Google+

Yoga Mempengaruhi Dunia

Yoga Mempengaruhi Dunia

Photobucket

Yoga kini telah menjadi gaya hidup masyarakat dunia. Tidak pintar namanya jika mengharamkan Yoga karena Yoga arti sebenarnya adalah “mendekatkan diri pada Tuhan”, karena jika mengharamkan Yoga sama saja mengharamkan pendekatan diri pada Tuhan.

Dalam agama Hindu ada empat jenis Yoga,
  1. Yoga Banda merupakan senam Yoga yang diterapkan di seluruh dunia sebenarnya(gerakan tubuh) 
  2. Yoga Asanas yaitu Yoga khusus yang dilakukan dengan cara duduk 
  3. Pranayama Yoga (pernafasan) sama dengan halnya meditasi 
  4. Yoga Mudra yaitu Yoga yang diterapkan dengan gerakan tangan saja
Kesemuanya adalah bagian dari bagian dari Raja Yoga (olah bathin).

Oiya, lihat film animasi Naruto, perhatikan gerakan-gerakan tangan ninja saat hendak mengeluarkan jurus. Itu adalah Yoga Mudra yang telah tersirat dalam Veda. Namun, sudah umum bagi dunia bahwa senam atau gerakan-gerakan Vedic itu disebut sebagai Yoga.

Photobucket

Demikian pendahuluannya.
Kini, ilmu pengobatan modern berada jauh di bawah kehebatan Yoga. Dengan melakukan Yoga, mampu menyembuhkan seseorang dari penyakit yang tidak tersembuhkan oleh penyembuhan medis modern. Banyak dokter Amerika dan Eropa telah mengakui keunggulan Yoga di atas pengobatan modern.

Sumbangan Yoga pada dunia tidak hanya itu. Kalau dipikir-pikir, masih ada seni gerakan lain yang dapat menyehatkan seperti Kung Fu dan Tai Chi yang sebagaimana kita ketahui keduanya adalah sumbangan seni bela diri dari negara Tirai Bambu alias negara Cina. Sumbangan itu telah terkenal di seluruh dunia bahkan dengan jujur saya katakan Kung Fu lebih dahulu tenar dan lebih tenar dari Yoga di dunia dan saya pribadi sangat menyukai Kung Fu.

Kalau kita cermati dengan bijaksana, kita pasti akan bertanya mengapa gerakan Yoga mirip sekali dengan gerakan Kung Fu?

Nah, saya katakan juga, atas sumbangan yang diberikan Cina itu sudah sepatutnya kita sebagai umat Hindu yang harus merasa bangga. Karena, sejarah Kung Fu dimulai ribuan tahun silam di mana seorang Brahmana dari India datang ke sebuah kuil di Cina untuk memberikan pelajaran spiritual. Pada saat pembelajaran, Brahmana dari India itu mendapati murid-muridnya sedang lemas tidak bergairah dalam belajar.
Photobucket
Dengan demikian, Brahmana tersebut mengajarkan Yoga agar mereka bergairah kembali. Tetapi, Brahmana ini memberikan dengan cara berbeda, ia mencoba untuk melakukan Yoga lebih cepat dan berkembanglah menjadi Kung Fu.

Sumber: Majalah Liberty, vedasastra.wordpress. com
diposkan kembali di http://cakepane.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar