturunan pasek gelgel desa aan, kecamatan banjarangkan, kabupaten klungkung. pasek gelgel desa aan adalah keturunan I Gusti Pasek Gelgeldi desa aan.

Merajan penyungsungannya di banjar pasek desa aan, kecamatan Banjarangkan, kabupaten klungkung bukan pura kawitan. Melainkan berstatus Merajan agung /dadya agung dan bukan pura kyaki agung pasek gelgel aan. seterusnya dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. I gusti pasek gelgel didesa aan, kecamatan banjarangkan. Kabupaten klungkung adalah seorang putra dari kyayi Gusti agung pasek gelgel. Setelah berdomisili di desa aan i gusti pasek gelgel membangun prahyangan sebagai tempat suci untuk memuliakan dan memuja arwah suci para leluhurnya. Di dalam sejarah perjalanannya kemudian disebutmerajan agung/ dadya agung pasek gelgel keturunan i gusti pasek gelgel aan.
  2. antara pura ratu pasek yang berlokasi di pura dasar bhuwana gelgel dengan merajan agung pasek gelgel di desa aan, mempunyai hubungan erat dan tidak dapat dipisahkan, karena dimulikan dan dipuja di pura ratu pasek dipura dasar bhuwana gelgel adalah lauhur igusti pasek gelgel aan pada khususnya dan warga pasek pada umumnya.
  3. kisah keberadaan pura tersabut diawali dengan pindahnya salah seorang putra dari pasek gelgel aan bernama pasek putu kereni dari desa aan ke desa sibangkaja, sekarang kabupaten badung. Di desa sibangkaja pasek putu kereni diangkat sebagai bendesa. Perlu dijelaskan bahwa pura kawitan pasek gelgel atau bandesa sibangkaja di tuakilang adalah pura lempuyang madya, kecamatan abang, kabupaten karangasem, bersamasama dengan pasek lainnya.

4 komentar:

  1. suksma penjelasannya tentang Pura Kyai Agung Pasek Gelgel Aan

    BalasHapus
  2. Tanggal berpa puja wali di pura kawitan Pasek aan??

    BalasHapus
  3. Untuk yg di sibang kaje yg dibanjar napi nggih pure paseknya mohon pecerahannya

    BalasHapus
  4. Jadi pure pasek gelgel aan di banjarangkan klungkung bukan pura kawitan melainkan merajan agung,,yg sebenarnya pure kawitannya di tabanan?

    BalasHapus