Google+

Pengantar Bhagawad Gita

 Pengantar Bhagawad Gita


Di India kuno, sekitar 3200 tahun yang lalu, konflik antara pandava yang benar dan Koravas yang tidak benar mencapai titik tidak ada kompromi. Ketidakadilan yang dilakukan pada lima Pandawa dan istri mereka yang sendirian Draupadi oleh Raja Kaurava Duryodhana melintasi semua batas toleransi. Sri Krishna yang selalu berada di sisi Dharma – kebenaran – memohon kepada Raja Dhritarashtra dan putranya Duryodhana untuk menghindari perang dengan cara apa pun. Negarawan Krishna menganjurkan perdamaian dengan mendorong Korawa untuk memberikan hak sah kepada Pandawa atas separuh kerajaan Hastinapur.

Tapi tidak. Perang Mahabharata (atau Kurukshetra) ditakdirkan untuk menyusul.

Dalam Dharma-Yuddha ini - perang demi kebenaran - terjadi sebuah episode di mana Arjuna, pejuang yang hebat dan pemberani, menemukan dirinya tiba-tiba diliputi oleh perasaan depresi mental, kesedihan, dan ketakutan, ketika dia menyadari bahwa dia harus bertarung dengan orang-orang terdekatnya. Kerabat - saudara, paman, dan guru - hadir sebagai musuh -musuhnya. Arjuna sangat terganggu dengan hasil perang; kehancuran dan kematian yang pasti akan terjadi. Dia berpikir 'bijaksana' untuk pensiun ke hutan daripada membunuh orang -orangnya yang dekat dan terkasih.

Ini merupakan latar dramatis yang kita alami sebagai permulaan Bhagavad-Gita. Prajurit pemberani Arjuna dengan Sri Krishna sebagai kusirnya, berdiri di antara dua pasukan yang siap untuk memulai pertempuran, dan Arjuna meletakkan tangannya untuk mundur di belakang keretanya. Gemetar karena gugup dan cemas, tidak mampu mengangkat busur besarnya -Gandiva - dia memohon untuk melarikan diri dari konsekuensi perang. Perasaan cintanya kepada orang-orang terdekatnya, konsepnya tentang tugas dan Dharma, semuanya tampak membingungkan dirinya sendiri. Dia tidak dapat menentukan pendekatan yang tepat dalam situasi yang sangat mendesak dan darurat ini.

Oleh karena itu, ia berpaling kepada Sri Krishna, sahabatnya, gurunya, dan segalanya: “Bagaimana aku bisa membunuh mereka? Bukankah pantas jika aku menyerahkan seluruh kerajaan ini, menampar darah kerabatku sendiri, dan pensiun di hutan dengan damai? O Krishna, saya tidak dapat memutuskan rencana tindakan saya lebih lanjut.

Oleh karena itu, ketika Arjuna menyerahkan dirinya di kaki Tuhan, Sri Krishna berkata, "Wahai Pemberani, mengapa tergila-gila pada saat seperti ini! Mengapa engkau menyerahkan dirimu pada keburukan dan kepengecutan ini? Jangan berpikir bahwa dengan 'ucapan mulukmu' meninggalkan keduniawian dan mengasingkan diri ke hutan' orang-orang akan memujamu dan menyebutmu pemberani dan cerdas. Sebaliknya, selama berabad-abad mendatang kamu akan disalahkan karena melarikan diri dari medan perang. Dari generasi ke generasi, orang-orang akan menertawakanmu dan mengolok-olok penerbanganmu yang tidak jantan."

Bhagawad Gita disebutkan bahwa:

Dalam krisis seperti ini, dari manakah datang kepadamu, wahai Arjuna, kekesalan ini, yang tidak seperti Arya, tercela, dan bertentangan dengan pencapaian surga? Jangan menyerah pada sifat tidak jantan, hai putra Kunti! Kamu akan menjadi seperti itu. Buanglah sikap pengecut ini dan bangkitlah, hai penghangus atau musuhmu." (Bhagawad Gita II.2-3)
Mendengar teguran ini, Arjuna menenangkan diri, dan dialog lebih lanjut antara Sri Krishna dan Arjuna menyusul di bab-bab berikutnya. Dengan demikian Gita terdiri dari delapan belas – 18 bab dan total 700 ayat yang terkandung di dalamnya. [Sebenarnya Gita terdiri dari dialog antara diri kita yang lebih rendah dan Diri Yang Lebih Tinggi.]

Arjuna banyak bertanya tentang tujuan hidup, tujuan lahir sebagai manusia, tentang hakikat TUGAS dan KERJA, tentang Diri – Atman – dan tentang keempatnya. Yoga yaitu. Jnana-Yoga, Raja-Yoga, Karma-Yoga, dan Bhakti-Yoga.

Bab II sampai IX membahas Karma-Yoga - Yoga tindakan tanpa pamrih - vis-?-vis Jnana-Yoga. Sri Krishna menasihati Arjuna untuk berperang tanpa memikirkan konsekuensinya. “Tugasmu adalah, dan kamu hanya mempunyai hak, untuk berperang; kamu tidak mempunyai kendali atas hasilnya,” kata Tuhan. Tugas seseorang sebagai yogin karma adalah melakukan pekerjaan yang diberikan sebagai ibadah tanpa mengharapkan buah -buahan yang pasti. Pekerjaan tanpa pamrih yang dilakukan dengan sepenuh hati dan kesempurnaan adalah cara terbaik bagi orang duniawi untuk menyadari Jati Dirinya.

Orang-orang tersebut harus menjalani kehidupan pelepasan keduniawian (monastisisme) yang di dalamnya kesan-kesan akan kehidupan lampau telah menciptakan daya tarik tersebut. Tetapi orang-orang lain yang tidak memiliki kecenderungan seperti itu, orang-orang yang masih memiliki kesan kenikmatan indera-indera di masa lalu, seperti para calon sadhaka, belum layak untuk menjalani kehidupan sebagai sanyasin. Orang-orang seperti itu sebenarnya, setelah beberapa kemajuan di jalur spiritualitas, mungkin terjerat dalam ketidakaktifan tamasic - kehidupan kemunafikan yang malas. Orang-orang seperti ini lebih banyak melakukan hal-hal yang merugikan dibandingkan memberikan manfaat bagi spiritualitas, agama, dan kemajuan sosial. 

Bagi orang-orang seperti itu, yang merupakan mayoritas pada suatu waktu tertentu, Sri Krishna menganjurkan Nishkam Karma Yoga - Yoga tindakan tanpa pamrih - sebagai jalan ideal untuk mewujudkan Kebenaran. Pekerjaan yang diberikan dilakukan tanpa motif, pekerjaan yang dilakukan tanpa mengharapkan atau memikirkan hasilnya, menyucikan pikiran yang membuat orang secara bertahap mampu melihat nilai akal dan manfaat dari meninggalkan pekerjaan itu sendiri!. Kecuali jika semua keinginan mental dan kecenderungan untuk menikmati kenikmatan indera dikendalikan dan dihilangkan, seseorang tidak akan menjadi layak untuk tahap akhir Pembebasan. Yoga membuat seseorang bugar melalui tindakan, pengabdian, kontemplasi, meditasi, dan diskriminasi untuk mempertajam nalarnya, mengembangkan kekuatan intuitif dalam memperoleh pengetahuan, dan melampaui cita itu sendiri! 

Sri Krishna, didalam Bhagawad Gita bersabda:

"Wahai Arjuna, bilamana kebenaran merosot, dan kejahatan merajalela, maka Aku akan menghidupkan Diriku. Untuk melindungi orang-orang bajik, untuk menghancurkan para pelaku kejahatan, dan untuk menegakkan Dharma (kebenaran) dengan pijakan yang kokoh, saya dilahirkan dari zaman ke zaman.” (Bhagawad Gita IV.7-8)

Konsep Inkarnasi Ilahi - Avatar - adalah akar dari religiusitas yang lazim di seluruh India. Harapan bahwa Tuhan akan datang membantu dan menyelamatkan para penyembahnya, dan orang yang korup dan serakah akan dihukum; bahwa hanya Kebenaran yang akan menang pada akhirnya dan bukan ketidakbenaran, yang telah menjaga api spiritualitas tetap menyala melalui zaman kegelapan agresi dan perbudakan asing. Kita harus memahami bahwa Dharma di sini berarti berusaha mencari jati diri kita yang lebih tinggi; dari kecenderungan hewani ke kecenderungan ilahi melalui pertumbuhan manusia, inilah perjalanannya. Materialisme, keterlibatan berlebihan dalam kenikmatan indera, dan identifikasi diri kita sebagai kompleks tubuh-pikiran berarti 'kejahatan sedang merajalela'. Keterlibatan berlebihan dalam indera berarti kejahatan, keserakahan, dan kerusakan. Sri Krishna menunjukkan kepada kita jalan bagaimana mengatasi indra-indra ini dan melampauinya untuk mewujudkan tingkat kesadaran kita yang lebih tinggi – Atman.

Lambat laun diskusi berpusat pada sifat sejati manusia dan jalan untuk mencapainya. Sri Krishna berkata, "Wahai Arjuna, kamu bukanlah tubuh ini, kamu bukanlah pikiran ini; kamu selalu murni, Diri abadi yang tidak berubah, Atman. Atman ini ditutupi dengan khayalan/ilusi ketidaktahuan dan mulai mengidentifikasi dirinya sebagai tubuh-pikiran rumit. Oleh karena itu, ketika Anda mengatakan 'Anda akan membunuh mereka, atau dibunuh oleh mereka, Anda sebenarnya berbohong. Atman tidak pernah dibunuh, juga tidak membunuh siapa pun."
Tubuh ini bagaikan pakaian usang yang diubah oleh Atman sebagaimana kita mengganti pakaian lama kita!

Kemudian Tuhan melanjutkan menguraikan cara-cara untuk menyadari diri sebagai Diri dengan menjalankan berbagai disiplin spiritual. Dengan pengendalian indria-indria yang tepat, melalui penolakan dan diskriminasi, dan melalui latihan terus-menerus, kita dapat memantapkan dan mengendalikan pikiran serta merealisasikan realitas yang lebih tinggi. Tujuan yang sama dapat dicapai melalui yoga tindakan dan yoga pengabdian.

Dalam bab XI ada gambaran indah tentang Sri Krishna yang mengungkapkan diri-Nya kepada Arjuna sebagai "Virat" - Realitas yang meliputi segalanya. Bentuk Universal atau Sri Krishna ini terdiri dari ketiga aspek shristi - penciptaan, sthiti - pemeliharaan, dan vinash - penghancuran seluruh dunia. Aspek Diri yang menakutkan ini membuat Arjuna bergidik ketakutan, dan karenanya Tuhan pun menampakkan wujud terindah-Nya yang penuh kebahagiaan, kebahagiaan, dan ketenangan.

Jadi Gita merupakan rangkuman seluruh pengetahuan yang terkandung dalam Weda dan Upanishad. Gita diterjemahkan dalam banyak bahasa termasuk bahasa Inggris. Banyak cendekiawan terpelajar dan orang-orang yang tercerahkan secara spiritual telah menulis komentar mengenai Injil Universal Filsafat Abadi ini. Tergantung pada prioritas dan penekanannya, beberapa orang menganjurkan Jnana-Yoga sebagai intisari Gita, sementara sebagian besar orang berpendapat bahwa Gita menguraikan doktrin Karma Yoga dengan sebaik-baiknya. Baru-baru ini Swami Vivekananda berkomentar bahwa Gita menasihati kita semua untuk bangkit, sadar, melawan ketidakjantanan kita sehingga kita muncul sebagai Karma Yogi yang aktif dan kuat. Kita menjadi pencari spiritual sejati untuk menyadari hakikat sejati kita sebagai Atman dan dengan demikian melakukan kebaikan yang sangat besar bagi dunia.

Dalam bab XVIII terakhir, Sri Krishna bertanya kepada Arjuna, "Apakah keraguanmu sudah hilang? Wahai Arjuna, apakah kamu sudah terbebas dari gagasan khayalan mengenai sifat sejatimu?"

Dan Arjuna yang bersyukur, penuh kebahagiaan dengan realisasi pengetahuan sejati baru-baru ini menyatakan, "Ya, Tuanku. Ketidaktahuanku telah lenyap. Khayalanku telah hancur, dan aku telah memperoleh ingatanku melalui Rahmat-Mu. Wahai tabah, aku teguh; keraguanku hilang. Aku akan menepati janjimu.

Jalan Pengabdian dalam Gita

Dalam Gita bab XII (tentang Bhakti Yoga) pada syair pertama, Arjuna bertanya kepada Sri Krishna:
"Ya Tuhan, para penyembah,
  • yang, dengan pikiran mereka yang terus-menerus tertuju pada-Mu, memujamu sebagai memiliki bentuk dan sifat,
  • dan mereka yang hanya memuja Brahman yang tidak dapat binasa dan tidak berbentuk, di antara mereka yang paling mengetahui Yoga?
Dan Sri Krishna menjawab: Keduanya mencapaiKu; tetapi jalan mereka yang pikirannya melekat pada Yang Tak Terwujud lebih terjal dan penuh perjuangan, karena identifikasi diri dengan Yang Tak Terwujud sulit dicapai oleh mereka yang terpusat pada tubuh. (Bhagawad Gita XII.5)

Dalam ayat berikutnya Tuhan menegaskan, "Sebaliknya, mereka yang semata-mata mengabdi kepada-Ku, dan menyerahkan segala tindakannya kepada-Ku, memuja-Ku - Yang Ilahi yang nyata - terus-menerus bermeditasi pada-Ku dengan pengabdian yang berpikiran tunggal; wahai Arjuna ini segera kuselamatkan dari lautan kelahiran dan kematian.” (Bhagawad Gita XII. 6-7)

Dalam ayat berikutnya, Sri Krishna memberi tahu penyembah mana yang paling disayangi-Nya:

  1. Penyembah yang bebas dari kedengkian, yang ramah dan penuh kasih sayang, yang bebas dari egoisme dan gagasan tentang yang berjiwa pelaku, yang mempunyai ketetapan hati yang teguh, yang telah menyerahkan pikiran dan akal budinya kepada Tuhan, yang indria-indrianya berada di bawah kendalinya, 'penyembah-Ku itu sayang pada-Ku'.
  2. Orang yang tidak menjadi sumber kejengkelan dunia, orang yang tidak pernah merasa tersinggung dengan dunia, orang yang terbebas dari kesenangan dan kemarahan, kegelisahan dan ketakutan, 'penyembah itu sangat Kusayangi'.
  3. Orang yang tidak menginginkan apa pun, orang yang pikiran dan kecerdasannya murni, orang yang pandai dan tidak memihak, tidak bersukacita, tidak bersedih, atau berkeinginan, orang yang telah meninggalkan kebaikan dan kejahatan, 'pemuja seperti itu sangat Kusayangi' .
  4. Seseorang yang sama dengan kawan dan lawan, kehormatan dan kehinaan, kesenangan dan kesakitan dan bebas dari keterikatan; orang yang menerima pujian dan celaan dan merasa puas dengan apa pun yang datang kepadanya tanpa diminta, yang pikirannya penuh dengan pengabdian dan asyik dengan Tuhan, 'penyembah seperti itu sangat Aku sayangi'.

Bhakti (Pengabdian) dan Jnana (Pengetahuan) tidak berbeda

Dengan demikian, kita melihat bahwa jalan pengabdian Bhakti Yoga sebagaimana dijelaskan dalam Gita, sebenarnya adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan. Pendekatan yang agak dualistik ini cocok dengan jiwa masyarakat pada umumnya. Sulit bagi sebagian besar dari kita untuk memahami dan menerima bahwa penyerahan diri kepada Tuhan, Ideal, atau Kekuatan eksternal pada hakikatnya adalah penyerahan diri kepada diri kita sendiri yang lebih tinggi! Hal ini melampaui ego kecil kita dan menjadi mapan dalam Ego Universal. Ini menggabungkan gagasan tentang satu kompleks tubuh-pikiran ke dalam realitas Kesatuan Kosmik.

Biasanya dalam kesadaran kita sehari-hari, kita menyadari banyak bentuk. Pikiran kosmis terbagi menjadi berbagai bentuk: matahari, bulan, bintang, tumbuhan, hewan, manusia; seluruh alam semesta ini. Bhakti Yoga suatu tahap tercapai ketika semua bentuk yang beraneka ragam melebur menjadi satu bentuk kosmis yang tidak lain adalah Cita-cita Terpilih sadhaka.

Konseptualisasi seperti itu bukanlah utopia atau kemampuan imajinasi. Hal ini dapat diaktualisasikan. Kenyataannya hal ini dialami oleh banyak orang suci, orang bijak, resi, (Seers kami menyebutnya) di setiap agama. Selama semua pengalaman tersebut, calon peminat hanya memiliki pengetahuan tentang dua keberadaan: satu, tentang dirinya sendiri, dan yang lain tentang Ideal Pilihannya. Cita-cita yang dipilih ini mungkin berupa Bentuk atau Ide. Misalnya Arjuna dan Sri Krishna. Pikiran seorang peminat spiritual terkonsentrasi sepenuhnya. Sadhaka tidak mempunyai pengetahuan apa pun selain kedua hal ini. Lebih jauh lagi melalui Advaita Jnana sang sadhaka dapat mempertimbangkan dan mengaktualisasikan kesatuannya dengan Prinsip Universal dengan melampaui dirinya sendiri dan cita-cita yang dipilih!

Umat ​​​​Kristen telah menyadari Kesatuan dengan Yesus, Maria, Salib; Para sufi mengalami Persaudaraan Universal dalam perjalanan mereka dalam Islam; Umat ​​​​Hindu mendapat penglihatan tentang Siwa, Shakti, Wisnu, dan inkarnasi mereka; Umat ​​Buddha, meskipun menyangkal keberadaan Atman dan Tuhan, masih percaya pada Nirwana - suatu keadaan Realitas transendental yang tidak berubah.

Dalam Gita, aspek Pelihat Sri Krishnalah yang memberi kita gambaran perkiraan tentang penglihatan realitas Arjuna saat ia berkembang dari kebenaran yang lebih rendah ke kebenaran yang lebih tinggi. Jadi, saat Sri Krishna menjelaskan semua Yoga, pikiran Arjuna terkonsentrasi untuk benar-benar mengalami keadaan atau kebenaran tersebut. Jadi dalam bab kesebelas, Arjuna sebenarnya dapat memvisualisasikan Ideal Pilihannya - Sri Krishna - sebagai satu-satunya Realitas Universal atau Kosmik. Dia mampu melihat Sri Krishna dalam segala hal, dan segala sesuatu dalam Sri Krishna!

Visualisasi yang jelas ini menjadi pengalaman seumur hidup yang tidak dapat dihilangkan dari seorang peminat spiritual. Kemudian, ketika sadhaka kembali ke kesadaran manusia normal, pengalamannya masih tetap ada dalam dirinya. Oleh karena itu, ia memahami bahwa apa pun yang ia lihat, rasakan, atau pikirkan, semuanya berada dalam Kesadaran kosmis. Dia bukanlah pelakunya. Dia bukan apa-apa! Maka muncullah gagasan penyerahan total dari jiwa yang berpengalaman kepada massa yang tidak berpengalaman.

Tergantung pada kesiapan calon, saran dan metode latihan yang berbeda dapat disarankan untuk berbagai sadhaka. Ini adalah dasar dari idola atau pemujaan gambar. Orang-orang Barat, yang sangat dipengaruhi oleh sifat ilmiah, terbebas dari ketidaktahuan yang membatasi akan keyakinan, dan oleh karena itu mereka paling diuntungkan oleh sadhana Jnana Yoga. Namun memaksa orang lain, yang belum sepenuhnya mengenal sains, untuk mengikuti jalur rasionalitas objektif, nalar, dan diskriminasi yang sama adalah seperti menempatkan siswa dengan standar pertama ke standar yang lebih tinggi, katakanlah, fisika! Bagaimana dia bisa memahami sains padahal dia belum mengenal dasar-dasarnya?

Bhakti didefinisikan sebagai cinta tanpa syarat kepada Tuhan yang berpribadi. Ini mungkin merupakan bentuk sadhana yang lebih rendah dan dapat mengarah pada fanatisme agama; namun Bhakti tetap menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar dari kita, karena kita terikat pada kompleks tubuh-pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar