Google+

Cakra Dasar atau Muladhara Chakra

Cakra Dasar atau Muladhara Chakra

Warna: Merah
Lokasi: Ujung Tulang Belakang
Fungsi: Menstabilkan dan menggrounding energi. Pintu masuk energi dari bumi.
Keburukan: Sekiranya pintu chakra ini tersumbat, individu akan cenderung membentuk personaliti yg penakut, bimbang, sering kecewa, merasa tidak selamat dan akan mudah mendapat masalah kesihatan berkaitan obesity, anorexia nervosa, artritis dan sakit sendi dibahagian kaki terutamanya lutut.

System chakra bermula dari bawah menuju ke atas. Sehingga chakra dasar disebut juga sebagai chakra pertama. Chakra dasar memiliki getaran energi paling rendah dan berhubungan dengan sebagian besar rangsang fisik. Lokasinya berada diantara perineium, yakni area diantara alat kelamin dan anus.


Fungsi Muladhara Chakra Secara Fisik

Chakra dasar mempengaruhi tungkai, pinggul dan dasar tulang belakang. Chakra ini berhubungan dengan struktur tubuh manusia dan bersama dengan tulang, otot dan kulit membentuk tubuh manusia secara utuh. Chakra dasar juga mempengaruhi gigi serta organ pengeluaran ginjal, rektum dan usus besar. Gangguan pada fungsi chakra dasar ini akan bermanifestasi sebagai radang sendi, gangguan tulang punggung, gangguan darah, kanker, kanker tulang, leukemia,  alergi,  gangguan pertumbuhan, vitalitas rendah, dan lambatnya penyembuhan luka dan patah tulang.

Orang-orang dengan chakra dasar yang sangat aktif cenderung sehat dan kuat, sedangkan orang-orang dengan chakra dasar kurang aktif cenderung rapuh dan lemah. Orang tua biasanya memiliki chakra dasar yang menipis atau sangat menipis. Inilah yang menyebabkan tubuh mereka lemah dan mengecil; tulang punggung membongkok dan mereka cenderung menderita radang sendi. Chakra dasar

Dapat disamakan seperti akar pohon. Jika akarnya lemah, pohonnya lemah. Jika chakra dasar sangat lemah, tubuh juga sangat lemah. Chakra dasar juga disebut chakra akar

Pengaruh Psikologis Muladhara Chakra

Chakra dasar mengatur kemampuan untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita. Jika kita merasa takut dan ragu-ragu atas bayangan masa depan, maka sangat kecil kemungkinan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan tersebut. Karena kita tidak memiliki keyakinan bahwa  tujuan dan cita-cita  yang kita impikan akan terwujud. Kita tak yakin bahwa tuhan melalui mekanisme hukum fisika dan hukum metafisik, akan mendukung kita untuk mewujudkannya dan pada akhirnya ketika ada peluang yang akan menghantarkan kita pada cita-cita dan keinginan kita, kita menjadi takut untuk mengambil peluang tersebut karena resiko yang kita bayangkan. Padahal di dunia ini, tak ada sesuatu yang tanpa resiko. Bahkan ketika anda duduk nonton tvpun masih beresiko jatuh karena tempat duduk anda patah. Akhirnya kita merasa tidak menentu dan terkatung-katung akibat keragu-raguan dalam mengambil tindakan. Chakra dasar yang sehat akan menghasilkan kepercayaan diri pada diri sendiri maupun keberuntungan dan kelimpahan tiada batas. Yang pada akhirnya akan membuat kita menjadi seseorang yang lebih bersyukur kepada tuhan.

Pengaruh Spiritualitas Muladhara Chakra

Jika chakra dasar sehat, dengan mudah dan percaya diri kita dapat menemukan apapun yang di perlukan. Tidak ada lagi kemelekatan pada benda-benda yang bersifat fisik. Hidup menjadi tenang dan tentram, karena benda-benda materi bukanlah tujuan utama. Melainkan hanyalah alat untuk bisa bertahan hidup di dunia. Sehingga orang yang memiliki chakra dasar yang sehat, cenderung dermawan, peduli dan suka menolong sesama. Namun, jika chakra dasar sakit atau tidak bekerja dengan semestinya bisa mengakibatkan perilaku materialistik, kikir, melihat sesuatu berdasarkan faktor materi, dan melihat uang adalah segala-galanya

Cakra Akar adalah fondasi dari chakra-chakra diatasnya. Cakra Akar mengatur insting bertahan hidup, amarah, vitalitas, keamanan dan keinginan. Cakra Akar tidak balanced bisa disebabkan oleh makanan.

Makanan Yang Mempengaruhi Cakra Akar adalah kentang, wortel, lobak, bawang merah, bawang putih, telur, daging, buncis, kedelai, paprika pedas, merica, lokio dan cabai.

Cakra Akar Yang Tidak Balanced/Tertutup/Under Active/Over Active Bisa Menyebabkan:

  • Gangguan fisik –> obesitas, sembelit, wasir, sakit punggung sebelah bawah
  • Gangguan emosi –> kurang vitalitas, paranoid, emosi meledak-ledak, hilang ketertarikan pada dunia nyata, kurang menghargai diri sendiri, gila bekerja, terlalu terobsesi pada sesuatu.


Cakra Akar Yang Balanced Tandanya: menghargai diri sendiri, berani, penuh vitalitas, emosi stabil, selalu bersikap moderat. Cakra Akar bisa balanced dengan yoga, kristal, aroma therapy, juga sound therapy.

Pose Yoga Yang Cocok Untuk Balancing Cakra Akar adalah mountain, bridge, sun salutations, hero, hindi squat, seated forward fold, cobblers, child, chair, cow face, staff, boat, wind release, splits dan swan pose.

Kristal Yang Dapat Membantu Balancing Cakra Akar adalah hematite, bloodstone, turmalin hitam, labodorite, garnet, ruby (merah delima), onyx, fire agate (akik merah), smoky quartz, star ruby dan red jasper.

Aroma Therapy Yang Baik Untuk Balancing Cakra Akar adalah clematis, rosemary, ylang-ylang, myrrh, frankincense, benzoin (kapur barus), patchouli, sandalwood (kayu cendana).

Jika Chakra Akar Anda KUAT Anda berada di tempat mana Anda mencintai karir yang Anda jalani dan mendapatkan imbalan karena prestasi yang dapat Anda raih. Semua orang merasa kagum karena melihat kemampuan luar biasa Anda untuk memperoleh, menyimpan dan menginvestasikan uang. Anda selalu memiliki lebih dari cukup uang untuk pergi berlibur dan membeli apa yang Anda inginkan, tanpa merasa bersalah sesudahnya. Anda selalu merasa diinginkan dan dicintai oleh teman dan keluarga Anda, dan Anda merasa percaya diri ketika Anda melihat di cermin, baik secara fisik maupun emosional. Jika Chakra Akar Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung untuk terjebak dalam karir yang tidak memuaskan dan tidak menguntungkan, dan Anda sepertinya tidak pernah punya cukup uang, yang membuat Anda cemas dan terlilit utang. Menghabiskan uang adalah pengalaman mengerikan bagi Anda, karena Anda meragukan kemampuan Anda untuk anggaran secara efektif. Anda menderita masalah berat badan atau tubuh, yang membuat Anda merasa tidak layak dan tidak nyaman pada diri Anda sendiri.

Pemahaman Muladhara Chakra

Muladhara adalah ruang segitiga tepat ditengah-tengah badan sebelah bawah, dengan ujung segitiga menuju ke bawah seperti bentuk yoni gadis kecil. Dilukiskan seperti padma merah berdaun bunga empat lembar, letaknya persis diantara pangkal kemaluan dan anus. “Tanah” berasal dari “air”, itulah tattwa cakra ini. Empat daun bunga itu berwarna keemasan, masing-masing memancarkan getaran suara aksara yang, shang, sang, sang.pada empat daun bunga menunjukkan arah empat penjuru angin. Terdapat empat bentuk ananda yaitu yogananda, paramananda, sahajnanda dan virananda. Pada pusat padma ini terletak Svayambhu-lingga, berwarna coklat kasar seperti warna coklat daun yang masih sangat muda. Citrini-nadi dilukiskan sebagai pipa dan lubang pada ujung akhir di dasar lingga disebut Brahma-dvara. Padma, linga dan Brahma-dvara tergantung menghadap ke bawah. Devi kundalini lebih halus dari benang-benang kembang padma itu, bersinar-sinar bagaikan kilat, melingkar tertidur seperti ular melingkari linga, dengan tubuhnya itu ditutup pintu ke bawah Brahma-dvara itu. Perwujudan yang paling halus terdapat di dalam pindanda (badan) disebut Kundalini, suatu perwujudan Prakriti yang menembus, menunjang dan diekspresikan. Apabila Devi terjaga, dia itulah yang melahirkan dunia dengan menggunakan mantra. Segitiga merah menyala dahsyat mengitari Svayambhu-linga dan didalam segitiga itu terdapat Kandarpavayu yang berwarna merah atau unsure vayu dari kama, suatu perwujudan dari apana-vayu dan disini tempat dorongan keinginan berkelamin. Di luar segitiga itu terdapat segi empat kuning yang disebut Pritivimandala, dilekati oleh asta-vajra (delapan bajra). Disinilah terletak vija “lang” dan disana terletak pula pritivi di atas punggung gajah. Disini juga Brahma dan Savitri dan Sakti Dakini yang berwarna merah dan berlengan empat.

Empat daun dari Muladhara cakra memiliki empat huruf (sumber bunyi), mengandung empat kecenderungan yang menarik manusia untuk maju yaitu : dharma (keinginan psikospiritual), Artha (keinginan psikis), Kama (keinginan fisik), Moksa (keinginan spiritual). Yogi yang bermeditasi pada Muladhara cakra dan menguasai rahasianya dari petunjuk guru akan menguasai semua unsure padat. Ia bebas dari semua penyakit, ia penuh dengan kenikmatan. Ia mencapai dardhuri siddhi yaitu kekuatan untuk naik dari tanah. Ia mengetahui apa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang akan terjadi berikut sebabnya. Ia menguasai ilmu yang tak terdengar bersama rahasia-rahasianya. Ia dapat merasakan sahaja ananda (kebahagian dunia)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar