Google+

Anglurah Sidheman VII

Anglurah Sidheman VII - I Gusti Ngurah Mangku

Para putra Ida I Gusti Anglurah Sidheman Sumertha adalah:

  • I Gusti Ngurah Mangku yang menggantikan ayahandanya bergelar Ida I Gusti Anglurah Sidheman,
  • I Gusti Teges tinggal di Ulakan, 
  • I Gusti Anom di Bangli, 
  • I Gusti Ketut Putu menetap di Muncan, 
  • I Gusti Kebon pergi ke desa Abang dan 
  • I Gusti Alit Sawan di Macetra.

Ida I Gusti Anglurah Sidheman Mangku dikatakan sebagai Anglurah Sidemen terakhir, karena sesudah beliau tidak ada lagi keturunan Arya Bang Sidemen yang menjadi pejabat Anglurah. 
I Gusti Anglurah Mangku Sidheman diperdaya oleh I Gusti Nengah Sibetan yang di bantu oleh Raja Karangasem. Di wilayah desa Duda beliau dihadang dan direbut sehingga akhirnya beliau meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.


Kisahnya seperti ini.
Pada suatu hari, tahun Isaka 1613 atau tahun Masehi 1691, Ida I Gusti Anglurah Sidheman bermaksud untuk memeriksa keadaan rakyat beliau di desa-desa yang termasuk dalam wilayah kekuasaan beliau, diiringi sejumlah kecil pengiring-pengawal beliau. Beliau memang beranjangsana melewati desa Iseh, dan ketika sampai di kawasan Duda, di sebelah utara Padang Tunggal, beliau dihadang oleh musuh beliau di bawah pimpinan I Gusti Ngurah Sibetan dengan bala yang jumlahnya cukup besar, dan didampingi oleh bala tentara penguasa Karangasem. Jelas daya upaya serupa itu bertujuan untuk mengalahkan kekuasan I Gusti Anglurah Sidheman

Singkat cerita kemudian di tengah areal persawahan di tempat itu terjadi pertempuran yang sangat seru, namun tidak seimbang. Pengiring I Gusti Anglurah Sidheman Mangku hanyalah sedikit jumlahnya, bisa dihitung, dan semua habis terbunuh oleh pasukan I Gusti Sibetan, setelah sebelumnya mereka bertempur dengan gagah berani. Banyak lawan yang dapat mereka tewaskan atau lukai sebelum mereka sendiri akhirnya ikut tewas.

Akan halnya I Gusti Anglurah Sidheman, beliau memang sangat perwira dalam menghadapi musuh, tidak seorang pun dapat menyentuhnya karena kesaktian beliau. Menyadari akan kekalahan jumlah pasukan, beliau lalu menggelar kawisesaan, seraya kemudian beliau menghilang dari pandangan musuh. Di atas batu yang tinggi dan datar beliau berdiri menyaksikan peperangan itu. Yang dilihatnya hanyalah lawan-lawan beliau. Pengiring beliau sudah habis tewas. Tinggal beliau sendiri yang masih hidup. Marah bercampur sedih beliau menyaksikan semua pengiringnya tewas. Kemudian beliau teringat dengan titah Ida Hyang Parama Kawi, akan kembali ke Swahloka menunggal dengan Sang Maha Pencipta. Perang itu sebenarnya hanyalah jalan bagi beliau untuk kembali ke Sorgaloka. Gugur di medan laga ! Kemudian beliau tidak lagi berkeinginan untuk melanjutkan peperangan itu. Di puncak batu yang datar itu beliau kemudian menggelar yoga semadhi menyatukan pikiran beliau, menyatukan sabda bayu idep nurani beliau. Kemudian tak lama beliau moksa tanpa jasad, menunggal dengan Ida Hyang Parama Kawi. Bukan beliau takut dengan musuh, namun jalan seperti itu jelas sangat utama.

Setelah peperangan itu usai, kemudian rakyat di Duda, mengumpulkjan mayat untuk dikubur, dibuatkan lubang. Tidak lupa, sanak saudara serta rakyat juga membuatkan kuburan atau bangbang untuk jasad beliau. Sesudah semua mayat rakyat yang tewas dikumpulkan di sana, kemudian jasad beliau dicari-cari, namun tidak diketemukan. Benar-benar tidak ada, walaupun sudah dicari ke sana-kemari. Karena itu, bangbang atau lubang yang sedianya dipergunakan untuk mengubur jasad beliau ditimbun kembali. Itu sebabnya tempat itu dinamai Bangbang Buwung (lubang tak jadi), yang lama-kelamaan menjadi Bangbang Biaung.

Mendengar gugurnya Ida I Gusti Anglurah Sidheman Mangku dalam perang itu, sanak saudara beliau di Sidemen menjadi geger. Puri Singharsa dirusak diratakan dengan tanah agar tidak dapat digunakan oleh musuh, namun pamerajannya dibiarkan. Sejak itu kemudian Sidemen ada di bawah kekuasaan Raja Karangasem. Putra-putri beliau semuanya lalu meninggalkan istana diiringi rakyatnya yang masih setia, I Gusti Alit, I Gusti Ayu Mayun dan I Gusti Ayu Anom pergi ke Gelgel. I Gusti Alit tidak memiliki keturunan. Yang paling bungsu pindah ke Bangli bernama I Gusti Lanang Bangli, juga tidak mempunyai keturunan.

Di tempat beliau moksa itu, belakangan, oleh keturunan beliau dibuatkan parhyangan yang bernama Pura Pajenengan Bangbang Biaung, serta beliau diberi gelar Ida Bhatara Lina di Bangbang Buwung. Demikianlah ceriteranya dahulu pada masa pemerintahan Anglurah Sidheman yang diperdaya musuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar