Jejak Perjalanan Maha Rsi Markhandeya
Perjalanan maharsi markhandeya di tanah bali dimulai dari :
Pura Rambut Siwi
Lokasi Pertapaan Beliau ada di tebing depan pura melanting
Tempat ida rsi membuat benteng/perlindungan bali terutama dalam
Menyeleksi orang-orang yang hendak masuk ke bali (dari jawa).
Pura Tledu Nginyah
Tempat Ida Maha Rsi bertapa dan membuat pesraman yang pertama.
Beliau mampir ke tempat ini karena tempat ini mirip sekali dengan
pertapaan beliau di Gunung Raung Jawa yaitu Gumuk Kancil. Oleh
karena itu tempat ini dikenal dengan Gumuk Kancil Bali. Ditempat ini
beliau bertapa untuk memohon petunjuk ke arah mana beliau harus
melanjutkan perjalanan supaya bisa menemukan pusat sinar di bali yang
beliau lihat dari gunung raung jawa. Slama bertapa disini beliau juga
membentuk pesraman untuk melatih dan meningkatkan kemampuan
dari pengikut2 beliau yang akan diajak ngatur ayah di bali. Dari hasil
bertapa disini kemudian beliau mendapat petunjuk untuk menyusuri
aliran sungai sampai ke hulu dan ketemu suatu tempat yang tinggi
(bukit). Bukit yang tinggi inilah yang kemudian hari dikenal dengan
Gunung Bhujangga ( Puncak Sepang Bujak).
Gunung Bhujangga (Puncak Sepang Bujak)
Di tempat inilah ida Maharsi Markhandeya bertapa supaya bisa
menemukan pusat sinar di Bali yang beliu lihat dari Gunung Raung Jawa.
Setelah bertapa sekian lama di Gunung Bhujangga barulah beliau
mendapatkan petunjuk yang pasti ke arah mana beliau harus berjalan
untuk dapat menemukan Pusat Sinar Suci di Bali. Jadi di gunung
bhujangga inilah pertama kali beliau bisa melihat gambaran pulau bali
seutuhnya melalui penglihatan mata batin. Oleh karena di tempat ini
beliau pertama kali melihat bali seutuhnya maka tempat ini pulalah yang
beliu pilih untuk melihat bali untuk terakhir kalinya dalam hidup beliau.
Dengan kata lain, Puncak Gunung Bhujangga merupakan tempat Ida
Maha Rsi Markhandeya Moksa. Beliau Moksa di atas Batu Hitam yang
sampai saat sekarang ini masih ada di Puncak Gunung Bhujangga.
Dari Gunung Bhujangga banyak tempat yang beliau singgahi hingga
beliau sampai di Gunung Agung. Tempat-tempat tersebut, antara lain :
Puncak Manik Pulaki
disini berstana Ida Ratu Niang Bhujangga Suci dan
Ida Ratu Niang Rsi Bhujangga Sakti. Ida Ratu Niang Bhujangga Suci ini
lah yang mengajarkan tentang perdagangan di bali. Dan Beliau inilah
guru dari Ratu Ayu Mas Melanting. Beliau ini juga yang memiliki Kendi
Uang yang ada di Melanting yang pada prakteknya akan disebarkan ol
Ratu Ayu Mas Melanting kpd para pedangan di bali. Ida Rt Niang Rsi Bhu
jangga sakti, merupakan orang yang mengajarkan tentang pembuatan
Baju dari kraras (daun pisang). Beliau berdua juga yang meletakkan
Pondasi pembuatan banten di bali.
Pura Penegil Dharma
pura ini disinggahi ida rsi pada putaran kedua per
jalanan beliau mengelilingi bali. Di tempat ini ida rsi, diminta tinggal ol
seorang anak keturunan bangsawan untuk mengajarkan tentang penget
uan agama dan pengetahuan kehidupan. Dari tempat inilah cikal bakal ke
rajaan pertama yang ada di Bali.
Pura Ponjok Batu
disini beliau hanya singgah sebentar. Perjalanan ida
di tempat ini kemudian akan dikembangkan lebih lanjut oleh ida rsi
Madura.
Masih banyak tempat-tempat yang dikunjungi beliau dalam perjalanan
Menuju Besakih yang kelak kemudian hari akan menjadi Pura-Pura Jagat
di Bali
Gunung Agung (Pura Besakih)
Di tempat ini maharsi markhandeya melakukan pertapaan untuk
nindaklanjuti petunjuk yang beliau dapatkan di Gunung Raung Jawa
tentang bagaimana membuka alam bali supaya dapat dibentuk dan di
diami oleh manusia. hasil pertapaan beliau yang pertama beliau menda
pat petunjuk untuk menanam panca datu di lereng gunung agung yang
sekarang menjadi tempat pura pengubengan. Di tempat ini beliau pertam
a kali melakukan perabasan hutan dan kemudian menanam panca datu.
akan tetapi setelah hutan di rabas dan beliau menanam panca datu, yang
terjadi adalah para pengikut beliau banyak yang sakit bahkan hingga me
ninggal dunia. oleh karena itu beliau bertapa lagi dan mendapat petunjuk
bahwa tempat yang beliau pilih untuk menanam panca datu salah. Kemu
dian beliau bertapa kembali untuk memohon dimana tempat yang tepat
untuk menanam panca datu. akhirnya beliau mendapat petunjuk bahwa
tempat itu ada di kaki gunung Agung yang nantinya di kenal dengan pura
Basukihan. Akan tetapi karena proses penanaman panca datu ini memerlu
kan banyak orang serta bahan2 yang utama. Maka sebelum menanam
panca datu ini beliau memutuskan kembali pulang ke jawa untuk memper
siapkan segala keperluan yang akan di pake untuk prosesi penanaman
panca datu. Setelah segala keperluan yang dibutuhkan untuk prosesi pe
nanaman panca datu ini selesai maka beliau kemudian kembali ke bali.
akan tetapi sesampainya beliau dibali, beliau tidak langsung menanam
panca datu, melainkan beliau mengundang dulu semua pendeta-pendeta
yang beliau temui dan kenal dalam perjalanan beliau dari India sampai ke
bali. Para undangan dari berbagai daerah dan negara ini kemudian beliau
buatkan tempat-tempat peristrirahatan yang sekarang ini dikenal dengan
pura-pura penyangga pura besakih seperti : pura batu madeg, kiduling
kreteg, ulun kulkul, pura gelap, pura kongco dll. Pura-pura ini disamping
sebagai tempat peristirahatan, lokasi-lokasi pura ini juga merupakan temp
at menaruh segala kelengkapan prosesi penanaman panca datu di pura
Basukihan. Setelah semua undangan dan kelengkapan siap, barulah
prosesi penanaman panca datu dilakukan di lokasi pura Basukihan
Sekarang.
Pura Basukihan
Pura ini merupakan tempat ida maharsi markhandeya menanam panca
batu yang berfungsi untuk membuka pertiwi tanah bali supaya bali bisa
ditempat manusia. Penanaman panca datu pada waktu tersebut dilakuka
n oleh ida rsi dengan didoakan oleh semua pendeta yang diundang untuk
hadir ol ida dan disaksikan oleh seluruh penduduk bali pada waktu itu.
Pura Basukihan inilah sebenarnya merupakan cikal bakal pura besakih yg
sekarang, dengan kata lain pura basukihan inilah pura Besakih itu sendiri.
Pura Besakih
Pura Besakih terdiri dari 7 mandala utama. Penataran Agung ada di man
dala ke-2. Pelinggih Kongco ada di Mandala ke-4. Lokasi pesraman agung
besakih yang merupakan pesraman ida maharsi markhandeya berada di
mandala ke-3, 4, 5. Makanya di mandala ke-5 ada pelinggih meru tumpa
ng tiga yang merupakan tempat duduk ida maharsi markhandeya pada
waktu memberikan tuntunan kepada para murid beliau di pesraman besa
kih. Akan tetapi tempat pertapaan ida maharsi markhandeya berada di
Mandala ke-7 yang merupakan mandala tertertinggi di Pura Besakih. Di
mandala ini tidak terdapat pelinggih apapun cuma tanah. Pada waktu itu
jikalau ida rsi selesai bertapa di puncak gunung agung maka beliau kemud
ian akan turun ke pesraman besakih. akan tetapi sebelum beliau memberi
kan tuntunan kepada para murid beliau, biasanya beliau bersemedi dulu
sebentar di mandala ke-7 ini untuk meresapi petunjuk-petunjuk yang be
liau dapat pada waktu bertapa di puncak gunung agung.
Pura Puncak Sabang Daat (Puakan)
Setelah ida selesai menanam panca datu di besakih serta telah merasa
cukup pembekalan yang beliau berikan kepada para murid ida atau
pengikut2 ida lewat Pesraman besakih. Kemudian beliau memulai per
jalanan beliau untuk benar-benar membuka pulau bali. Dimana sebe
lum ida bisa membuka bali secara menyeluruh untuk bisa ditempati
oleh para pengikut beliau maka beliau kemudian bertapa di suatu tem
pat yang sekarang ini dikenal dengan Puakan. Jadi di tempat inilah
Ida maharsi markhandeya ngeruak (mulai membuka hutan bali) tanah
Bali supaya bisa ditempati dan berhasil membuka hutan bali unt
uk di pake sawah, kebun, rumah dll. Setelah selesai bertapa kemudian
beliau membuat pesraman agung yang mana tempatnya sekarang diken
al dengan nama Pura Gunung Raung Bali.
Pura Gunung Raung (Bali)
Di tempat ini Ida maharsi markhandeya mengada
kan rapat dengan para pengikutnya terutama untuk menindaklanjuti
proses pembukaan tanah bali secara menyeluruh. Di tempat ini pula
beliau mulai mengklasifikasikan para pengikut beliau sesuai dengan
keahlian masing-masing. Pemecahan pengikut sesuai dengan keahlian
inilah yang kelak kemudian hari di bali dikenal dengan sebutan para
bhujangga, pasek , pande, dukuh dll. Dan inilah yang menjadi cikal
bakal orang bali mule (bali aga). Sehingga dengan ini bagi siapapun
dijagat bali kehilangan kawitan maka mereka bisa tangkil ke Pura
Gunung Raung dan Puncak Sabang Daat, karena di tempat inilah
pertama kali ida maharsi markhandeya mengklasifikasikan para peng
ikut beliau (orang bali mule/bali aga) menjadi klan-klan yang di bali
sekarang terkenal dengan bhujangga, pasek, pande, dukuh.
Setelah semua persiapan cukup maka para pengikut beliau di pecah
dan disebar ke seluruh wilayah bali disesuaikan dengan keahlian.
Tempat-tempat yang menjadi pemukiman orang bali mula ini biasany
Dekat dengan daerah pegunungan dan dekat dengan sumber mata air.
Maka berkembanglam peradaban manusia di bali. Dimulai dari Batur,
Tamblingan, beratan, buyan dll.
Pura-Pura di seputaran Payangan dan Ubud
Setelah selesai mengajarkan cara bercocok tanam, cara hidup berso
Sialisasi, cara bertahan hidup dll kemudian ida maharsi makhandeya
Melanjutkan perjalanan ida di seputaran daerah yang sekarang di
Kenal dengan payangan, ubud dan seputarannya. Diseputaran tempat
Ini beliau membuat pura-pura berikut ini :
- Pura Campuhan Ubud
- Pura Dalem Pingit
- Pura Puncak Payogan
- Pura Dalem Suargan
- Pura Murwa Bumi
- Pura Gunung Lebah
Pura-Pura di seputaran Batur
Setelah memecah pengikut-pengikut beliau ke seluruh pelosok wil
Ayah bali kemudian ida maharsi markhandeya melanjutkan perjalan
An ida ke daerah batur. Jejak langkah maharsi markhandia di batur
Dapat ditemukan di pura-pura Berikut ini :
Pura Dalem Balingkang
Di Komplek pura dalem balingkang ini terdapat salah satu pura
Yang bernama pura bhujangga. Sementara di pura penataran
Agung dalem balingkang meskipun tidak ada pelinggih bhujangga
Akan tetapi yang berstana disana adalah ratu gede bhujangga lingsir
Pura Ulun Danu Songan (Padma tiga)
Di pura ini meskipun tidak terdapat tulisan pura atau pelinggih ida
Bhujangga akan tetapi dari bentuk bangunan yaitu padma tiga seba
Gai simbol pemujaan tri murti yang diajarkan oleh ida maharsi mar
Kandia dibali maka pura ini merupakan salah satu peninggalan ida
Rsi.
Pura Air Hawang (Dibawah Puncah Gunung Abang)
Sebagaimana yang tercantum dalam lontar batur kelawasan petak
Dinyatakan bahwa silsilah bhujangga di bali dimulai dari batur. Te
Patnya di gunung abang sebagai stana Hyang Sunia Tawang. Akan
Tetapi sangat ironi sekali karena hampir sebagian besar warga bhu
Jangga di bali tidak tahu akan pura ini. Pada saat letusan gunug ba
Tur yang kesekian, pura ini terkena dampaknya sehingga kemudian
Para semeton bhujangga yang ada ditempat ini kemudian mengung
Si ke atas (kalanganyar). Karena lama tidak bisa kembali ke bawah
Maka mereka membuat pengayatan ke pura air hawang dan gunung
Abang, dimana pura ini yang sekarang terkenal dengan nama pura
Tuluk Biyu.
Pura Tuluk Biyu Batur
Sebagaimana telah diceritakan di atas, pura ini dibuat sebagai pemu
Jaan betara di gunung abang. Di dalam pura ini terdapat pelinggih
Yang sangat dipingitkan oleh para pengempon pura yaitu berupa
2 buah Meru tumpang tiga yang merupakan stana dari ida ratu
Bhujangga sakti dan ida ratu bhujangga luwih.
Pura Jati
Pura Jati batur merupakan pura yang paling disakralkan oleh masya
Rakat batur. Bahkan ada kepercayaan tidak tertulis yang menyata
Kan bahwa tirta pura jati merupakan tirta tersuci di dunia. Di pura
Ini di puja pelinggih utama berupa meru tumpang tiga yang merupa
Kan stana dari ida ratu bhujangga sakti. Dalam beberapa lontar di
nyatakan bahwa ida yang berstana di pura ini adalah ida rsi sunia
hening yang merupakan orang tua dari mpu kuturan dan mpu bera
dah (untuk cerita mpu kuturan dan mpu beradah sebagai rsi bhujang
ga akan penulis ceritakan di lain kesempatan).
Pura Tampurhyang
Jikalau kita naik ke gunung batur atau kita melihat gunung batur dr
Jalan raya kintamani atau jalan raya batur-singaraja maka di sekian
Ratus hektar hamparan bebatuan hitam bekas larva gunung batur
Yang berada di kaki gunung batur dan sekitarnya kita akan melihat
Keajaiban dimana diantara sekian ribu hektar hamparan hitam
Kita akan melihat sekitar 500 m2 hutan hijau. Tempat inilah yg
Disebut dengan tampurhyang yang merupakan lokasi pura batur
Yang pertama. Dari 26 kali letusan gunung batur, sekalipun tem
Pat ini tidak pernah kena larva (sungguh suatu keajaiban). Padahal
Tempat ini tepat berada di barat laut kaki gunung batur. Ditempat
Ini tidak ada pura akan tetapi inilah titik pusat Waisnawa di batur.
Setelah gunung batur meletus yg kesekian kali, akhirnya para
Penduduk desa batur kuno mengungsi ke atas. Karena desa mereka
Yang lama tidak bisa ditempati lagi akhirnya mereka membuat per
Mukiman yang baru yang sekarang ini dikenal dengan lokasi pura
Batur yang baru yaitu di kalanganyar.
Puru Ulun Danu Batur (kalanganyar)
Pura ini terletak di pinggir jalan raya Bangli-Singaraja. Lokasi pura
Ini bersebelahan dengan Pura Tuluk Biyu Batur. Di tempat ini di
Puja ida sesuhunan hyang betari sakti dewi danu. Pura ini terbagi
Menjadi beberapa kompleks pura, dimana di sebelah kanan (selatan
) penatara utama terdapat kompleks pura yang mana salah satu pe
Linggih utamanya adalah meru tumpang tiga sebagai stana ida ratu
Bhujangga Sakti.
Pura Bukit Mentik
Pura Bukit Mentik merupakan salah satu pura yang catur loka pala
Gunung batur dan danu batur. Di tempat ini dipuja ida ratu ayu
Sembah suhun. Di Natar utama pura ini, di bagian gunung rata yg
Paling tinggi terdapat komplek pura, yang mana pelinggih utama
Nya berupa meru tumpang tiga sebagai stana ida Sanghyang
Bhujangga Sakti.
Pura pucak penulisan/ Pucak Panarajon
Pura ini merupakan pura pemujaan raja-raja waisnawa di bali.
Di Pura ini terdapat komplek pura yang dinamakan pura Bhujangga
Pura Puncak Bukit Indrakila
di pura ini terdapat 2 meru tumpang dua berhadap-hadapan dimana
disana tertulis nama pelinggih dalam aksara bali yang jika diterjemah
kan menjadi Pelinggih Bhujangga. Akan tetapi begitu ditanya kepada
para pemangku disana mereka bilang mereka tidak tahu siapa yang
berstana disana. Sangat ironi sekali. bagaimana jika suatu saat
plang nama pelinggih ini tintanya kabur. Maka akan kabur lagi jejak
perjalanan ida betara rsi yang sekaligus akan menambah daftar
beban para saudara bhujangga yang ada kaitan dengan pura ini.
mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini ada saudara yang terketuk
untuk hadir disana.
Pura Puncak Bukit Sinunggal
pura bukit sinunggal adalah pura stana Ida Betara Rsi Manik Asta
Gina. Beliau adalah satu rsi bhujangga yang berbuat di bali. Beliau
bertugas memegang Cupu Manik Asta Gina. Dengan kata lain beliau
bertugas memegang harta berana jagat. Disinilah sepatutnya para
keluarga bhujangga memohon / berdoa supaya diberi kelancaran
dan kemudahan dalam mencari rejeki di bali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar