Google+

Bentuk paling mudah dari Meditasi - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Bentuk paling mudah dari Meditasi" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra) 

 

AYAH, MENURUTMU APA BENTUK MEDITASI YANG PALING MUDAH DAN PALING AMAN? 

Nak, sejauh pengetahuanku, Hamsa atau metoda yang secara umum dikenal sebagai Pranayama Bayi (Baby Pranayama) adalah metoda yang paling mudah dan paling aman dari semuanya. 


Telah diketahui bahwa binatang-binatang yang waktu bernafasnya lebih panjang (waktu untuk satu kali penarikan dan pengeluaran nafas) hidup lebih lama. Sementara binatang-binatang yang menggunakan waktu lebih pendek untuk bernafas, hidup lebih singkat. Juga menarik sekali untuk diperhatikan bahwa karakter dan kesehatan seseorang merupakan refleksi yang tepat dari pola bernafasnya. 

Umumnya orang yang bernafas pendek-pendek adalah lemah, nervous dan sangat tidak dapat diandalkan. Sementara mereka yang bernafas panjang-panjang dan dalam biasanya dapat dipercaya, merupakan orang yang berbahagia. Ketika seseorang teragitasi, pola bernafasnya berobah dengan cepat, karena gerak nafasnya semakin singkat. Bila seseorang mengembangkan pemikiran-pemikiran sublim dalam dirinya, pola nafasnya akan semakin panjang. 

Ribuan tahun yang lalu, Para Mahareshi, (yang adalah) para ilmuwan besar dari agama Hindu telah menemukan bahwa aliran hidup (vital current) dalam badan yang disebut "Prana." Mereka juga menemukan bahwa ada hubungan yang dekat antara nafas dan Prana, Prana dan ide (gagasan, thought ), ide dengan pikiran (mind). 

Singkatnya, mereka menemukan bahwa Prana tersambungkan (interconected) dengan seluruh mekanisme badan, dan mereka menciptakan sistem latihan yang disebut Pranayama. Seperti telah kukatakan kepadamu sebelumnya, Pranayama adalah metoda yang paling ilmiah untuk mengendalikan aliran hidup dalam badan. 

Pranayama harus dipraktekkan hanya di bawah bimbingan dari seorang Guru yang sangat kompeten dan ini dikaitkan dengan banyak sekali "kewajiban dan larangan," atau Yama-Niyama. 

Hamsa secara literal berarti angsa - burung-burung putih yang sangat indah berenang di danau yang sunyi. Dalam agama Hindu, angsa juga merupakan simbul dari kemurnian dan ketenangan. Dalam metoda ini seseorang secara tidak langsung mengucapkan Mantra "Sah-Aham," artinya "Dia adalah aku." Juga berharga untuk diperhatikan bahwa ketika seorang menarik nafas ia membuat suara "Ham" atau "Aham." Ketika mengeluarkan nafas ia membuat suara "Sa" atau "Sah". Sekarang mari kembali ke pokok bahasan. 

Metoda Hamsa adalah metoda memperhatikan nafas masuk dan nafas keluar tanpa mencampurinya dengan ritme bernafas. Metoda ini sangat sederhana. Kamu bisa duduk, berdiri atau berbaring dalam posisi apapun yang kamu kehendaki. Kamu dapat melakukan ini setiap waktu siang maupun malam. Kamu dapat melakukan ini dimanapun. Kamu dapat melakukan ini selama kamu inginkan.Sebelum mengikuti metoda ini, bila bisa membantu, kamu bisa saja melakukan latihan-latihan bernafas dalam-dalam untuk merangsang "bernafas berirama" (rhythmic breathing) dalam sistemmu untuk lima atau sepuluh menit. 

Sekarang mari kujelaskan secara lebih rinci mengenai metoda Hamsa yang sebenarnya. Perhatikan saja nafasmu yang keluar dan masuk tanpa mencampuri dengan proses bernafas, tanpa sama sekali mencoba mengontrol gerakan dada atau hidung. Bahkan jangan juga mencoba untuk merobah ritme bernafas. Katakan saja kepada dirimu, "aku hanya akan memperhatikan nafasku - aku akan merasa senang karena memperhatikan gerakan nafasku - aku akan menikmati kesenanganku memperhatikan gerak nafasku." Itu saja. 

Hasil pertama yang akan kamu terima adalah bahwa engkau akan tertidur selama latihan ini. Menurut agama Hindu, tidur adalah halangan bagi meditasi. Tapi aku rasa orang-orang akan merasa bahagia bila mereka jatuh tertidur dalam latihan ini (daripada) karena banyak dari mereka meminum pil tidur dalam dosis tinggi supaya dapat tidur. Dila kamu sudah sudah dapat mengatasi tidur, tahap berikutnya kamu akan mulai masuk ke dalam kondisi mental yang baru tanpa memikirkannya sama sekali. Dalam keadaan mental ini, kamu juga akan menemukan pola bernafasmu makin melambat secara nyata. Dalam keadadan pikiran ini, kamu akan mulai menikmati kedamaian dan kebahagiaan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Tentu saja, pada awalnya kamu akan menikmati keadaan mental yang membahagiakan ini hanya untuk beberapa menit saja. Dengan berjalannya waktu, keadaan mental ini akan berlangsung untuk beberapa menit dan akhirnya beberapa jam. 

Latihan ini akan segera mengurangi stres yang ada dalam dirimu. Stres adalah kondisi mental yang terjadi pada seseorang sebagai akibat dari pikiran-pikiran yang tidak dikehendaki (involuntary thinking). Metoda ini juga membantumu untuk menghadapi keadaan-keadaan sulit dalam hidup. Satu hal berharga untuk dikatakan mengenai metoda latihan ini adalah bahwa ia sama sekali tidak memiliki efek negatif apapun. 

Penjelasan ilmiah mengenai hal ini sederhana sekali. Dalam keadaan stres dan tahap emosianal yang tinggi, pola bernafasmu sangat kacau dan kamu menunjukkan satu kecendrungan untuk mengambil nafas makin pendek. Tapi bila kamu mempraktekkan latihan ini kamu akan sanggup mengembangkan bernafas ritmik seperti perobahan gelombang sinusoidal (?). Karena hubungan yang sangat erat antara nafas, gelombang otak, ide dan pikiran (thought and mind), kita mengendalikan pikiran secara tidak langsung, gelombang otak dan mind dengan memperhatikan secara langsung nafas-nafas yang berlangsung secara tidak sengaja. Bila kamu melihat lebih dalam pada metoda ini, juga akan melihat bahwa karena praktek ini, nafasmu akan makin melambat karena kamu mencoba membuat nafas yang terjadi secara tidak sengaja menjadi nafas yang terjadi secara sengaja dalam badan. 

Selama mempraktekkan metoda ini, gelombang-gelombang otakmu akan berobah menjadi gelombang-gelombang alpha awal. Metoda ini sangat sederhana, dan percaya atau tidak, kita semua melakukan hal ini paling sedikit sekali setiap hari. Mengherankan, nafas adalah hal terakhir yang kita sadari ketika kita pergi tidur setiap hari. Untuk mengulangi, latihan ini tidak memiliki akibat negatif sama sekali, dan sekalipun kamu setuju atau tidak setuju sepenuhnya dengan beberapa dari tafsir ilmiahku, aku kira kamu harusnya mencoba metoda meditasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar