Google+

Penyebaran Musik India ke Eropa

Penyebaran Musik India ke Eropa

Banyak hal yang kita nikmati setiap hari dapat ditelusuri kembali ke peradaban Veda. Sebagai contoh, musik bersumber dari Sama-veda.
Sama-veda meletakkan dasar-dasar aturan musik karena banyak ayat-ayat Veda ini dinyanyikan oleh para pendeta saat dilakukan ritual-ritual pemujaan api.
Banyak personalitas ilahi dalam Veda juga digambarkan sambil memegang alat musik, seperti
  • Lord Krishna dengan flute-Nya, 
  • Dewi Saraswati dengan rebab-nya, 
  • begitu juga dengan pertapa lintas kosmis Narada Muni. 
  • Shiva sering digambarkan sedang menari mengikuti irama drum, atau sedang menabuh drum-nya.

Weber, seorang penulis Jerman, di dalam bukunya, Indian Literature (hal. 297) menulis, “Tangga-nada Hindu . . Sa, Re, Ga, Ma, Pa, Dha, Nee juga telah dipakai oleh bangsa Persia, dimana kita menemukannya dalam bentuk do, re, ma, fa, so, le, ci. Itu kemudian masuk ke dunia Barat dan diperkenalkan oleh Guido d’Arezzo di Eropa dalam bentuk do, re, mi, fa, sol la, ti . . . bahkan ‘gamma’-nya Guido (French gramma, English gamut) dapat ditelusur balik ke Sanskrit gramma dan Prakrit gamma dan adalah pengakuan langsung bahwa India sebagai asal mula dari tujuh buah not tangga nada Eropa”.

Informasi lebih jauh tentang bagaimana sistem musik India sampai ke Eropa disajikan oleh Ethel Rosenthal dari hasil penelitiannya yang disajikan dalam bukunya The Story of Indian Music and its Instruments dimana ia mengemukakan, “Dalam buku Indian Empire, Sir William Wilson Hunter menegaskan bahwa sistem urutan notasi telah dihasilkan sebelum jamannya Panini dan ketujuh not itu digambarkan dengan huruf-hurufnya. Diturunkan dari para Brahmin notasi ini melalui perantaraan orang-orang Persia sampai di Arabia, dan kemudian diperkenalkan ke dalam musik bangsa Eropa oleh Guido d’Arezzo pada awal abad ke-11 . . . musik Hindu setelah suatu periode dimainkan secara meluas, tenggelam dibawah kekuasaan para pengikut Muhammad ke dalam keadaan terpasung . . . “

Terkait Cakra dengan India Cord dan Barat Cord sbb:
7. Sahasrara Chakra = Ni = Tea
6. Ajna Chakra = Dha = La
5. Vishuddha Chakra = Pa = So
4. Anahata Chakra = Ma = Fah
3. Manipura Chakra = Ga = Me
2. Svadhisthana Chakra = Re = Rae
1. Muladhara Chakra = Sa = Doe

sumber vedasastra.wordpress. com
diposkan kembali di http://cakepane.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar