Google+

Kyayi Anglurah Pemecutan II - Babad Pemecutan

Kiyai Angluran Pemecutan II / Cokorda Pemecutan II

Kiyai Anglurah Ketut Pemedilan bergelar Kyayi Anglurah Pemecutan II menggantikan kedudukan ayahnya Kiyai Anglurah Pemecutan I sebagai pemegang kekuasaan di wilayah Badung tahun 1683 - 1718 M.

Kiyai Anglurah Ketut Pemedilan / Kiyai Anglurah Nambangan semenjak kecil telah ditinggal pergi (wafat) oleh ibunya sehingga beliau diasuh oleh Ki Tanjung Gunung di nambangan yang merupakan keturunan dari I Gusti Agung Cau di Sukewati, karena kalah berperang dengan raja Mengwi maka beliau menyamar supaya tidak diketahui oleh raja Mengwi dengan menurunkan kastanya menjadi Ki Tanjung Gunung.


Kiyai Anglurah Ketut Pemedilan gemar sekali bertapa semadi di tempat yang angker sehingga beliau mendapat kesaktian dan kewibawaan, sehingga setelah ayahnya wafat maka beliau ditunjuk menjadi penerusnya. Beliau mempunyai istri bernama Sang Ayu Istri Penataran dari Jero Plase di Kuta mempunyai 3 orang putra
  1. Ida Bhatara Maharaja Sakti – Puri Agung Pemecutan / Anglurah Pemecutan III
  2. Kiyai Made Tegal Cempaka – Jero Tegal di Jl Imam Bonjol
  3. Kiyai Ketut Uruju Telabah – Jero Telabah :

KIYAYI MADE TEGAL CEMPAKA

Jero Tegal berlokasi di Jl Imambonjol tepatnya di sebelah barat Geriya Gede Tegal tepatnya di Bale Banjar Tegal Agung sekarang. Jero Tegal menempati areal yang cukup luas dengan adanya jaba jero dan jaba tengah yang cukup luas. Pemerajannya dinamakan Pemerajan Jenggala yang berarti Tegal. Jero ini pada jamannya menempati posisi nomor 2 setelah Puri Agung Pemecutan.
Pemerajan Kyai Lanang Cempaka di Peraupan
Kiyai Made Tegal Cempaka mempunyai istri yang bernama Sang Ayu Tegeh dari Jero Petiles Pekambingan mempunyai putra yang bernama Kiyai Made Tegal Cempaka Oka. Dari istri Penawing (selir) beliau mempunyai 10 orang putra antara lain :
  1. Kiyai Lanang Karang /Jero Peraupan
  2. Kiyai Lanang Teges /Jero Abian Timbul
  3. Kiyai Lanang Ketut / Jero Kepaon
  4. Kiyai Yang Batu / Jero Langon Angkangan
  5. Kiyai Wangaya / Jero Pemeregan
  6. Kiyai Sading /Jero Kayumas Kelod
  7. Kiyai Sibang / Jero Pemeregan
  8. Kiyai Jero Kuta / Jero Seminyak
  9. Kiyai Lanang Wayahan / Jero Taman Megendra
  10. Kiyai Keladian / Jero Juragan
KIYAYI KETUT URUJU TELABAH
Jero Telabah berlokasi di jl. Thamrin disebelah barat gedung wisata dan sekarang sudah tidak ada lagi karena telah berpindah membuat jero baru di desa Kerobokan. Pewarisnya sekarang Ida Peranda Resi Kerobokan. Sedangkan lokasi jero Telabah di Jl. Thamrin diambil oleh warga Brahmana kemudian dibuatkan Geriya yang dinamakan Geriya Telabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar