Google+

Ida I Gusti Anglurah Sidhemen I

Ida I Gusti Anglurah Sidhemen I atau I Gusti Made Kacang

Diceriterakan sekarangputra Ida I Gusti Anglurah Kacangpawos yang bernama I Gusti Made Kacang atau I Gusti Dimade, sudah dewasa beliau itu kemudian menggantikan kedudukan ayahnya seperti yang diperintahkan oleh Ida Dalem. Semasa ayahnya hidup, Ida I Gusti Dimade ditugaskan untuk mengadakan penelitrian serta membangun permukiman di perbukitan atau tanah cebola di tepi timur laut desa Kacangpawos. I Gusti Made Kacang menuruti perintah ayahnya dengan membawa perlengkapan serta rakyat 200 orang banyaknya.

Disertai oleh rakyatnya, I Gusti Made Kacang tanpa pamrih membangun kawasan tanah cebola itu, kemudian membangun istana. Wilayah itu dinamai Cabola yang belakangan menjadi Tabola atau Tebola.

Lama kelamaan Ida I Gusti Made Kacang berdiam di Cabola, kemudian pada suatu hari beliau beranjangsana, melihat wilayah sebelah timur tempat istana beliau. Kemudian beliau sampai di suatu tempat yang luas yang masih sepi namun baru – suwung lan hnu anyar. Kemudian beliau beristirahat di tempat itu. Ada wangsit dari beliau Yang Di Atas yang meminta agar beliau membangun tempat itu. 
Itu sebabnya beliau disetai rakyatnya semuanya kemudian membangun tempat itu dan membuat istana di sana. Kemudian tempat itu diberi nama Yang Taluh. Itu sebabnya beliau diberi gelar I Gusti Yang Taluh


Memang beliau tidak bermaksud lama di sana, kemudian beliau berjalan arah ke utara lagi, sampai di suatu tempat yang luas. Rakyat beliau memohon agar beliau mau berdiam di tempat itu. Kemudian beliau juga mendapat wangsit dari Ida Bhatara yang memberikan wacana prihal tempat itu sangat baik untuk tempat keraton beliau. Wahyu itu juga menjelaskan bahwa belakangan beliau akan menemui keberhasilan atau sidha – maan ( berhasil mendapatkan) , mendapatkan ketentraman serta kecakapan mememerintah kawasan itu. Akhirnya beliau membangun istana di wilayah yang kemudian bernama Sidheman itu. Istana beliau diberi nama Puri Singharsa, sebagai pertanda tempat itu yang diinginkan ( sing = yang, arsa = ingin). Lama kelamaan tempat itu menjadi Sidemen.

Beliau memiliki dua putra, laki dan perempuan:

  1. I Gusti Gunung Agung, dan
  2. I Gusti Ayu Singharsa. 

I Gusti Ayu Singharsa diperistri oleh I Gusti Byasama, putra dari I Gusti Pande , atau cucu dari I Gusti Dawuh Bale Agung Panyarikan Dalem. I Gusti Byasama puniki mengadakan keturunan I Gusti Dauh atau Arya Dauh.

Lama kelamaan sudah aman sentausa beliau beserta putra keturunan beliau serta didampingi oleh rakyatnya semua, kemudian Ida dalem memerintahkan beliau agar menjadi penguasa wilayah itu , karenanya beliau bergelar Ida I Gusti Anglurah Sidheman
Memang benar beliau itu bijaksana, cakap dalam menata pemerintahan beliau, cakap memegang kekuasan, serta sayang kepada rakyat, itu sebabnya rakyat sangat patuh dan taat kepada beliau. Saat beliau menjabat di Sidemen beliau membangun pura yang dinamai Pura Linjong. Hentikan dahulu sampai disini.

Setelah beliau berusia lanjut, pulang lah beliau ke Sorgaloka, diperabukan di Setra Yang Taluh, kemudian berliau disthanakan di Meru tumpang satu di Pura Panataran Agung, Besakih bergelar I Dewa Hyang Antiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar