Google+

Cakra Seks atau Chakra Svadhistana

Cakra Seks atau Chakra Svadhistana

Cakra kedua (cakra sex) berhubungan dengan aspek seksual. Organ reproduksi merupakan pusat dari aktifitas cakra seks.cakra seks juga dikenal dengan sebutan Chakra Sakral (sacral chakra)
Posisinya ada di sekitar organ seksual, sering diidentifikasi dengan warna oranye. 

Cakra Swadhistana letaknya bersesuaian dengan daerah kemaluan memancarkan 6 berkas sinar / helai daun berwarna oranye (jingga) mandalanya berbentuk bulan sabit sebagai lambang air. Di cakra ini berstanalah Dewa Wisnu dengan saktinya Dewi Laksmi/Sri. Sesuai sifat air cakra ini mempengaruhi nafsu dan emosi dengan tingkatan yang lebih rendah dari cakra Wisudha seperti tingkah laku yang kasar, hilangnya akal sehat rasa kurang peduli, kurang percaya pada diri sendiri , kecemburuan, keserakahan. Tugasnya mengendalikan dan memberi energi pada organ-organ di rongga panggul, termasuk organ reproduksi, saluran kemih dan sekitarnya. Penyakit yang sering bersumber dari pusat energi ini: kemandulan, impotensi, infeksi saluran kemih, serta pembesaran prostat.


Cakra Swadhistana bekerja mengendalikan organ-organ tubuh didaerah organ sexual seperti :

  1. Kemaluan
  2. Uretra
  3. Kandung kencing
  4. Indung telur, sperma
  5. Kandung kemih


Cakra Swadhistana yang sedang mengalami gangguan menyebabkan berbagai jenis penyakit misalnya:

  1. Impotensi
  2. Berbagai penyakit sexsual
  3. Haid tidak teratur
  4. Kemandulan
  5. Hilangnya daya ingat (Pikun)

Cakra Seks mengatur seksualitas, frustrasi, kreativitas dan kepuasan. 
Cakra Seks yang tidak balanced bisa disebabkan oleh makanan.
Makanan Yang Mempengaruhi Cakra Seks Adalah: melon, mangga, stroberi, jeruk, kelapa, madu, almond, walnut, kacang tanah, hazelnut, biji bunga matahari, kayu manis, vanilla, paprika manis, wijen, jintan dan habbatussauda.

Cakra Seks Tidak Balanced/Tertutup/Under Active/Over Active Dapat Menyebabkan:

  • Gangguan fisik –> impotensi, penyakit kencing, kurang bergairah untuk berhubungan intim
  • Gangguan emosi –> depresi, kecanduan (obat-obatan terlarang, alkohol, cemilan), susah makan, posesif dan serakah.

Cakra Seks Yang Balanced Tandanya: kreatif, murah hati, mampu menikmati hidup dengan kecukupan.

Pose Yoga Yang Cocok Untuk Balancing Cakra Seks Adalah: hip openers, fish, short flows, wide leg forward folds, supine cobblers, chair, reverse table, cobra, warrior II, scales, bow dan cat pose.

Kristal Yang Dapat Membantu Balancing Sacral Chakra Adalah: carnilian, turmalin oranye, tangerine quartz, fire opal (baiduri api), citrine, moonstone (batu bulan) dan orange zincite.

Aroma Therapy Yang Baik Untuk Balancing Sacral Chakra Adalah: neroli, melissa, hibiscus (kembang sepatu), melati, indian paintbrush dan lady’s slipper.

Chakra kedua ini terletak dua jari di bawah pusar dan menurun sampai ke daerah kemaluan. Memiliki fungsi sebagai berikut:

Fungsi Cakra Seks Secara Fisik

Chakra seks mengatur sistem reproduksi, baik pria maupun wanita. Chakra ini bekerja sesuai dengan kesehatannya. Chakra seks terutama aktif selama masa pubertas, ketika system reproduksi mengalami perubahan-perubahan penting; selama konsepsi dan kehamilan; serta pada saat menopouse. Chakra dasar juga mempengaruhi kandung kemih dan system urine.


Pengaruh Psikologis Cakra Seks

secara psikologis chakra seks berkaitan dengan hasrat, minat, hobi dan semua bentuk kreativitas. Selain  kreativitas untuk menghasilkan sel telur dan sperma sehingga pada akhirnya akan membentuk seorang bayi. Chakra seks juga bisa bekerja sama dengan berbagai macam chakra yang lain, sehingga muncullah kreativitas dalam bidang seni musik, lukis, fotografi dll. Akan tetapi untuk merasa bebas dalam berkreativitas, maka seseorang harus terlebih dahulu percaya diri. Dan percaya diri sangat erat kaitannya dengan chakra dasar. Sehingga chakra dasar yang negatif juga akan berpengaruh pada chakra sexs.


Pengaruh Spiritualitas Cakra Seks

apakah siap untuk mengambil resiko? Apakah kita terlalu terbuka atau terlalu tertutup kepada perubahan? Apakah kita membela mati-matian pada apa yang kita yakini, meskipun kadang kita tak menyukainya? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan oleh chakra seks. Pandangan yang kaku dan cenderung fanatik membuatnya tidak luwes. Masalah-masalah pada chakra seks juga dapat menyebabkan keengganan atau bahkan ketidak mampuan untuk menjadi dekat secara emosional dengan orang lain. Hal ini bisa menimbulkan rasa kesepian. Jika chakra sexs aktif secara normal, dia bisa mengantarkan kepada tingkat spiritualitas yang lebih tinggi. Yang tak hanya terpaku pada faktor fisik dan nikmat duniawi semata.

Pemahaman Chakra Svadhistana

Svadisthana seperti kembang padma berdaun bunga enam lembar terletak ditengah-tengah badan pada level pangkal kemaluan, di atas muladhara dan di bawah pusar. Lingkaran sari bunga berwarna merah, sedangkan daun bunganya mengkilat seperti kilat.
“Air” berasal dari “Api” merupakan Tattva cakra ini. Getaran aksara (varna) daun-daun itu ialah bang, bhang, mang, yang, rang dan lang.

Sesuai dengan jumlah daunnya cakra ini mengendalikan enam kecenderungan alami dari pikiran yaitu Avajnana (ketidak pedulian), Murcha (hilangnya akal sehat), Pranasa (perasaan sakit karena takut akan kehancuran), Avisvasa (kurang kepercayaan diri), Sarvanasa (ketidakberdayaan), dan Krurata (tingkah laku yang kasar)

Didalam rongga berbentuk setengah lingkaran didalam sari bunga terdapat Devata, yaitu Maha-visnu, Maka-laksmi dan Saraswati. Di depannya adalah Rakini Sakti yang biru dan berlengan empat dan Vija dari Varuna ialah “yang”. Di dalam vija terletak wilayah Varuna dan dia dud8uk diatas makara berwarna putih

demikianlah sekilas tentang Cakra Seks atau Chakra Svadhistana, Bila bermeditasi pada cakra Swadhistana serta memahami kesadarannya niscaya akan mempunyai sikap pengontrolan diri yang tinggi, daya ingat semakin baik. semoga bermanfaat.

1 komentar: