Google+

Pranayama - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Pranayama" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra) 

 

APAKAH PRANAYAMA? 

Pranayama memainkan peran yang amat penting dalam Raja Yoga. Tidak ada definisi yang tepat untuk Prana. Prana tidak berarti "nafas" atau "pikiran." Beberapa orang mengatakan Prana artinya "aliran hidup" (vital currents) dalam tubuh. Ayama artinya "menahan" (restraint). 


Jadi, Pranayama artinya menahan aliran kehidupan dalam badan. Beberapa orang mendefinisikan Prana sebagai penghubung antara kesadaran absolut dan pikiran dan badan. Hubungan intim yang ada antara Prana, pikiran dan nafas dipergunakan dalam berbagai aliran Yoga. Dalam beberapa bagian dari Raja Yoga, Chitta Vritti, atau getaran-getaran mental dikendalikan oleh kekuatan kehendak (will power), dan Prana secara tidak langsung berada di bawah kendali pikiran. 

 

APAKAH NAFAS DAN PRANA ADALAH SATU DAN SAMA? 

Nafas bukan Prana, tapi para Mahareshi telah menemukan satu hubungan langsung antara keduanya. Maharshi Patanjali mengatakan dalam Yoga Sutra, "Pengaturan kendali nafas atau kendali Prana adalah penghentian penarikan dan pengeluaran nafas." 

Dalam Bhagawad Gita, Krishna menjelaskan Pranayama dengan cara yang sangat rinci. Beberapa orang menawarkan Prana (nafas keluar) dalam apana (nafas masuk) dan apana dalam Prana, menahan jalan Prana dan apana, diserap dalam Pranayama. Bhagawad Gita menggambaran sebagai dua ekor ular, masing-masing saling menelan yang lain dan mempertahankan / memperoleh satu tahap ketiadaan dalam kiasan diatas. Anyway, langkah pertama dalam Pranayama adalah bernafas dengan ritmik. 

 

MOHON JELASKAN PADAKU LATIHAN-LATIHAN PRANAYAMA YANG SEBENARNYA? 

Dengan mengendalikan gerakan jantung dan organ pernafasan, kita bisa secara tidak langsung mengendalikan Prana yang bergetar di dalam diri kita semua. Beberapa orang mempraktekkan satu jenis Pranayama yang disebut Purakha (menghirup nafas). Beberapa orang mempraktekkan Pranayama yang disebut Rechaka (mengeluarkan nafas). Beberapa orang mempraktekkan Kumbhaka, dimana nafas ditahan di dalam tubuh. 

Umumnya praktek Pranayama adalah gabungan dari metoda Purakha, Kumbhaka dan Rechaka. Ada beberapa jenis Pranayama. Secara mendasar mereka dibagi menjadi Adhama, Madhyama dan Uttama. 

Pembagian ini didasarkan atas perbedaan waktu dalam Periode Purakha. Ratio atau pebandingan waktu antara Purakha, Kumbhaka dan Rechaka dalam ketiga metoda ini adalah 1:4:2. Sagarbha Pranayama adalah Pranayama yang dilakukan bersama dengan pengucapan (Japa) Mantra seperti Gayatri atau Pranawa (AUM). Kriya Yoga adalah metoda Pranayama yang terbaik yang diajarkan oleh orang-orang suci Hindu. Bernafas secara ritmik adalah keseimbangan tindakan antara tahapan Purakha, Kumbhaka dan Rechaka. 

 

APAKAH LATIHAN BERNAFAS DALAM-DALAM MERUPAKAN BENTUK DARI PRANAYAMA? 

Latihan-latihan bernafas dalam-dalam bukan Pranayama.Latihan-latihan semacam itu dapat dilakukan oleh siapa saja di setiap waktu. Pranayama hendaknya dilakukan di bawah bimbingan seorang Guru yang ahli. Pranayama hendaknya tidak dilakukan dengan membaca buku atau dengan mendengarkan penjelasan (narasi). 

Tubuh harus dikondisikan untuk menerima kekuatan yang ditimbulkan di dalamnya dengan mengendalikan Prana. Kontrol makanan yang tepat juga perlu untuk mencapai hasil yang lebih baik. Biasanya Pranayama dipraktekkan oleh seorang pemula dengan duduk dalam posisi Padmasana (bunga teratai, bunga padma) Ia juga dapat dipraktekkan dalam posisi Shawasana (posisi tubuh orang mati). 

 

APAKAH HAMSA ATAU PRANAYAMA BAYI? 

Inilah jenis yang paling mudah dari semua Pranayama. Ia dapat dilakukan oleh siapa saja dimana saja dan dibawah kondisi apapun. Hamsa artinya angsa. Dijelaskan bahwa metoda ini adalah semurni dan setenang angsa. Dalam metoda ini, pelaku memperhatikan nafas yang masuk (yang menciptakan suara Ham) dan nafas yang keluar (yang menciptakan suara Sa) tanpa mengendalikan aktivitas nafas dalam cara apapun. 

Dalam metoda ini, seseorang secara tidak langsung mengucapkan Mantra "Sah Aham" artinya "Dia adalah Aku." Tidak ada akibat-akibat negatif terhadap badan. Ini membantu relaksasi dan menghilangkan stres di tubuh. Hasil pertama dari metoda ini akan membuat tidur tanpa mimpi (Sushupti). 

 

AYAH, APAKAH LATIHAN PERNAFASAN MONOPOLI DARI AGAMA HINDU? 

Sama sekali tidak. Dalam agama Taoisme China, ada latihan pernafasan yang dikenal dengan T-ai-si atau pernafasan embryonic. Orang-orang China mempraktekkan latihan pernafasan ini untuk panjang usia dan ia tidak memiliki nilai spiritual. 

Dalam beberapa cara, Taoisme menyerupai Hatha Yoga dalam agama Hindu. Pengendalian nafas juga dipraktekan oleh kaum Sufi, Islam. Teknik Dhikir menyerupai latihan pernafasan Hindu. 

Bahkan dalam agama Kristen ada beberapa bukti penggunaan nafas sebagai pencerahan spiritual. Nafas memainkan peranan penting dalam Genesis (2:7).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar