Google+

Taman Bukit Pengajaran

Taman Bukit Pengajaran

Taman Bukit Pengajaran terletak di ketinggian pertengahan Bukit Pengajaran, Desa Sidemen Karangasem. Taman tersebut merupakan tempat berstananya manifestasi Tuhan yang berfungsi sebagai tempat memohon anugerah segala macam taksu.

Perjalanan dari Denpasar kurang lebih 1 jam sampai di desa Sidemen. Parkir kendaraan di pinggir jalan raya dan mulai mendaki bukit melalui jalan setapak kurang lebih 20 menit hingga tiba di Taman Bukit Pengajaran.
Panorama yang indah dan suasana pedesaan yang sejuk akan terlihat dan bisa dinikmati sepanjang perjalanan memasuki sawah ladang serta hutan akan membuat kesan kebahagiaan tersendiri.
Setiba di Taman Bukit Pengajaran, akan disambut dengan suara alam yang berpadu indah dan menenangkan, suara dedaunan yang bergesekan tertiup angin semilir, suara khas binatang hutan yang memukau telinga, mampu menghilangkan kesumpekan dan kebisingan perkotaan.
Udara segar akan sangat terasa melonggarkan paru paru dengan menarik nafas sedalamnya.

Kehadiran kita akan disambut oleh 3 pelinggih yang tertata indah disana.
Masing masing pelinggih mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan dewata yang distanakan disana.


Pelinggih Sang Hyang Adhi Taksu

Pelinggih yang paling tinggi posisinya, beliau adalah pelinggih utama disana yang menjadi sumber kemukjisatan swagina atau sumber taksu profesi.

Masyarakat umum yang menginginkan atau mau memohon segala macam taksu bisa datang dan memohon dihadapan beliau. Seperti taksu usaha, taksu pengobatan, serta taksu yang lainnya.

Di Taman Bukit Pengajaran juga ada sumber mata air alami yang diperuntukkan sebagai air mukjisat menghilangkan segala macam leteh mala kotoran penyakit sekala niskala.

Melebur halangan hambatan rintangan kerejekian.

Pelinggih Sang Hyang Ratna Gangga Dewi

Pelinggih yang paling kanan sebagai manifestasi Tuhan dalam fungsi penglukatan segala macam hal.

Penglukatan bisa dimohonkan pada sumber mata air disana untuk melebur segala macam kotoran dan penyakit serta hambatan dalam berbisnis atau usaha, untuk pekarangan yang bermasalah juga bisa dimohonkan air mukjisat beliau dibawa pulang dan dipercikan di pekarangan. Juga bisa dimohonkan utk taksu kecantikan serta kewibawaan dengan membasuh muka dan meminum air pancoran disana.

Pelinggih Ratu Anglurah Agung Taksu Buana

Di Taman Bukit Pengajaran distanakan Ratu Anglurah Agung Taksu Buana yang mempunyai tugas menjaga dan menjadikan taman tersebut pingit dan tetap terjaga kesuciannya sekala niskala.

Sarana Nunas Penugran - Sembahyang

Sarana yang dibawa berupa 3 pejati dan sarana persembahyangan serta tempat air untuk sarana nunas tirta di pancoran yang akan dijadikan tirta wangsuhpada di masing masing pelinggih.
pejati di haturkan pada:
  • Ratu Sang Hyang Sri Ratna Gangga Dewi,
  • Ratu Anglurah Agung Taksu Buana, dan
  • Sang Hyang Adi Taksu
Ritual sembahyang:
  1. Haturkan 2 pejati di pelingih Ratu Sang Hyang Sri Ratna Gangga Dewi dan Ratu Anglurah Agung Taksu Buana.
  2. mohon kepada beliau untuk penglukatan kemudian turun ke pancoran dengan sarana canang yang akan dihaturkan di pancoran untuk melakukan penglukatan, lakukan penglukatan seperti biasa atau yang biasa dilakukan. 
  3. Setelah melukat mohonkan tirta di pancoran dengan ditampung pada tempat tirta untuk nantinya ditaruh di masing masing pelinggih yang ada diatas yang akan dipergunakan metirta setelah selesai sembahyang. 
  4. Selesai melukat, siapkan pejati dan taruh pada pelinggih Sang Hyang Adhi Taksu juga taruh tirta yang tadi dimohonkan dipancoran pada masing masing pejati. 
  5. Lakukan persembahyangan seperti biasa sampai metirta. 
  6. Selesai sembahyang dan metirta lakukan hening atau meditasi agar diberikan anugerah taksu dari beliau dan nikmati sensasi yang terasa selama meditasi. 
  7. Selesai semua prosesi persembahyangan, bisa beristirahat sambil menikmati kembali suasana yang ada atau menikmati bekal yang dibawa dan jika akan mepamit, haturkan kembali terimakasih atas semua anugerah beliau.
jangan lupa untuk mengambil pejati dan sarana persembahyangan lainnya serta jangan lupa membersihkan areal taman dari bekas bekas sarana persembahyangan yang tercecer.

Masyarakat yang berkeinginan untuk bertirtayatra ke taman bukit pengajaran bisa menghubungi Bapak Wayan Parta di No HP: 085237079734, beliau akan mengantarkan hingga sampai di taman dan memberikan informasi yang diperlukan.

Semoga semua anugerah turun dan menjadikan kita pribadi yang semakin baik serta berguna bagi diri sendiri keluarga dan masyarakat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar