Google+

Nama Orang Bali

Nama Orang Bali

Nama orang Bali ini merupakan salah satu keunikan yang ada di Bali dan hingga saat ini sebagian besar orang Bali masih menggunakannya.
Mungkin Anda yang bukan orang Bali bertanya-tanya; mengapa nama depan orang Bali ada kemiripan satu sama lainya. 

Orang Bali umumnya memiliki nama depan seperti I Putu, I Wayan, I Gede, I Made, I Nyoman, I Ketut, dst. Ada juga yang memiliki nama depan seperti: Ida Bagus, Cokorda, I Gusti, Anak Agung, dst. Lalu apa sebenarnya makna dari nama depan tersebut?

Nama Orang Bali pada umumnya relatif panjang. Sebagai contoh I Dewa Agung Made Mahendra. Cukup panjang bukan? Itu padahal nama intinya hanya satu kata yaitu “Mahendra”, bisa jadi lebih panjang lagi jika nama intinya lebih dari satu kata.

Lalu apa maksud dari “I Dewa Agung Made” pada nama saya?


Nama orang Bali umumnya diawali dengan sebutan yang mencirikan kasta (wangsa) dan urutan kelahiran. Sebelum saya melanjutkan, disini saya tidak ingin membahas masalah kasta yang sering menjadi pro dan kontra di masyarakat khususnya di Bali.

Jadi, nama orang Bali menjadi panjang karena di depannya ada embel-embel kasta atau nama keluarga (semacam marga) dan urutan kelahiran. Seperti saya, “I Dewa Agung” adalah mencirikan saya berasal dari kasta Ksatria. Selain itu ada juga I Gusti, I Gusti Ngurah, Anak Agung, Cokorda, I Dewa, Ida Bagus, Ida Ayu dan lainnya. Selain embel-embel kasta, ada juga kata "Made". Ini adalah ciri bahwa saya anak kedua. Jadi pada umumnya orang Bali bisa diketahui dia anak ke berapa dari nama depannya. 

Menurut "sastra kanda pat sari", Nama-nama depan khas Bali itu sejatinya tidak lebih sebagai semacam penanda urutan kelahiran sang anak, dari pertama hingga keempat, adalah sebagai berikut:
  1. Anak pertama biasanya diberi awalan “Wayan” diambil dari kata wayahan yang artinya tertua / lebih tua, yang paling matang. Selain Wayan, nama depan untuk anak pertama juga kerap kali digunakan Putu atau Gede. Dua nama ini biasanya digunakan oleh orang Bali di belahan utara dan barat, sedangkan di Bali Timur dan Selatan cenderung memilih nama Wayan. kata “Putu” artinya cucu. Sedangkan “Gede” artinya besar / lebih besar. Dan untuk anak perempuan kadang diberi tambahan kata “Luh” Contoh : I wayan budi mahendra, Ni Putu Erni Andiani, I Gede Suardika, Ni Luh Putu Santhi dll
  2. "Made" diambil dari kata madya (tengah) sehingga digunakan sebagai nama depan anak kedua. Di beberapa daerah di Bali, anak kedua juga kerap diberi nama depan "Nengah" yang juga diambil dari kata tengah. Ada juga yang menggunakan kata “Kadek” merupakan serapan dari “adi” yang kemudian menjadi “adek” yang bermakna utama, atau adik. Contoh: I Kadek Mardika, Ni Made Suasti, Nengah Sukarmi dll
  3. Anak ketiga biasanya diberikan nama depan "Nyoman" atau "Komang" yang  konon diambil dari kata nyeman (lebih tawar) yang mengambil perbandingan kepada lapisan kulit pohon pisang, di mana ada bagian yang selapis sebelum kulit terluar yang rasanya cukup tawar. Nyoman ini konon berasal dari serapan “anom + an” yang bermakna muda.  Kemudian dalam perkembangan menjadi komang yang secara etimologis berasal dari kata uman yang bermakna “sisa” atau “akhir”.  Jadi menurut pandangan hidup kami, sebaiknya sebuah keluarga memiliki tiga anak saja.  Setalah beranak tiga, kita disarankan untuk lebih “bijaksana”. Namun zaman dahulu, obat herbal tradisional kurang efektif untuk mencegah kehamilan, coitus interruptus tidak layak diandalkan, dan aborsi selalu dipandang jahat, sehingga sepasang suami istri mungkin saja memiliki lebih dari tiga anak. Contoh: I Nyoman Indrayudha, Ni Komang Ariyuni dll
  4. Anak keempat : diawali dengan sebutan “Ketut”, yang merupakan serapan “ke + tuut” – ngetut yang bermakna mengikuti mengikuti atau mengekor. Ada juga yang mengkaitkan dengan kata kuno Kitut yang berarti sebuah pisang kecil di ujung terluar dari sesisir pisang. Ia adalah anak bonus yang tersayang. Karena program KB yang dianjurkan pemerintah, semakin sedikit orang Bali yang bertitel Ketut. Itu sebabnya ada kekhawatiran dari sementara orang Bali akan punahnya sebutan kesayangan ini. Contoh: I Ketut Nugraha, Ni Ketut Sudiasih dll
Orang Bali memiliki sebuah tabu bahwa petani tidak boleh menyebut kata tikus, di Bali disebut bikul,  di sawah, karena hal ini bagai mantra yang bisa memanggil tikus. Untuk itu di sawah, orang memanggilnya dengan julukan spesial  ” Jero Ketut”. Ia bermakna tuan kecil. Ini berangkat dari pandangan bahwa tikus bagimanapun juga adalah bagian dari keseimbangan alam.

Bila keluarga berancana gagal, dan sebuah keluarga memiliki lebih dari empat anak? Di sini ada 2 alternatif yang bisa dipakai orang tua untuk memberi nama depan pada anak kelima, keenam, dan seterusnya:
  • nama depan untuk anak kelima dan seterusnya mengulang kembali nama-nama depan sebelumnya sesuai urutannya.
  • Ada orang tua yang sengaja menambahkan kata "Balik" setelah nama depan anaknya untuk memberi tanda bahwa anak tersebut lahir setelah anak yang keempat. Contohnya: I Wayan Balik Suandra. Jadi nama depannya adalah "I Wayan Balik" yang menandakan bahwa dia adalah anak kelima, atau anak yang lahir setelah putaran 1 sampai 4.
Selama ini, kalau seseorang sudah menggunakan nama depan Made, Komang atau Ketut, bisa dipastikan sebagai orang Jaba-kecuali untuk kelompok Brahmana di desa Buda Keling, Karangasem yang masih mempertahankan tradisi pemakaian nama Ida Wayan, Ida Made dan seterusnya.

Tidak jelas benar, kapan tadisi pemberian nama depan ini mulai muncul di Bali. Yang pasti, menurut pakar linguistik dari Fakultas Sastra, Universitas Udayana, Prof. Dr. I Wayan Jendra, S.U. nama depan itu ditemukan muncul pada abad ke-14 yang dipakai oleh raja Gelgel saat itu bergelar Dalem Ketut Kresna Kepakisan yang kemudian dilanjutkan putranya, DalemKetut Ngulesir. Dalem Ketut Kresna Kepakisan merupakan putra keempat dari Sri Kresna Kepakisan yang dinobatkan mahapatih Majapahit, Gajah Mada, sebagai penguasa perpanjangan tangan Majapahit di Bali.

Namun, Jendra belum berani memastikan apakah hal itu berarti tradisi pemberian nama depan itu sebagai pengaruh Majapahit atau bukan. Yang jelas, hal ini terpelihara sebagai tradisi yang cukup lama. Masyarakat Bali hingga akhir abad XX masih tunduk menggunakannya hingga akhirnya menjadi semacam ciri khas untuk membedakan orang Bali dengan orang luar Bali, sebelum akhirnya secara perlahan mulai bergeser, tidak lagi ditaati secara ketat oleh orang Bali. Pengingkaran ini sejatinya telah dimulai ketika nama-nama pokok yang mengikuti nama depan orang Bali juga mulai bergeser.

Selanjutnya, untuk membedakan jenis kelamin, orang bali mengawali setiap nama dengan menambah satu kata lagi, yaitu
  • Awalan “I” untuk anak lelaki
  • Awalan “Ni” untuk anak perempuan
Tapi tidak semua kasta (wangsa) orang Bali menggunakan kata I atau Ni. Misalnya dari golongan Anak Agung semuanya akan diawali dengan kata “Anak Agung”, "cokorda" dll.

Selain menunjukkan urutan kelahiran, ada nama depan tertentu yang menunjukkan kasta di bali. Penamaan berdasarkan Kasta ini merupakan gelar warisan turun temurun yang melekat pada keturunan orang Bali yang dulunya memiliki kelas tersendiri berdasarka profesinya.
  • Nama depan seperti "Ida Bagus" untuk pria atau "Ida Ayu" untuk wanita, menunjukkan bahwa dia berasal dari keturunan kasta Brahmana di Bali. Brahmana adalah kasta dari penggolongan profesi sebagai pemuka agama; misalnya pendeta. Contohnya: Ida Bagus Dharmaputra, Ida Ayu Diah Tantri.
  • Nama depan seperti "Anak Agung", "I Gusti Agung", "Cokorda", "I Dewa", "Desak" (perempuan), "Dewa Ayu" (perempuan), "Ni Gusti Ayu" (perempuan), dan "I Gusti Ngurah", ini berasal dari kasta Ksatria yang merupakan golongan profesi dari pelaksana pemerintahan dan pembela negara. Contohnya: Anak Agung Komang Panji Tisna, Anak Agung Ayu Wulandari, Cokorda Rai Sudarta, I Dewa Putu Kardana, I Gusti Ngurah Adiana, dll.
Namun sering kali nama depan dari kasta-kasta (wangsa) di atas juga diikuti dengan urutan kelahiran. Seperti misalnya: Ida Bagus Putu Puja, Ida Ayu Komang Rasmini, I Gusti Agung Made Jayandara, Ni Gusti Ayu Putu Anggraeni, dll.

Sehingga bila ada yang bernama “I Dewa Agung Made Mahendra” itu artinya
  • I” menunjukan jenis kelamin Pria
  • Dewa Agung” menunjukan gelar Wangsa bukanlah kasta di bali
  • Made” menujukan urutan kelahiran, dalam hal ini anak ke 2
  • Mahendra” menunjukan nama.
Disamping itu ada sapaan yang biasa diberikan oleh orang yang lebih kecil kepada yang lebih tua dan sebaliknya. Diantaranya:
  • sapaan “Bli” atau "Wi" untuk setiap pria yang ditemui. Terlepas itu benar atau salah, orang Bali tidak pernah mempermasalahkan. Mereka lebih cenderung untuk menghargai pengunjung yang berusaha “menghormati” dengan sebutan yang lebih akrab seperti “Bli”.
  • sebutan “Mbok” diberikan untuk wanita Bali.
  • Sapaan “Adi / adik” atau menyebut nama langsung diberikan kepada wanita ataupun pria yang lebih muda.
Selain itu ada panggilan akrab yang sering didengar untuk memanggil orang bali yang masih kecil, anak remaja  atau lebih muda (kira – kira belum menikah) diantaranya
  • panggilan "Gus" untuk laki-laki. Gus ini bersumber pada kata “bagus” yang artinya tampan, ganteng
  • panggilan "Gek" merupakan singkatan dari “Jegeg” yang artinya cantik, ayu.

Bila kita melihat maksud dan tujuan dari penyampaian yang tersirat dalam budaya masyarakat asli Bali, ada pelajaran yang dapat kita ambil didalamnya, yaitu kita harus selalu dapat menghormati kepada yang lebih tua. Dengan kata lain budaya merupakan pembelajaran norma-norma kehidupan yang tidak terlepas dari pada apa yang diajarkan oleh Tuhan kepada kita dalam hidup di alam semesta ini.

Artikel yang terkait dengan Nama Orang Bali:
Demikian penjelasan saya tentang arti di balik nama-nama orang Bali. Semoga bermanfaat buat rekan yang membacanya. Mohon maaf bila ada nama saudara-saudara di Bali yang kebetulan saya sebutkan sebagai contoh dalam tulisan saya ini. Apabila ada kekurangan dalam penjelasan ini, saya menerima kritik dan saran dari rekan sekalian. Terima kasih

112 komentar:

  1. Om Swastiastu

    Salam Kenal saking Rare Angon Nak Bali Belog , becik niki artikelnya, Namun Sayang sekali Keluarga Berencana menjadi bencana bagi Bali, I Nyoman I ketut, semakin sedikit saja, karena 2 anak cukup, dan yang mikirin Bali saat ini pun semakin sedikit .... Kembalilah pada KB kita yang 4 anak, sehingga semakin banyak orang Bali ... suksma salam rahayu Om Santih Santih Santih

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
      dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
      berikan 4 angka [7052] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
      dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
      ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
      allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
      kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
      sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
      yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
      insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 570 JUTA , wassalam.


      dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







      Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


      1"Dikejar-kejar hutang

      2"Selaluh kalah dalam bermain togel

      3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


      4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


      5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
      tapi tidak ada satupun yang berhasil..







      Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
      anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
      butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
      100% jebol
      Apabila ada waktu
      silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


      ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


      ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



      ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



      ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



      ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



      ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D



      DAN PESUGIHAN TUYUL

      Hapus
    2. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_).DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

      Hapus
    3. Sangat tepat. KB itu pada konsequensinya malapetaka dan "hubris" manusia yang sombong terhadap Tuhan YME. Om Swastiastu Om

      Hapus
    4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. sebenarnya KB dibali itu 3 anak..
    penjelasannya bs dilihat diatas..
    tp guna tetap mengakui keberadaan pasuecan lelangit, anak ke 4 juga dimasukkan dan menjadi kebangga keluarga...
    semoga orang bali kedepan tidak meninggalkan jati dirinya karena tergoda oleh kehidupan luar yang belum tentu baik dan berfilosofi seperti dibali..

    BalasHapus
  3. artikelnya sangat menarik, saya mau tanya , kenapa orang dari daerah buleleng tidak menggunakan 'i' atao 'ni' di depan nama nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masalah kebiasaan... karena dibali sangat flaksible, jadi penggunaan itu bs gunakan bs tidak.. tp untuk menjadikan pembeda jenis kelamin, orang tua dahulu selalu menggunakan istilah "i atau ni"

      Hapus
  4. bagus sekali, suksma :))
    salam kenal tyang dayu saking geria suci, dencarik, buleleng tapi sejak kecil tinggal di surabaya. semoga dengan ini bisa saling akrab dan lebih mempererat tali persaudaraan

    BalasHapus
    Balasan
    1. suksma atu...
      mogi artikel2 tyg niki bs menambah kansanah pengetahuan semeton tyg diluar bali...

      Hapus
    2. Nama saya Dewanggi.. Bukan orang Bali.. Tapi kalau saya ingin pakai nama Bali boleh enggak ? Saya anak perempuan nomor 2.. Baiknya saya dapat nama seperti apa ya kalau mau pakai nama ada Dewa nya ?

      Hapus
    3. bole...
      selama ini, saya blm pernah membaca larangan untuk penggunaan nama orang bali.
      dan dalam hal ini, saya merasa terhormat dengan keinginan mbak untuk menggunakan nama orang bali..
      sebagai masukan, karena anda bukan orang bali, baiknya untuk nama anak anda, diawali dengan "bagus made........." untuk cowok atau "ayu made...." untuk cewek
      tapi bila sudah memiliki rencana nama lain, dipersilahkan...

      Hapus
    4. Selamat pagi.saya mau tanya.anak saya namanaya anak agung arka krn duku memang saya menikah dengan orang bali.stelah kita bercerai apa nama anak saya akan berpengaruh .krn saya seorang muslim.dan anak saya juga muslim.apa nanti ada masalah saat dia besar.terima kasih.

      Hapus
  5. Bagus sekali artikelnya.. banyak orang kenal saya dan menanyakan arti nama saya, bahkan mengejek nama saya yang berbeda dari temen2 saya. Dikarenakan saya masih keturunan campuran (bukan bali asli) dan berdomisili diluar bali sejak lahir. membaca artikel ini selain tau jelas, saya jadi merasa bangga dg nama ini dan alm. leluhur saya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga postingan tyang niki bermanfaat kelanjutannya... suksma

      Hapus
  6. Klo nama cowok menurut hindu bagusan mana... Satya Merta Sedana ato Putra Merta Sedana n artina apa sih.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. becikan putra sedana.. artinya putra yg diberkahi dewa sedana (kekayaan)

      Hapus
  7. artikel yang menarik, karena saya selalu suka dengan semua hal tentang BALI! saya mau bertanya apakah nama Bali sebagian ada yang mengikuti marga dari ibu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu ada,.. kalau kluarga tbs ikut sistim nyentana alias pihak ayah ikut di kluarga pihak ibu

      Hapus
  8. Bagus artikel nya, jadi tau tentang nama Bali..
    saya mau nanya arti / maksud dari nama I Ketut Dewa Surat Atmaja..,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampura wawu ngwales...
      ampure yen tyg iwang nggih..

      kalau tidak salah nama inti pak dewa "SURATMAJA"
      yang berasal dari kata SURA dan ATMAJA
      SURA = pemberani, ksatria
      ATMAJA = anak, putera/putra
      maksud nama tersebut " orang tua berkeinginanagar anaknya menjadi jiwa ksatria, yang teguh pada pendirian (dharmaning satrya), berani dalam hidupnya, apapun resikonya"

      tapi kalau diambil dari akar kata "SURAT ATMAJA"
      SURAT = tertulis
      ATMAJA = anak lelaki/putra
      mungkin maksudnya "agar anaknya bisa menentukan takdirnya kedepan" karena kata SURAT disini diidentikan dengan segala keputusan yang berimplikasi terhadap masa depannya.

      sekian dumun, yening wenten iwang mangde ke ampureyang :)

      Hapus
  9. perlu diluruskan lagi kiranya tentang 'kasta'. karena hindu tidak mengenal kasta. kasta(caste) berasal dari bhs portugis sedangkan dalam sanskrit tidak ada kata 'kasta'. kata ini diperkenalkan sebagai media adu domba pada saat era penjajahan dulu. yang ada dalam hindu adalah 'warna'

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingih, nike sampun cetak tebal tyg lan sampun tyg sisipkan LINK pembahasannya..
      suksma masukannya. mogi rahayu :)

      Hapus
  10. mbak, bisakah ajari saya bahasa bali? sedikit saja, hanya untuk kalimat tertentu.
    saya lagi riset untuk novel terbaru saya.. :)terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... sebisa mungkin sy bnt... kira2 apa yg mst sy ajari..? :D sy jg bingung krn sy jg msh sedang belajar :)

      Hapus
  11. begitu ya, baru tau silsilah nama orang bali, ternyata dari nama depan bisa dilihat anak keberapa

    BalasHapus
  12. Kalo "I Gede Arif Mangaraja" artinya apa? Sama "I Putu"? trms.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gede = Putu = Wayan ---> menunjuk anak pertama

      kl dilihat dr akar katanya:
      Gde/Gede = besar, lebih besar
      Putu = cucu, kesayangan
      Wayah = lebih tua
      semua itu menunjuk anak ke pertama :)

      Hapus
  13. terima kasih... dpt tambahan banyak info

    BalasHapus
  14. makasih, saya orang jawa yang suka menggunakan nama-nama dari sabang sampai merauke dalam profesi saya sebagai guru...penget tentang nama dalam artikel ini...membantu saya share dengan murid saya...

    BalasHapus
  15. kalo lelong artinya apa?
    PUTU GEDE JUNI ANTARA berarti.....

    BalasHapus
  16. ngomong-ngomong soal nama nama saya paling aneh,,,.
    rodo priodo
    nah ditambah ida bagus kade,,... hehehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. apapun itu, itu merupakan simbol kasih sayang orang tua kepada anaknya

      Hapus
  17. Saya orang jawa dan saya sangan menyukai semua tentang bali,alam,masyarakatnya,semua hal tenttang bali saya suka dan sejak pertama berkunjung ke Bali saya langsung jatuh cinta dan ingin stay disana..dan ini Artikel yg sangat bagus dan nmenambah pengetahuan sekali tentang budaya indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih...
      semoga mbak semakin mencintai bali dengan menghormati dan menjaga bali :)
      salam knal dari bali

      Hapus
  18. Senang sekali mmbaca artikel ini.Salam buat Bli Mahendra dan Saudara2 di Bali smua.Nama sy Dhoni, aseli orang Jawa. Sy benar2 terkesan dengan Bali dan seisinya serta kearifan budaya-nya. Sy kpengen kalo pny anak bsk dikasih tambahan nama Bali boleh atw tdk, semisal Dewa atau Gusti bgtu?? Terima Kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silhakan... semoga penamaantsb bermanfaat kedepannya :)

      Hapus
  19. om swastiastu, maaf sebelumnya apa boleh minta tolong, saya ingin mengetahui arti nama saya "dewa ketut rai bagus sadewa", terima kasih

    BalasHapus
  20. Saya orang jawa asli, tapi saya sangat tertarik dengan semua yang berhubungan dengan bali. terimakasih atas info yang sudah di berikan di atas. semoga suatu saat nanti jodoh saya orang bali asli amin. :)

    BalasHapus
  21. om swastyastu bli'''
    bisa minta tolong gak buatkan nama
    yang artinya (orang yang bijaksana rendah hati dan kaya raya)
    anak kedua''

    danmohon bantuan usulsn nama yg bagus buat putra kami''

    BalasHapus
  22. Bisa minta saran Buku yang membahas tetang nama dan Kasta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy sarankan beli buku manawa dharma sastra, sarasamusaya, nitisastra dan bhagawad gita..

      disamping itu, ada banyak buku2 yang mengulas tentang kasta, silahkan saja cari di beberapa outlet buku di daerah bali dan sekitarnya

      Hapus
  23. bli, tiang mau nnyak, klo "ida bagus krishnanda" itu artinya apa ya ?
    sebelumnya terimakasih :D

    BalasHapus
  24. untuk anak kembar, apakah sama-sama dinamai wayan, atau wayan dan kadek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak... walaupun kembar, pasti ada yang lebih dahulu lahir... sesuaikan dengan urutan kelahirannya

      Hapus
  25. om swastiastu. maaf kalo misal bukan orang bali mau pake nama bali, kemudian menggunakan nama dewa atau anak agung atau ida bagus/ayu, bukan kah dia bukan berasal dari keturunan nama tersebut? apakah boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh2 saja... karena itu hanya sebatas nama, itu dikembalikan ke raya nyaman menggunakannya.

      Hapus
  26. Gmana kabarnya bali bli???

    BalasHapus
  27. kalau wi juga sinonim dari bli ya ?

    BalasHapus
  28. kalau wi dipakai di daerah bali mana saja ya bli?

    BalasHapus
  29. wah jadi ingat pelajaran SMP tapi ini kamus komplitnya, tapi bingung juga yah kalau ada banyak nama i made dalam satu kampus. nanti kita panggil made semuanya bisa menyahut....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he... semua noleh/nyahut krn anda memanggil sebutan untuk urutan kelahirannya...
      sama manggil mbak di pasar, kl ada cewek yg denger, pasti semua noleh melihat kita :D

      Hapus
  30. Saya sedang berusaha belajar Bahasa Indonesia , tapi terima kasih atas " google translater ".
    pekerjaan baik, terima kasih dari Spanyol =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas kunjungannya.
      salam hangat dari bali :)

      Hapus
  31. Ternya masih ada yang peduli dengan kebudayaan indonesia,.dengan kepedulian kita semoga kebudayaan indonesia tetap terjaga,.tq bli atad infonya

    BalasHapus
  32. Bli saya mau tnya arti dari nama I komang sukrada apa,dan masuk ke kasta mana? Trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum saya menjawab pertanyaan anda, mungkin ada baiknya anda mengunjungi artikel saya ini...

      http://cakepane.blogspot.com/2012/07/sistim-kasta-di-bali.html

      semoga bermanfaat

      Hapus
  33. Om swastiastu, becik pisan puniki artikel duwe..
    mangkin wenten program kb saking pemerintah, kocap kb puniki ngawinang nama nyoman sareng ketut kanikaang punah. Sujatine wenten napi ten kewajiban melestarikan keempat nama punika ?
    Yening wenten, napi wenten konsekuensi nyane yening nenten melestarikan punika ?
    Suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. ten wenten kewajiban....
      nanging Putra/putri merupakan anugrah Tuhan, yang merupakan jalan bagi leluhur kita terlepas dai siksaan neraka, dengan mencoba memperbaiki karmanya di dunia ini...
      silahkan baca cerita japa tuan:
      Japatuan...yang nyukla-brahmacari...
      karena baktinya, dia diberi anugrah kesaktian untuk bisa komunikasi dengan dewa dan bisa pergi kemana saja yang diinginkannya
      diceritakan japatuan pergi ke sorga, untuk membuktikan keindahan surga... kemudian dia singah ke neraka dan dineraka dia melihat orang tuanya yg disiksa... dia berusaha menyelamatkan orang tuanya, tetapi dia tidak bisa berbuat apa-apa, karena ini hukuk alam...
      setelah dia bertanya kepada dewa yamadipati mengenai cara untuk menyelamatkan orang tuanya dari siksaan neraka, maka dewa memberikan jalan "reinkarnasi" yaitu memberikan peluang bagi leluhur untuk memperbaiki karma buruknya. itulah salah satu tujuan memiliki anak...
      semoga dipahami...

      Hapus
  34. Matur nuwun bli,...
    penjelasannya jadi gamblang sekali, sedikit banyak makin memahami cara pemberian nama budaya Bali ini
    Matur nuwun sanget

    BalasHapus
  35. Saya mempunyai teman yang bernama Desak Ketut Elma Celesta, sebagian teman bilang, Kok nama nya aneh, udah desak ketambahan ketut pula, anak keberapa emang? anak kedua atau ke empat..
    dia bukan bali asli, tapi dia keturunan bali..
    dari artikel ini, saya bisa membela teman saya, Desak itu artinya perempuan, dan ketut urutan ke 4, hmmm terimakasih..

    BalasHapus
  36. Bagus banget artikelnya.. besok kalo punya anak.. mau tak namain orang seperti orang bali.. sukses terus bli berbagi ilmunya..

    BalasHapus
  37. Keren artikelnya lengkap sekali bli. Yg saya suka dari bali, masyarakatnya mempertahankan karakter turun temurun. Pantes nama mantan pacar saya panjang banget ada 5 kata. Oh ya nama depan dia Ngakan. Itu maksudnya apa ya bli? Terimakasih atas artikelnya. :D

    BalasHapus
  38. Swasti astu..
    Saya mau menanyakan.arti dari nm.anak.saya..
    Nama anak saya"GUSTI MADE RADITYA SWEBAWA"
    SUKSME SEBELUMNYA.

    BalasHapus
  39. Ingat..,!! Kesempatan tidak akan datang untuk ke-2 kali……!!!
    Kami Hadir Utk Menjawab Kebutuhan Anda.Terhadap Produk Elektronik.Transaksi Aman DanTerpercaya.Kami Menawarkan Berbagai Jenis Type HP,LAPTOP dan CAMERA.DLL, Dgn Harga TERJANGKAU/ SUPER PROMO DI GUNUNG MAS PONSEL TEMPAT BELANJA ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA. 100% BEBAS PENIPUAN
    MINAT PIN BB: 582F8501 HUB/SMS:0851-4515-5828 klik web resmi kami di http://gunungmas-phone.blogspot.com/
    Ready Stock! Samsung Galaxy A8 Rp.2.900.000
    Ready Stock! oppo R5 Rp.3.000.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 32GB Rp.2.500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5S 32GB Rp.3.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A3 A300H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy A5 A500F Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy E5 E500H Rp.1.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.800.000.
    Ready Stock! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB Rp.2.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S3 I9300 .Rp.1.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy S6 32GB Rp.3.300.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.000.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Rp.3.500.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 3 Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.000.000,
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 l9500 Rp.1.500.000

    BalasHapus
  40. Artiket nya bagus,penjelasannya juga mudah dipahami 😊

    BalasHapus
  41. penjelasannya lengkap sekali, bahkan saya jadi banyak tau setelah membaca ini.

    BalasHapus
  42. wow,, unik unik sekali namanya.,..
    mereka tidak suka menggunakan hair extension
    ini lah juragan rambut
    Tempat Wisata
    Tempat Wisata

    BalasHapus
  43. keren bli, makasih sudah memecahkan rasa penasaran saya

    BalasHapus
  44. Halo, saya bukan orang Bali tapi punya kenalan yang merupakan keturunan Bali dan beliau memiliki nama "I Desak Made". Saya mulai penasaran karena beliau seorang perempuan tapi memiliki awalan nama "I". Pada uraian di atas sudah dijelaskan bahwa "Desak" sudah melambangkan perempuan, tapi apakah yang terjadi pada awalan "I" di depan? Mohon pencerahannya hehe :)

    BalasHapus
  45. Artikel nya bagus, dan bisa menambah wawasan untuk orang yg diluar bali.
    Saya lahir di denpasar tp saya tidak ada keturunan bali, nama saya Clearesta, dan saya anak perempuan pertama, kira2 nama bali saya apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
  46. Terima kasih infonya jadi tahu arti nama2 orang bali. Lagi Input data karyawan namanya depannya I Putu tapi cowok. Pernah punya teman I putu tapi cewek. Baru tau kalo putu itu bukan nama cewek apa cowok tapi urutan anak pertama yah..

    BalasHapus
  47. Maaf. Nama lahir saya Putu Suhartawan. Kalau boleh tau artinya apa? dan apakah kewajiban saya selain menyebar tri hita karana?

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Nama saya Joddy Septian Renaldy.. Bukan orang Bali.. Tapi kalau saya ingin pakai nama Bali boleh enggak ? Saya anak laki-Laki nomor 1.. Baiknya saya dapat nama seperti apa ya kalau mau pakai nama ada Joddy nya ?

    BalasHapus
  50. bagaimana mencari nama dri wuku kelahiran,blan kelahiran,

    BalasHapus
  51. Mas ada temenku kelahiran Bali (campuran). Ayah orang Bali dan ibu orang Batak. Ayahnya meninggal waktu mereka kecil, jadi waktu SD pindah ke Medan. Namanya Raja Fatimah Ayu Azhar. Itu maksudnya apa ya? Aku penasaran hehe

    BalasHapus
  52. websitenya diblok. Tidak aman. Rahayu.

    BalasHapus
  53. Saya pernah nemu yang namanya I KETUT GEDHE MAHENDRA
    Nah setelah baca artikel ini aaya bingung sebenarnya itu anak ke-empat atau anak pertama??

    BalasHapus
  54. Tp utk desak sih ngga ngaruh jg ya. Nama gw depannya ada desak nya tp gw cowo. Begitupun saudara" gw (gw anak ketiga dari 6) cowo semua tp nama depannya desak semua.

    BalasHapus
  55. Artikel yg sangat bagus dan mencerahkan. Tp sy ada masukan.
    Disini admin tegas mengatakan istilah kasta sebenarnya tidak ada di bali. Tapi dlm tulisan anda yg lain (misal di judul: Nama Orang Bali) disana anda tetap menulis kata "kasta" bahkan SEOLAH-OLAH itu sama dengan wangsa. Ini jelas kliatan penulus tidak konsisten. Apa tidak sebaiknya itu diperbaiki? Maaf, ini hanya masukan. Suksma.

    BalasHapus
  56. Meskipun sudah hampir 8 tahun, artikel ini sangat memberikan manfaat bagi kami, khusunya bagi saya umat hindu yang ada di perantauan (luar pulau bali), yang mana mungkin pengetahuan akan makna dari nama-nama hindu bali masih sangat kurang. Saya ingin bertanya kepada admin, apakah untuk kasta brahmana memungkinkan hanya menggunakan "ida" saja, tidak ada "bagus" atau "ayu", dan apakah urutan kelahiran bisa disematkan di nama tersebut? Seperti ida putu XXX, buka. Ida bagus putu XXX (anak laki2). Suksme

    BalasHapus
  57. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  58. saudara-saudara
    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima money di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya

     .(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..«´ ONE BILLION RISING FUND¨`»(onebillionrisingfund@gmail.com)  
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com   
    Hubungi Says::+62 857 1997 9422
    Whatsapp::+62 857 1997 9422

    BalasHapus
  59. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""(((((onebillionrisingfund@gmail.com))))))))"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  60. Tolong dong untuk komentar penawaran perjudian dan sebagainya di bloc aja, jangan di publikasikan...

    Hormati dong orang muslim

    Jangan sampai membawa malapetaka ke semuanya

    Wassallam....
    Hamba allah

    BalasHapus