Google+

Siapakah Tuhan Orang Hindu Bali?

Siapakah Tuhan Orang Hindu Bali?

banyaknya gunjingan dari orang non-Bali, membuat gerah telinga yang selalu menanyakan tentang ketuhanan orang Hindu Bali. banyak yang bertanya kepada kita:
Siapa sih sebenarnya Tuhan Orang Bali?
Kenapa orang bali memiliki banyak tuhan?
nah, untuk menjawab pertanyaan umum Siapakah Tuhan Orang Hindu Bali, saya menjoba memberikan gambaran tentang sosok TUHAN, yang oleh orang hindu sering disebut dengan "Brahman".

Pertanyaan awal yang sering muncul jika kita menyatakan keberadaan tuhan yakni: Siapakah tuhan itu?
di dalam kitab Brahmasutra I.I.2 disebutkan bahwa "Tuhan ialah merupakan darimana asal mula semua ini". Jadi Tuhan Yang Maha Esa merupakan asal atau sumber dan sekaligus kembalinya seluruh alam semesta beserta isimnya ini. Di dalam keyakinan agama Hindu, Brahman atau Tuhan hanyalah satu, esa, tidak ada duanya, namun karena kebesaran dan kemuliaan-Nya, para Rsi dan orang-orang yang bijak menyebutnya dengan beragam nama.

mengenai ketuhanan, termuat dalam beberapa sloka suci agama hindu bali,
bagaimana....?
sudahkah anda mengenal Tuhan?

2 komentar:

  1. Tuhan menurut ajaran Hindu adalah tanpa wujud dan tanpa Nama ada dimana-mana, eksistensi kekal tidak ada yg kedua. Namun untuk keperluan manusia diberikan Nama atau istilah misalnya Brahman, Om, dst.
    Kalau ada ajaran yg mengatakan sembahlah hanya nama tertentu, itu bukan ajaran kebenaran, bahkan meyeseatkan, dan membahayakan.

    BalasHapus
  2. Cara berfikir kamulah yang sesat...

    BalasHapus