Google+

Cakra Jantung atau Anahata Chakra

Cakra Jantung atau Anahata Chakra

Chakra Jantung sebagai chakra keempat dikenal sebagai pusat tubuh intuisi, dimana chakra jantung ini adalah pusat dari cinta kasih, kasih sayang seluruh perasaan yang positif dan halus. 

Pusat cinta; rasa kasihan; energi jiwa yang lebih tinggi; rasa cinta tanpa syarat; cinta yang menyembuhkan; energi yang bersatu dengan sentuhan; cinta diri; impersonal namun dalam dan berarti; berhubungan dengan komunitas. 

Chakra Jantung (Anahata)

  • Warna : Cahaya hijau muda atau merah muda. Hijau muda berfungsi untuk pengobatan, merah muda untuk cinta kasih dapat digunakan secara bergantian.
  • Posisi : tengah dada
  • Chakra: memiliki 12 lembar daun. 
  • Elemen : Udara
  • Tanda astro : Leo, Libra
  • Permata: Kuarsa mawar; Kunzite; Turmalin merah muda; Malachite; Aventurin hijau; Peridot; Emerald; Dioptase; Turmalin hijau; Rhodochrosite; Morganite; Calcite merah muda
  • Kelenjar : Thymus
  • Organ : jantung, paru-paru, lengan, tangan, paru-paru, tekanan darah, antibodi, dan indra sentuhan.
  • Fungsi : mencintai diri, mencintai orang lain, pemenuhan hajat hidup, energi mental, kesadaran dan penyembuhan, melepaskan tekanan traumatis emosional, kesadaran jiwa/hati, mengekspresikan cinta dalam tindakan.
  • Disfungsi : gangguan jantung, asma, dan paru-paru
  • Penyebab umum gangguan: Tindakan yang semena-mena terhadap diri-sendiri maupun sesama, rasa takut berlebihan, problem dari orang tua, ketidak pedulian terhadap Tuhan.
Chakra jantung adalah chakra yang amat penting dalam spiritual karena dihubungkan sebagai lambang cinta kasih & penyembuhan. Secara fisik chakra jantung mengatur jantung & kelenjar thymus. Chakra jantung merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang & cinta kasih. Seseorang dengan chakra jantung yang kecil, kotor atau terhambat akan memiliki kecenderungan egois, sombong, fanatik, tamak/rakus, munafik, & gelisah. Sedangkan chakra jantung yang berkembang dengan baik menyebabkan seseorang penuh dengan rasa cinta kasih & kasih sayang serta dapat berempati terhadap sesama. cakra ini berkait dengan cakra solar plexus kotor dan terumbat cenderung mempunyai ambisi berlebuhan dan tidak terkendali
  • Jika Chakra Jantung Anda KUAT, Anda menikmati hubungan yang nyaman, penuh kasih dan empati di rumah, di tempat kerja dan di komunitas Anda. Anda cocok dengan keluarga Anda. Teman-teman Anda melihat Anda sebagai orang yang dapat diandalkan. Di tempat kerja, Anda dikenal sebagai salah satu orang bisa diajak bicara. Anda merasakan ketulusan dan rasa syukur atas betapa indahnya kehidupan yang Anda jalani dan memiliki sifat belas kasih untuk semua sekitar Anda. 
  • Jika Chakra Jantung Anda LEMAH atau TERTUTUP, Anda cenderung untuk menyabot hubungan Anda dengan ketidakpercayaan, kemarahan, dan perasaan bahwa Anda akan kehilangan kemerdekaan Anda jika Anda terlalu mengandalkan orang lain. Anda mungkin berjuang dengan komitmen, sering mengalami pertengkaran atau kesalahpahaman dengan orang yang Anda cintai, dan selalu merasa was-was atau khawatir bila sampai orang lain melukai hati Anda.
  • Jika itu over-aktif: Anda cenderung sangat “mencintai” orang-orang yang menderita karena Anda dan Anda bisa dinilai sebagai orang egois.

Cakra jantung Kembar

Cakra Jantung terbahagi kepada dua yaitu : Cakra Jantung Depan dan Cakra Jantung Belakang. 
  • Cakra Jantung Depan terletak bahagian tengah dada. Tugasnya mengendalikan dan memberikan tenaga kepada jantung, kelenjar dan sistem peredaran darah. Gangguan fungsi Cakra Jantung Depan akan menyebabkan penyakit jantung dan masalah peredaran darah. Gangguan Cakra Solar Plexus juga menyebabkan Cakra Jantung Depan dan jantung fizikal terganggu fungsinya. Cakra Jantung Depan berhubung erat dengan Cakra Solar Plexus Depan melalui beberapa saluran bioplasmik yang besar dan sehingga batas tertentu juga diberi tenaga oleh Cakra Solar Plexus Depan. Pesakit dengan penyakit jantung biasanya mengalami gangguan fungsi Cakra Solar Plexus Depan. 
  • Cakra Jantung Belakang terletak di bahagian belakang jantung. Ia mengendalikan dan memberikan tenaga kepada paru-paru dan pada tingkatan yang lebih rendah juga mengendalikan dan memberikan tenaga kepada jantung dan kelenjar. Gangguan fungsi Cakra Jantung Belakang akan bermanifestasi sebagai penyakit paru-paru dan asma, batuk kering dan lain-lain. Pemberian tenaga kepada jantung dilakukan melalui Cakra Jantung Belakang. Pemberian prana kepada Cakra Jantung Depan dengan segera akan memberikan tenaga kepada jantung fizikal. Namun tenaga/prana tersebut cenderung akan berkumpul atau tidak menyebar dengan mudah ke bahagian tubuh yang lain. Hal ini menyebabkan sekatan prana/ lebihan prana yang serius. Kerana itu, tidak digalakkan memberikan tenaga dengan kuat kepada Cakra Jantung Depan untuk jangka waktu yang lama. Sepatutnya pemberian tenaga dilakukan melalui Cakra Jantung Belakang yang tidak memiliki pengaruh setempat terhadap jantung fizikal. Lebihan prana dengan mudah dapat mengalir ke paru-paru dan bahagian tubuh lainnya. Seluruh tubuh mendapat tenaga melalui Cakra Jantung Belakang.

Chakra Anahata dapat terus bangkit dan berkembang jika chakra ini dialiri energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari Chakra Kundalini (Mooladhara). Chakra Anahata memiliki keseimbangan dalam energi, terutama energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta. Chakra ini bersifat sebagai pembangkit dan penyeimbang sehingga dalam proses keseimbangan energi pada chakra, chakra Anahata dapat menyeimbangkan kekuatan daya tahan tubuh yang terbesar yang berasal dari chakra Manipura (Chakra Pusar).

Pemahaman  Anahata Chakra

Anahata-cakra berbentuk kembang padma merah gelap dengan duabelas daun bunga, terletak disekitar daerah jantung yang harus dibedakan dengan padma hrdaya yang menghadap ke atas dengan daun bunga delapan yang dibahas didalam teks, di mana Ishta devata direnungkan. “udara” berasal dari “ether” demikian tattva di cakra ini.

Pada masing-masing daun bunga yang berwarna merah gelap itu terdapat getaran varna kang, khang, gang, ngang, cang, chang, jang, jhang, nyang, tang, thang, dan dua belas vriti yang dikaitkan dengan itu ialah ashna (harapan), cinta (perhatian, kekawatiran), cesta (usaha), mamata (rasa kemilikan), dambha (kesombongan), vikalata (tak bisa memutuskan), anutapa (penyesalan). Mandalam segitiga di dalam sari bunga padma ini disebut Trikona Sakti, warnanya bagaikan petir. Di dalam mandala ini terdapat vanalinga merah disebut Narayana atau Hiranya-garba, dan didekatnya adalah Isvara dengan saktinya Bhuvanesvari. Berdiri didekatnya ialah Kakini sakti yang bermata tiga, berkilat-kilat, berlengan empat memegang jerat dan piala dan dua tangannya yang lain melakukan mudra memberikan berkah dan mengusir bencana. Devi ini berkalung untaian tengkorak manusia. Ditengah-tengah padma terdapat mandala bersegi enam dengan warnaseperti asap dan lingkaran yang merupakan wilayah Vayu, berwarna abu-abu seperti asap, vayu duduk diatas menjangan hitam. Disinilah terlihat perwujudan atma, meruncing seperti cahaya lampu

Jika Anahata cakra ini sedikit aktif, akan membuat orang secara naluri menyadari perasaan orang lain, misalnya rasa senang dan sedih. Tidak hanya itu, ia dapat mengerti perasaan makhluk-makhluk halus (astral)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar