Google+

Ghanta Yoga Lebih Unik

Ghanta Yoga Lebih Unik

Karakter orang-orang zaman sekarang adalah individu yang berkembang dalam situasi stress yang tinggi. Stres itu sumber pertamanya adalah berkaitan dengan semakin susahnya memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jumlah penduduk dunia yang terus bertambah menjadikan sumber daya alam menjadi rebutan bersama.

Dalam tataran mikro hal ini menjelma menjadi berbagai bentuk persaingan dalam mencari pekerjaan, kecilnya pendapatan, menurunnya kualitas makanan, menurunnya kualitas udara, dan air. Hal-hal tersebut kemudian memicu kompetisi yang menguras banyak energi. Dari tekanan yang luar biasa setiap hari itulah akhirnya menimbulkan stress atau depresi terselubung. Akibat tekanan hidup sehari-hari, secara mental seseorang pun mulai mengkerut. Dari sini berbagai ekspresi negative pun muncul. Seperti mudah marah, gampang tersinggung, mudah murung, putus asa, berkurangnya antusiasme, dan bangkitnya hasrat untuk mencari jalan pintas dalam memecahkan problema hidup: Menipu, mencuri, korupsi, dan sejenisnya. Dan bagi yang tak tahan dengan cara itu akan bertahan dengan etika kebaikan, tetapi tersiksa oleh berbagai tekanan, sehingga menjadikan yang bersangkutan mengidap berbagai penyakit fisik. Sebutlah kalau stress itu memicu munculnya maag, gangguan tekanan darah, gangguan jantung, ginjal, paru dan sebagainya.


Inti dari tekanan hidup itu adalah kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan. Keinginan untuk mencukupi kebutuhan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup adalah penting. Tapi keinginan untuk memenuhi hasrat sang keinginan tak selalu menjadi penting. Itu adalah dua hal yang berbeda. Ketika orang stress, berarti ia butuh penyegaran. Ia butuh mengembalikan vitalitas mental dan fisiknya, sehingga dapat kembali menunaikan kewajiban hidupnya dengan baik. Ke mana orang harus pergi untuk mengembalikan kesegaran hidup ini?. Sudah banyak orang yang terhimpit problem kehidupan mencari pemecahan dengan cara instant dengan berhubungan dengan obat-obatan terlarang. Yang lain, ada yang berlindung di bawah kegiatan “spiritual” dan menghayalkan alam sorga.

Ghanta Yoga yang tercipta setelah kontemplasi 5 tahun memiliki karakter unik. Ini adalah teknik yoga yang produktif positif sekaligus spiritual. Filosofi yoga ini adalah:
  • Hidup harus dihadapi dan dipandang sebagai anugerah.
  • Spiritual adalah kegiatan yang menjadikan hidup seseorang semakin indah dan produktif. Spiritual bukanlah jalan untuk menghindar dari tugas hidup ini.

Berkat inisiasi dan latihan ketat yang dilakukan oleh praktisi Ghanta Yoga, maka energi suci Ghanta Cakra Guna Sakti yang diaksesnya akan segera menjadikan hidupnya lebih produktif sesuai fungsinya di masyarakat atau swadharmanya masing-masing. Bila ini berhasil, maka seseorang akan terbebas oleh stress yang disebabkan oleh ketidakmampuannya dalam berkompetisi dalam lapangan mata pencaharian hidup.

Umumnya di dunia ini ada 4 fungsi kemasyarakatan:
  1. Kaum pemikir (intelektual),
  2. kaum pengelola Negara (pejabat),
  3. kaum pedagang,
  4. kaum pelaksana.

Ketika energi suci ini alirannya semakin lancar ke dalam tubuh, maka seorang praktisi Ghanta Yoga akan merasakan berbagai proses pembersihan energi negative dalam dirinya. Selanjutnya, bila tahapan di tingkatan dasar (basic) ini selesai dilewati, maka aliran energi suci ini akan memberi dorongan produktifitas pada kekaryaan setiap orang. Konsekuensinya adalah, praktisi meditasi Ghanta Yoga seharusnya akan mengalami kemajuan di bidang tugasnya masing-masing. Inilah salah satu keunggulan Ghanta Yoga yang setiap tahapnya memberi ciri proses progresif yang positif. Bahkan dalam tataran duniawi pun, praktisi didorong menjadi individu yang berperilaku unggul dan mengembangkan kecenderungan perilaku positif dalam kesehariannya. Semua kecenderungan baik ini akan semakin menguat berkat pengaruh positif energi suci Ghanta Cakra Guna Sakti yang mengalir terus menerus dalam tubuh.

Aliran energi halus ini bahkan bisa dirasakan, bagaimana merambat dalam tubuh. Seseorang akan merasakan aliran hawa hangat yang menyebar ke seluruh tubuh, sementara praktisi lain mungkin merasakan aliran energi itu sebagai hawa sejuk. Hal ini dilalui sebelum tingkatan-tingkatan yang lebih tinggi dicapai.

Mengapa latihan yoga ini mampu menjadikan penekunnya mampu melipatgandakan kemampuan profesinya? Ini semata-mata disebabkan karena dari berbagai energi yang berpusatkan pada pusaran halus itu, ada sebuah energi yang mampu mengaktifkan dan membangkitkan Guna Sakti ini. Energi khusus inilah yang dinamakan Ghanta Cakra Guna Sakti, sedangkan teknik latihannya dinamai Ghanta Yoga.

Energi inilah kita pilih untuk starting point atau awal berjalan menuju perjalanan spiritual itu. Mengapa jenis energi ini yang dipilih, maka jawabannya adalah, karena manusia zaman sekarang bisa survival, jika eksis dengan keahlian atau profesi yang dimilikinya di tengah masyarakat.

Pendidikan spiritual dengan metode lain yang tidak meletakkan starting point-nya di aspek Guna (fungsi) seseorang itu biasanya akan mengalami tantangan dan godaan lebih besar. Konsekuensinya, bila aspek pemberdayaan insan manusia ini luput dalam usaha pertumbuhan spiritual seseorang, niscaya keberhasilannya untuk mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi akan semakin sulit. Kenapa? Sebab, bila dalam kehidupan duniawinya, dalam lapangan mata pencaharian atau ekonomi, demikian juga dalam hal status sosial masyarakat seseorang terganggu, maka hal tersebut secara langsung mempengaruhi keseriusannya dalam usahanya mendaki dunia spiritual. Ekonomi yang terganggu, kesehatan yang tak fit atau status sosial di masyarakat yang tidak baik, maka semua itu menjadikan praktik spiritual sangat berat, bahkan akhirnya gagal. Jadi, karena fakta itu Ghanta Yoga memilih energi yang cocok dengan “kendaraan” yang banyak digunakan umat manusia di dunia. Kendaraan itu bernama “profesi” atau istilah lokalnya “swadharma.”

sumber: ghantayoga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar