Google+

Siddhi - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Siddhi" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra) 

 

APAKAH SIDDHI? 

Kemampuan seperti 'clairaudience' (mendengar suara yang tak dapat didengar oleh telinga manusia normal), 'clairvoyance' (kemampuan untuk melihat obyek yang atidak ada didepan indrya mata), dan 'telepathy' (kemampuan untuk mengirim dan menerima pikiran) adalah beberapa Siddhi (occult power) yang dikenal oleh manusia. 


Begitu pula kemampuan untuk mengadakan dan menghilangkan sesuatu sesuai dengan keinginan disebut juga Siddhi. Menurut agama Hindu, Siddhi merupakan suatu halangan bagi pencapaian Tuhan karena ia mengembangkan ego yang tidak dikehendaki dalam diri seorang pemuja. Jadi agama Hindu memandang rendah Siddhi. Tapi beberapa orang lahir dengan Siddhi. Bagi mereka kekuatan Siddhi keluar begitu saja seperti bau harum mengalir dari bunga mawar. 

Mereka biasanya tidak menganggap hal ini penting. Mereka tidak berusaha untuk mempengaruhi masyarakat dengan Siddhinya ini. Dikatakan bahwa kekuatan 'psychic' dari tingkatan yang lebih rendah dapat dikembangkan dengan menggunakan sejenis ramuan obat (drug) tertentu. Tapi metoda yang menggunakan bahan kimia untuk mengembangkan Siddhi adalah cara yang sangat berbahaya dengan akibat-akibat yang sangat mengerikan. 

 

BAGAIMANA TEPATNYA KEKUATAN SIDDHI DIKEMBANGKAN DALAM DIRI SESEORANG? 

Menurut agama Hindu, Siddhi dikembangkan dalam diri manusia dengan mengangkat kekuatan Kundalini atau kekuatan ular melalui saraf tulang belakang. Kekuatan Kundalini ini berada pada 'Muladhara' di balik organ seksual pada dasar dari saraf tulang belakang manusia. 

Diyakini bahwa ketika seorang manusia berkembang secara spiritualitas, kekuatan ini bangkit secara perlahan dan bergerak melewati enam pusat (Chakra) di saraf tulang belakang (spinal cord) dan akhirnya menjadi satu pada titik paling atas dalam otak yang disebut 'Sahasrara'. Pada titik itu orang tersebut mengembangkan Siddhi. Jadi diyakini bahwa merangsang kekuatan itu secara artifisial dari titik istirahatnya dengan bahan kimia dapat menimbulkan kerusakan yang hebat pada badan, karena badan yang normal tidak didesain untuk bertemu dengan kekuatan yang demikian hebat. 

 

APAKAH MANTRA MEMBANTU MENGEMBANGKAN SIDDHI? 

Beberapa Mantra seperti Pranawa atau Gayatri dapat mengembangkan kesadaran dan tidak ada batas bagi pengembangan kesadaran itu. Mantra-mantra ini adalah Mantra dari tingkatan yang tertinggi dan mereka mengembangkan Siddhi secara perlahan dan alamiah, karena itu hal ini diterima dengan baik. Ada beberapa Mantra tertentu seperti Mantra Wasikarni yang dapat dipergunakan untuk tujuan khusus, yaitu untuk mempengaruhi atau menarik seseorang. 

 

AYAH, APAKAH MENURUTMU SIDDHI ITU SANGAT BERBAHAYA? 

Hampir semua orang yang tahu sedikit-sedikit mengenai spiritualitas juga berbicara mengenai Siddhi (occultisme), khususnya mengenai occultisme Hindu, dalam khotbah mereka sehari-hari. Tapi tidak seorangpun yang mengatakan kepada pendengarnya apa sesungguhnya occultisme itu - mana bagian yang berbahaya, mana bagian yang baik. 

Agama Hindu mengatakan bahwa kekuatan Siddhi tidak perlu dicari. Bila ia datang kepadamu, itu akan datang secara alamiah sebagai hasil samping (by-product) dari usaha pencarian Tuhan. Satu hal lain ingin kukatakan. Jangan berupaya melakukan semua jenis latihan Hatha Yoga. Struktur tubuh orang Barat tidak sesuai untuk semua latihan itu. Kamu harus melakukannya dibawah bimbingan dan pengawasan seorang guru Yoga yang ahli. 

Bila seseorang ingin melakukan pranayama, pengajaran atau latihan yang terbaik diberikan oleh "the Self-Realization Fellowship" di Los Angeles, California. Metoda mereka disebut Kriya Yoga dan ini adalah Pranayama 'psychic' (bathin; jiwa). 

Alamat mereka ada dalam buku "Autobiography of a Yogi" oleh Paramahamsa Yogananda yang dijual di setiap toko buku. (Telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Anand Krishna dengan judul "Otobiographi Seorang Yogi", pen). 

Dikatakan bahwa ketika Aleksander Agung menaklukan bagian utara India, dia terkagum-kagum menyaksikan kedalaman spiritualitas Hindu dan juga oleh occultisme Hindu. Asal mula dari Siddhi Hindu ini dapat ditelusuri kebelakang kepada kebudayaan Dravidia di India, jauh sebelum kedatangan orang Arya, paling sedikit lima ribu tahun sebelum masehi. 

Para teolog Hindu menganggap magi hitam (black magic), jampi-jampi untuk mencelakakan orang, dan praktek-praktek berbahaya dari Yoga sebagai occultisme. Latihan pernafasan biasa seperti metoda Hamsa atau Kriya Yoga seperti yang diajarkan oleh "Self-Realization Fellowship" bukan occultisme. Tentu saja semua teolog Hindu mengingatkan para muridnya agar tidak mempraktekkan latihan-latihan tertentu dalam buku-buku Yoga tanpa bimbingan seorang yang ahli mengenai hal itu. 

Gheranda-Samhita dan Hatha-Yoga-Pradipika kemungkinan akan mengundang penyakit dengan melakukan latihan-latihan yang keras tanpa bimbingan seorang ahli. Sirshasana, seni berdiri di atas kepala, hanya bagus bila itu dilakukan secara benar. Bila ini dilakukan secara tidak tepat, seseorang bisa mendapat masalah seperti halusinasi yang sangat menekan. 

 

APAKAH OCCULTISME ADA DIMANA-MANA DI DUNIA? 

 Ia ada dimanapun di dunia ini, termasuk dalam agama Hindu. Kepada mereka yang menyerang agama Hindu sebagai pembawa obor dari occultisme, aku hanya mempunyai satu jawaban. Mohon jangan gunakan lagi uang dollar Amerika Serikat karena uang itu membawa simbol occultisme. 

Simbol atau emblem itu terdiri dari piramid Mesir, Mata Ketiga dari Dewa Siwa (mata yang-melihat-semuanya dari gereja-gereja Kristen Inggris) dan pernyataan "Annuit Coeptis" (artinya "dia menyejahterakan usaha kita") dan "Novus Ordo Seclorum" (artinya "orde baru dari abad-abad" - abad Aquarian, menurut astrologi terjadi setelah abad Emas, Perak, Perunggu dan Baja). 

Konon dibalik dari stempel besar Amerika Serikat, dilukis emblem Masonic yang disebutkan di atas karena lebih dari lima puluh orang penanda-tangan dari Deklarasi Kemerdekaan AS adalah penganut Mason atau Rosicrusian *) dan mereka sangat gemar dengan ilmu-ilmu esoterik seperti astrologi dan Kabbalah. Nama Pentagon untuk markas besar militer AS mempunyai awal occult. Percaya atau tidak, sinar laser yang paling kuat di atas bumi ini disebut "Siva," menyimbolkan cahaya dari mata ketiga Siwa yang amat kuat, dan kata "trident" berasal dari senjata Siwa (Trisula, pen). 

Aku rasa nama-nama mitologi Hindu dibawa ke lembaga pertahanan dan luar angkasa Amerika Serikat oleh para ilmuwan Jerman yang datang ke Amerika Serikat setelah Perang Dunia Kedua. Tampaknya mereka sangat paham tentang Indology. Jadi kita dapat melihat simbol-simbol dari occultisme ada dimana di dunia ini. Kamu dapat melihat aspek metaphisik dari occultisme dalam Rig Weda dan aplikasi praktisnya dalam semua aspek Yoga. Satu kitab suci yang dapat disebut otoritas mengenai occultisme Hindu adalah Atharwa Weda, yang terdiri dari segala mantra-mantra dan juga jampi-jampi magik. Bahkan satu bagian dari Ayurweda (pengobatan Hindu), disebut Bhuta-Widaya, berkaitan dengan penyakit yang disebabkan oleh roh. Sekali lagi, agama Hindu tidak mendukung penggunaan occultisme untuk motive-motive pribadi dan menasehati setiap orang untuk tidak terlibat dalam occultisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar