Google+

kalpika dan karawista, salah satu piranti sembahyang

kalpika dan karawista, salah satu piranti sembahyang


Ada berbagai peranti yang digunakan dalam persembahyangan. Peranti tersebut biasanya digunakan dalam persembahyagan lengkap (resmi). adapun piranti tersebut antara lain: 

KARAWISTA  

adalah simbol dari Sang Hyang Widhi karena ada unsur-unsurTri Murti yang terkandung di dalamnya, seperti ilalang yang berwarna hijau melambangkan Wisnu, bunga merah dan putih simbol Brahma dan Siwa, lalu pada bagian depan karawista ada yang berbentuk yang bulat dan berdiri atau tegak, itu adalahwindu dan ardacandra, sehingga karawista adalah simbol Omkara atau simbol Sang Hyang Widhi 

KALPIKA

yang terbuat dari daun kembang sepatu atau kembangpucuk dalam bahasa Bali. Berbentuk segitiga yang merupakan simbol Trilingga. Trilingga adalah alam semesta ciptaan Sang Hyang Widhi yang terdiri dari bulan, bintang, dan matahari. Kemudian ada juga unsur-unsur Tri Murti, yaitu bunga putih,bunga merah, dan daun pucuk yang berwarna hijau di mana hijau dianggap sebagaihitam. Kemudian yang ketiga adalah bunga biasa. Bunga biasa, kalau yang berwarnaputih itu adalah simbol Siwa, yang berwarna merah simbol Brahma, yang berwarnakuning itu simbol Mahadewa, berwarna biru atau hijau itu adalah simbol Wisnu. 

ASTA KOSALA dan ASTA BUMI Arsitektur Bangunan Suci Sanggah dan Pura

ASTA KOSALA dan ASTA BUMI Arsitektur Bangunan Suci di Bali


Telah dijelaskan sebelumnya bahwa, Yang dimaksud dengan Asta Kosala adalah aturan tentang bentuk-bentuk niyasa (symbol) pelinggih, yaitu ukuran panjang, lebar, tinggi, pepalih (tingkatan) dan hiasan. Asta Bumi adalah aturan tentang luas halaman Pura, pembagian ruang halaman, dan jarak antar pelinggih.

Asta Bumi menyangkut pembuatan Pura atau Sanggah Pamerajan adalah sebagai berikut:

Tujuan Asta Bumi adalah

  • Memperoleh kesejahteraan dan kedamaian atas lindungan Hyang Widhi
  • Mendapat vibrasi kesucian
  • Menguatkan bhakti kepada Hyang Widhi

ASTA KOSALA dan ASTA BUMI Arsitektur Bali, Fengshui Membangun Bangunan di Bali

ASTA KOSALA dan ASTA BUMI Arsitektur Bali, Fengshui Membangun Bangunan di Bali

angkul - angkul bagian dari asta kosala kosali
Asta Kosala Kosali merupakan Fengshui-nya Bali, adalah sebuah tata cara, tata letak, dan tata bangunan untuk bangunan tempat tinggal serta bangunan tempat suci yang ada di Bali yang sesuai dengan landasan Filosofis, Etis, dan Ritual dengan memperhatikan konsepsi perwujudan, pemilihan lahan, hari baik (dewasa) membangun rumah, serta pelaksanaan yadnya.
  • Yang dimaksud dengan Asta Kosala adalah aturan tentang bentuk-bentuk niyasa (symbol) pelinggih, yaitu ukuran panjang, lebar, tinggi, pepalih (tingkatan) dan hiasan. 
  • Yang dimaksud dengan Asta Bumi adalah aturan tentang luas halaman Pura, pembagian ruang halaman, dan jarak antar pelinggih.
Aturan tentang Asta Kosala dan Asta Bumi ditulis oleh Pendeta: Bhagawan Wiswakarma dan Bhagawan Panyarikan. Uraian mengenai Asta Kosala khusus untuk bangunan Padmasana telah dikemukakan pada bab: Hiasan Padmasana, Bentuk-bentuk Padmasana dan Letak Padmasana. Menurut Ida Pandita Dukuh Samyaga, perkembangan arsitektur bangunan Bali, tak lepas dari peran beberapa tokoh sejarah Bali Aga berikut zaman Majapahit. Tokoh Kebo Iwa dan Mpu Kuturan yang hidup pada abad ke 11, atau zaman pemerintahan Raja Anak Wungsu di Bali banyak mewarisi landasan pembanguna arsitektur Bali.

Belajar meMantra atau meWeda

Belajar meMantra atau meWeda


Dilarang belajar mantra, banyak orang takut belajar mantrà,
karena belum mengerti apa itu sesungguhnya mantrà disamping itu, sering mendengar sebuah kalimat; “Aywa Wera tan sidhi phalania”, jangan disembarangkan, perilaku yang sembarangan itu sangat tidak baik manfaatnya. Kemudian lebih lanjut tutur-dituturkan oleh tetua kita di Bali; Dà melajahin aksarà modré/aksarà suci nyanan buduh nasé. Jangan mempelajari aksarà Modré/aksarà suci, nanti bisa gila. Dua pernyataan seperti ini sudah cukup menakutkan bagi orang Bali yang lugu dan hormat kepada tutur, orang tua dan orang yang disucikan.

Maka kita tidak cukup menerima begitu saja, tutur tetua kita dan kalimat “Aywa Wera tan sidhi phalania”, dan Dà melajahin aksara modré/aksara suci nyanan buduh nas'e, kalimat ini harus ditelusuri lebih mendalam. Dari mana sesungguhnya kalimat tersebut muncul, dan dari buku mana dan apa tujuannya.

Kalimat tersebut muncul dari Purwa Adhi Gama Sesana, (Ringga Natha, 2003:3) yang menyatakan: 
Yan han wwang kengin weruhing Sang Hyang Aji Aksara,
mewastu mijil saking aksara,
tan pangupadyaya/maupacara mwah tan ketapak, tanpa guru,
papa ikang wwang yan mangkana.
Bibijat wwang ika ngaranya,

panca sembah atau kramaning sembah

panca sembah atau kramaning sembah

Sembahyang atau sering juga disebut muspa kramaning sembah merupakan jalan dan salah satu cara Memuja Tuhan bukan menyembah alam ciptaannya. sebelum memulai panca sembah terlebih dahulu ketahuilah apa itu sembahyang yang merupakan salah satu hakekat inti ajaran hindu, kemudian Pedoman dan Persiapan sembahyang,

Sikap Sembahyang dan Kramaning Sembah

  1. Kehadapan Sang Hyang Widhi, cakupan tangan diletakkan di atas dahi hingga ujung jari ada di atas ubun-ubun.
  2. Kehadapan para dewa (dewata), ujung jari-jari tangan di atas, diantara kening. 
  3. Kepada Pitara (roh) Leluhur, ujung jari-jari tangan berada di ujung hidung. 
  4. Kepada sesama manusia, tangan dihulu hati, dengan ujung jari-jari tangan mengarah ke atas.
  5. Kepada para Bhuta, tangan di hulu hati, tetapi ujung jari-jari tangan mengarah kebawah. (Titib, 1997:92).
untuk mantra atau meweda dalam panca sembah silahkan baca di "Sembahyang, kramaning sembah - Memuja Tuhan" yang didahului dengan mantra wajib bagi umat Hindu Bali yaitu Puja trisandya

Mantram Widhi Yadnya

Mantram Widhi Yadnya

Sebelum kita mulai menyebutkan mantram Sang Hyang Widhi Yadnya, maka terlebih dahulu perlu kita ketahui, macam yadnya. Secara umum dijelaskan bahwa dalam agama Hindu terdapat lima Yadnya yang disebut dengan Panca Yadnya. Karena Sang Hyang Widhi Yadnya diidentikkan dengan Dewa Yadnya. Tetapi dalam prakteknya, dan secara logika antara Sang Hyang Widhi dan Dewa tidak sama. Sang Hyang Widhi adalah simbolis Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan Dewa adalah Div, yang berarti Sinar.

Sang Hyang Widhi itu adalah Tunggal dan Div atau Dewa itu adalah banyak, merupakan sinar suci dari Tuhan, sehingga dalam memujanyapun juga berbeda, seperti sikap tangan yang dinyatakan sebagai berikut:
  • Sembahyang kehadapan Tuhan Yang Maha Esa (Sang Hyang Widhi), kedua tangan dicakupkan di atas dahi, sehingga ujung jari tangan berada di atas ubun-ubun,
  • Bersembahyang kehadapan para Dewa (Dewata) cakupan jari tangan ditempatkan ditengah-tengah dahi dengan ujung kedua Ibu Jari tangan berada di antara kedua kening,
  • Bersembahyang kehadapan Pitara, cakupan jari tangan ditempelkan diujung hidung, dengan kedua ujung ibu jari tangan menyentuh hidung,
  • Bersembahyang kehadapan Bhuta, cakupan tangan diletakkan di hulu hati, dengan ujung jari menghadap kebawah. (Suhardana, 2005:10).

Mantra upacara Dewa Yadnya

Mantra Upacara Dewa Yadnya


Yang termasuk dewa yadnya adalah setiap:
1). Klion, 2). Purnama, 3). Tilem, 4). Pager Wesi, 5). Tumpek Landep, 6). Galungan, 7). Kuningan, 8). Tumpek Bubuh, 9). Saniscara Umanis Watugung, 10). Banyu Pinaruh, 11). Soma Ribek, 12). Sabuh Mas, 13). Redite Umanis Ukir, 14). Anggara Klion Kulantir, 15). Anggara Klion Julung wangi, 16). Wrespati Wage Sungsang, 17). Paing Dunggulan, 18). Wage Dunggulan, 19). Wrespati Manis Dunggulan, 20). Wage Dunggulan, 21).Wrespati Umanis Dunggulan, 22). Sukra Paing Dunggulan, 23). Redite Wage Kuningan, 24). Soma Klion Kuningan, 25). Sukra Wage Kuningan, 26). Budha Klion Paang, 27). Sukra Wage Wayang, 28). Buda Wage Kelawu, 29). Sukra Manis Kelawu. (Pramadaksa, 1984).

Setelah selesai melaksanakan puja matram di atas, maka dilanjutkan dengan mantram-mantram sebagai berikut:

Menghaturkan dupa.

Om Ang Brahma-amerta dipa ya namah
Om Ung Wisnu-amerta dipa ya namah
Om mang Iswara-amerta dipa ya namah

Metabuh arak/ berem.

Om Ang Kang Khasolkaya swasti-swasti, sarwa kala Bhuta bholta ya namah

Mersihin eteh-eteh upakara (mesarana sekar lan Bija):

Om Grim Wausat ksama sampurna ya namah

Mantra upacara Pitra Yadnya

Mantra upacara Pitra Yadnya


Tirta Puwa Pangentas Wong Preteka.

Ong idam toyam wimalan dewam sarwa kali kalusa prasame namah swaha.
Ye toyamciwon ce yah, ye toyem prameng srayem, brahma, wisnu, swaroma yem, tat to sima murti dewam.
Ciwa angga Siwa samahen, Siwa Murti suka wahem, pawitram mangghalam, dwam sarwa manggalanne sanem, sarwa tirthem siyemsawem.
Antaranta maye cubhem, nugrahanem bagawan dewi maye datem.
Maheswaram, tirtha jatah pawitrakah, jale dewam rsi sangke, twe meweh sapwe mi yadi ye na sakti bhawisiyate.
Om ganerem maha tirthem, sarwa papa winasanem nama, ste bhagawan Gangga nama ‘stuti nala muwapuh.
Salilem winalem toyem-toyem tirtha swibbhawa wanem subiksa ye sama toye, dewanemlila nasanem. Gangga tirtha ye maha bhuta, maha nadhi tre priyem tatha sarwa dewati, deweye nameste ye namo namah.
Hung hur suma gangga idem toyem.

mantra upacara Resi Yadnya

mantra upacara Resi Yadnya


Yang dimaksud dengan Rsi Yadnya, mawit sakeng pelaksanaan swadharmaning Sang Sadaka ring para janane sami, punika pisan sane ngawanang, I para jadmane wenten utang mabudi ring Sang Sadaka, kebawos Rsi Renam. Ring tepengan punika waluya kapatutang/dharmaning bhakti, satunggil diangken I Para Jana mangda mapunya ring Sang Sadaka sane pageh ngamong berate lan swadharmaning kasulinggihan; sapunika taler panungkalikanya Ida Sang Hyang Sedaka ring Ida Para Jana. (Pramadaksa, 1984). (arti bebasnya: berawal dari pelaksanaan kewajiban Sang Sadaka (Sulinggih), terhadap masyarakat pada umumnya, itu yang menyebabkan, disebut dengan Rsi Rnam. Pada kesempatan ini sepertinya telah dibenarkan sebagai wujud bhakti, untuk berkorban dengan tulus ihklas ring Sang Sulinggih, yang secara terus menerus menjalani hidup sebagai Sulinggih; demikian juga sebaliknya Beliau sang Sulinggih terhadap masyarakat).

Selanjutnya mengenai peraturan Sulingih telah diatur pada Himpunan Kesatuan Tafsir Terhadap. Aspek-Agama Hindu I-IX (1982-1982:14). Menyatakan bahwa: Tentang Kawikon/Sulinggih/Pendeta selaku Dwijati adalah suatu kedudukan khusus yang hanya bisa didapatkan dengan memenuhi syarat dan upacara menurut sesana serta sesuai dengan ketentuan-ketentuan Parisada.

Guru Pada Namas Karo

Om Guru-pada namas karaan, dewa-dewa stiti guruh.
Santi-pusti-wasat-karma, karya siddhis ca jayate;
Om Guru-paduka-byo namah, Waham wata - desyami
Guru-pada dasyat sada, nama namah swaha. (Pramadaksa, 1984).

mantra upacara Manusa Yadnya

mantra upacara Manusa Yadnya


Yang dimaksud dengan, manusia yadnya terdiri dari dua belas tahapan yaitu: 1). Pawiwahan, Pagedong-gedongan, 3). Wawu hembas rare, 4). Kepus udel, 5). Roras rahina, 6). Bulan pitung dina, 7). Tigang sasih, 8). Nempugin, 9). Pawotanan, 10). Ngraja Singa, 11). Metatah, 12). Mapodgala atau Mawinten/Madwijati (sesuai dengan tingkat kemampuan seseorang, dan dipercaya oleh pendukungnya/masyarakat).

Kelahiran Bayi.

(Keselamatan Bayi dan Ibunya)
Om Brhatstsumnah prasawita newisiano
Jagatah sthaturubhayasya yo wasu,
Sa no dewah sawita sarna yacchatwasme
Ksayaya triwartitamamhasah - Rg. Weda IW.53.6

(Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam, dan menegakkannya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga ia Sawitar memberi rahmat-Nya kepada kami untuk ketentraman hidup, dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan jahat). (Titib, 1997:78)

Ngastawa Sang Hyang Kumara.

Om namah Kumara sad-anama ya,
Siki dwa jaya prati mayaloke
Sad-kreti kanandakara ya nityam,
Namao,stu tasme dwajawara pujitram.

ngayab banten Bhuta Yadnya

ngayab banten Bhuta Yadnya

Susunan Bhuta Yadnya

Pertama: 1). Segehan Alit & Agung, 2). Panca sata, 3). Panca sanak, 4). Manca kelud 5). Rsi gana, 6). Walik Sumpah, 7). Lebuh Gentuh, 8). Tawur Agung, 9). Panca wali Krama, dan 10). Eka Dasa Rudra. Mantram caru termasuk yadnya sesa, adalah sebagai berikut:

Mantra Yadnya Sesa

Om Ang Kang Kasolkaya kanaya osak namah swaha
swasti-swasti sarwa butha sukha pradanya namah.

Pengelebaran caru-caru

Om Tang Ang Ing Sang Bang Ung Ca Tat
Om Gunung Gangga dipataye.
Om Hreng Rajastraya namah.
Om Phat-phat,
Om Ang-Sura bhalaya namah.
Om Ung Cakra bhala ya namah.
Om Sang Bang Tang Ang Ing
Panca Maha bhuta bhiyo namah.

Ngayab Bebanten

Ngayab Bebanten

Sebelum upakara dan upacara tersebut dimulai kita harus membersihkan diri, membersihkan sarana upakara dan mengistanakan para dewa pada upakara tersebut, seperti pada upakara /bebanten:

Pelaksanaan Upacara

Sikap duduk tegak, tangan ditengadahkan diletakkan pada kedua belah lutut
Omprasada stiti siwa nirmala ya namah
Om padmasana ya namah
Om lingga purusa ya namah swaha.

Menyalakan dupa/Ambil Dupa nyalakan, ganti setiap habis

Om Ang Brahma dipastra ya namah
Om dupa amertha ya namah
Om lingga purusa ya namah sawaha.

Amusti Karana, tangan cakupkan pada dada atur nafas masuk lewat hidung

Penghormatan, Dewa yang Berstana di Gunung-Gunung

Penghormatan, Dewa yang Berstana di Gunung-Gunung

Penghormatan di Gunung Andakasa

Ong Ing Indra taya namah swaha

Penghormatan di Gunung Mangu

Om Ang Kling Cling Adhikalayang de bhawa

Penghormatan di Gunung Watukaru

Om Tang Jayanatri namo namah swaha
Puncak Gunung Watukaru
Om Ung Hyang watukaru dewa Saktiya namah

Penghormatan di Gunung Kawi

Om Ung Manik wisesa Sakti Dewa Purusa ya namah swaha

Upakara Ngawit mekarya Wewangunan

Upakara Ngawit mekarya Wewangunan

 Upakara

Dasar Bambang

Tumpeng duang bungkul, mareruntutan jaje raka-raka magenepan, bene siap biying mapanggang, sampian tangge, banten punika maaled kulit peras.

Canang Pendeman

Canang burat wangi, canang pagerawos, canang tubungan, pasucian suang-suang atanding Kuangi, keraras, misi pipis solas (11) keteng, kuangene merajah ongkara merta.
Dipuncakne, dagingin kwangen, misi pipis telung dasa telu (33) keteng.
Sampian banten pendemane, mewadah bungkak nyuh gading sane matulis antuk ongkara, rarsi kaput antuk kasa, tegul antuk benar catur warna, luwire: putih, barak, kuning, selem.

Caru Pengeruak dan Mantra

Ngaturang banten durmanggala, banten parascita, katur ring Sang Buta buana. Segeh agung ring Sang Buta dengen.

Nganteb Piodalan Alit

Nganteb Piodalan Alit

Persiapan Muput Piodalan Alit

Muput Tirta Gede (Sapta Gangga)

Ambil sekar.
Om om rahpaht astra ya namah (sekare pentil kearep)

Ambil dupa.
Om ang dupa astra ya namah

Ambil sekar.
Om bayu sabda idep sudhanta nirwiggnam ya namah
Om sidhi ya namah (pentil sekere kepedewekan)

Ambil dupa.
Om om wisnu alungguh haneng sesantun bhatara guru anugraha
Ingsun sakeluwiring tinuja den insun tan amiruda ring sira (dupane celekang ring daksina)

Muput Piodalan Alit di Merajan / Sanggah

Muput Piodalan Alit di Merajan / Sanggah


Byakaonan

Om sadnya astra Mpu sarining wisesa tepung tawar amunahaken segau anglusuraken mala petaka cuntake kabeh.

Durmanggala (Pangastawa)

Om indahta kita sang Kala Purwa, Sang Kala Sakti, Sang Kala Preta, Sang Kala Prajamuka, Sang Kala Ngulaleng, Sang Kala Karogan-Rogan ayua kita pati rorogani, ayuwe kita siligawe iki tadah sajinira penek lawan terasi bang iwak: (bawang jahe/antiga Bekasem /Ayam Ireng) yan manawi kirang tetadahan nira iki amet sarining daksina tukuken ring pasar agung kuwehan anak putun roang sira kinabehan aja sira kari ring kene den kedepsidhirastu Dang Guru Iswara.

Om kala byonamah swaha, Om Bhuta byo namah swaha
Om Durga byo namah swha, om Pisaca byo namah swaha.

Pengulapan (Pangastawa)

Om Mang, Ung Ang, Om Ang Ung Mang, Ah Ah
Om aksaram kertha buwana yadnya dirgayur
Trigunaatmakm Dewa dewi bakti dewam
Jagatnatha ya namah swaha

Resi Kasyapa, Asita atau Dewala

Dewata Pawamana Soma -  Resi Kasyapa, Asita atau Dewala

Canda Gayatri (Sukta 13)

Melalui kain saringan Soma yang suci mengalir
Ketempat khusus untuk Indra dan Wayu.
Persembahkanlah nyanyian,
engkau yang memohon pertolongan,
kepada pawamana, kepada Pendeta
yang dituang untuk menjamu Dewa-dewa.
Tetes Soma yang memberi kekuatan besar agar jaya,
Diiringi kidung untuk menjamu Dewa-dewa.

Upacara Bajang Colong

Upacara Bajang Colong


Banten Pasuwungan

Banten ini berfungsi sebagai pembersihan terhadap jasmani anak, terdiri dari: peras, ajuman, daksina, suci sorohan alit, pengelukatan, pengambeyan, penyeneng, nasi enem ceper masing-masing dengan ikan/daging yang berbeda, daging ayam, itik, telur siput, daging babi dan kacang-kacangan. Kemudian dilengkapi dengan dua buah “kuakang” (sejenis jejahitan) yang berisi nasi lauk pauk dengan sesate, kemudian keduanya dialasi dengan bokor yang berisi beras, sirih tempel, benang, telur ayam mentah dan uang 25 kepeng.

Banten Pengelukatan di Dapur

Peras dengan tumpeng berwarna merah, ikannya ayam biying dipanggang, dilengkapi dengan ajuman, daksina, pengulapan, pengambeyan, penyeneng, dan sorohan alit masing-masing sebuah serta sebuah periuk yang berisi air dan bunga harum untuk mohon penglukatan.

Puja Brahma Ring Pawon

Om Brahma namas catur Muka,
Brahma Angi rakta warnaca,
Spatika warna Dewata
Sarwa busana raktakham.

Banten di sanggah Kemulan

Banten di sanggah Kemulan


Peras dengan tumpeng berwarna putih, ikannya ayam putih dipanggang, dilengkapi dengan ajuman, daksina, pengulapan, pengambeyan, penyeneneng, dan sorohan alit masing-masing sebuah periuk berisi air dan bunga harum untuk memohon pengelukatan.

Pengelukan ring Kamulan.

Om pakulun Sang Hyang Guru Reka
Sang Hyang Kawiswara
Sang Hyang Aji Saraswati,
Suksma Sang Hyang Brahma,Wisnu Iswara
Mekadi Sang Hyang Surya lintang trenggana
Hulun andha nugraha
Sang Hyang Tri Purusa Anglikat
Dasamala lara rogha Wighna Danda
Upadrawa Sang rare
Om Sidhitastu tat astu nama swaha.

Banten Bajang Colong

Banten Bajang Colong


Sebuah buki/periuk tanah yang bagian bawahnya bolong/pecah diberi kalung tapis, kemudian didalamnya dimasukkan sebuah pusuh biyu (jantung pisang serta dilengkapi juga dengan pelapah daun kelapa yang bolong. Pusuh pisang tersebut disisipi uang tiga kepeng sedangkan papah bolong yang dihias yang diberi selimut popol bayi digantungi ketipat, belayak yang tidak ada isinya dan gantung-gantungan dari janur. Semua itu diberi hiasan dari kapur yang berupa tapak dara serta gambar muka manusia. Selebihnya dihiasi juga dengan penjor dari pelapah daun enau, pada lidinya diberi bunga pucuk merah seperlunya. Adapun bantennya adalah sebagai berikut: dua buah penek dihiasi dengan ceper, dilengkapi dengan jajan, buah-buahan dan canang burat wangi.

Selanjutnya banten Bajang Colong adalah: peras, tulung, sesayut, buah-buahan, canang burat wangi, sampyan tangga kecil. Sedangkan ikannya adalah, ceper pertama berisi guling katak, ceper kedua berisi guling capung, ceper ketiga berisi guling balang, ceper keempat berisi guling ayam semulung (ayam kecil). Kemudian dilengkapi juga dengan tegen-tegenan. Setelah selesai upacara, semua banten ini diletakkan diperempatan jalan.

Puja Ngayab Banten Bajang Colong.

Om Sang Hyang Korsika, Sang garga, sang Metri
Sag Kurusya, sang pretanjala,

mantra dan doa Upacara Natab sambutan

mantra dan doa Upacara Natab sambutan


Diawali dengan proses upacara si anak turun tanah, mengelilingi lesung dan taman serta memakai seperangkat perhiasan, yang didapatkannya.

Puja rare Tuwun (turun) Tanah.

Om pakulun kaki citra gotra
Nini citra gotra, hulun aminta nugraha,
nurun aken sang rare ring lemah turun ayam ameng-ameng,
Sarwa kencana sri sedana,
Katur ring bhatari amamngkurat,
Bhatari wastu, bhatari kadep.

Iki aturan ipun sare hasta,

Amerta urip waras dirgayusa,
tan keneng geget wewidinan,
asungane urip teguh timbul abujangga kulit,

kumpulan mantra dan doa penglukatan

kumpulan mantra dan doa penglukatan

Panglukatan Mala.

(gering lara, ila, muang gering tuju bayu, tuju angin. Dapat disembuhkan)

Banten.

Sahe seyayut, mewasta sesayut durga yusa, amerta Sanjiwa muah rikala nuju dina: budha Keliwon, Anggara Kliwon, Purnama, Tilem (Wetania). Wenang sangkepi sesayut, resigana, muah panglukatania, umertraya, Uma tirtha, nawa ratna, sakotamania.
Penglukatan Uma Tirta.
Om antinira Sang hyang Brahma,
Sire ageseng lara wiggena,
Pape klesanaingrat kabeh,
Ong gangga suci nirmala,
Sira sang hyang tirtha meretha,
Mijil sakeng amprunira Sang Hyang Sadesiwa,
Angenjutakna, papa klesening rat kabeh,
Ong Sang Hyang gangga suci,

kumpulan doa dan mantra untuk pemangku

kumpulan doa dan mantra untuk pemangku


Caru manca rupa. (dagingnya bisa diganti)

(Asubang bungkem, bebek bulu sikep, sami ngajak suci, sami ngeed, asu kelod kauh genahnia, ingulah ketengan (66), dadi akarang, kambing kaja kauh genahnia, ingolah ketengan (11), dadai akarang, muang siap putih siungan, kauh genahnia, ingolah ketengan (7) dadi akarang. Sate siap selem kaja genahnia, ingolah ketengan (4) dadi akarang.

Iki peretiyaksa kena/pedasang mekayun. 

(Agar diperhatikan dengan baik dan dikaji secara mendalam untuk kepentingan dengan tujuan kebaikan).
Yan caru panca sanak tan milu kambing, angsa pada wenang,
Pemadem bawi butuan, paksi kokokan wenang,
Pemadem kidang bebek putih jambul wenang,
Pemadem kebo, bebek selem (wenang),
Pemadem kambing, sata kanguru, siyung wenang,
Pemadem angsa sata buik bulu gadang wenang
Yan tan wenang mademan banteng,
wenang kukur anggen pateh ring banteng
Yan tan wenang mademang ciciri (kuluk),
Wenang bebek belang kalung angge, pateh ring asu.
Yan tan mademang kambing,
wenang siap kelawu gerungsang angge, pateh ring kambing
(Gambar, 1986:26-28).

kumpulan mantra dan doa untuk piodalan

kumpulan mantra dan doa untuk piodalan

Mantram sebelum Belajar Memantra

(Sang Hyang Aji Panusangan).

Pangleburan letuhan sarira, tan keni sebelen saluwuing magelah ring prajamandala, wenang sekama-kama apan Sang Hyang Mantra luwih utama, yan tasak ngerangsukin mantra iki, saksat mawinten ping telu, gelarana siang ratri
Idepaku anganggo Aji kotamah,
Amangsa-amangsung aku tan pabersihan,
aku pawaking setra suka kang akasa,
suka kang peretiwi, tan ana aku keneng sebelan,
apan aku teke abersihin awak sariranku,
teka bersih bersih-bersih-bersih. (Gambar, 1986:51-52)

Pawisik Dewi Maya Asih.

(Pinuja kene desang Sedaka ndiata).

Ong tat purusa ya namah,

Dewata Pawamana Soma penjelasan etika 3

Dewata Pawamana Soma


Penenang Jiwa yang Menderita

Agnestanurasi waco wisarja namdewawittaye twa grhnami wrhadgrawa’si wanasratyah sa idam dewebhyohawih samiwa susami samiswa; Hawiskrdehi hawiskrdehi.

Oh Yajna, engkau adalah badannya api; Engkau diselenggarakan dengan menguncarkan Weda Mantra, (dan) saya menyelenggarakannya untuk mendapatkan sifat-sifat mulia. Engkau adalah awan yang maha besar pemelihara atas tumbuh-tumbuhan obat. Sucikanlah sesaji kami, penenang jiwa menderita, untuk memberi kebahagiaan kepada yang pandai dan mensucikannya. Mereka yang membaca dan mengajarkan Weda, menjadi mengetahui ceritera-ceritera dalam weda, memberi inspirasi kepada kami untuk melakukan yadnya.

Ilmuwan Mengajarkan Ilmu untuk Kebaikan Manusia.

Kukuto’si madujihwa isamurjamawada twaya wayaduamsamghataduam saghatam jesma warsa wrddhamasi prati twa warsawrddham wettuparaputtraduam aratayo pahatadduamrakso wayurwo wiwinaktu dewo wah sawita hiranyapanih pratigrbhnatwacchiddrena panina.

Dewata Pawamana Soma penjelasan etika 2

Dewata Pawamana Soma

Yang jahat harus disingkirkan.

Pratyustaduam raksah pratyusta aratayo nistaptaduam rakso nistapta aratayah; Anisito’si sapatna ksidwajinam twa wajedhayayai sammarjmi; Prastyustastaduam raksah pratyusta aratayo nistaptaduam rakso nistapta aratayah; Anisita’si sapatna ksidwa jinim twa wajedhyayai sammarjmi.

Yang jahat harus disingkirkan, musuh kebenaran harus dihukum, mereka yang patut dibelenggu harus disisihkan dan yang mereka yang menentang pengetahuan harus menderita sedih. Oleh pembasmi musuh, engkau tidak. Mereka yang tidak mentolerir kebaikan orang lain harus dihukum, dan salahkan secara terbuka. Mereka yang menyebabkan rugi pada orang lain harus dihina. Saya memerintah pasukan pada waktunya menjadi kuat untuk melemahkan lawan dan melakukan perang.

Mengenal Tuhan Melalui penglihatan Spiritual

Adityai rasnasi wisnorwesposyurje twa’dabdhena twa caksusawapasyami; Agnerjihwai suhurdeebhyo dhamne me bhawa yajuse yajuse.

O Tuhan, Engkau adalah penta cairan manis ditanah. Engkau adalah maha ada, meresapi semuanya, laksana nyala api, Engkau tidak termusnahkan. Engkau patut dipuja oleh para Resi disemua tempat, jalan untuknya, melalui penguncaran weda mantra. Semoga kami mengenal Engkau melalui penglihatan spiritual yang damai, untuk kemajuan kami.

Mensucikan Hati dan Jiwa

Sawistustwa prasawa utpunamyacchidrena pawitrena suryasya rasmibhih; sawiturwahprasawa utpunamyacchidrena pawitrena suryasya rasmibhih; Tejo’si sukramasyamrtamasi dhama namasipriyam dewanamanadhr stam dewayajamasi.

Dewata Pawamana Soma penjelasan etika 1

Dewata Pawamana Soma


Ajarkan dengan kata-kata yang manis.

Samindra no manasa nesi gobhih saduam suribhirmaghawantsaduam swastya; Sam brahmana dewakrtam yadasti sam dewanaduam samatau yajniyanaduam swaha.

O guru yang terhormat dan terpelajar dan pengkhotbah, karena engkau menuntun kami dijalan yang benar dengan pikiran yang mulia, ajarkanlah kami usaha itu dengan kata-kata mu yang manis dan menyenangkan, memberi pengetahuan kepada kami melalui yang terpelajar dan ajaran-ajaran Weda, tunjukkan dihadapan kami contoh, perbuatan yang mulia yang dilakukan oleh para Resi melalui kebijaksanaan dan kata-kata yang benar, karena engkau patut mendapat penghormatan kami.

Memberi pengetahuan siang dan malam.

Sam warcasa payasa tanubhiraganmahi manasa saduam siwena; Twasta sudatro wi dadhatum rayo,numastum tanwo yadwilistam.

Penciptaan dan Penguasa

Penciptaan dan Penguasa


Tasmai sa Howaca prajakamo wai prajapatih sa tapo’tapyata, sa tapastatwa sa mithunamutpadayate Rayilmca pranam ca, ity etan me bahudha prajah karisyata iti.

Ia (Pipalada) menjawab kepada penanya Kabadhi sesungguhnya, Tuhan, Penguasa atas segala makhluk yang ada, berkeinginan lahir anak-anaknya, lebih jauh dengan menjadikan kekuatannya dan melakukan karma yang benar dan dari padanya telah diciptakan dua pasangan badan yang berbeda, dengan memberi hidup kepada mereka sehingga mungkin kemudian mengembangkan dan memberi kelahiran pada makhluk-makhluk selanjutnya dari berbagai macam menurut jenisnya.

Aditya hawai prano rayirewa candramah, rayiwa atat sarwam yan murtacancamurttan ca Tasman murtirewe rayih.

Sesungguhnya matahari adalah sumber dari semua hidup (prana) dan bulan sesungguhnya adalah rayi, yaitu zat baik yang tampak dan yang tidak tampak. Rayi sesungguhnya aspek matahari yang tampak, termasuk badan jasmani dan semua mahluk.

Athottarena tapasa brahmacary ena sraddhaya widyayatmanam awisyadityamabhijsysnte. Etadwai pranamayatanametad amrta-mabhyametat, parayanam etasmanna punarawarttanta ityesa nirodhastadesa slokah.

Resi Wasistha, Dewata: Saraswan, Syair : Gayatri

Resi Wasistha, Dewata: Saraswan, Syair : Gayatri


Janiyanto nwagrawah putriyantah sudanawah, saraswatam hawamahe.

Kami menjumpai Saraswan sebagai laki-laki yang tak beristri mengingini istri. Sebagai orang-orang yang maha pemurah menginginkan putra.

Uta nah priya priayu saptaswasa sujusta. Saraswati stomyabhut.

Sesungguhnya ia tersayang ditengah-tengah alirannya air yang tersayang, tujuh saudara perempuan rindu akan cinta mendalam. Saraswati telah memperoleh pujian kami.

Tatsawiturwarenyam bhargo dewasya dhimahi. Dhiyo yo nah pracodayat.

Pemujaan Sawitri

Pemujaan Sawitri


Yunjanah prathamam manas tattwaya sawita dhiyah agner iyotir nicayya prthiwya adhyabhacat.

Dengan mengkonsenkan indra-indra, pikiran, dan intlek, kepada Brahman, untuk memperoleh kesunyataan, semoga Dewi Sawitri, - Sang Surya yang sedang muncul dicakrawala itu,- setelah melihat Dewa Agni, - Sang Api yang bersinar,- berkenan memberikan sinar terangnya kepada bumi.

Yuktena manasa wayam deasya sawituh sawe suwargeyaya saktya.

Dengan berkah dari Dewi Sawitri yang bersifatuniwersal, semiga kita dengan melakukan konsentrasi pikiran, dapat memperoleh kekuatan untuk mencapai surga.

Yuklwaya manasa dewan suwaryato dhiya diwam brhaj jyotih karisyatas sawita prasuwati tan.

sekilas tentang Atharwa weda

sekilas tentang Atharwa weda


Brahma jajnanam prathamam purastat

Hyang Widhi Wasa adalah pertama-tama, yang ada di alam semesta.

Brahmana bhumir wihita brahma dyaur uttara hita brahma-idam urdhawam tiryak cantariksam wyaco hitam.

Brahman Menciptakan bumi ini. Brahman menempatkan langit di atasnya. Brahman menempatkan eilayah tengah yang luas ini di atas dan dijarak lintas.

Brahma dewam anu ksiyati brahma daiwajanir wisah. Brahmedam anyat-naksatam brahma sat ksram ucyate.

Tuhan Yang Maha Esa bersamayam didalam wujud sebagai para dewa. Tuhan Yang Maha Esa, bersemayam pada media-media yang suci. Tuhan Yang Maha Esa adalah Abadi (tak terhancurkan) dan dia adalah pelindung yang ulung.

Aham jajana prthiwim uta dyam, aham rtun ajanayam sapta sindhun.

Samkhya Darsana

Samkhya Darsana


Pendiri dari sistem filsafat ini adalah Sri Kapila Muni, yang dikatakan sebagai putra Brahma dan Avatara Visnu Kata “Samkhya” itu sendiri artinya “jumlah” dan sistem ini memberikan sejumlah prinsip-prinsip alam semesta yang sebanyak 25 buah, sehingga nama Samkhya tersebut sangatlah tepat. Istilah Samkhya juga dipergunakan dalam pengertian “Vicara” atau “Perenungan filosofis”.

Pada sistem Samkhya tak ada penyelidikan secara analitik kedalam alam semesta, seperti keberadaan yang sesungguhnya, yang merupakan susunan menurut topik-topik atau katagori-katagori, namun terdapat suatu sistem tiruan yang diawali dari satu tattwa atau prinsip mula-mula yang disebut Prakrti, yang berkembang atau mengasilkan (prokaroti) sesuatu yang lain.

Seperti telah disinggung didepan, Samkhya menggunakan 3 sistem atau cara mencari pengetahuan kebenaran, yaitu:
  1. Pratyaksa (pengamatan langsung), 
  2. Anumana (penyimpulan) dan 
  3. Apta Vakya (penegasan yang benar). Kata “Apta” artinya “pantas” atau “benar” yang ditujukan kepada wahyu-wahyu Veda atau guru-guru yang mendapatkan wahyu.

sekilas tentang Sama Weda

sekilas tentang Sama Weda


Agne tawa waye mahi bhrajante arcayo wibhawase. Brhadbhano cawarsa wajamukthyam dadhasi dacusa kawe.

O Agni, kuat dan terkenal Engkau, nyalamu menjulang tinggi, Engkau adalah Dewe yang cemerlang. Pendeta pemberi cahaya, Engkau beri pemuja itu dengan kekuatanmu itu, harta dan kebajikan terpuji.

Pawakawarcah cukrawarca anunawarca udiyarsi bhanuna.Putro matara wicarannupanasi prnskdi radosi ubhe.

Dengan sinar yang cemerlang, pensuci yang kemilau, dengan kemilauan yang sempurna itu Engkau mengangkat dirimu sendiri dalam sinar. Engkau mengunjungi kedua Ibunda, memberi bantuan sebagai seorang anak, engkau hubungkan rapat-rapat dunia dan surga.

Urjonapajjataweah sucastibhirmandaswa dithibhirhitah. Twe isah sam dadhurbhurriwarpama ccitrotayo wamajatah.

meWeda dan Memantra, Pemujaan setiap hari

meWeda dan Memantra, Pemujaan setiap hari

Veda atau Mantra

Weda sebagai kitab suci.

Weda sebagai kitam suci. Satu-satunya pemikiran yang secara tradisional yang kita miliki adalah yang mengatakan weda adalah kitab suci agama Hindu. Apabila kita maksudkan kitab suci agama maka Weda adalah merupakan kitab suci atau buku. Kita tidak membicarakan isinya. Kita hanya membicarakan wujudnya. Buku itu berisi tulisan-tulisan, disusun rapi ada penulisnya, ada pemikirnya dan ada pula isinya berupa ajaran-ajaran. Buku adalah benda atau barang cetakan. Tetapi tidak semua brang cetakan atau buku dapat kitanamakan Weda. Sebagai kitab suci agama Hindu artinya bahwa buku itu diyakini dan dipedomani oleh umat Hindu sebagai satu-satunya sumber bimbingan dan infoemasi yang diperlukan dalam kehidupan mereka sehari-hari ataupun untuk melakukanm pekerjaan tertentu.Dan dinyatakan sebagai kitab suci karena sifat isinya dan yang menurunkannya pun adalah Tuhan yang dianggap Maha suci.

Weda sebagai ilmu pengetahuan. Weda didalam bahsa sanskerta berarti pengetahuan. Kata Weda berasal dari urat kata Wid, yang artinya mengetahui. Apa bila kita artikan Weda itu sebagai pengetahuan, maka setiap ilmu pengetahuan dapat dikatakan Weda. Ini tidak benar pula. Weda adalah pengetahuan dan diturunkan oleh Tuhan kepada umat manusia sebagai wahyunya. Sebaliknya kata “widya’ adalah segala macam pengetahuan yang dikembangkan oleh penemuan berbagai risetnya. Widya lebih bersifat duniawi sedangkan Weda lebih bersifat rokhani. 

Mantra sebagai Pembelajaran Orang Dewasa

Mantra sebagai Pembelajaran Orang Dewasa


Mempelajari Weda (dan atau mantra) mencakup kegiatan yang amat luas. Kita mulai dari belajar membaca, mendengar ucapan-ucapan yang benar, menterjemahkannya, mengertikan arti kata, menginterpretasikan, merenungkannya kembali, merumuskan hasil-hasil pemikiran yang terkandung dalam Weda, menjelaskan dengan melihat relevansinya dengan gejala-gejala alam, kesemuanya itu merupakan satu paket proses belajar weda.

Mengajar dan belajar mantra Weda tidaklah sama dengan membaca biasa. Sangat edialnya usaha belajar dimulai sejak usia masih muda. Ketentuan umur dalam sistem catur Asrama dapat dijadikan patokan pegangan kapan kita bisa mulai belajar Weda. Umur termuda empat tahun dan paling terlambat kalau telah mencapai umur 22 tahun. 

Salah satu faktor terpenting dalam belajar membaca dan mengajarkannya adalah pengenalan huruf dengan suaranya. Disamping itu masalah intonasi atau tekanan suara yang tepat akan ikut pula menentukan. Karena itu yang pertama-tama adalah menguasai huruf dengan baik sehingga seorang anak dapat dapat memodulisasi suara dengan baik dan dapat pula mendengar dengan jelas perbedaan suara yang dibaca orang lain. Adapun pengucapan hruf-huruf yang dimaksud itu adalah huruf-huruf (aksara) dewanegari yang dipakai dalam bahasa Sannskerta atau mantra-mantra baik ditulis dalam huruf Dewanegari mapun tulisan Latin. 

Sastra sebagai alat komunikasi

Sastra sebagai alat komunikasi


Filsafat secara umum dapat diartikan bahwa usaha manusia dengan menggunakan akal, untuk memperoleh pemahaman Jagat Raya dalam memenuhi suatu kepuasan dalam kebijaksanaan, sedangkan aksara adalah simbol (lambang) sebagai alat komunikasi.

Komunikasi menggunakan bahasa akan mengandung unsur simbolik dan emotif, dalam komunikasi ilmiah sebenarnya proses komunikasi itu harus terbebas dari unsur emotif ini, agar pesan yang disampaikan bisa diterima secara reprodukdif, artinya identik dengan pesan yang dikirim. 
Umpamanya jika dalam sebuah komunikasi ilmiah kita mempergunakan akal seperti “epistemology” atau “oftimal” maka kita harus menjelaskan lebih lanjut apa yang kita maksudkan dengan kata-kata itu. Hal ini harus kita lakukan untuk mencegah si penerima komunikasi memberi makna lain yang berbeda dengan makna yang dimaksudkan. Tentu saja kata-kata (simbol) yang sudah jelas dan kecil kemungkinannya untuk disalah artikan dan tidak lagi membutuhkan penjelasan lebih lanjut. (Jujun, 2002:175,181). 

Nama Rudra sering diartikan sama dengan Siwa, sehingga untuk menggambarkan siwa sebagaimana halnya dengan Rudra dihubungkan dengan sebelas aksara sebagai bentuk lingga Atma, menurut Jnana Sidharta: Sing, Tang, Mang, Bang, Ang, Wang, Nang, Ang, Ung, Mang dan Ong.

Selanjutnya dalam Rg.Weda X.36.14. menyebutkan: