Google+

Yoga Vasishtha - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Yoga Vasishtha" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra)

 

APAKAH YOGA VASISHTHA YANG TERKENAL ITU?

 Ia adalah salah satu karya terpenting dalam philsafat Hindu, beberapa orang percaya buku ini ditulis selama abad ketujuh A.D., walaupun karena buku ini muncul dari epik Ramayana banyak yang mengatakan bahwa buku ini juga ditulis oleh Walmiki. Yoga Vasishtha terdiri dari 29.000 sloka (sajak).
Seluruh aspek dari Darsana (filsafat Hindu), sejak dari Samkhya sampai Wedanta, secara halus dianyam dalam Yoga Vasishtha. Tokoh utama dalam buku in adalah Batara Rama dan Reshi Vasishtha. Sama seperti Bagawad Gita, ini adalah sebuah dialog, kali ini antara Vasihtha dengan Rama. Vasishtha menasehati Rama mengenai seluruh aspek dari kehidupan.

Vasishtha adalah tokoh penting dalam agama Hindu. Manu menyebutnya sebagai salan seorang dari eksponen agama Hindu. Adi Sankaracharya menyebutnya sebagai Reshi pertama aliran philsafat Wedanta. Salah satu bagian terpenting dari Yoga Vasishtha adalah doktrin mengenai pikiran. Menurut buku ini, ketika pikiran bergetar, dunia menjadi (ada), ketika pikiran berhenti bergetar, dunia hancur. (Bandingkan dengan Descartes, philsuf Perancis abad pertengahan yang terkenal dengan ucapannya "cogito ergo sum" aku berpikir karena itu aku ada, pen). 

Bahasa dan gaya dari Yoga Vasishtha sangat puitis. Ia dipenuhi oleh kisah-kisah pantastik dan wacana philsafat. Valmiki mengakhiri Yoga Vasishtha dengan pernyataan bahwa dia yang mendengarkan dialog antara Reshi Vasishtha dan Batara Rama akan dibebaskan dan mencapai pengetahuan mengenai Brahman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar