Google+

Banten Caru Eka Sata dan Caru Rsi Ghana Alit

Banten Caru Eka Sata dan Banten Caru Rsi Ghana Alit


CARU pada hakikatanya dipahami sebagai persembahan untuk Bhuta Kala. Upacara caru dimaknai sebagai upacara untuk menjaga keharmonisan alam, manusia dan waktu.

Caru, dalam bahasa Jawa-Kuno (Kawi) artinya: korban (binatang), sedangkan ‘Car’ dalam bahasa Sanskrit artinya ‘keseimbangan/ keharmonisan’. Jika dirangkaikan, maka dapat diartikan: Caru adalah korban (binatang) untuk memohon keseimbangan dan keharmonisan.

‘Keseimbangan/ keharmonisan’ yang dimaksud adalah terwujudnya ‘Trihita Karana’ yakni keseimbangan dan keharmonisan hubungan manusia dengan: Tuhan (parhyangan), sesama manusia (pawongan), dan dengan alam semesta (palemahan).

Bila salah satu atau lebih unsur-unsur keseimbangan dan keharmonisan itu terganggu, misalnya: pelanggaran dharma/ dosa, atau merusak parhyangan (gamia-gamana, salah timpal, mitra ngalang, dll), perkelahian, huru-hara yang merusak pawongan, atau bencana alam, kebakaran dll yang merusak palemahan, patut diadakan pecaruan.

Babad Pasek Batukaru utawi Kubayan / Kebayan Batukaru

Babad Pasek Batukaru utawi Kubayan / Kebayan Batukaru

TEGES PRASASTI PASEK BATUKARU, BESAKIH, KARANGASEM.

ONG Awighnam astu nama siddham. ONG suddha-suddha ya nama, pukulun pratisuddha ya nama swäha.

Puniki prasasti gagamelan I Gusti Prabali desa, sane mula wenang nincapang miwah nguasayang tur nitah I Pasek Batukaru, rawuhing saupacaraning aci, tur dados pangenter jagat, miwah pakandel ida Sang Naga Basukih, sane kabawosang dados panembahan wong Bali maka sami. Sapunika bawos ida Bhatära Sang Näga Basukih, sane malinggih ring jagat Bali.

Mangkin kabawosang wenten sang nätha ratu Bali, sane ngamel jagat pinaka tedung jagat Bali. Ida rawuh ka Bali duk rahina Budha Wage Kulawu, tanggal ping 11 sasih Kadasa. Ida mawit saking tos Brähmana Wangbang, putran Bhatära Hyang Brahma sadaweg wenten ring Sewambara. Sapunika indik pamijilan ida, sampunang kirang pangugu. Caritayang mangkin ida sang nätha ratu Bali sane mawit saking tos Brähmana Wangbang punika, ida nangun tapa ring gunung Andakasa, nemonin purnamaning sasih Kapat, magenah ring alas Kasa. Irika ida prasiddha nangun tapa salami pitung rahina.

carita singkat Babad Usana Bali

carita singkat Babad Usana Bali

Diceriterakan Bhatara Mahadewa beryoga, datanglah putranya seorang yang bernama Bhatara Gana dan yang perempuan bernama Bhatari Manik Geni. Kedua putranya ini pulang ke gunung Mahameru. Sesampainya di Gunung Mahameru Bhatari Manik Geni diambil oleh Mpu Gnijaya seorang Brahmana.  Dengan demikian adanya Pulau Bali yang diperintah oleh Gnijaya bersama Bhatara Putrajaya serta berstana di Gunung Watukaru. 

Kemudian ketika tahta Sri Aji Herlangga di Kerajaan Daha, datanglah Mpu Gnijaya bersama Mpu Mahameru, Mpu Gana dan Mpu Kuturan atas petunjuk dari Bhatara, Pasupati di Besakih, Dan Mpu Mahameru turun ke Besakih pada Isaka 912. 
Mpu Kuturan turun ke Bali pada Isaka 922 Buda Kliwon Pahang. Mpu Pradah bertempat di Pajarakan. 

Diceriterakan Mpu Gnijaya berputra tujuh orang lahir 
dari Dewi Manik Geni. Putranya itu bernama:
  1. Mpu Ketek, 
  2. Mpu Kanandha, 
  3. Mpu Wirajnyana, 
  4. Mpu Witadharma, 
  5. Mpu Ragarunting, 
  6. Mpu Prateka,
  7. Mpu Dangka. 

Mpu Pradah berputra dua orang yang bernama 
  1. Mpu Çiwagandhu
  2. Mpu Bahula. 

Pura Kawitan Karang Buncing - Babad Bali Kebo Iwa

Pura Kawitan Karang Buncing - Babad Bali Kebo Iwa

Pura Kawitan Treh Sri Karang Buncing

Pura Kawitan Sri Karang Buncing terletak di depan SD Negeri I Blahbatuh, Jalan Dharmawangsa, tepatnya seratus meter ke utara Pura Puseh, Desa Pakraman Blahbatuh, Gianyar. 

Konsep pemujaan Tuhan melalui Bhatara Hyang Kawitan setelah datangnya Danghyang Nirartta di Bali yaitu sezaman dengan keberadaan beberapa generasi setelah era Sri Karang Buncing. 
Sri Karang Buncing muncul dua periode, Sri Karang Buncing ke I saudara kandung dengan Sri Rigis yang melahirkan Sri Kbo Iwa dan adik kandung Sri Kbo Iwa lahir buncing (laki dan perempuan) dan diberi nama Sri Karang Buncing juga, kalau boleh dikatakan Sri Karang Buncing yang ke II, lalu beliau dinikahkan berdua yang melahirkan para warga Sri Karang Buncing yang ada di jagat ini. Sri Karang Buncing II adalah adik kandung dari Sri Kebo Iwa yang hidup sekitar tahun 1324 Masehi. Nama Sri Karang Buncing inilah yang dijadikan momentum untuk mengenang para leluhur oleh para warga dan dipertegas kembali dalam ART Sri Karang Buncing, pasal 21, pada Mahasabha, hari senin, tanggal 2 Pebruari 2004, di Nusa Mandala Tohpati, Denpasar.

Peralihan kekuasaan memang membawa dampak politik psikologis bagi warga Sri Karang Buncing dalam kepemerintahan di Bali untuk mencari identitas leluhur mereka terdahulu karena nyineb wangsa (menutup asal usul) sehingga di masyarakat ada yang menyebut diri,:

  • prabali karang buncing, 
  • arya karang buncing, 
  • sri karang buncing, 
  • gusti karang buncing, 
  • bendesa karang buncing, 
  • pasek karang buncing, 
  • soroh karang, 
  • dan lain-lain, tergantung dari sisi mana memulainya sesuai tugas dan jabatan beliau saat itu. 

Babad Karang buncing - Kebo Iwa dalam Purana Bali

Babad Karang buncing - Kebo Iwa dalam Purana Bali

Kebo Iwa

Sri Kbo Iwa Dalam Beberapa Purana, Prasasti dan Babad.

Kebo Iwa di dalam Purana Pura Luhur Pucak Padang Dawa ( Sudarsana, Kt. Desa Bangli, Baturiti, Tabanan, 2001),

Sekarang tersebut Sanghyang Siwa Pasupati setelah terbang diangkasa membawa bongkahan gunung yang diambil dari Gunung Mahameru, selanjutnya beliau berstana di Puncak Candi Purusada yang merupakan cikal bakal adanya Pulau Bali, dimana Tuhan Yang Maha Esa bagi orang-orang Bali juga diberi sebutan Bhagawan Mangga Puspa yang dilukiskan dengan perawakan yang amat besar dan kekar dan juga disebut Bhatara Tengahing Segara dan lama kelamaan beliau mempunyai seorang putra yang perawakanya juga tinggi kekar, yang diberi nama Dewa Gede Kebo Iwa Sinuhun Kidul, yang selanjutnya Dewa Gede Kebo Iwa menjadi raja di Pulau Bali dengan gelar Raja Pajenengan / Sanghyang Sinuhun Kidul.

Sanghyang Sinuhun Kidul/Dewa Gede Kebo Iwa yang merupakan Awatara dari Sanghyang Brahma yang mana beliau mempunyai banyak sebutan bagi orang Bali seperti misalnya:

  • Tatkala masih perjaka disebut Ki Taruna Bali.
  • Pada saat menjadi raja bergelar Sanghyang Sinuhun Kidul.
  • Pada waktu beliau membawa Tattwa Usadha dan Tattwa Kadyatmika bergelar Ida Bhatara Gede Sakti Ngawa Rat.
  • Pada saat beliau berstana di Gunung Gumang, bergelar Bhatara Gede Gunung Gumang.
  • Tatkala beliau bersatu dengan Bhatara Kala dan berstana di Bale Agung disebut Bhatara Gede Sakti.

Babad Pasung Grigis dan Karang Buncing di dalam Piagam Dukuh Gamongan

Babad Pasung Grigis dan Karang Buncing di dalam Piagam Dukuh Gamongan

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Jaya Katong Menurunkan 3 Putra dan Putri, Sri Rigis dan Sri Karang Buncing (Kembar Laki dan Perempuan).

. . . . sira Sri Jaya Katong awerdhi putra rwang siki, kang wayah, apuspa ta sira Sri Rigis, arinira apanengeran ira Sri Karang Buncing, apan pametwanira Lanang Stri pwa sira, risampun mendraguna pwa sira, Sri Rigis kadama putra pwa sira, dening sira Pasung Grigis, apan sira, anyukla Brahmacaryya, tan adwe Santana, sira Sri Rigis amuja palikrama maring Kahyangan nira Hyang Gnijaya, anisyanin, sasukuning gunung Lempuyang, sira Sri Karang Buncing, amupu maring Batahanyar, sasareng lawan yayahnira, Sri Jaya Katong, risampun Sri Taruna Jaya, angraksa rajya, sira Sri Jaya Katong, neher kagunung Hyang, nincap wanaprasta, ngastiti Hyang Widhi, nyujur patapan aguron-guron, lawan hyang hyang nira, sedaya . .
(Piagem Dukuh Gamongan, 8b-9b).

Arti Bebas:
. . . beliau Sri Jaya Katong, menurunkan dua orang putra, yang sulung diberi nama Sri Rigis dan adiknya diberi nama Sri Karang Buncing, karena beliau kelahiran laki dan perempuan (kembar buncing), setelah beliau cukup dewasa, Sri Rigis diangkat menjadi anak oleh beliau Sri Pasung Grigis, karena beliau menjalani hidup nyukla brahmcaryya (tidak kawin selamanya), tidak mempunyai keturunan, beliau Sri Rigis yang memuja dan menghaturkan persembahan umatnya ditempat suci Hyang Gnijaya, menjalani hidup suci dan mendoakan seluruh kehidupan yang ada di Gunung Lempuyang, beliau Sri Karang Buncing, yang tinggal di Batahanyar, bersama ayahnda Sri Jaya Katong, setelah Sri Taruna Jaya menjadi Raja, beliau Sri Jaya Katong pergi ke Gunung Hyang, menjalani kehidupan wanaprasta (hidup suci), memuji kebesaran Hyang Widhi, mengikuti jejak perjalanan suci dari para leluhur mereka dahulu, seterusnya . .

Babad Karang Buncing Kebo Iwa - Purana Pura Gaduh, Pura Puseh Blahbatuh

Babad Karang Buncing Kebo Iwa - Purana Pura Gaduh, Pura Puseh Blahbatuh




Salinan Purana Pura Puseh Gaduh, Yang Ada di Pura Puseh, Desa Pakraman Blahbatuh, Gianyar, berikut:


. . . Om awignamastu nama sidham, tumurun kipamastu iki. Awignamastu nama swaha, tumurun kinawa Pasupati duk sira Arya Pasung Giri, sira Jaya Katong, amurti kerti ring batara, hana mijil swalita, karsen ira sira Jaya Katong, minta sih Arya Pasung Giri, andika ta sira Pasung Giri, ring sira Jaya Katong, wali kang ari, aminta sih ring batara Hyang Gnijaya, ju . . .

. . . mujug batara ring parihyangan, parihyangan hana ring Gaduh, aminta sih sira malih Jaya Katong, tumurun ki batara Hyang Tugu, lumaris hana ring pariangan, angregep ta sira Jaya Katong, tumurun ki batara Wisnu, angeregepta sira malih, tumurun batara Hyang Watukaru, angeregep ta sira malih batara Mahadewa amanca resi unggwaning batara, tumurun ki batara . . .

Karang Buncing - Pura Gaduh, Tugu Akhir Raja Bali

Karang Buncing - Pura Gaduh, Tugu Akhir Raja Bali

Pura Gaduh, Gagaduhan Prabhu Bali



Mengutip Transkrip Piagem Dukuh Gamongan diatas tentang keberadaan Pura Gaduh, Blahbatuh, Gianyar, berbunyi:

. . . sira Sri Jaya Katong, amrajaya ring yusaning bumi, Isakawarsa, Asti Bhaskara Netraning Ulan, Sri Jaya Katong, amukti maring Batahanyar, angamong wadwa sira, amuter maring Batahanyar, kasung kasiwi denira Sri Jaya Katong, hanata Glungkori, ring mahameru, kapolo denira Sri Jaya Katong, maka tunggul ira, ring Barabatu, lingganira hyang wawu dateng, Meru tumpang 5, hana ta kori agung, agelung tumpang lima, maka tungguling Prabhu Bali, araning Pura Gaduh, Gagaduhan Prabhu Bali. maring Bhatahanar . . .
(Piagem Dukuh Gamongan, 8a-8b).
Terjemahan:
. . . beliau Sri Jaya Katong menjadi penguasa, umur bumi, tahun Isaka 1238/1316 Masehi, Sri Jaya Katong yang dimuliakan di Batahanyar, memerintahkan rakyat baginda pusatnya di Batahanyar, tempat persembahyangan baginda Sri Jaya Katong adalah Kori Agung, tempat suci sangat agung, dibangun oleh Sri Jaya Katong, sebagai bukti baginda ada di Blahbatuh, sebagai wujud atau simbol Dewa sesembahan yang baru, Meru tumpang lima, lambang kesatuan para raja Bali, namanya Pura Gaduh, tempat suci para raja Bali, terhadap Bhatahanyar . . .

Karang buncing - Sri Indracakru di dalam Piagem Dukuh Gamongan

Karang buncing - Sri Indracakru di dalam Piagem Dukuh Gamongan


Arca Peninggalan Sri Jaya Katong Sebagai ‘Pangulu’ Sri Kebo Iwa,di Stanakan di Pura Puseh, Blahbatuh, Gianyar.
Piagem Dukuh Gamongan, Sri Indracakru Menurunkan Dua Putra, Sri Pasung Grigis dan Sri Jaya Katong

. . . . prasama anuhun sajnya Sri Maha Dewa Lencana, risampun mawerdha pwa sira, metu putra sanunggal, apuspa ta sira Sri Taruna Jaya, risampun tugtug ikang kasmalan, mantuk pwa sira Sri Maha Dewa Lencana maring antralaya, wetning Sri Taruna Jaya rare pwa sira, manggala arinira, Sri Maha Dewa Indracakru anyakradhala, yusaning bumi isakawarsa, Netraning Rsi Nyuryaning Ulan, risapemadegan nira Sri Indracakru, tan madoh lawan kakanira, satru tan wani lumihat, para pandita Siwa Sogata, mwang Bhujangga sutrepti ngastiti Widhi, angaturaken yadnya, anangun tapa Samadhi, maring paryangan nira,

Arti Mimpi dan Deja vu

Arti Mimpi dan Deja vu

 Arti Mimpi dan Deja vu

Pernahkah kamu mengalami perasaan pernah melakukan kegiatan yang sama persis sebelumnya? 
Merasakan sebuah kondisi yang sama perisis sebelumnya? 
Melihat dan mendengar hal yang sama sebelumnya? 
Hal ini memang terkadang sangat membingungkan karena pada saat itu pula kita tidak mampu mengingat kapan dan dimana pernah melakukan kegiatan tersebut. Hal tersebut seolah-olah ada dalam mimpi namun kenapa bisa benar-benar terjadi. Inilah misteri yang biasa disebut orang dengan Dejavu.

Berdasarkan penelitian, 70% manusia di bumi pernah merasakan déjà-vu.
Jadi, fenomena psikologis tersebut adalah hal yang sangat wajar dan bukan merupakan suatu kutukan atau karma sebagaimana banyak dipercayai orang.  
Deja-vu (pengucapan dalam bahasa Inggris: /ˈdeɪʒɑː ˈvuː/ (bantuan·info), pengucapan bahasa Perancis: [/deˈʒa ˈvyː/]) adalah frasa Perancis yang artinya secara harafiah adalah "pernah melihat" atau "pernah merasa".
Maksudnya, mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani para (παρα) yang artinya ialah "sejajar" dan mnimi (μνήμη) "ingatan".

Kenapa deja vu bisa terjadi?


Pertanyaan yang mundul kemudian adalah mengapa deja-vu bisa terjadi? Jangan dulu berpikiran bahwa ini adalah fenomena alam yang tidak mampu dijelaskan secara ilmiah karena para ilmuan telah menemukan jawaban akan fenomena yang ada dalam alam pikiran manusia tersebut. Déjà vu terjadi karena adanya gelombang yang diantarkan ke dalam otak. Gelombang tersebut tercipta setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia. Gelombang ini lalu diterjemahkan ke dalam bentuk impuls listrik lalu dikirim ke otak dan dibaca. Tapi ada kalanya otak kita memiliki sensitivitas tinggi sehingga gelombang yang dibaca berupa amplitudo dan frekuensi tertentu tergantung dari kualitas otak kita.

Contoh sederhananya suatu waktu kita dalam hati mendendangkan sebuah lagu. Lalu kita menyalakan radio dan di radio sedang dimainkan lagu yang sedang kita pikirkan tadi. Langsung kita berpikir “deja-vu”. Padahal, ini menunjukkan bahwa gelombang radio yang dikirim oleh stasiun pemancar, selain diterima oleh radio kita, juga dibaca oleh otak kita karena sifat otak kita yang super sensitive dalam menerima gelombang listrik itu tadi.Ada lagi teori lain yang menjelaskan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat.
Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja-vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.

Deja-vu dipengaruhi usia

Ada pula yang beranggapan bahwa deja-vu ini adalah sebuah penyakit dalam ingatan sehingga semakin tua umur seseorang maka akan semakin sering pula terjadi deja-vu. Seorang ilmuwan asal Jepang dan juga merupakan seorang neuroscientist MIT, Susumu Tonegawa, melakukan eksperimen terkait fenomena ini pada tikus dengan membandingkan ingatan pribadi (episodik) dengan ingatan baru yang tercatat dalam dentate gyrus. Ia menemukan bahwa tikus yang dentate gyrus-nya tidak berfungsi normal kemudian mengalami kesulitan dalam membedakan dua situasi yang serupa tapi tak sama. Hal ini, tambahnya, dapat menjelaskan mengapa pengalaman akan deja-vu meningkat seiring bertambahnya usia atau munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti Alzheimer. Kehilangan atau rusaknya sel-sel pada dentate gyrus akibat kedua hal tersebut membuat kita sulit menentukan apakah sesuatu ‘baru’ atau ‘lama’.

Venomena ini (deja-vu) pertama kali di temukan dan diungkapkan oleh seorang ilmuwan Perancis yang bernama Emile Boirac yang telah mempelajarinya pada tahun (1851-1917) dan dibukukan yang berjudul “L’Avenir des sciences Psychiques” yang ditulisnya pada saat dia mengenyam pendidikan di University of Chicago


Walaupun Emile Boirac sudah meneliti fenomena ini sejak tahun 1876, namun ia tidak pernah secara tuntas menyelesaikan penelitiannya. Karena itu, banyak peneliti telah mencoba untuk memahami fenomena ini sehingga akhirnya kita mendapatkan Paling tidak 40 teori yang berbeda mengenai deja vu, mulai dari peristiwa paranormal hingga gangguan syaraf.

Pada tulisan ini, tidak mungkin saya membahas 40 teori tersebut satu persatu. salah satunya teori psikolog legendaris, Sigmund Freud. Tapi sebelum itu, saya ingin menunjukkan kepada kalian sebuah gambar yang sangat terkenal. Ini dia :

Foto di atas adalah foto ilustrasi "Puncak gunung es" yang terkenal. Para ahli "otak" sering menggunakan ilustrasi di atas untuk menunjukkan seperti apa pikiran kita yang sebenarnya. Permukaan air adalah batas kesadaran kita. Pikiran Sadar kita adalah bongkahan yang muncul di atas permukaan laut. Sedangkan pikiran bawah sadar adalah bongkahan raksasa yang ada di dalam laut.

Menurut mereka, sesungguhnya sebagian besar informasi yang kita terima tersimpan di pikiran bawah sadar kita dan belum muncul ke permukaan. Hanya sebagian kecil dari informasi yang kita terima benar-benar kita ingat atau sadari. Prinsip ini adalah kunci penting untuk memahami Deja Vu.

Definisi deja-vu secara ilmu kejiwaan, menurut Dr. Vernon Neppe MD, PhD, Direktur Pacific Neuropsychiatric Institute (PNI), adalah pengaruh subjektif mengenai anggapan adanya kesamaan pengalaman saat ini dengan masa lalu yang sulit dijelaskan. Sedangkan James Lampinen, profesor psikologi dari University of Arkansas mendefinisikan deja-vu sebagai perasaan begitu kuat mengenai adanya kesamaan global yang terjadi pada situasi baru. Kesamaan pengalaman dalam deja-vu ini bersifat keseluruhan, hingga setiap detail terkecil, mirip sekali dengan yang pernah dialami seseorang di masa lampau. Tapi pengalaman ini selalu disertai dengan perasaan tidak nyata. deja-vu-brain Pengalaman deja-vu biasanya dibarengi dengan perasaan “sudah kenal” atau “sudah tahu” atau merasa “sudah pernah Mengalami”. Sering kali deja-vu menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan karena manusia seperti dipaksa secara tidak sengaja untuk menyaksikan potongan film kehidupannya yang mungkin menyeramkan, ganjil, atau bahkan tidak masuk akal. Biasanya pengalaman ini berhubungan dengan mimpi walaupun dibeberapa kasus secara jelas pengalaman ini “pernah benar terjadi sebelumnya”.

deja-vu ini memiliki beberapa variasi, yaitu:
  1. Déjà vecu yang artinya pernah mengalami.
  2. Déjà senti yang artinya memikirkannya.
  3. Déjà visite yang artinya mengunjunginya.

Ada juga 3 tipe deja-vu, yaitu:
  1. deja-vu yang berkaitan dengan kehidupan pribadi (life deja-vu)
  2. deja-vu yang berkaitan dengan perasaan (sense/feeling deja-vu)
  3. deja-vu yang berkaitan dengan tempat (place deja-vu)
  4. Kombinasi dari ketiga gejala deja-vu tersebut, di mana seseorang merasa pernah hidup sebagai orang lain di satu tempat dan waktu yang sama, bahkan merasakan perasaan yang sama pula.

Dari beberapa variasi dan tipe deja-vu diatas, maka dapat ditarik hubungan bahwa:
  • Déjà vecu merupakan deja-vu yang berkaitan dengan kehidupan pribadi (life deja-vu)
  • Déjà senti merupakan deja-vu yang berkaitan dengan perasaan (sense/feeling deja-vu)
  • Déjà visite merupakan deja-vu yang berkaitan dengan tempat (place deja-vu).

Macam-macam déjà-vu

deja-vu juga terjadi dalam berbagai bentuk ada yang hanya bisa mengingat secara samar-samar, ada yang hanya mengingat lokasi kejadian, dan ada pula yang mengingat hal-hal yang sangat mendetail. Secara garis besar, déjà vu terdiri dari empat jenis yakni:
  1. deja-vu, Déjà vu jenis ini yang paling banyak terjadi dimana kita pernah merasakan suatu kondisi yang sama sebelumnya dan yakin pernah terjadi di masa yang lampau dan berulang kali. Sering kali pada saat itu individu akan diikuti oleh perasaan takut, rasa familiar yang kuat, dan merasa aneh.
  2. Déjà Vécu, Perasaan yang terjadi pada Deja Vecu lebih kuat daripada deja-vu. Deja vecu seseorang akan merasa pernah berada dalam suatu kondisi sebelumnya dengan ingatan yang lebih detail seperti ingat akan suara ataupun bau.
  3. Déjà Senti, Déjà Senti adalah fenomena “pernah merasakan” sesuatu. Suatu ketika kamu pernah merasakan sesuatu dan berkata “Oh iya saya ingat!” atau “Oh iya saya tahu!” namun satu dua menit kemudian sadar bahwa sebenarnya kamu tidak pernah berbicara apa pun.
  4. Jamais Vu, Jamais Vu (tidak pernah melihat/mengalami) adalah kebalikan dari deja-vu. Kalau déjà vu mengingat hal-hal yang sebenarnya belum pernah dilakukan sebelumnya, Jamais Vu lain lagi. Tipe deja-vu semacam ini justru tiba-tiba kehilangan memorinya dalam mengingat sesuatu hal yang pernah terjadi dalam diri. Hal ini bisa terjadi karena kelelahan otak.
  5. Déjà Visité, deja-vu tipe ini lebih menitikberatkan pada ingatan seseorang akan sebuah tempat yang belum pernah ia datangai sebelumnya tapi merasa pernah merasa berada pada lokasi yang sama. Déjà Visité berkaitan dengan tempat atau geografi..

Terkadang deja-vu juga diuraikan seperti perasaan yang telah melihat atau mengalami sesuatu sebelum ketika orang yang mengalami hal tersebut mengetahui kapan dia pernah melakukannya. Namun déjà vu disalahgunakan sebagi suatu pengalaman precognitive, perasaan pernah mengalami sesuatu dan mengetahui persisnya apa yang akan terjadi berikutnya, dan itu terjadi.

Suatu hal yang penting dari deja-vu adalah mengalami sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sedangkan suatu hal yang penting dari precognitive adalah menunjukkan sesuatu yang akan terjadi di masa depan, namun bukan suatu hal yang pernah dilakukan atau dilihat di masa depan.

deja-vu dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu:
  1. Associative deja-vu, Tipe deja-vu yang paling umum dialami oleh orang-orang sehat normal adalah associative secara alami di dunia ini. Manusia melihat, mendengar, membaui atau mengalami suatu kejadian yang berkaitan dengan suatu perasaan bahwa manusia tersebut berhubungan dengan sesuatu yang telah dilihat, didengar, dibaui, atau dialami oleh manusia tersebut. Ilmuwan terdahulu berpikir bahwa deja-vu jenis ini adalah suatu pengalaman “ingatan dasar” dan berasumsi bahwa pusat memori otak yang bertanggung jawab untuk itu.
  2. Biological deja-vu. Ada juga kejadian deja-vu antar orang-orang dengan epilepsi cuping sementara. Tepat sebelum epilepsi, penderita sering mengalami atau merasa deja-vu. Dengan adanya pengklasifiasian di atas dapat teridenfikasi bahwa isyarat otak dimana deja-vu jenis ini dimulai. Namun, dengan alasan ini pula deja-vu jenis ini berbeda gengan tipikal deja-vu sendiri. Orang yang mengalami deja-vu jenis ini mungkin akan mempercayai bahwa mereka telah mengalami peristiwa atau keadaan yang sama sebelumnya, disbanding dengan perasaan yang cepat berlalu.

Pengertian deja-vu dari sudut pandang psikologi adalah ilusi seperti sudah kenal/ sudah akrab dengan suatu tempat yang sama sekali asing. Timbulnya peristiwa ini diyakini orang sebagai akibat adanya syarat yang sudah dikenali, namun ada dalam sub-ambang kesadaran. Sebagai contoh, ketika berjalan-jalan ditengah kota, beberapa ciri tampak seperti sama dengan penghayatan yang pernah dialami di tempat lain.

Intinya deja-vu  merupakan suatu fenomena aktivitas otak manusia yang berkaitan dengan memori yang lazim disebut “pemanggilan ulang” Penjelasan ini memperkuat fakta bahwa “penataan ulang memori” pada saat tertentu mempengaruhi keadaan alam sadar manusia ,Bannister dan Zangwill (1941) mencoba menganalisis deja-vu dengan menggunakan hypnosis pada 10 subjek penelitian. Ternyata 3 dari 10 di antaranya mengalami deja-vu. Cleary (2008) mengajukan hipotesis bahwa deja-vu merupakan bentuk dari sesuatu yang telah familiar diketahui yang disebut cripyamnesia adalah susuatu yang telah dipelajari namun tidak disimpan baik di otak, namun pada suatu waktu memori dalam “membukanya” .

Yang jelas hampir 70% manusia pernah mengalami deja-vu walau tanpa mereka sadari, dan deja-vu bukan merupakan suatu penyakit psikologis maupun penyakit gangguan pada Otak,tatepi lebih pada suatu akibat dari kegiatan otak/memori tentang suatu objek tanpa kita sadari.

Deja vu dan Clairvoyance

istilah deja-vu hampir sama bahkan mungkin cukup dekat dengan istilah Clairvoyance.
Clairvoyance itu sendiri adalah kemampuan supernormal yang dimiliki oleh suatu individu yang dengan kemampuan pikirannya seakan akan dapat melihat kejadian masa depan yang akan terjadi atau dialami pada dirinya sendiri maupun pada orang lain. Bahkan kemampuan Clairvoyance dapat juga untuk melihat situasi-situasi pada kejadian dimasa silam. Biasanya, orang-orang yang memiliki penguasaan clairvoyance dengan baik akan mudah meramalkan beberapa kejadian-kejadian yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Misalnya gambaran-gambaran mengenai kecelakaan-kecelakaan buruk yang akan menimpa dirinya dimasa depan. Hebatnya, dari orang-orang yang menguasai Clairvoyance dengan baik, misalnya kita menyodorkan dia dengan suatu benda, maka dengan konsentrasi sedikit, dalam waktu singkat diapun dapat menceritakan sejarah dari benda tersebut, baik siapa pemiliknya, kapan benda itu diciptakan, dst.

Apakah kita bisa melatih kepekaan deja-vu pada diri kita???

Sebenarnya, bagi yang sudah berbakat dan sudah ditakdirkan, tanpa belajar pun kepekaan Calirvoyance / deja-vu sudah muncul dengan sendirinya. Misalnya pada bocah-bocah Indigo. Sudah jadi bakat alam nampaknya. Tapi bagi manusia normal yang terlahir bukan sebagai Indigo juga bisa dilatih kok kepekaan deja-vu-nya, misalnya dengan berlatih pernapasan dan konsentrasi (istilah kerennya meditasi).

Test kepekaan De Javu kalian…
Menurut seorang psikolog kondang Amerika, Dokter Alfred W Munzert, dengan menjawab serangkaian test berikut ini, Anda akan mengetahui seberapa besarnya potensi deja-vu dan Clairvoyance (kekuatan supernormal) yang anda miliki.
Nilai : Semakin banyak anda menjawab “ya” maka kepekaan supernormal kalian semakin besar, ataupun sebaliknya :

Suatu saat, anda merasa, bahwa apa yang telah terjadi telah anda alami sebelumnya!
Sehingga anda bertanya dalam hati, rasanya peristiwa ini pernah saya alami,tapi kapan?”
Anda pernah bermimpi, tenyata mimpi itu menjadi kenyataan?
  • Pernahkah anda mengalami mimpi yang “benar-benar realistik?” maksud saya, segala yang ada pada mimpi itu, orangnya, benda-bendanya, gerak-geriknya, seperti benar-benar hidup?
  • Ketika mengunjungi suatu tempat, tiba-tiba anda merasa sudah melihat sebelumnya. Padahal anda baru tiba untuk pertama kalinya ke tempat tersebut?
  • Anda sering sudah tahu apa yang akan dikatakan seseorang sebelum dia berbicara?
  • Seringkali anda merasakan kehadiran “sesuatu” yang tak terlihat namun terasa “ada”?
  • Anda sering merasa tahu akan kedatangan seorang tamu, padahal si tamu belum tiba?
  •  Apakah anda sering mengambil tindakan berdasarkan intuisi?
  • Ketika telpon berdering, dan ada orang lain yang telah mengangkat gagang telpon, anda tahu pasti bahwa telpon itu untuk anda?
  • Pernahkah anda melihat cahaya-cahaya aneh sewaktu-waktu, misalnya cahaya seperti kilat yang putih cemerlang?
  •  Seringkah anda melihat ada kilasan gerak disekeliling anda,padahal setelah ditengok tak ada “apa-apa?”
  • Ketika anda teringat seseorang, tak lama kemudian orang yang anda ingat tersebut benar-benar muncul?
  • Apakah anda merasa dapat melihat cahaya-cahaya (aura) pada wajah seseorang? Misalnya cahaya cahaya cemerlang pada orang-orang tertentu?
  • Anda masih ingat pada pengalaman ketika masih berusia 2-3 tahun?
  • Suatu ketika anda bermimpi melihat seseorang. Keesokan harinya anda bertemu orang tersebut dalam mimpi?
  • Anda sering menguasai pengetahuan/keterampilan padahal anda tidak pernah sama sekali mempelajarinya?
  • Ada suatu pengalaman bahwa “perasaan anda tiba-tiba tidak enak “. Beberapa hari kemudian ternyata memang terjadi hal yang tidak menggembirakan?
  • Anda pernah merasa “keluar” dari tubuh?

Cara Melatih kemampuan Deja-vu

ada banyak cara dalam melatih kemampuan Deja vu, adapun beberapa cara dalam melatih kemampuan deja-vu anda:
  • salah satunya adalah dengan Meditasi. Orang yang Rajin meditasi terutama sebelum matahari terbit dan sebelum tidur, akan dapat menguasai kekuatan pikirannya, sehingga kemampuan spiritual dapat diolah, salah satunya adalah Deja-vu.
  • Tehnik nafas segitiga. tehnik ini umumnya dikenal bagi praktisi yang mempelajari olah nafas tenaga dalam. lakukan tehnik ini setiap hari. caranya: kita menghirup udara dalam 8 hitungan (detik), lalu menahannya 8 hitungan lagi, kemudian mengeluarkan dalam 8 hitungan, semuanya dalam tempo hitungan yang seirama. Tentunya dengan konsentrasi dimata ketiga, yaitu sebuah titik diantara kedua mata kita. Jika itu kita lakukan setiap hari sekitar 10 menit, maka kemampuan mata batin bisa terasah. Pada Seni Pernapasan Yoga, banyak wanita yang sedang hamil, para lansia, dan orang yang mengalami tekanan batin berlatih meditasi dengan cara ini. Selain baik untuk kesehatan, berlatih meditasi juga sebagai penghilang rasa was-was, ketakutan, trauma, dll.
  • selalu melakukan segala hal dalam keadaan sadar. artinya dalam melakukan semua kegiatan, dilakukan dengan menyadari bahwa kita sedang melakukannya. jadi tiada kegiatan yang tanpa disadari. dengan melatih kesadaran hidup ini, kita akan bisa mengontrol mimpi. dan nantinya kita bisa membedakan mana Deja-vu dan yang mana hanya mimpi biasa.

arti Mimpi dan tafsir Mimpi

arti Mimpi dan tafsir Mimpi

arti mimpi ini adalah artikel yang sangat menarik karena Banyak orang yang beranggapan bahwa mimpi itu hanyalah bunga tidur dan tidak memiliki arti apa-apa, mimpi hanyalah pemanis tidur dan hiasan tidur saja yang tidak memiliki hubungan dengan alam realita dan kerealitasannya. Mimpi hanya di anggap sebagai ilusi dan bukan apa-apa. Mimpi tidak bisa menjelaskan atau meramalkan kejadian di kemudia hari, karena mimpi hanya mimpi.

Namun ada juga yang beranggapan bahwa mimpi adalah suatu tanda yang memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada sang pelakunya baik itu dalam bentuk kebaikan maupun dalam bentuk keburukan. Mimpi tak sembarangan terjadi, ini terbukti pada setiap orang, yang mana mereka tidak mungkin bermimpi terus-menerus sepanjang tahunnya. Golongan yang percaya bahwa mimpi memiliki arti inilah yang selalu mencari-cari akan arti mimpi yang sesungguhnya, sehingga di lakukanlah ramalan mimpi.

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Babad Bali Sri Maha Sidhimantra Dewa di dalam Piagem Dukuh Gamongan

Babad Bali Sri Maha Sidhimantra Dewa di dalam Piagem Dukuh Gamongan

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Maha Sidhimantra Dewa Menurunkan Dua Putra, Sri Maha Dewa Lencana dan Sri Maha Dewa Indracakru.


Sri Maha Sidhimantra, tojarang manke, ri sedeng mendra guna, sira asering mangejawa Bangsul, ngetutaken lampah sirang yayah nguni, angulati ikang haji aguron-guron, ring madyaning gunung Hyanging, yawa Negara, ri sampun swe jneking gunung Hyang, neher, jumujug maring gunung Katong, angwangun tapa, semadhi, sasareng lawan sira Ki Kbo Ijo, mwang atemu tangan ta sira Sri Maha Sidhimantra Dewa, lawan arin nira Ki Kbo Ijo,

Babad Bali Sri Gnijaya Sakti atau Sri Jayasakti di dalam Piagem Dukuh Gamongan dan Purana Bali Dwipa

Babad Bali Sri Gnijaya Sakti atau Sri Jayasakti di dalam Piagem Dukuh Gamongan dan Purana Bali Dwipa


Prasasti Srokodan Yang Terbuat Dari Bahan Tembaga, Tahan Sampai Ribuan Tahun

Piagem Dukuh Gamongan dan Purana Bali Dwipa, Sri Gnijaya Sakti (Sri Jayasakti) Menurunkan Putra Sri Gnijaya, Menurunkan Putra Sri Jaya Pangus, Menurunkan Dua Putra, Sri Hekajaya dan Sri Dhanadhiraja (Sri Adi Kuti Ketana)



. . . . de Sri Gnijaya Sakti, sira gumawya werdyaning desa-desa, makabehan, lwirning simakrama, denapageh, umaweh kaywaning rat trilokam, pinujinam, tkeng dhala, mawirya sabalanya makabehan tan kurang kaywanan, kalawan yasa sang prabhu, tinut kang sabala, nahan pakertya nira, pura dharmah utamam, risampun dasa temwang sira anakradhala biniseka pwanakira matuha, madeg rajyakadaton, apenengeran sira Sri Gnijaya juga, Isakawarsaning rat, ekanindrya sunyeku . . .
(Piagem Dukuh Gamongan).

Babad Bali Sri Jaya Sakti di dalam Piagem Dukuh Gamongan dan Prasasti Pura Puseh Sading Kapal

Babad Bali Sri Jaya Sakti di dalam Piagem Dukuh Gamongan dan Prasasti Pura Puseh Sading Kapal

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Jaya Sakti Menurunkan 5 Putra, Sri Gnijaya, Sri Maha Sidhimantra Dewa, Sri Mahadewa Pu Withadharma, Sri Maha Kulya Kulputih, Ratu di Yawa-Madura

. . . . sira Sri Gnijaya Sakti gumaweyana dharma rikang Gunung Lempuyang, iniring dening watek mpungku, sewa, sogata mwang bata mantri makabehan, sira Sri Gnijaya Sakti, jaya jayeng wiragya, silawan, punyawan, sudengcita, tarcala mapageh, anamtamaken Brahmana binwating Bangsul, de Sri Gnijaya Sakti, sira gumawya werdyaning desa-desa, makabehan, lwirning simakrama, denapageh, umaweh kaywaning rat trilokam, pinujinam, tekeng dlaha,

Sri Aji Hungsu atau sri anak wungsu di dalam Purana Pura Pucak Bukit Gede dan Purana Bali Dwipa

Sri Aji Hungsu atau sri anak wungsu di dalam Purana Pura Pucak Bukit Gede dan Purana Bali Dwipa

Prasasti Batu Pura Gunung Penulisan, Sumber Photo Goris,R. Prasasti Bali, 1954

Purana Pura Pucak Bukit Gede, Sri Aji Hungsu Menurunkan 3 Putra dan Putri, Sri Sakalindu Kirana, Sri Sura Dhipa, Sri Jayasakti.



….. Giri Antapsari kahyanganira Bhatara Pasupati, Giri Pangelengan mwang Giri Silanjana kahyangan nira Hyang Nagaloka, Giri Watukaru kahyangan nira Hyang Lumanglang. Wukit Gede kahyanganku Bhatara Siwa, Giri Padang Dawa kahyangan Bhatara Gede Sakti Ngawa Rat, Giri Pucak Kembar kahyangan nira Bhatara Gede Sakti Amurbeng Rat, Wukit Rangda kahyangan nira Bhatara Ludra, mareng Trate Bang kahyangan nira Hyang Besa Warna, Giri Mangu kahyangan nira Hyang Danawa, Giri Pucak Rsi kahyangan nira juga Hyang Pasupati, Giri Andakasa kahyangan nira Bhatara Hyang Tugu, ih kita ranak Ku, hana pawekas ingsun, ikang Wukit Gede kalawan Giri Padang Dawa mwang Pucak Kembar, ika wit sangkyeng Wukit Gede, hana supataninghulun ri wwang kabeh, mogha rikaswenia kawinangun kahyangan make lingganKu Hyang Siwa tar hana waneh, genah ikang wwang manusha anuhun pada kalawan ngku.

Sri Kesari Warmmadewa di dalam Purana Pura Luhur Batukaru dan Purana Bali Dwipa

Sri Kesari Warmmadewa di dalam Purana Pura Luhur Batukaru dan Purana Bali Dwipa


Prasasti Batu Manuk Aja Dikeluarkan Zaman Raja Sri Candrabhayasingha W. Caka 884

Sri Kesari Warmmadewa di dalam Purana PURA LUHUR BATUKARU

Purana Pura Luhur Batukaru, Sri Kesari Warmmadewa Menurunkan Putra Sri Ugrasena, Menurunkan Putra Sri Candrabhaya Singhawarmmadewa, Menurunkan Putra Sri Dharmma Udayana, Menurunkan 3 Putra, Sri Aji Erlangga, Sri Marakata, Sri Anak Wungsu.

Asal Usul Treh Sri Karang Buncing

Asal Usul Treh Sri Karang Buncing

Jangankan menelusuri jejak keberadaan Tuhan/Hyang Widhi sebagai penyebab awal keberadaan alam semesta beserta isinya adalah suatu kemustahilan. Menelusuri jejak para leluhur saja sangat sulit sekali, ibarat mencari sebuah jarum di tengah padang rumput yang sangat luas, kadang-kadang gelap, kadang samar, terputus-putus dan membingungkan, sehingga membuat seseorang menjadi penasaran untuk terus mencari dan mencari terus sampai pada titik kebenaran.

Mencari dan menelusuri asal usul leluhur (lelangit) dari masing-masing warga/klen/gotra/treh menurut garis keturunan laki laki (purusa) yang menganut asas ius-sanguinis artinya asas keturunan atau hubungan darah yang ditentukan oleh orang tuanya. Disini tidak lepas dengan membicarakan sejarah keberadaan leluhur mereka dalam pemerintahan raja-raja Bali yang hidup pada zaman orangnya sendiri. Dalam teologi sosial kemasyarakatan, raja dianggap sebagai ‘tuhan’ atau ‘dewa’ penggerak seluruh kehidupan di masyarakat, baik dalam bidang agama, politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan sebagainya, akan tercatat peristiwa yang telah terjadi di zamannya. 

Sejarah membicarakan suatu kejadian atau peristiwa penting yang telah lewat dan terkronologis, umurnya bisa mencapai ratusan tahun bahkan sampai ribuan tahun yang lalu, dan bagian sejarah yang akan datang masih berlanjut sampai kini. Hanya orang-orang penting yang memerintah pada zamannya akan tercatat dalam buku sejarah. Oleh masyarakat yang tidak menyaksikan peristiwa sejarah, kadang-kadang dicampur-adukkan antara sejarah dengan agama. 

cara mencari TUHAN

cara mencari TUHAN

Memuja Tuhan Dengan Memuja Langsung Alam Semesta dan Hasil Ciptaan-Nya Sebagai Manifestasi Tuhan Yang Maha Esa

Perkembangan peradaban manusia yang pada awalnya meyakini alam semesta dan hasil ciptaan-Nya, seperti: 

  1. Aditya (dewa matahari), 
  2. Agni (dewa api), 
  3. Apah (dewa air), 
  4. Candra (dewa bulan), 
  5. Yama (dewa maut), 
  6. Varuna (dewa langit), 
  7. Sukra (dewa planet venus), 
  8. Indra (dewa penguasa), 
  9. Vayu (dewa angin), 
  10. Maruta (dewa angin), 
  11. Soma (dewa bulan), 
  12. Om (aksara suci), serta manifestasi lain adalah sebagai media penghubung dalam pencaharian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang diucapkan oleh orang-orang suci pada zaman dahulu.

Yang dipuja bukan benda atau alat itu, tapi misteri/spirit yang ada dibalik benda itu, yaitu: ada asal muasal, ada kehidupan, ada keindahan, ada kekuatan, ada keajaiban, ada manfaat, dan ada unsur-unsur lain yang mengikuti. Agama Hindu berusaha memuliakan hasil ciptaan-Nya, dimana kita ketahui, untuk mengetahui Tuhan ketahuilah hakikat alam dalam arti sebenarnya. Orang-orang bijak memberikan patokan hari-hari tertentu sebagai wujud syukur dan terimakasih umat kepada-Nya, misalnya: tumpek wariga, adalah hari memuliakan Tuhan dalam manifestasinya sebagai dewa sangkara, sebagai dewa tumbuh-tumbuhan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan ini.

Raja Purana Sejarah Desa Adat Semate

Raja Purana Sejarah Desa Adat Semate

Dalam sejarahnya, dahulu kala tersebutlah di pulau Bali dipimpin oleh seorang raja Shri Watu Renggong, yang bertakhta pada tahun saka 1382 atau 1460 masehi dengan kedudukan di Gelgel, beliau ini tiada lain putra dari Kreshna Kapakisan.

Dalam menjalankan roda pemerintahan kerajaan di Bali, beliau Shri Watu Renggong dibantu oleh para punggawa dan tanda mantri. Namun yang paling memegang peran penting tatkala itu adalah keturunan dari Mpu Withadharma, yang lebih dikenal dengan sebutan Pasek.

Kisahnya sebagai berikut :
Sesungguhnya putra-putra dari I Gusti Pasek Gelgel mempunyai tugas dan kewajiban yang berbeda-beda.

  1. Putranya yang menginventarisir kekayaan raja disebut Pasek Gelgel.
  2. Yang mengemban tugas sebagai juru bicara raja bergelar Pasek Bandesa.
  3. Yang bertugas pada Kahyangan Desa seperti Pura Puseh dan Pura Desa termasuk Bale Agung bergelar Pasek Kubayan.
  4. Dan yang bertugas mengurusi di bidang pitra yadnya bergelar Ki Pasek Prateka.