Google+

Pura Payogan Agung dan Pura Agung Giri Jagat Natha - Sukawati

merupakan Pura Kahyangan Jagat yang terletak di Desa Pekraman Ketewel, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Berdasarkan sumber sumber yang ada diantaranya “Raja Purana Pura Payogan Agung” dan prasasti di Grya Jaya Purna Rangkan Ketewel disebutkan bahwa Pura Payogan Agung merupakan Stana dari Sang Hyang Pasupati dengan gelar Ida Bhatara Hyang Murtining Jagat. Dalam Raja Purana Pura Payogan Agung, tidak satupun menyebut istilah Pura tetapi disebutkan dengan istilah Kahyangan, hal ini menunjukkan bahwa Pura Payogan Agung termasuk salah satu Pura Kuno yang ada di Bali disamping juga dibuktikan dengan adanya situs Purbakala seperti Lingga Yoni, Patung Siwa Maha Dewa dan situs situs lainnya.

Pura Payogan Agung sebelum bernama Pura Payogan Agung yang lumrah seperti sekarang ini, dalam Raja Purana disebutkan dengan berbagai nama diantaranya: Kahyangan Joran Agung, Kahyangan Puseh Joran Agung dan Kahyangan Payogan Siwa Agung. Pura Payogan Agung merupakan Prahyangan yang dibangun oleh Ida Hyang Pasupati dan Para Dewata dari Gunung Semeru sebagai tempat Paruman ketika memerangi I Kala Sunya (dibaca I Kala Sunia).


Berdasarkan sumber Usana Bali dan Purana Pura Payogan Agung pada waktu Jagat Bali belum stabil keberadaannya, Ida Hyang Pasupati yang berstana di Gunung Semeru membawa Puncak Gunung Semeru ke Jagat Bali.

Pecahan Puncak Gunung Semeru yang dibawa ditangan kanan Beliau katiwak di Basukih menjadi Gunung Agung dan yang dibawa ditangan kiri Beliau katiwak di Batur menjadi Gunung Batur. Kemudian Ida Hyang Pasupati mengutus Putra Beliau Hyang Putra Jaya berstana di Gunung Agung dan Bhatari Dewi Danu berstana di Gunung Batur yang selanjutnya menjadi sungsungan Jagat Bali. Setelah lama berstana di Jagat Bali, Jagat Bali mengalami kehancuran yang disebabkan oleh I Kala Sunya yang berada ditengah Samudra, yang mengeluarkan berbagai Wisya seperti: gering, grubug, sasab, mrana dan sebagainya. (dalam Raja Purana disebutkan: I Kala Sunya angrubeda, anguyup-uyup bayuning jagate ring Bali, mertha sarining jagat kauyup, wisyanya keutahang, awanang sering mumbul toyaning samudra muwah ocak jagate ring Bali).

Dengan rusaknya Jagat Bali, Ida Hyang Putra Jaya bersama Bhatari Dewi Danuh menghadap, mohon kepada Ida Hyang Pasupati agar Beliau memikirkan upaya untuk menyelamatkan Jagat Bali dari kerusakan akibat ulah I Kala Sunya. Ida Hyang Pasupati memahami kesulitan yang dialami oleh Putra-Putri Beliau, oleh karena itulah Beliau pergi ke Jagat Bali kairing oleh sejuta Para Dewata. Sampai di Jagat Bali Beliau turun di Alas Jerem (sekarang menjadi Desa Ketewel) pada hari Budha Kliwon Sinta. Di Alas Jerem inilah Ida Bhatara Hyang Pasupati kairing oleh Para Dewata mengadakan Paruman untuk memerangi kesaktian I Kala Sunya.

Pada saat itu disepakati Para Dewata mengadakan penyerangan terlebih dahulu, Para Dewata tidak mampu menandingi kesaktian I Kala Sunya. Akhirnya Hyang Tri Purusa menghadap Ida Bhatara Hyang Pasupati bahwa kesaktian I Kala Sunya tidak bisa tertandingi, maka Ida Hyang Pasupati Ngelarang Pamurtian nyatur Muka nyatur Wedana, akibat pemurtian Beliau batu karang menjadi kayu bakar, air laut menjadi minyak yang menyemburkan api besar yang sangat dahsyat  sehingga I Kala Sunya mengalami kepanasan yang luar biasa. Karena Pemurtian ilutah Ida Hyang Pasupati oleh Para Dewata diberi gelar Hyang Murtining Jagat.

Akibat kepanasan tersebut I Kala Sunya mohon ampun kehadapan Ida Bhatara Hyang Murtining Jagat dan berjanji tidak akan mengganggu Jagat Bali dan bahkan akan menjaga Jagat Bali asalkan setiap Sasih Kesanga (Caitra Masa) kepada I Kala Sunya dipersembahkan Tawur Amanca Wali Krama (dalam Raja Purana disebutkan “Nora Panca Wali Krama kadi ring Basukih”). Ida Hyang Murtining Jagat mengabulkan !
Di Alas Jerem tempat Ida Bhatara Hyang Pasupati dan Para Dewata Paruman dibangun Parahyangan yang dinamakan Kahyangan Puseh Payogan Agung. Pada mulanya Pralingga Ida Bhatara berupa Mas Mirah yang menyebabkan Alas Jerem selalu terang benderang setiap hari kelihatan seperti siang hari selama a dasa warsa (10 tahun). Pada waktu itu tidak ada manusia yang berani lewat atau melintas di Alas Jerem karena Alas Jerem merupakan hutan yang sangat angker/madurgama yang dihuni oleh Buta Siyu. Setelah a dasa warsa barulah turun Pralingga Ida Bhatara berupa Perungggu sebagai pengganti Mas Mirah untuk menghindari niat jahat manusia yang dipengaruhi oleh Kali Sengara. Sejak saat itulah di Alas Jerem kembali normal dalam arti adanya siang dan malam.

Adapun Pratima Perunggu tersebut terdiri dari:
  1. Ida Hyang Pasupati / Ida Bhatara Hyang Murtining Jagat Nyatur Muka Nyatur Wedana / Ida Hyang Siwa Pasupati.
  2. Ida Hyang Brahma Rsi Siwa Budha.
  3. Ida Bhatari Hyang Istri Agung.
  4. Ida Bhatara Hyang Indra.
  5. Ida Hyang Putra Jaya / Hyang Gana / Ratu Ngidung.
Semua Pratima tersebut malingga di Gedong Agung Pura Payogan Agung. Sebagian dari kutipan Raja Purana Pura Payogan Agung adalah sebagai berikut :
Murwaning ana Kahyangan Payogan Agung, pasamuan Bhatara ring Jagat Bali, duk Ida Hyang Pasupati kairing prawatek Dewata saking Gunung Semeru tumedun ke Jagat Bali, duk Ida amatening I Kala Sunya ring tengahing Samudra, apan I Kala Sunya angrubeda, muwah anguyup uyup bayuning jagate ring Bali, mertta sarining jagate di Bali kauyup, wisyanya keutahang, awanang jagate di Bali tan langgeng, Ika paduka Hyang Pasupati mekardi pelinggih Jogan Kahyangan Agung, keanggen pasamuan muwang paparuman, rikala amjah I Kala Sunya, kairing ring prawatek Dewata sane malingga ring Jagat Bali, punika kahyangane duaning maparab Jogan Kahyangan Agung, muah bina wasta Payogan Siwa Agung, muah bina wasta Jogan Agung, pakardin watek para dewata saking Gunung Semeru nguni, ana rawuh katekaning mangke. Pira kunang warsa lawasnya Ida Paduka Hyang Pasupati kairing prawatek Dewata malingga ring Kahyangan Payogan Agung ring Alas Jerem, mapralingga Masmirah, setata rahina kanten kahyangane ring Jogan Agung katejanin antuk pralinggan Bhatara a dasa warsa laminya hana manusa lumaku ring Alas Jerem, apan alas ika dahat madurgama kagenahin I Buta Siu
sumber: umaseh.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar