Google+

Jumat, 05 November 2010

apa itu Meditasi?

apa itu Meditasi?

Kata “meditasi” adalah…
bentuk serapan dari bahasa Inggris “meditation”, yang berarti merenungkan atau kontemplasi. Banyak orang salah paham bahwa meditasi berasal dari agama Hindu dan Buddha. Dalam agama Kristen dikenal dengan saat-saat hening (silence), dalam Agama Yahudi ada hari sabat. Dalam Islam dikenal dengan tafakkur, dzikir. Banyak istilah yang mengacu pada ezensi yang sama.

Meditasi adalah.....
juga dari bahasa Latin, meditatio yang berarti merenungkan dan juga berakar dari kata Mederi (kesehatan) dari kata ini pula diserap kata medisin. Jadi jelas meditasi itu sebenarnya baik bagi kesehatan. Dalam bahasa Indonesia, Meditasi, yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Jadi bermeditasi adalah memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu, tetapi kata meditasi itu lebih dikenal dengan nama samedi yang diserap dari bahasa Sansekerta, samadhi yang juga disebut dhyana atau pranayama. Samedi itu artinya meditasi dalam bahasa Sangsekerta atau dalam bahasa Ibrani = hagah.
Dalam Alkitab bahasa Inggris perkataan tsb diterjemahkan sebagai Meditation.


Meditation is.....
To think seriously (about something), esp. for a long time • if you meditate, you give your attention to one thing, and do not think about anything else, usually as a religious activity or as way calming or relaxing your mind. Meditation is serious thought or study, or the product of this activity. Meditation is also the act of giving your attention to only one thing, either as a religious activity or as a way of becoming calm and relaxed: prayer and meditation. (Cambridge International Dictionary of English)

Meditation is….
Happiness therapy

Meditasi adalah.....
Sebagai "praktek berpikir secara mendalam dalam keheningan, terutama untuk alasan keagamaan atau untuk membuat batin tenang." (Oxford Advanced Learner's Dictionary). Dalam kamus yang bersifat umum ini, 'meditasi' dianggap sebagai proses 'berpikir'. Ini hampir sama dengan 'kontemplasi' yang didefinisikan secara persis sama. Tetapi kalau dikaji secara lebih mendalam dan dipraktekkan, akan ternyata bahwa di dalam 'meditasi' justru proses berpikir berhenti untuk sementara. Pada dasarnya, 'meditasi' adalah "pemusatan perhatian pada suatu obyek batin secara terus-menerus." Memang ada obyek-obyek meditasi tertentu yang berupa pikiran atau ide/konsep, sehingga terjadi tumpang tindih dan tidak dapat dibedakan secara tegas antara 'meditasi' dan 'kontemplasi'.

Meditasi adalah.....
cara lain untuk memahami diri, yang berbeda dengan introspeksi. Justru pemahaman yang diperoleh dari meditasi jauh lebih tepat dan sesuai dengan keadaan sebenarnya dibandingkan dengan pemahaman dari introspeksi yang dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan pikiran yang tidak disadari sehingga memberikan hasil yang bias. Di samping itu,pemahaman diri yang diperoleh dari meditasi bersifat transformatif (mengubah), oleh karena pemahaman itu melibatkan seluruh aspek diri (kognitif, afektif, volisional dsb). Di lain pihak, pemahaman melalui introspeksi kebanyakan hanya bersifat kognitif saja, sehingga biasanya tidak banyak perubahan yang terjadi.

Meditasi adalah.....
sikap menenangkan pikiran dengan cara-cara tertentu di mana pikiran kita sampai menemukan sensasi-sensasi sehingga menimbulkan rasa damai dalam hati untuk mencapai ketenangan jiwa (ruhani). Dan ada juga yang mengartikan bahwa meditasi adalah sebuah pelatihan yang menggunakan pikiran untuk tujuan mengatur pikiran dengan usaha kita. Meditasi dapat didefinisikan sebagai suatu aktivitas yang mengakibatkan hubungan erat beberapa orang dengan Tuhan. Kita meditasi pada yang abstrak, tidak berbentuk, tidak bernama. Karena Yang Tertinggi tidak mempunyai bentuk dan tidak mempunyai nama, tidak juga mempunyai kwalitas atau lambang-lambang.

Meditasi adalah.....
tidak mudah. Ia butuh waktu dan butuh energi. Ia juga menuntut tekad, keteguhan hati dan disiplin. Ia juga membutuhkan sejumlah kualitas pribadi yang biasa kita anggap tidak nyaman dan yang kalau bisa kita hindarkan. Kita dapat meringkas semuanya dalam istilah Amerika ‘gumption’ (akal sehat). Meditasi membutuhkan akal sehat. Tentu jauh lebih mudah untuk duduk meluruskan kaki dan menonton TV. Jadi mengapa pusing? Mengapa membuang waktu dan energi kalau Anda dapat pergi keluar bersenang-senang? Mengapa pusing? Jawabannya sederhana. Karena Anda manusia. Dan justru karena fakta sederhana bahwa Anda manusia, Anda mendapati diri Anda mewarisi suatu keadaan tak memuaskan yang inheren di dalam kehidupan, yang tidak mau hilang. Anda dapat menekannya dari kesadaran Anda untuk sementara. Anda dapat mengalihkan perhatian selama berjam-jam terus-menerus, tetapi perasaan itu selalu kembali—biasanya ketika Anda tidak mengharapkannya. Tiba-tiba, seolah-olah datang dari langit kosong, Anda duduk tegak, menimbang-nimbang, dan menyadari situasi Anda sesungguhnya dalam kehidupan.

Meditasi adalah.....
Kebahagiaan dan perdamaian. Keduanya sesungguhnya masalah utama dalam kehidupan manusia. Itulah yang dicari oleh kita semua. Ini sering kali agak sukar dilihat oleh karena kita menutupi cita-cita dasar itu dengan berlapis-lapis tujuan di permukaan. Kita membutuhkan makanan, kita membutuhkan uang, kita membutuhkan seks, harta benda dan kehormatan. Kita bahkan berkata kepada diri sendiri bahwa ide “kebahagiaan” adalah terlalu abstrak. “Begini, saya ini orang praktis. Berikan saja cukup uang kepada saya, dan saya akan beli semua kebahagiaan yang saya butuhkan.” Sayang sekali, ini suatu sikap yang tidak berhasil. Periksalah cita-cita itu masing-masing, dan Anda akan mendapati bahwa semuanya dangkal. Anda membutuhkan makanan. Mengapa? Oleh karena saya lapar. Jadi Anda lapar; lalu kenapa? Yah, jika saya makan, saya tidak akan lapar lagi dan saya akan merasa nyaman. Aha! Merasa nyaman! Nah, itu baru penting. Yang sesungguhnya kita cari bukanlah cita-cita permukaan. Mereka cuma alat untuk mencapai suatu tujuan lain. Yang sesungguhnya kita cari adalah perasaan lega, yang timbul bila suatu dorongan terpuaskan. Perasaan lega, relaks, dan berakhirnya suatu ketegangan. Kedamaian, kebahagiaan, tak ada lagi harapan.

Meditasi adalah.....
dimaksudkan untuk memurnikan batin. Meditasi membersihkan proses pikiran dari apa yang dapat disebut perangsang psikis, yakni hal-hal seperti keserakahan, kebencian dan kecemburuan, hal-hal yang membuat Anda terkungkung dalam belenggu emosional. Meditasi membawa batin ke dalam keadaan ketenangan dan keadaan-sadar, keadaan penuh konsentrasi dan pencerahan.

Meditasi adalah.....
Guru Agung. Ia adalah api pembersih yang bekerja perlahan-lahan melalui pemahaman. Makin dalam pemahaman Anda, makin fleksibel dan makin toleran Anda. Makin dalam pemahaman Anda, makin Anda penuh welas-asih. Anda menjadi seperti orangtua yang sempurna atau seorang guru yang ideal. Anda siap untuk memaafkan dan melupakan. Anda menaruh cinta kepada orang lain karena Anda memahami mereka. Dan Anda memahami orang lain karena Anda memahami diri Anda sendiri. Anda telah melihat jauh ke dalam dan melihat ilusi diri dan kelemahan-kelemahan manusiawi Anda sendiri. Anda telah melihat kemanusiaan Anda sendiri dan belajar memaafkan dan mencinta. Bila Anda telah belajar menaruh welas-asih terhadap diri sendiri, welas-asih terhadap orang lain datang dengan sendirinya. Seorang pemeditasi yang mahir telah mencapai pemahaman yang mendalam terhadap kehidupan, dan dengan sendirinya ia berhubungan dengan dunia dengan cinta yang mendalam dan tanpa bertanya-tanya.

Meditasi adalah.....
Mengolah lahan yang baru. Untuk membuat hutan menjadi sawah, mula-mula Anda harus menebangi pohon-pohon dan menggali tunggul-tunggul kayu. Lalu Anda membajak tanah dan memberinya pupuk. Lalu Anda menebarkan benih dan menuai padi yang masak. Untuk memupuk batin Anda, pertama-tama Anda harus membersihkan batin dari berbagai pencemar yang menghambat, mencabutnya sampai ke akar-akarnya sehingga mereka tak dapat tumbuh kembali. Lalu Anda memberi pupuk. Anda memompakan energi dan mendisiplinkan lahan batin. Lalu Anda menebarkan benih dan Anda menuai buahnya, yakni iman, moralitas, keadaan sadar-penuh (mindfulness) dan kearifan.

Meditasi adalah.....
Menajamkan konsentrasi Anda dan daya pikir Anda. Lalu, sedikit demi sedikit, motif-motif dan proses-proses bawah-sadar Anda sendiri akan menjadi jelas bagi Anda. Intuisi Anda menjadi makin tajam. Kecermatan pikiran Anda meningkat dan berangsur-angsur Anda akan tahu secara langsung hal-hal seperti apa adanya, tanpa prasangka dan tanpa ilusi. Jadi, apakah ini alasan yang cukup untuk memusingkan kepala dengan meditasi? Tentu saja tidak. Ini cuma janji-janji di atas kertas. Hanya ada satu jalan bagi Anda untuk tahu, apakah meditasi itu memang ada manfaatnya untuk dicoba. Belajarlah untuk melakukannya dengan benar, lalu lakukan. Lihatlah sendiri hasilnya.

Meditasi adalah.....
Suatu cara untuk mengembangkan bathin menuju taraf kesempurnaan yang selanjutnya menjadi dasar dari kebijaksanaan. Latihan meditasi dengan pemusatan fikiran pada pernafasan disebut Anaspanasati. Dengan metode ini, fikiran tetap terjaga dengan baik dan senantiasa terkontrol, dengan demikian membuahkan jasmani dan rohani yang selalu jernih dan segar. Juga daya fikir bertambah kuat dan tajam, membawa pada kecerdasan otak.

Meditasi adalah.....
Sebuah cara buat meluruhkan keterkondisian pikiran yang kemudian membantu kita guna melepas semua pandangan-pandangan picik dan ide-ide kaku yang kita punyai.”

Meditasi adalah.....
Konsentrasi yang mendalam, yang merupakan disiplin spiritual mengenai konsentrasi pada Tuhan.
pemahaman dari yang tak terpahami, hingga Ia menampakkan diriNYA sendiri.
Pemusatan energy mental dan intelaktual melalui satu Mantra, hingga mantra tersebut dapat menampakkan kerahasiaannya.
Ilmu perwujudan dan seni penyatuan dengan Tuhan.
Pencarian realitas tertinggi direlung hati kita.
Persembahan Bakti seseorang terhadap obyek meditasi, yaitu Tuhan
Perjuangan jiwa pribadi untuk mewujudkan dan mencapai ATMA universal.
Pembukaan dari keberadaan kita guna pemasukan langsung Sinar Tuhan.
Penerjunan langsung ke-kesadaran kosmis, yang merupakan pintu kebebasan (Moksa).
Anak tangga tertinggi dari tangga spiritual yang menuntun menuju pengetahuan, yang menjadi kasih sayang dan yang menuntun mencapai Tuhan.

Meditasi adalah.....
Kesunyian yang indah, keheningan dan kejernihan pikiran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar