Google+

Manipura Chakra atau Cakra Pusar (Nabi)

Manipura Chakra atau Cakra Pusar (Nabi)

Cakra utama ketiga dinamai Cakra pusar (Nabhi Cakra/Maniphura Cakra), Chakra Pusat atau dikenal dengan istilah Cakra Solar Pleksus (Cakra Kehidupan) terletak di sekitar daerah pusar diasosiasikan dengan “tubuh mental”, yang mengontrol seluruh pikiran pendapat dan penilaian. Cakra ini mempengaruhi kesehatan organ-organ sekresi yang diwakili oleh kelenjar adrenalin. Cakra ini memberikan kekuatan cita-cita dan keinginan.
Cakra ini memberikan pula kepekaan intuitif terhadap kehadiran makhluk makhluk eterik (makhluk gaib, tempat angker dll. Tenaga prana yang dihasilkan oleh Cakra Pusat ini antara lain adalah prana udara, prana bumi, prana merah dan beberapa jenis prana yang lain.


Chakra Pusar (Manipura)

  • Warna : cahaya berwarna Kuning
  • Chakra: memiliki 10 lembar daun.
  • Posisi : sekitar pinggang, perut (pusar/plexus solaris)
  • Tanda astro : Leo, Sagitarius, Gemini
  • Kelenjar : pancreas, adrenals
  • Organ : perut, hati, kantong empedu, limpa
  • Pusat kekuatan; elemen api; dorongan ego; identitas; kepercayaan diri; energi wanita; “saya mampu” ; emosi-emosi yang musnah, asimilasi pengalaman; pencernaan.
  • Fungsi : pertumbuhan, penyembuhan, menerima dan mengeluarkan energi, tenaga bagi kemauan, tenaga personal
  • Disfungsi : gangguan pencernaan, borok, kencing manis, hypoglycemia, gangguan hati, metabolisme yang menyebabkan kegemukan

Chakra ini amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang.  Chakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci & takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan chakra pusar yang berkembang & bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal seperti tersebut di atas & mengubahnya menjadi suatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman & percaya diri.
  • Jika Chakra Nabi Anda KUAT, Anda akan dikagumi banyak orang karena rasa percaya diri dan harga diri yang positif dan ideal, baik dalam karir maupun kehidupan pribadi Anda. Anda tidak pernah takut untuk berbicara mengenai apa yang Anda pikirkan, dan Anda memberdayakan orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama. Keluarga, rekan dan masyarakat melihat Anda sebagai individu yang kharismatik. Anda juga mempunyai tekad menggunakan kharisma dan kekuatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik dan nyaman.
  • Jika Chakra Nabi Anda LEMAH atau TERTUTUP Anda cenderung berjuang dengan masalah harga diri, dan perasaan tidak layak. Anda cenderung untuk mempertanyakan diri sendiri ketika menghadapi keputusan penting seperti apakah akan pindah ke kota lain, mengubah karir Anda, menikah dengan pasangan Anda atau untuk memiliki anak. Anda merasa diri seperti menjadi “korban” di dunia ini, dan sering merasa tak berdaya dengan keadaan dan keinginan orang lain. Anda juga sering menderita sakit perut.
  • Jika itu over-aktif: Anda cenderung angkuh dan agresif.

Nabhi Cakra

  • Fungsi & kualitas: Kemurahan hati, kepuasan batin, kelurusan hati, kehormatan batin terhadap kebajikan, kejujuran, kekuatan untuk berkembang.
  • Organ yang diatur: Organ-organ di perut seperti limpa, usus, lambung, dll., sebagian dari liver (hati), dan indra perasa.
  • Penyebab umum gangguan: Minuman-minuman keras, kebiasaan untuk terlalu ketat terhadap diri sendiri, masalah dalam rumah tangga,kemalasan, dan kebiasaan makan yang buruk.

Void (Bhavasagara)

  • Fungsi & kualitas: Stabilitas, kemampuan untuk memimpin dan membimbing diri sendiri, ketegaran pribadi.
  • Organ yang diatur:Organ-organ di perut, alat-alat pencernaan.
  • Penyebab umum gangguan: Terlalu banyak berfantasi, pengetahuan yang salah, mengikuti guru/jalan spiritual yang salah, paham fanatik, ilmu hitam.

Tugas Cakra Pusat mempengaruhi seseorang untuk menarik masuk dan mengagihkan prana. Selama situasi cuaca buruk, jumlah prana udara sangat sedikit. Individu dengan Cakra Pusat yang kurang aktivitinya akan mempunyai kesulitan lebih besar dalam menarik prana udara kerana mereka cenderung merasa lelah, penat ataupun murung daripada manusia biasa.

Chakra Manipura dapat terus berkembang dan aktif jika dialiri energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta dan energi Shaktiphat dari Chakra Kundalini (Mooladhara). Chakra ini memiliki keseimbangan yang baik antara energi Spiritual dan energi 4 Unsur Alam Semesta sehingga chakra ini bersifat sebagai penyeimbang energi pada saluran pencernaan. Dalam proses keseimbangan energi chakra, chakra Manipura dapat diseimbangkan dengan chakra Anahata.

Pemahaman  Manipura Chakra

Manipura cakra padma keemasan berdaun bunga sepuluh terletak di sekitar daerah pusar : “api” berasal dari “udara” merupakan tattva dari cakra ini. 
Daun-daun bunga itu berwarna seperti iwan, diselubungi di atasnya dengan warna-warna biru dengan suara aksara dang, dhang, nang, tang, thang, dang, dhang, nang,pang, phang

Sepuluh daun cakra dengan huruf-hurufnya mempengaruhi dan menghapus Lajja (rasa malu), Pisunata (kecenderungan kejam), Irsa (iri hati), Susupti (malas, lambat), Visada (murung), Kasaya (kejengkelan), Trsna (hasrat untuk selalu menambah), Moha ( hasrat yang membabi buta, tergila-gila), Grhna (kebencian), dan Bhaya (ketakutan)

Pada sisi-sisi segitiga itu terdapat tanda swastika yang keramat itu. Agni, merah berlengan empat duduk diatas domba. Di depannya berdiri Rudra dengan saktinya Bhadrakali. Rudra berwarna merah terang, dan kelihatan seperti orang tua. Tubuhnya diurapi abu. Bermata tiga dan berlengan dua. Satu tangan dalam posisi memberi berkah, tangan yang lain bersikap mengusir rasa takut. Di dekatnya berdiri Lakini Sakti, berwarna seperti emas cair, mengenakan pakaian kuning dan penuh perhiasan. Dia itu mabuk oleh nafsu. Di atas padma itu terdapat singasana surya. Surya-mandala itu menikmati amrita yang menetes dari bulan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar