Google+

Transcendental Meditation - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Transcendental Meditation" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra) 

 

APAKAH "TM" ATAU TRANSCENDENTAL MEDITATION? 

TM dimulai oleh Mahareshi Mahesh Yogi pada tahun 1956. Ia sesungguhnya adalah Mantra Yoga yang oleh Mahareshi dihidupkan kembali dan diperkenalkannya kepada dunia. TM menjanjikan pikiran tanpa stres, pengetahuan dan ketenangan batin tanpa obat-obatan. 


Kebanyakan dari tehnik-tehnik meditasi TM amat dirahasiakan, tapi prosedurnya sangat sederhana dan langsung. Pertama pergi dan temuilah Mahareshi atau salah seorang dari instrukturnya yang terpilih. Instruktur ini akan menanyai kamu mengenai kesehatan, perasaan, pendidikan dan status perkawinanmu. Setelah mendengarkan jawabanmu, pelatih itu akan menasehati kamu untuk mengucapkan satu Mantra khusus. Seperti telah kamu ketahui, ada beberapa Mantra, jadi kamu akan diberikan satu Mantra khusus yang paling cocok bagimu. Setelah menerima Mantra itu kamu harus mengucapkannya secara mental selama dua puluh menit setiap pagi dan sore. Sebagai hasilnya, stresmu akan hilang dan kamu akan menjadi seorang yang lebih baik, demikian menurut Maharshi. TM sesungguhnya mempunyai banyak sekali aspek-aspek positif. TM juga mendapat banyak publikasi negatif. 

Kerahasiaannya dan ketertarikan khusus dari banyak selebriti telah membuatnya menjadi seperti "agama selebiriti" palsu. Tapi menurut Maharshi, "TM bukan sebuah agama, ia adalah ilmu pengetahuan." Apapun yang dikatakan oleh para pengeritik, TM telah menyelamatkan banyak manusia dari kemerosotan spiritual. 

 

APAKAH TM SATU-SATUNYA CARA YANG BENAR UNTUK MEDITASI? 

Saya kira bahkan penganjur dari TM tidak akan membuat pernyataan semacam itu. Maharshi Mahesh Yogi memang merevolusikan seluruh konsep meditasi. Dia membuatnya manjadi sangat sederhana dan sangat dicintai atau digemari oleh semua orang . Dia sebenarnya mengeluarkan meditasi dari dogma semua agama dan menyajikannya kepada dunia di atas piring perak, tapi pada saat yang sama tiada seorangpun yang dapat mengatakan bahwa TM hanyalah satu-satunya metoda yang benar untuk meditasi. Bila itulah satu-satunya cara yang benar, Shri Krishna tidak akan menggunakan delapan belas bab dan tujuh ratus sloka untuk mengajari Arjuna mengenai metoda meditasi dan jalan yang berbeda untuk mengejawantahkan Tuhan. TM akan cocok untuk sebagian orang, tapi untuk sebagian orang lainnya ia mungkin sama sekali tidak cocok. Untuk sebagian orang mungkin sangat cocok dengan metoda Hare Krishna yang ritualistik, kaku dan sangat asketik. 

Untuk yang lain, metoda intelektual Tuan J. Krishnamurti untuk mencari kebenaran mungkin adalah jawabannya. Mohon dimengerti pula bahwa beberapa pernyataan dari TM telah dipertanyakan oleh banyak orang, termasuk Prabhupada (dari gerakan Hare Krishna) dan Krishnamurti. Krishnamurti bahkan sampai mengatakan bahwa pengulangan "OM" atau bahkan "Coca Cola" akan mempunyai akibat yang sama pada pikiran. Namun bagaimanapun, aku tidak mempunyai pikiran untuk mengecilkan atau merendahkan hadiah besar dari Maharshi kepada Dunia. Aku hanya ingin mengatakan kepadamu bahwa ada banyak cara yang benar untuk meditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar