Google+

Uparengga ORTI

Uparengga ORTI
Orti dibuat dari daun rontal tua, dibentuk sedemikian rupa yang terdiri dari beberapa bagian :
  1. Orti Bagia
  2. Orti Pulu
  3. Orti Kerang Melok
  4. Orti Beringin

Orti Bagia, orti  ini dibentuk dan disusun dari sebuah tangkai bambu yang panjangnya kira-kira 10cm dari ujungnya dibuat silang, dan antara ujung silang dihubungkan dengan benang berwarna empat warna yaitu warna putih, merah, hitam dan kuning. Pada ujung-ujung silang benang tersebut disatukan pada ujung tangkai orti tadi seolah-olah bersumbu keatas. Diatas silang ditusukkan anyaman berbentuk burung dan yang paling atas ditusukkan cili (simbul muka) digantungkan uang kepeng bolong sebanyak 7, 9 atau 11 kepeng sesuai dengan status bangunan suci yang akan dipelaspas.


Orti Pulu, orti ini dibuat dari daun rontal tua dan berbentuk pulu (periuk). Orti ini berjumlah 7,9,11 buah dalam satu paket orti menurut status bangunan suci.

Orti Kerang Melok dibuat dari daun rontal dibentu bundar menyerupai tamiang dan memiliki tangkai. Orti ini berjumlah empat buah pada setiap rangkain, biasanya orti ini dipasng pada setip pojok bangunan yang akan dipelaspas.

Orti Beringin dibuat dari daun rontal dibentuk menyerupai daun beringin. Orti ini hanya satu rangkai dalam saatu paket orti.

Masing-masing orti diatas mengandung arti dan makna yang sangat penting bagi umat hindu. Untuk mendapatkan makna dan arti dari orti tersebut, kami mencoba untuk mengungkapnya sebagai berikut :

Kata orti berasal dari kata : " arta " yang berarti material, sedangkan material tersebut bersumber dari kekuatan prakerti, dimana kekuatan tersebut merupakan prabhawanya dari kekuatan purusha, sehingga dari kekuatan prakerti itu bermanefestasi menjadi kekuatan prbhawa yang disebut " Kharisma ". Dari adanya karismatik pada bangunan suci, dapat berpengaruh besar terhadap umat Hindu, dan merupakan penuntun secara bhatiniah sehingga dapat meningkatkan keyakinan umat terhadap keberadaan Ida Sang Hyang Widhi.

Bangunan suci yag telah dipelaspas dan dipasangkan orti  akan kelihatan sekali bangunan tersebut seberti berjiwa atau memiliki karisma tertentu.

Arti dari tiap-tiap simbul orti tersebut sebagai berikut :
  • Orti bagia adalah merupakan simbul permohona kebahagian lahir bathin kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
  • Orti pulu merupakan simbul permohonan amerta kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
  • Orti kerang melok merupakan simbul permohonan keteguhan iman kehadapan Ida Sang Hyang Widhi
  • Orti beringin merupakan simbul permohonan untuk perlindungan dan kecerdasan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar