Google+

Agama Saat Ini di India

 Agama di India saat ini 


Agama di India saat ini 

Lonjakan publikasi artikel, esai, buku, dan ulasan tentang Vedanta yang tiba-tiba mungkin menciptakan kesan di benak orang Barat bahwa India saat ini haruslah sangat religius. Mereka mungkin merasa bahwa orang India menjalani kehidupan yang sangat spiritual dan beretika. Beberapa orang mungkin ingin mengunjungi India karena alasan ini. Namun mereka mungkin merasa terganggu melihat kondisi kacau yang terjadi; massa tenggelam dalam ritual dan takhayul. 

Di satu sisi mereka akan menemukan sejumlah kecil orang yang terlalu asyik 'menikmati' kekayaan mereka, sementara di sisi lain, banyak pengunjung yang mungkin merasa jijik karena mendapati kekumuhan, penyakit, kekurangan, kesusahan, dan kemiskinan di banyak tempat. bagian negara. Hal ini mungkin menyebabkan kekecewaan di hati para pencari Kebenaran yang tulus.


Kemunduran Dharma di India

Faktanya, mayoritas umat Hindu yang tinggal di India - sekitar 750 juta jiwa, tidak memahami, mempelajari, atau mengamalkan Sanatana Dharma Vedantik - agama abadi. Orang India, seperti halnya masyarakat lainnya, juga tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang konsep (prinsip) filsafat dan agama mereka sendiri. Kebudayaan Hindu di masa lalu, yaitu Resi dan Peramal, menemukan karikatur yang terdistorsi dalam masyarakat India masa kini.

Mengenai etiologi kemunduran spiritual ini, banyak faktor sejarah yang dapat dianggap bertanggung jawab. Enam hingga tujuh abad kekuasaan asing Muslim dan Inggris menjadi salah satu faktor utamanya. Hal ini menyebabkan kemerosotan besar dalam jiwa kolektif masyarakat India. Mungkin sebagian masih terpengaruh dengan mentalitas perbudakan dan depresi. Pengenalan sistem pendidikan tertentu oleh Inggris semakin mengasingkan masyarakat dari akar ajaran kuno Weda dan Upanishad. Sebaliknya, kelas menengah India yang terpelajar dengan senang hati menerima filsafat materialistis dari Barat.


Sifat Kemunduran: Masyarakat India kalah dalam kedua hal tersebut.

Pertama

secara sadar atau sengaja, mereka teralihkan dari keyakinan mereka terhadap agama kuno yang menyediakan semacam 'berhala' bagi setiap orang untuk mengamalkan keyakinannya. 'Penyembahan berhala' atau 'penyembahan gambar' ini dulunya merupakan salah satu sistem terindah dalam tradisi keagamaan Hindu. Hal ini mendorong semua orang – mulai dari petani yang bodoh hingga sarjana yang sangat cerdas – untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan spiritual dan agamanya. Setiap orang mempunyai kebebasan untuk memilih berbagai 'wujud Tuhan' yang sesuai dengan selera, bakat, dan tingkat pertumbuhan spiritualnya. Oleh karena itu, memuja patung dewi dari tanah liat, atau pemujaan yang lebih formal terhadap bentuk tertentu Siwa atau Wisnu, atau bentuk praktik spiritual yang lebih tinggi seperti Yoga dan meditasi, semuanya dianggap sama pentingnya dalam agama Hindu.

Banyak sadhaka besar – calon spiritual – yang melampaui ibadah dan ritual formal untuk mencari Kebenaran – siapa saya – berdasarkan diskriminasi dan penolakan. Dunia yang bersifat sementara dan ilusif yang terus berubah tidak dapat diterima sebagai takdir akhir yang harus dicari, dan tidak diterima bahwa solusi atas pertanyaan mengenai hakikat sejati seseorang dapat ditemukan hanya dengan menganalisis rahasia-rahasia alam luar saja. Faktanya, dunia dan keduniawian ini – samsara – dipandang sebagai hambatan bagi kemajuan manusia lebih lanjut, dan oleh karena itu, para ilmuwan spiritualitas yang hebat ini – para resi – melepaskan segala kenikmatan indra untuk mencari Realitas Bahagia yang transendental, mutlak, tidak berubah, dan abadi. Konsep yang sama dipahami sebagai pencarian Cinta atau Kebebasan abadi, atau Pembebasan atau kesatuan dengan Tuhan.

 

Kedua

dalam dua abad terakhir, nalar, rasionalitas, dan objektivitas membuktikan keunggulan ilmu pengetahuan atas agama. Fenomena kemajuan ilmu pengetahuan Barat menyebabkan menurunnya pentingnya agama dalam kehidupan sehari-hari dan interaksi sosial. Paling-paling, hal itu hanya dilakukan dalam doa dan ibadah pribadi di salah satu sudut ruangan, atau di Gereja atau kuil yang terisolasi. Agama dianggap sebagai penghambat kemajuan sosial atau kemajuan ekonomi. Kadang-kadang bahkan perang dilakukan untuk menegaskan superioritas individu atau otoritas ilmu pengetahuan atau agama. Kenyamanan materialistis yang ingin diberikan oleh revolusi industri segera menjadi tujuan hidup, tidak hanya bagi orang kaya tetapi juga bagi orang miskin. Berharap tanpa harapan, setiap orang mencoba mengambil bagian kekayaannya dari keajaiban ilmu pengetahuan yang menggoda. Tidak diragukan lagi, semangat untuk meningkatkan kekuatan seseorang - baik fisik, intelektual, dan politik - memunculkan banyak orang jenius untuk bangkit dari kemiskinan menuju kekayaan, atau untuk mendapatkan posisi terhormat sebagai ilmuwan yang inovatif.

Namun apakah hal ini telah memecahkan masalah kemiskinan, penyakit, kekurangan, dan ketidaktahuan? Belum. Secara keseluruhan dunia selalu terbagi menjadi minoritas kaya dan berkuasa, dan mayoritas ditundukkan, miskin, dan dieksploitasi. Misalnya, ilmu pengetahuan dapat dan telah memberikan kualitas dan hasil biji-bijian yang lebih baik, namun belum memenuhi kebutuhan semua orang. Jumlah penduduk yang kekurangan gizi dan kurang gizi lebih banyak dibandingkan penduduk yang cukup makan dan mengalami obesitas. Ilmu pengetahuan tidak dapat menegakkan martabat jiwa manusia, juga tidak dapat memajukan etika dan moralitas dalam masyarakat. Sumber nilai adalah Diri atau Atman, dan bukan ilmu pengetahuan. Hal ini bukan berarti meremehkan pentingnya ilmu pengetahuan, namun pada saat yang sama kita harus menerima keterbatasannya!


Skenario India Masa Kini

Berdasarkan pengamatan ini, skenario keagamaan-spiritual di India masa kini dapat diringkas sebagai berikut:

Seperti di tempat lain, sebagian besar kelas menengah India yang berpengaruh berada di bawah pengaruh 'watak ilmiah'; ia memuja sains sebagai hal yang lebih logis dan rasional daripada agama. Masyarakat miskin, bodoh dan buta huruf masih terjerat dalam jaringan takhayul dan ritual. Namun, tidak seperti masyarakat Barat, dampak 'pandangan ilmiah' tidak terlalu merusak di India. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekayaan tradisi filsafat Vedanta di India dan pandangan keagamaan yang didasarkan pada filsafat tersebut. Faktanya, tidak ada perbedaan filsafat dan agama di India.

Dampak sains dipandang sebagai jalan menuju kemajuan agama, dan bukan sebagai antagonisme terhadap keyakinan agama. Namun, tanpa disadari, orang-orang India mencoba menempatkan sains sebagai salah satu alat tambahan untuk mencari Kebenaran. Aspek khusus ini sangat menonjol dan terlihat dalam kehidupan dan ajaran Swami Vivekananda, dan oleh karena itu, ajaran dan literatur Sri Ramakrishna -Vivekananda penuh dengan artikel, esai, studi, dan buku yang sangat bagus tentang sains dan agama.

Kita dapat mengatakan bahwa, dibandingkan dengan dunia Barat, masyarakat India lebih religius dan spiritual meskipun dalam kemiskinan, buta huruf, dan takhayul. Hal ini dijelaskan berdasarkan munculnya jiwa-jiwa yang sangat halus di bidang spiritualitas di India. Sri Rama, Sri Krishna, Sang Buddha, Mahavir, Sri Ramakrishna, dll. hanyalah beberapa di antaranya. Seseorang tidak dapat menemukan Pelihat – Resi atau orang bijak – Kebenaran dalam jumlah besar di mana pun di dunia. Para ilmuwan ini telah secara langsung menyadari dan mengalami Kebenaran, yaitu Keilahian setiap jiwa, dan telah membawa kebenaran ini demi kesejahteraan semua orang dalam bentuk Weda dan Upanishad.

Pengetahuan tentang hakikat spiritual jiwa manusia ini (dan dulu) merupakan anugerah keselamatan bagi agama di India. Saat ini kita mempunyai banyak sekte aktif dimana para pencari yang tulus mencoba untuk menyadari kebenaran besar ini bagi diri mereka sendiri dan juga mencoba untuk menyebarkan pesan ilmiah Vedanta ke seluruh penjuru. Ada yang mungkin tampak kurang rasional, ada pula yang mungkin menekankan dan memberi prioritas hanya pada salah satu dari empat jalan untuk mencapai kebenaran yang sama, yaitu. Yoga pengetahuan, meditasi, tindakan, atau pengabdian; namun tidak adil jika meragukan ketulusan para calon ini.

Sri Ramakrishna Math and Mission dengan markas besarnya di Belur Math, gerakan Swadhaya dari Sri Pandurang Sastri Athavale, TM dari Sri Maharishi Mahesh Yogi, Ajaran Sri Raman Maharshi, dan Sri Aurobindo Ashrama di Pondecheri adalah beberapa organisasi tulus dari mana nektar India Kebijaksanaan bisa dicicipi.

Pencari kebenaran sejati yang tulus diharapkan akan menggunakan kebijaksanaannya dalam memilih jalan. Benar juga bahwa karena yang dicari adalah Tuhan, maka kesulitan untuk mencapai tujuan akan sangat besar – 'seperti berjalan di ujung pisau cukur', sebagaimana disebutkan dalam salah satu Upanishad. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar