Google+

Ida Wang Bang Tulus Dewa

Ida Wang Bang Tulus Dewa

Dikisahkan sekarang Ida Wang Bang Tulus Dewa atau Ida Wang Bang Tulus Ayu di Besakih bersama adiknya Ida Wang Bang Wayabiya. Sesudah Ida Danghyang Bang Manik Angkeran berpulang moksa ke Sorgaloka, beliau berdua kakak beradik bertempat tinggal di Pasraman ayah beliau sang pendeta yang sudah meninggal. Berdua beliau itu melanjutkan tugas ayah beliau sebagai Juru Sapuh, mengawasi keasrian serta kesucian sthana Ida Bhatara semua se wilayah Besakih, terutama di Kahyangan Hyang Naga Basukih serta menjadi prakangge yang menyelesaikan segala upacara di Kahyangan Jagat itu. Di samping itu Ida Bang Tulus Dewa memang benar-benar seorang arsitek agung, beliaulah yang memperbaiki serta menata Pura Besakih pada saat itu, sehingga menjadi asri serta megah nampaknya.


Ida Bang Tulus Dewa serta Ida Bang Wayabiya kemudian menikah. Tidak diceriterakan lagi Ida Wang Bang Wayabiya

Ida Tulus Dewa mempersunting isteri yang sangat cantik rupawan seperti bidadari, kemudian mempunyai putera tiga orang:

  1. Ida Panataran,
  2. Ida Tohjiwa, dan
  3.  Ida Singharsa.


Putra beliau bertiga itu sangat disayangi dan dimanja oleh Ida Bang Tulus Dewa, kemudian meningkat dewasa, bagus rupawan, sebagai putra yang betul-betul berbhakti kepada ayahanda dan ibunya. Kepada putranya semua, Ida Tulus Dewa memberikan pelajaran tentang tatwa kadharman, keagamaan serta kaweruhan, segala ilmu dan kesaktian yang utama, itu sebabnya putra-putra beliau itu memiliki kacakapan utama sama dengan sang ayah.

Lama kelamaan, sesudah Ida Bang Tulus Dewa berusia lanjut, serta telah memberikan pelajaran Kadhyatmikan, kecakapan berdasarkan kebijaksanaan kepada putranya, kemudian beliau berpulang ke Sunyamertha menunggal dengan Ida Hyang Parama Kawi. Belakangan beliau disthanakan di Meru tumpang 7 di Pura Penataran Agung Besakih, karena besar jasa beliau di dunia, seperti di Pulau Bali ini, terutama di wilayah Besakih, kemudian bergelar I Dewa Panataran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar