Google+

Tehnik Dasar Belajar Tenaga Dalam

Tehnik Dasar Belajar Tenaga Dalam

Mau belajar tenaga dalam ? Boleh saja.
Artikel ini akan membahas tiga cara mendapatkan tenaga dalam.

Teknik latihan Tenaga Dalam pada dasarnya adalah suatu sistem yang dikenal ilmiah sebagai hipoksik anerobik sistemik, yaitu secara sederhana adalah teknik pengaturan pernafasan untuk merangsang seluruh sel-sel tubuh agar meningkatkan kualitas metabolisme/pembentukan energi dan memaksimalkan pembentukan ATP (adhenosine thriposhpate), serta memaksimalkan kinerja sel secara keseluruhan. Karena itu seandainya dalam latihan awal-awal merasa pusing itu wajar. Saya sarankan untuk memperbanyak nafas perut terlebih dahulu dalam kondisi-kondisi demikian.

Untuk latihan jangan pernah dilakukan dalam kondisi langsung setelah makan (perut penuh). 
Yang ideal dilakukan +/- 1.5 jam setelah makan. Kenapa? 
Balik lagi ke penjelasan diatas, teknik pernafasan ini memaksimalkan metabolisme tubuh untuk pembentukan ATP, sementara dalam kondisi setelah makan, metabolisme tubuh sedang aktif-aktifnya untuk mencerna makanan. Dikhawatirkan terjadi overloaded beban kinerja metabolisme yang malah berakibat buruk bagi kesehatan. Akan tetapi setelah latihan langsung makan sah-sah saja - asal istirahat terlebih dahulu barang 5 menit.

Untuk penyaluran memang membutuhkan gerakan. Tetapi saya batasi untuk teknik Basic kita berlatih membangkitkan dulu Tenaga Dalamnya sebesar-besarnya sehinga lebih mudah di tahap kemudian kita latih teknik penyalurannya yang memang akan ada gerakan-gerakan tertentu.
Secara garis besar, ada tiga cara untuk mendapatkan tenaga dalam: senam, mantera dan jimat
Kita bisa juga menggabungkan senam dengan mantera, senam dengan jimat atau bahkan gabungan ketiganya untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.

SENAM (pernafasan_

Sekarang membahas jenis pertama, yaitu senam. Yang dimaksud disini adalah olah nafas yang biasanya diikuti olah badan.
Ada tiga jenis nafas. Nafas dada, nafas perut, dan nafas diafragma:

1. NAFAS PERUT

caranya: Mulailah menarik nafas dan biarkan udara masuk sedalam mungkin ke dalam perut, sehingga perut menjadi menggembung. Perhatikan perut anda. Saat menarik nafas, perut akan menggembung dan saat menghembuskan nafas, perut mengempis.

Kebiasaan yang sering tidak kita sadari adalah pada saat menarik nafas, justru perut mengempis. Sebaliknya pada saat menghembuskan nafas, perut menggembung. Pada gilirannya cara bernafas yang salah seperti ini akan membebani banyak sekali organ dalam tubuh, sehingga kita lebih rentan terhadap penyakit.

Lakukan teknik ini dengan posisi duduk tegak, bukan berdiri atau tiduran. Anda bisa melakukannya dengan duduk di atas kursi atau duduk bersila di lantai. Sebisa mungkin jangan bersandar. Tidak perlu tahan nafas, Inget untuk selalu rileks, gak perlu pakai konsentrasi berlebihan, tapi cukup pindahkan perhatian pikiran ke perut.

Lakukan teknik ini beberapa kali sampai Anda terbiasa. Kalau dasarnya udah kuat entar ada hawa hangat di perut. Kalau dilakukan semakin lama nanti atmosfir udara di sekelilingmu berubah jadi sejuk, agak-agak dingin malah.

untuk tahap lanjutan, pengambilan nafas sebanyak-banyaknya yang diikuti dengan pengejangan dan penggembungan otot perut sekuat tenaga. 
Perhatikan! Hanya otot perut, jangan sampai leher ikut tegang. 
Untuk mengetesnya, saat melakukan peneganan otot perut, cobalah untuk berbicara. Apabila sulit atau bahkan tidak bisa berarti penegangan masih salah. Hal lain adalah lubang anus harus ditutup ke dalam. Seperti dalam posisi menahan kentut. Kalo posisi anus dibiarkan terbuka nanti bisa jebol dan ambien.

2. NAFAS DADA

Caranya sama dengan Nafas Utama Perut. Hanya perhatian Anda arahkan ke bagian dada. Pada saat menarik nafas, dada mengembang dan saat menghembuskan, dada mengempis.

Perhatikan bahwa posisi latihan dan istirahat tetap sama, yaitu duduk tegak, bukan berdiri atau lainnya. Lakukan teknik ini beberapa kali sampai Anda terbiasa. Kalau ada rasa hangat di dada pertahankan fokus perhatian ke rasa hangat tadi.

pengembangan teknik ini adalah dengan pengambilan nafas sebanyak-banyaknya yang diikuti dengan pengejangan dan penggembungan otot dada dan pengempisan otot perut. Leher tidak perlu tegang dan lubang anus juga harus ditarik ke dalam.

3. NAFAS PUNDAK / Nafas diafragma

Caranya sama seperti Nafas Perut dan Dada. Kali ini arahkan perhatian Anda ke pundak.
Saat menarik nafas, bawalah udara sampai ke bagian pundak atau dada atas; sehingga pundak akan naik. Saat menghembuskan nafas, pundak turun kembali ke posisi biasa.

Posisi latihan ini juga sama dengan latihan nafas perut dan dada. Anda boleh duduk di kursi atau duduk bersila di lantai. Yang penting Anda melakukannya dengan duduk tegak, bukan dengan berdiri. Lakukan teknik ini beberapa kali sampai Anda terbiasa.

TEKNIK PERNAFASAN GABUNGAN 

Nafas Perut, Nafas Dada & Nafas Pundak
Tariklah nafas sedalam mungkin, perut menggembung, dada mengembang dan pundak naik—tanpa ditahan. Kemudian hembuskan nafas, perut mengempis, dada dan pundak kembali ke posisi semula.

Lakukan teknik ini terus berulang-ulang sampai anda sudah terbiasa dan wajar. Ingat, posisi saat latihan adalah sama dengan posisi di ketiga teknik sebelumnya.

Anda harus membiasakan teknik bernafas dengan cara pernafasan gabungan ini sehari-hari, menggantikan kebiasaan bernafas yang seenaknya sendiri dan salah caranya. Mungkin pada awalnya Anda merasa agak sulit, tetapi kalau anda sudah terbiasa maka hal itu akan berlangsung secara otomatis dan wajar.

Jadi urutan latihan seperti diatas, nafas perut, lalu pindah ke nafas dada, lalu langsung pindah ke nafas diafragma. Usahan perpindahan antar tiap nafas se-smooth mungkin, dan tanpa putus. Setelah selesai, lakukan lagi nafas perut dengan santai... fokuskan perhatian ke area solar plexus (antara pusar dan perut bawah). Lakukan sampai terasa hawa hangat di area ini, kalau terasa teruskan nafas perut minimal 5 menit lagi. Kalau tidak terasa hawa hangat, cukup lakukan nafas perut sampai suhu tubuh normal atau hawa disekeliling menjadi sejuk. (umumnya dalam proses latihan tadi suhu tubuh meningkat sampai mengeluarkan keringat yang cukup banyak). Ini harus dilakukan, untuk menyimpan tenaga dalam yang sudah bangkit tadi di solar plexus.

TAMBAHAN, TEKNIK YAITU…

NAFAS SEGITIGA

Ini adalah salah satu ilustrasi nafas segitiga. Persiapkan diri pada saat akan melakukan Pernafasan ini pd posisi se rileks mungkin.
Usahakan kita 1 jam sebelumnya perut dalam keadaan tidak isi
Pilih Posisi yang seenak mungkin (tiduran / Duduk bersila)
  • Ambil Nafas panjang kemudian Lepas Nafas dengan sesantai mungkin.Tujuannya adalah untuk melakukan relaksasi dan menyatukan pikiran. Lupakan semua beban dihati. Setiap membuang nafas, bayangkan stress dan ketegangan anda keluar. Masalah kantor, keluarga yang ada di otak dikeluarkan seiring dengan keluarnya nafas Anda. Lakukan ini beberapa kali sampai hati dan pikiran kita tidak terbagi.
  • Ambil nafas panjang kemudian tahan di dada (hitung 1,2) jangan lepas. Pindahkan Nafas Keperut (hitung 1,2) jangan lepas. Pindah Nafas kedada lagi (hitung 1,2) baru lepas
  • Pada saat lepas nafas, buang sampai habis tapi usahakan jangan sampai bernafas biasa. tapi dalam keadaan tanpa nafas tahan dulu sampai dengan hitungan (1,2) Baru kemudian Ambil nafas panjang lagi Kemudian Tahan nafas (1,2,3,4) Tahan di dada.
  • Untuk proses perpindahan nafas lakukan dengan perpindahan seperti yang diatas (Tahan Dada, Tahan Perut, Tahan Dada) dengan hitungan tambah dua-dua. Lakukan sampai dengan hitungan setinggi mungkin/sekuatnya.
  • Apabila sudah sampai hitungan yang paling tinggi/paling kuat, misal : 6 Pada saat terakhir hitungan 6 lakukan dua kali. Setelah itu baru turun hitungan 2 - 2 sampai dengan hitungan 1,2.
  • Setelah selesai sampai hitungan ke-2 baru lakukan nafas biasa. Usahakan pada saat melakukan ini, lakukan dengan satu nafas saja/jangan sampai bocor, Kentut, Menelan Ludah/yang bersifat bocornya nafas.


ENERGY METAFISIKA:

Buat mampatin energi metafisika ada 2 cara, yaitu dengan latihan tenaga dalam, atau dengan konsentrasi yang bagus. Yang termudah dan tercepat adalah dengan melatih tenaga dalam sampai ke tingkat yang cukup tinggi. Di tahap awal, gesekan aura tubuh dengan udara akan terasa amat sangat kuat, itu di level2 awal. Bayangkan kepadatan di level berikutnya. Tapi di kondisi-kondisi tertentu, seperti peningkatan adrenalin yang sangat karena kondisi terancam, marah, atau ada bentrokan dengan energi yang bertolak belakang dan mengancam, energi metafisika yang belum atau masih kurang padat pun akan memadat dengan sendirinya secara otomatis.

Menggabungkan Tenaga dalam dengan Tenaga metafisika sama sekali tidak berbahaya, justru mempekuat. Tenaga dalam akan memperkuat Tenaga metafisika dengan sangat signifikan, sedangkan Tenaga metafisika hanya Tenaga dalam dalam perbandingan yang jauh lebih kecil. Tapi penggabungan kedua energi diatas, akan menghasilkan kekuatan yang dahsyat. Secara teknis sebetulnya ada teknik memperkuat, bahkan merubah tenaga metafisika menjadi Tenaga Dalam, akan tetapi tekniknya cukup sulit dan membutuhkan konsentrasi yang cukup bagus, yang justru pada akhirnya akan memakan waktu latihan yang lebih lama dibandingkan dengan melatih Tenaga Dalam dengan teknik pernafasan. Tetap latihan… lama2 Tenaga metafisika-nya akan bergabung secara otomatsi dengan Tenaga Dalam, sehingga kalau mengaktifkan Tenaga metafisika, otomatis Tenaga Dalam-nya ikut aktif juga, begitu juga sebaliknya.

Untuk latihan Tenaga metafisika, ada 2 faktor utama yang harus dilatih, yaitu penguatan aura sebagai power, dan mind power sebagai pengendali. Untuk penguatan aura ya dengan latihan pernafasan tadi, dan dengan penyerapan energi alam.
  • untuk menyerap energi alam. Cara yang paling cepat adalah dengan membentuk kedua telapak tangan seperti parabola menadah ke atas, diletakkan di depan dada, dengan siku menahan didada agar tidak mudah lelah. Niatkan menyerap energi alam tanpa batas, bayangkan/niatkan dan rasakan energi alam membentuk pusaran searah jarum jam dengan telapak tangan anda sebagai poros pusatnya. Tampung energi alam di tangan tadi hingga terasa penuh/berat/panas, kemudian masukkan energi tadi dengan gerakan tangan ke ubun-ubun, kemudian bayangkan menyebar ke seluruh tubuh. Lakukan terus berulang kali, semakin lama semakin bagus. 
  • Untuk melatih mind power, cara yang termudah adalah dengan bermeditasi. Tekniknya macam-macam, tapi yang paling efektif adalah posisi bersila, kedua tangan disimpan di lutut dengan telapak tangan menghadap ke atas, sambil niatkan menyerap energi alam secara otomatis melalui kedua tangan. Bernafaslah secara biasa, fokuskan perhatian ke kedua telapak tangan. Apabila perhatian terpecah, atau merasa bosan, pindahkan fokus perhatian ke kegelapan mata (seakan-akan melihat dalam gelap). Lakukan min 30 menit. Atau.. lakukan dengan teknik yang paling km percayai.. karena msh banyak teknik yang bias dilakukan.

Buat aktifin Tenaga metafisika cukup dengan niat. Tapi di level awal memang masih harus dengan niat yang cukup terfokus. Pada saat berniat secara otomatis otak mengirimkan perintah ke tubuh dan aura untuk merubah susunan kimia tubuh dan frekuensi serta sifat aura. 
Coba aja latih sederhana dengan cara seperti ini :
  • Hadap-hadapkan kedua telapak tangan dalam jarak 20 cm, niatkan mengalirkan tenaga metafisika dari tangan kanan ke tangan kiri. 
  • Fokuskan perhatian ke telapak tangan kiri yang menerima energi selama 5 menit. 
  • Setelah itu pindahkan perhatian ke telapak tangan kanan yang menyalurkan energi selama 5 menit juga. 
  • Kemudian lakukan sebaliknya dengan menyalurkan energi dari tangan kiri ke tangan kanan. 
  • Ulangi kembali langkah di atas. 
Nah, nanti energi yang sudah bisa kita kendalikan tadi bisa dirubah frekuensi dan sifatnya sesuai kemauan kita, misalnya untuk healing, membersihkan aura, mengusir energi negatif, mempengaruhi orang dll..

Setelah itu duduk/bersila, posisikan kedua telapak tangan di atas lutut dengan telapak tangan menghadap keatas. Niatkan menyerap energi alam dan ditampung di tangan tadi. Dengan berniat otomatis otak mengirimkan perintah ke tubuh untuk mempersiapkan diri menyerap energi. Setelah itu rasakan dikedua telapak tangan....ada sensasi energi tidak? Kalau ada cukup pertahankan fokus perhatian ke kedua telapak tangan, sampai terasa berat/hangat sekali. Bayangkan energi yang diserap tadi tertampung di kedua tangan dan membentuk bola energi.....Setelah cukup, masukkan ke tubuh melalui ubun2. Caranya angkat kedua telapak tangan yang sudah ada bola energinya tadi ke atas ubun2...lalu gerakkan ke arah belakang kepala sambil berniat/membayangkan energi masuk dan menyebar ke seluruh tubuh. Ulangi..

Untuk yang tidak merasakan sensasi energi di telapak tangan pada saat melakukan penyerapan energi alam ini, silakan lakukan latihan kepekaan dasar berikut:
  • Gosok2 kan kedua telapak tangan perlahan-lahan, kemusian semakin lama semakin cepat sampai kedua telapak tangan terasa panas.
  • Setelah terasa panas, pisahkan kedua tangan dalam jarak +/- 25-30 cm, dalam posisi saling berhadapan di depan dada.
  • Fokuskan perhatian ke ruang kosong antara kedua telapak tangan, rasakan sensasi gelombang elektromagnetic yang terjadi.
  • Apabila terasa sensasi energi yang cukup kuat, jauhkan jarak antara kedua telapak tangan perlahan-lahan sambil tetap merasakan sensasi energi yang ada.
  • Tahan jarak kedua telapak tangan sampai maksimal +/- 60 cm. Kemudian dekatkan lagi perlahan-lahan.
  • Ulangi langkah 1-5 diatas beberapa kali.

TIPS:
Lakukan pernafasan pada saat suasana tenang
Jangan lakukan pada waktu Matahari tepat diatas/12 siang, menjelang petang Karena pada waktu itu merupakan waktu yang belum bisa diterima oleh Dunia kecil (alam mikro) yang ada pada diri kita.
Dengan kita melakukan dengan tekun lama-lama kita akan mulai merasakan hasilnya, misal: pada saat melakukan pernafasan badan terasa terangkat, Telapak tangan merasa hangat, kedua mata kedutan, dll. Biasanya reaksi pada tiap oran berbeda-beda.
Pernapasan ini berbahaya. Tidak usah dicoba sendiri. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap akibat dari pelaksanaan pernapasaan ini terhadap pembaca.
Lakukan serileks mungkin, gak perlu terlalu dipaksakan, Tahan nafasnya cukup senyaman mungkin. Usahakan pakai baju yang agak longgar, jangan memakai aksesoris apapun (jam tangan, cincin dll).
  • Untuk latihan nafas lakukan dengan mata terbuka..untuk menghindari ada pengejangan di area otot wajah dan kepala, sehingga energi latihan tidak banyak yang tersalur ke area kepala dll...
  • Untuk penyerapan energi alam bisa dilakukan dalam kondisi mata tertutup, dan lakukan dengan pernafasan biasa atau nafas perut..(silahkan pilih yang lebih nyaman & rileks)


CARA LAIN MENDAPATKAN KEKUATAN DIATAS DENGAN MANTERA:

Mantera atau doa bisa juga membangkitkan tenaga dalam, dengan cara membacanya berulang-ulang. Mantera bisa dalam bahasa jawa, bahasa arab, bahasa indonesia ( perhatikan bagiamana Reiki melakukan afirmasi terhadap dirinya dengan bahasa Indonesia), bahasa Perancis, Zulu atau bahkan C++ dan Java.
Isinya bisa saja memuji tuhan, menjelekkan tuhan, atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan tuhan. Semuanya akan berhasil.
Ada doa yang kompleks dan rahasia, yang hanya diberikan oleh perguruan-perguruan tertentu. Ada juga yang sederhana , hanya berupa shalawat. Menurut pengetahuan penulis, Lafal-lafal Doa-doa itu tidak terlalu berpengaruh. Yang berpengaruh adalah perilaku sang pendoa. Makin baik laku agama-nya makin tinggi tenaga dalamnya.


SELAIN ITU BIAS JUGA DENGAN MEMAKAI JIMAT

Tenaga instan, tidak usah dibahas deh. Makin gede maharnya makin gede tenaganya . Biasanya datang dari jin atau mahluk halus lainnya ( guru gaib, dll). cara terakhir ini diharapkan tidak dilakukan, karena dengan menggunakan jimat atau barang lainnya, kita artinya tidak memiliki apa-apa, sehingga bila jimat tidak kuat, maka ilmu yg terkandung didalamnya langsung menghilang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar