Sejarah Desa Ketewel - Sukawati
Tersebutlah seorang keturunan Pasek Prawangsa dari Lembah Tulis Majapahit, datang ke Bali, beliau menjadi pamongmong Widhi di Pasar Agung Besakih. Beliau sangat bijaksana dan mendalami filsafat ketuhanan (Widhi Tatwa), beliau bernama Mangku Sang Kulputih. Mangku Sang Kulputih mempunyai dua orang putera yang bernama I Wayan Pasek dan I Made Pasek. Kedua bersaudara itu sudah beristri dan masing - masing mempunyai keturunan. Mereka berdua sama-sama bijaksana dalam ilmu pengetahuan Ketuhanan.Beberapa lamanya Mangku Sang Kulputih menjadi pamongmong di Pasar Agung Besakih, tentramlah pulau Bali ini, dan akhirnya beliau berpulang ke Sorga (meninggal dengan jalan moksah).
Sepeninggal Mangku Sang Kulputih, maka putera beliau I Made Pasek meninggalkan
Pasar Agung Besakih bersama-sama dengan istri dan putra beliau mengembara
keluar masuk hutan. Di dalam perjalanannya diam-diam beliau dibuntuti oleh
seekor burung perkutut putih. Pada suatu ketika di tengah perjalanan I Made
Pasek merasa lelah, maka mendekatlah burung perkutut putih itu serta memberikan
tiga butir biji kuning untuk di makan sekedar menambah tenaga. Dengan dimakannya
pemberian burung perkutut itu maka I Made Pasek kembali segar bugar serta
melanjutkan perjalanan.
Sepanjang perjalan I Made Pasek dengan setia memuja serta memohon anugrah Ida
Hyang Widhi agar mereka selamat dalam perjalanan.
Beberapa tahun lamanya I Made Pasek mengembara di hutan-hutan akhirnya
sampailah beliau di alas Jerem (hutan jerem). Karena kelelahan akhirnya beliau
tertidur di tepi alas jerem tersebut. Tidak beberapa lama beliau merasa
seolah-olah mimpi hingga beliau terkejut dan terbangun. Tatkala itu terdengarlah
suara gaib dari angkasa, yang isinya :
"Hai engkau manusia keturunan Pasek Prawangsa, Aku adalah Hyang Pasupati datang memberitahukan kepadamu, hentikanlah perjalananmu, aku memberikan tugas suci kepadamu untuk menjadi Tukang sapu, pamongmong di Kahyangan-Ku yaitu di Pura Jogan Agung di hutan Jirem ini dan Aku memberikan panugrahan kepadamu yaitu menjadi wangsa Dukuh Murti, selanjutnya mulai saat ini engkau tidak boleh lagi mengingat Wangsa Pasekmu sebagai asal kawitanmu" Demikianlah sabda dari Hyang Pasupati.
Setelah beberapa kurun waktu Dukuh Murti menjadi pamongmong di Pura Payogan
Agung di hutan Jerem, beliau sangat setia terhadap tugas dan taat melakukan tapa
brata, serta mengadikan diri sepenuhnya terhadap Hyang widhi.
Putra Dukuh Murti yang diberi nama Dukuh Centing Tinggal di alas Mercika (Mercika Wana) yang sehari-harinya melaksanakan Yoga Semadi dan melakukan
Brahmacari (tidak kawin).
Diceritakan sekarang pada hari baik yaitu Soma Wage Dukut purnamaning Kasa, sampailah waktunya beliau terpanggil pulang ke alam baka (meninggal dunia) dengan jalan moksa tanpa meninggalkan jasad. Beliau
meninggalkan setetes darah untuk meyakinkan putranya Dukuh Centing bahwa beliau
beserta istrinya telah meninggal.
Bertepatan dengan meninggalnya Dukuh Murti, Dukuh Centing selalu dihinggapi
perasaan gelisah dengan adanya firasat-firasat buruk sehingga beliau
memutuskan untuk kembali ke alas Jerem menemui orang tuanya. Sesampainya beliau
di alas Jerem, keadaan sunyi senyap baik di kahyangan Payogan Agung maupun di
pondoknya. Tiba-tiba tercium bau wangi dari angkasa serta ditemukan setetes
darah. Dalam keprihatinnannya yakinlah Dukuh Centing bahwa darah itu adalah
darah orang tuanya yang membuktikan bahwa orang tuanya telah meninggal. Oleh
karena itu diambilnyalah darah itu dan diupacarai sebagaimana mestinya. Setelah
diupacarai abunya lalu ditanam di pekarangan pondok beliau. Kemudian Dukuh
Centing kembali ke Mercika Wana untuk melanjutkan Yoga semadinya.
Tidak beberapa lama Dukuh Centing melakukan yoga semadi, kembalilah beliau
pulang ke alas jerem untuk menghadap ke kahyangan Payogan Agung. Tiba-tiba
beliau dikagetkan dengan adanya dua batang pohon nangka yang sudah besar
sekali, padahal beliau meninggalkan alas jerem dalam waktu tidak beberapa lama.
Dalam kebingungannya yang dihantui oleh rasa takut tiba-tiba terdengar
suara gaib dari angkasa, sebagai berikut:
"Hai kamu Dukuh Centing janganlah engkau pergi dan takut,ini ada tumbuh dua batang pohon nangka yang membuktikan bahwa orang tuamu Dukuh Murti telah mejelma kembali kedunia ini. Pada saatnya nanti apabila pohon ini telah sama-sama dewasa, maka dari kedua pohon ini akan lahirlah 2 orang laki dan perempuan, yang laki diberi nama Gede Mawa dan yang perempuan bernama Ni Mawit Sari, yang selanjutnya Gede Mawa bergelar I Gede Ketewel, karena beliau lahir dari pohon nangka. Nantinya atas restuku, Aku perkenankan kepada seluruh keturunannya menggunakan Wangsa Ketewel dimanapun dia berada di pulau Bali ini, dan alas Jerem Aku jadikan sebuah desa yang bernama Desa Ketewel"
sumber :
- Dirangkum dari Raja Purwa Pura Payagan Agung ,oleh Murti Wangsa Kamaya
- Disusun oleh ttd Murti Wangsa Kamayana
- Dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Team Penyusun Monografi (ketua ttd I Wy Arthana.SmHk)
- Monografi Desa Ketewel Kecamatan Sukawati Kabupten Daerah Tingkat II Gianyar.
Informasinya sangat bagus..tiang bangga sekali jd orang ketewel..tp tiang ada pertanyaan sedikit ttg tiang dan keluarga besar yg sampe saat ini sya tidak mengetahui kawitan tiang dan tiang penyungsung pura JERO AGUNG yg letaknya kira-kira 500 mtr timur pura PAYOGAN AGUNG mohon kiranya tiang d bantu untuk mengetahui asal usul PURA JERO AGUNG yg tiang sungsung dan jg kawitan tiang...suksme...
BalasHapusSaya juga bangga bisa jadi anak kertewel ... 😇
BalasHapusSaya juga bangga bisa jadi anak kertewel ... 😇
BalasHapusAda warga ketewel pernah menceritakan juga tentang sejarah desa ketewel. Orangnya sangat taat beragama. Ada juga yang lain orang yg tinggal di ketewel dan taat sekali belajar filsafat ke Tuhan an. Mirip seperti Mangku Sang kulputih yg mendalami filsafat Ketuhanan ( Widhi Tatwa ).
BalasHapusTiang bangga dados keturunan prawangsa ketewel
BalasHapusPertanyaan tiang: yen tiang tangkil ke pura besakih ring pedarman napi dadosne
Suksma sedurungne
proses meninggalnya sang Dukuh Murti belum diceritakan,, membuka lembaran sejarah akn lebih meyakinkan jika di ungkap secara ditel tanpa mengurangi dan melebihkan
BalasHapusNapi pesengane kawitan tiange tur dine napi linggih rainane
BalasHapus