Google+

Upacara Bayi Baru Lahir dan Mendem Ari-ari

Upacara Bayi Baru Lahir dan Mendem Ari-ari

Keberadaan manusia sebagai salah satu mahluk ciptaan Tuhan adalah memiliki kedudukan yang paling utama dan paling mulia. Hal ini dikarenakan manusia memiliki kemampuan yang lebih dalam hal peningkatan derajat harkat dan martabatnya.

Peningkatan derajatnya sebagai manusia dapat dilakukan dengan memanfaatkan kelebihan yang dimilikinya yang disebut dengan pikiran (idep), sehingga dengan pikiran ini manusia memiliki wiweka yaitu kemampuan untuk mempertimbangkan baik buruknya sesuatu hal yang dilakukan. Namun demikian, manusia sebagai mahluk duniawi juga tidak lepas dari segala kekurangan, kekeliruan dan jauh dari kesempurnaan. Sehingga sering kali manusia juga melakukan perbutan-perbuatan yang tidak sepantasnya dilakukan yang mengarah pada dosa. Untuk mengurangi akibat dari dosa (papa) ini manusia seharusnya melakukan suatu usaha untuk menumbuhkan kesucian dalam hati, pikiran, perkataan dan perbuatannya dan juga dilakukan dengan upacara-upacara keagamaan yang bertujuan untuk membersihkan segala mala (kekotoran) yang ada.

Dalam agama Hindu selalu mengajarkan pada umatnya untuk senantiasa menjaga kesucian dalam diri baik melalui perbuatan dan juga dalam bentuk pelaksanaan upacara. Dengan demikian umat diharapkan dapaat pula melaksanakan uapacara pembersihan diri mulai dari ia lahir sampai pada waktunya harus kembali pada Hyang Widhi. Upacara yang diperuntukan bagi umat manusia disebut dengan upacara Manusa Yadnya. Disini akan penulis uraikan lebih lanjut mengenai pelaksanaan Upacara untuk bayi yang baru lahir.


Upacara kelahiran (Jatakarma Samskara) Upacara ini dilaksanakan pada waktu bayi baru dilahirkan. Upacara ini adalah sebagai ungkapan kebahagiaan atas kehadiran si kecil di dunia. Upacara Jatakarma dilaksanakan pada waktu bayi baru dilahirkan dan telah mendapat perawatan pertama. Upacara ini dilaksanakan Upacara Jatakarma dilaksanakan di dalam dan di depan pintu rumah.

Upacara kelahiran dilaksanakan atau dipimpin oleh salah seorang keluarga yang tertua atau dituakan, demikian juga untuk menanam (mendem) ari-arinya. Dalam hal tidak ada keluarga tertua, misalnya, hidup di rantauan, sang ayah dapat melaksanakan upacara ini.

Ari - ari merupakan salah satu bagian penting dalam proses perkembangan janin di dalam kandungan. Dalam tatwa Kanda Pat disebutkan bahwa manusia lahir ke dunia dibantu oleh 4 saudara yaitu ari - ari, lamas, darah dan yeh nyom. Ke empat saudara inilah yang menjaga bayi dalam kandungan dan membantu proses kelahiran bayi. Setelah bayi lahir maka sang kanda pat pergi menuju lokasinya masing untuk beryoga dan karena keteguhannya beryoga maka keempat saudara kita tersebutlah pada akhirnya akan menjadi Sang Suratman, Sang Jogormanik, Sang Mahakala dan Sang Dorakala yang akan menjadi saksi perilaku kehidupan dan sebagai penuntun jalan setelah kematian.

Pelaksanaan upacara bagi bayi yang baru lahir salah satu maknanya adalah sebagai ungkapan rasa gembira dan shyukur atas lahirnya si bayi ke dunia. Upakara-upakara yang dipergunakan disebut dengan Dapetan. Upakara dapetan ini terdiri dari beberapa bagian yang disesuaikan dengan tingkatan upacaranya, yaitu:
A. Tingkatan Kecil :
Upakaranya: nasi muncuk kuskusan, dilengkapi dengan buah-buahan (raka-raka), rerasmen (kacang, saur, garam, sambel dan ikan), sampian jaet, dan canang sari/canang genten, serta sebuah penyeneng. Upakara ini dihaturkan kepada Sang Dumadi.

B. Tingkatan yang lebih besar
Upakaranya : sama seperti di atas hanya saja dilengkapi lagi dengan jerimpen di wakul yaitu sebuah wakul yang berisi sebuah tumpeng lengkap dengan raka-raka, rerasmen dan sampian jaet.

ada pula yang menggunakan dasar sastra berikut ini:
maksudnya:
Anak Alit Wawu lekad Upakarania: Nasi muncuk kukusan, wohwohan, raka-raka, rerasmen, kacang saur, garam, sambel, ulam, sampiyan jaet, canang sari, canang genten, penyeneng. Katur ring Sang Numadi. Yan ageng upekarane, maweweh jrimpen miwah tumpeng. Munguwing ari-arine, Ri sampun kabersihan, kacelepan ring jeroning kelapa sane sapun kabelahang dados kalih, toyane kutang. Ring luhurne marajah ongkara, sane ring sor marajah ah,ring jeroning kelapa kedagingan duwi-duwian miwah lekesan sagenep. Kelapane cakupang malih, kahungkus antuk duk miwah wastra putih, raris pendem. Yan lanang ring tengen, yan wadon ring kiwa umah meten. Iki mantran mendem: Ong sang ibu pertiwi rumaga bayu, rumaga amertha sanjiwani, ngamertanin sarwa tumuwuh, nama sa jabang bayi mangda dirgayusa nutugang tuwuh.

Tata pelaksanaan upacara anak yang baru lahir memiliki beberapa tatanan dalam pelaksanaannya yaitu :

TATA CARA MENANAM ARI-ARI

Persiapan sebelum memulai menanam ari-ari

  1. Air kumkuman secukupnya
  2. Boreh gading ( dibuat dari beras dan bangle )
  3. Kelapa muda dan dibelah dua, dan ditulis dengan rerajahan, bagian atas atu penutup dengan “ Ongkara “ dan bagian bawah dirajah dengan tulisan “Ahkara “.
  4. Serabut ijuk
  5. Daun lontar ditulis aksara dasa bayu dengan huruf Bali, bila lelaki tulis "ong ong ah ah 3x" dan bila perempuan tulis "ong ong ung ung 3x".
  6. Sebuah ngad dengan panjang 5 cm
  7. Batu bulitan atau batu hitam dengan diameter 15 – 20 cm
  8. Pohon pandan
  9. Sanggah tutuan beratap ijuk atau kelopak bambu
  10. Air bersih
  11. Sebuah kwangen berisi uang bolong 11 kepeng
  12. Duri-duri, isin ceraken, anget-anget, dan wangi-wangian

Perawatan terhadap Ari-Ari :

Saat bayi lahir maka ada upacara khusus yang harus dilakukan untuk mendem ari - ari si bayi. Saat si ibu dalam proses bersalin maka disiapkan sebuah periuk tanah yang berisis tutup yang mana jika bayi sudah lahir maka ari -arinya dimasukan ke dalam periuk tersebut dan dibawa pulang. Sesampai di rumah maka oleh ayah si anak ari – ari diletakan di dalam baskom/ember baru yang setelah itu alat tersebut tidak boleh dipakai lagi. Lalu ari – ari tersebut di cuci dengan air. Sang ayah harus membersihkan ari - ari dengan bersih dengan menggunakan kedua tangan, tanpa perasaan jijik dan dilakukan dengan perasaan penuh syukur dan kasih sayang, setelah bersih lalu di bilas dengan air kumkuman (air bunga).

Siapkan sebuah kelapa ukuran besar yang masih lengkap dengan kulitnya, lalu dipotong dan dikeluarkan airnya. ari-ari atau plasenta setelaht dibersihkan kemudian dimasukan ke dalam buah kelapa yang sebelumnya sudah dibelah menjadi dua bagian yang airnya juga telah dibuang. Bagian atas kelapa itu diisi tulisan “Ongkara” ( þ ). Sedangkan pada bagian bawah kelapa tersebut diisi tulisan Ahkara ( ö ).

Selain dari itu ke dalam kelapa tadi dimasukan beberapa jenis duri terung, mawar dan sebagainya. Selain duri ada bebarapa lagi yang dimasukan yaitu sirih lekesan selengkapnya. Setelah itu kedua belahan kelapa tadi dicakupkan dibungkus dengan ijuk dan kain putih kemudian dipendamkan. Kalau seandainya kesulitan dalam mencari ijuk, penggunaan kain putih saja diperbolehkan.

Tempat memendamnya adalah sesuai dengan jenis kelamin si bayi. Kalau si bayi laki-laki maka dipendam disebelah kanan pintu balai, sedangkan kala bayinya perempuan maka ari-arinya dipendam di sebelah kiri pintu balai (dilihat dari dalam rumah).

Cara menanam ari-ari

Nyalakan dupa untuk memohon perlindungan dan amertha ke hadapan Sang Hyang Ibu Pertiwi dengan mantra :
Om ang sri basunari jiwa mertha, trepti paripurna ye namah suaha
Ucapan saa:
Pukulun Sang Hyang Ibu Pertiwi, pinakengulun aminta sih, ingsun angengkap pertiwi, ngulati amendem ari-ari, tan kenang sira keletehan, rinaksanan denira Sang Catur Sanak, manadi pageh uripe di jabang bayi, Om sidhi rastu yenamah swaha

Setelah mengucapkan mantra diatas barulah membuat lubang, selanjutnya ari-ari dicuci dengan air biasa sampai bersih, sesudah itu diusapi dengan boreh gading sampai rata, kemudian dibilas dengan air kumkuman agar bersih. Semua air pencucinya di masukkan kelubang tersebut.

Ari-ari dimasukkan kedalam kelapa yang dibelah menjadi dua dan disi ngad, lontar yang telah ditulisi diatas, kewangen yang berisi uang bolong 11 kepeng, duri-duri, isin ceraken, anget-anget, dan wangi-wangian dibungkus dengan serabut ijuk, serta diluar ijuk dibungkus dengan kain putih, dibuat simpul diatasnya, dan dipasangkan kwangen diatasnya.

Masukkan ari-ari kedalam lubang atau bangbang dengan muka kwangen kearah halaman rumah. Sambil meletakkan didalam lubang ucapkan mantra dalam hati :
Om presadha stiti sarisa sudha ya namah
Ucapan saa:
"Ong sang ibu pertiwi rumaga bayu, rumaga amertha sanjiwani, ngamertanin sarwa tumuwuh, ( nama bayi ) mangda dirgayusa nutugang tuwuh"
artinya: Om Hyang Widhi Wasa dalam manifestasi sebagai pertiwi, penguasa segala kekuatan, penguasa kehidupan menghidupi segala yang lahir/ tumbuh, si anu (nama si bayi) semoga panjang umur.

Tata letak pembuatan lubang memiliki etika yang berbeda antara bayi wanita dengan bayi laki-laki. Kalau bayi laki-laki ditanam dibagian kanan pintu rumah dari kita menghadap ke halaman rumah, sedangkan bagi bayi perempun dibagian kiri.

Setelah ditanam diatasnya ditanami pohon pandan dan batang kantawali, sebatang buluh guna memasukkan air nantinya ke ari-ari tersebut kemudian diletakkan sebuah batu hitam atau batu bulitan.

Diatas batu diletakkan sebuah lampu Bali yang telah menyala dan dibiarkan tetap menyala sampai bayi kepus pusar, kemudian ditutup dengan sangkar ayam.

Dibagian hulu dari ari-ari ditanam ditancapkan sebuah sanggah tutuan dihiasi dengan bunga merah, lengkap berisi sampian, gantung-gantungan, sebagai stana Sanghyang Maha Yoni. 

Suguhkan segehan beralaskan daun taru sakti (dapdap) pada ari-ari sebanyak empat tanding antara lain :

  • kepelan putih satu tanding, lauknya garam menghadap ke timur
  • kepelan merah (bang) satu tanding, dengan lauk bawang menghadap ke selatan
  • kepelan kuning satu tanding, lauk jahe menghadap ke barat
  • kepelan hitam (ireng) satu tanding, lauk uyah areng menghadap ke utara

ucapan:
"ong sang butha preta, empu semeton jrone sang rare, mangde pageh angemit"
Kemudian percikkan tetabuhan berem dan arak

kepelan putih satu tanding dengan sedikit garam, dihaturkan di sanggah kemara (diatas tempat tidur bayi).
lakukan ritual menghaturkan segehan ini setiap rahinan jagat, kliwon serta petemuan dina kelahiran bayi.

Selanjutnya setiap hari diatas batu bulitan atau batu hitam disajikan banten nasi segenggam diatas daun dapdap dengan lauk garam dan arang.  setiap selesai memandikan bayi, siramkan air memandikan bayi tersebut di batu hitam tersebut.

Menghaturkan soda putih kuning, canang sari pada sanggah tutuan, dengan ucapan :
Om pakulun paduka Sang Hyang Maha Yoni maka dewaning rare astana ring pelantaran, penyawangan, pinakengulun sang adruwe jabang bayi anganturaken bhakti seprakaraning penek putih kuning, maduluran kesuma, pinakengulun aminta nugeraha, kemit rareningulun rahina kelawan wengi, anulak sarwa ala, sakwehing joti maetmahan jati, Ang…Ah amertha sanjiwani ye namah swaha

Menghaturkan soda pada pelinggih kemulan, dengan tujuan memohon tirtha pasucian kehadapan Hyang Guru dengan mantra :
Om guru rupam sadadnyanam, guru pantharanam dewam, guru nama japet sadha, nasti-nasti, dine-dine, Om gung guru paduke byonamah swaha
Ucapan saa:
Om pakulun paduka Bhatara Hyang Guru mami angaturaken tadah saji pawitra, aminta nugraha Bhatara tirtha pengelukatan pebersihan, nggenlumulangaken keletehan sariran ipun dijabang bayi, kelukat, kelebur de paduka Bhatara matemahan sarira sudha nirmala yenamah, Om sidhi rastu yenamah swaha

Tirtha pasucian dipercikkan ketempat sanggah tutuan dan tempat ari-ari, banten buwu, serta dapetan. Selanjutnya bayi dan ibunya diperciki tirtha buwu dan ayabang banten dapetan.

MAKNA DAN TUJUAN

Maknan dan tujuan yang terkandung pada upacara saat bayi baru lahir yaitu :
Ari-ari, merupakan bagian dari kehidupan sang bayi yang merupakan personifikasi dari Sang Catur Sanak, yaitu :

  • Sang anta Preta merupakan sebutan dari air ketuban atu yeh nyom sebagai personifikasi saudara tertua dari sang bayi karena air ketuban sebagai pengantar bayi lahir ke dunia.
  • Sang Kala merupakan sebutan darah yg keluar pada saat melahirkan sebagai sumber energi dari bayi sehingga bayi bisa bergerak aktif untuk keluar dari perut Ibu
  • Sang Bhuta merupakan sebutan untuk selaput ari atau lamas yang membungkus tubuh bayi, berguna sebagai penetralisir suhu udara sebelum lahir maupun saat lahir, sehingga suhunya menjadi seimbang dan sekaligus sebagai sarana pelican saat bayi lahir.
  • Sang Dengen adalah sebutan untuk ari-ari atau placenta yang ikut lahir. Karena ari-ari sangat berguna sebagai sumber kehidupan bayi dalam kandungan , sebab ari-ari merupakan transformator dan mediator zat-zat makanan dari Ibu kepada bayi dalam pertumbuhannya sekaligus sebagai selimut dalam menjaga stabilitas suhu tubuh bayi terhadap suhu badan si Ibu

Batu hitam atau batu bulitan
Batu bulitan mengandung makna sebagai permohonan kehadapan Sang Hyang Widhi agar sang bayi dianugrahi panjang umur.

Pohon Pandan
Pohon pandan diwujudkan sebagai buaya putih sebagai penjaga bayi terhadap gangguan yang bersifat black magic.

Lampu Bali
lampu ini berbahan bakar minyak kelapa yang dicampur dengan minyak lampu wayang (tunasin ring jro dalang) serta minyak kelapa (nyuh surya). Lampu Bali yang menyala melambangkan Sanghyang Surya Candra, yaitu memiliki kekuatan Widia, oleh karan itu lampu tersebut ditatabkan atu ayab. Mantra : “Om Ang Ah Surya Candra Gumelar Ye Namah Swaha

Sangkar Ayam
Sebagai lambang kekuatan maya Sang Hyang Widhi dan sebagai Cakra Jala (batas pandang alam semesta). Bahwa catur sanak merupakan bagian mayanya Sang Hyang Widhi dan merupakan unit kehidupan maya di alam semesta, serta menjadi pelindung bayi

Sanggah Tutuan
Merupakan simbul dari stananya Sang Hyang Maha Yoni sebagai Dewa pengasuh sang bayi

Banten Bhuwu
Merupakan banten penyucian terhadap bayi dan ibunya serta lingkungan agar suci dari kecuntakaan atau sebel pada tahap permulaan

Banten Dapetan
Mengandung makna dan tujuan sebagai penyapa kehadapan roh suci yang baru reinkarnasi menjadi bayi.

UPAKARA

  1. Merajaan Daksina, peras, soda, ketipat kelanan atau banten soda.
  2. Ayaban untuk Ibu dan bayi: Banten dapetan asoroh, Banten ajuman putih kuning
  3. Upakara penyucian: Banten bhuwu asoroh
  4. Upakara di sanggah tutuan: Soda putih kuning, Canang burat wangi, Cangang lenga wangi,
  5. Untuk di ari-ari: Segehan kepelan 4 soroh

Demikianlah perawatan terhadap ari-ari dianggap selesai dan setiap ada upacara yang ditujukan pada sibayi, hendaknya ari-arinya jangan dilupakan. Disamping itu perlu kiranya dikemukan bahwa bila keadaanya tidak memungkinkan/ tidak mengijinkan maka ada kalanya ari-ari itu dibungkus dengan kelapa seperti tadi kemudian dibuang dilaut.

Demikian yang dapat penulis sampaikan apabila ada kekeliruan memohon kritik dan sarannya dan mari diluruskan secara bersama agar sesuai dengan sastra agama. Atas segala kekurangan yang ada penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya karena segala keterbatasan yang ada.

8 komentar:

  1. Sangat pas, sesuai isi lontar,

    BalasHapus
  2. Suksma antuk informasi sane tatas pisan

    BalasHapus
  3. bolehkah menghanyutkan ari-ari bayi ke laut menurut tradisi hindu?

    BalasHapus
  4. Patut pisan...lontar napi gih sebagai dasarnya. Suksma

    BalasHapus
  5. Napi dados yening ngemargiang upekara bajang colong nike apisan rikale accara 3 bulanan?

    BalasHapus
  6. tetandigan banten bhuwu sapunapi nika?

    BalasHapus