Google+

Prosesi Penampahan Galungan di Pondok Kebayan Guwang

Prosesi Penampahan Galungan di Pondok Kebayan Guwang

Prosesi Penampahan Galungan
Ngaturan Kawisan di natar Rumah
Kata "Galungan" berasal dari bahasa Jawa Kuna yang artinya menang atau bertarung. Galungan juga sama artinya dengan dungulan, yang juga berarti menang. Karena itu di Jawa, wuku yang kesebelas disebut Wuku Galungan, sedangkan di Bali wuku yang kesebelas itu disebut Wuku Dungulan. Namanya berbeda, tapi artinya sama saja. Seperti halnya di Jawa dalam rincian pancawara ada sebutan Legi sementara di Bali disebut Umanis, yang artinya sama: manis.

Menurut lontar Purana Bali Dwipa, Galungan pertama kali dirayakan pada hari Purnama Kapat, Budha Kliwon Dungulan, tahun Saka 804 atau tahun 882 Masehi. Dalam lontar itu disebutkan:
Punang aci Galungan ika ngawit, Bu, Ka, Dungulan sasih kacatur, tanggal 15, isaka 804. Bangun indria Buwana ikang Bali rajya.
Artinya:
Perayaan (upacara) Hari Raya Galungan itu pertama-tama adalah pada hari Rabu Kliwon, (Wuku) Dungulan sasih kapat tanggal 15, tahun 804 Saka. Keadaan Pulau Bali bagaikan Indra Loka.

Galungan adalah suatu upacara sakral yang memberikan kekuatan spiritual agar mampu membedakan mana dorongan hidup yang berasal dari adharma dan mana dari budhi atma yaitu berupa suara kebenaran (dharma) dalam diri manusia.


Selain itu juga memberi kemampuan untuk membeda-bedakan kecendrungan keraksasaan (asura sampad) dan kecendrungan kedewaan (dewa sampad). Harus disadari bahwa hidup yang berbahagia atau ananda adalah hidup yang memiliki kemampuan untuk menguasai kecenderungan keraksasaan.

Galungan adalah juga salah satu upacara agama Hindu untuk mengingatkan manusia secara ritual dan spiritual agar selalu memenangkan Dewi Sampad untuk menegakkan dharma melawan adharma. Dalam lontar Sunarigama, Galungan dan rincian upacaranya dijelaskan dengan mendetail. Mengenai makna Galungan dalam lontar Sunarigama dijelaskan sebagai berikut:
Budha Kliwon Dungulan Ngaran Galungan patitis ikang janyana samadhi, galang apadang maryakena sarwa byapaning idep
Artinya:
Rabu Kliwon Dungulan namanya Galungan, arahkan ber-satunya rohani supaya mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran.

Jadi, inti Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang inilah wujud dharma dalam diri. Sedangkan segala kekacauan pikiran itu (byaparaning idep) adalah wujud adharma.

upacara Galungan mempunyai arti Pawedalan Jagat atau Oton Gumi. Tidak berarti bahwa Gumi/ Jagad ini lahir pada hari Budha Keliwon Dungulan. Melainkan hari itulah yang ditetapkan agar umat Hindu di Bali menghaturkan maha suksemaning idepnya ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi atas terciptanya dunia serta segala isinya. Pada hari itulah umat angayubagia, bersyukur atas karunia Ida Sanghyang Widhi Wasa yang telah berkenan menciptakan segala-galanya di dunia ini.
Ngaturang maha suksmaning idép, angayubagia adalah suatu pertanda jiwa yang sadar akan Kinasihan, tahu akan hutang budi.
Yang terpenting, dalam pelaksanaan upakara pada hari-hari raya itu adalah sikap batin. Mengenai bebanten tidak kami tuliskan secara lengkap dan terinci. Hanya ditulis yang pokok-pokok saja menurut apa yang umum dilakukan oleh umat. Namun sekali lagi, yang terpenting adalah kesungguhan niat dalam batin.

Dalam rangkaian peringatan Galungan, pustaka-pustaka mengajarkan bahwa sejak Redite Pahing Dungulan kita didatangi oleh Kala-tiganing Galungan. Sang Kala Tiga ialah Sang Bhuta Galungan, Sang Bhuta Dungulan dan Sang Bhuta Amangkurat. Disebutkan dalam pustaka-pustaka itu: mereka adalah simbul angkara (keletehan). Jadi dalam hal ini umat berperang, bukanlah melawan musuh berbentuk fisik, tetapi kala keletehan dan adharma. Berjuang, berperang antara dharma untuk mengalahkan adharma. Menilik nama-nama itu, dapatlah kiranya diartikan sebagai berikut:
  • Hari pertama = Sang Bhuta Galungan. Galungan berarti berperang/ bertempur. Berdasarkan ini, boleh kita artikan bahwa pada hari Redite Pahing Dungulan kita baru kedatangan bhuta (kala) yang menyerang (kita baru sekedar diserang).
  • Hari kedua = Sang Bhuta Dungulan. Ia mengunjungi kita pada hari Soma Pon Dungulan keesokan harinya. Kata Dungulan berarti menundukkan/ mengalahkan.
  • Hari ketiga = Sang Bhuta Amangkurat. Hari Anggara Wage Dungulan kita dijelang oleh Sang Bhuta Amangkurat. Amangkurat sama dengan menguasai dunia. Dimaksudkan menguasai dunia besar (Bhuwana Agung), dan dunia kecil ialah badan kita sendiri (Bhuwana Alit).

Pendeknya, mula-mula kita diserang, kemudian ditundukkan, dan akhirnya dikuasai. Ini yang akan terjadi, keletehan benar-benar akan menguasai kita, bila kita pasif saja kepada serangan-serangan itu. Dalam hubungan inilah Sundari-Gama mengajarkan agar pada hari-hari ini umat den prayitna anjekung jnana nirmala, lamakane den kasurupan. Hendaklah umat meneguhkan hati agar jangan sampai terpengaruh oleh bhuta-bhuta (keletehan-keletehan) hati tersebut. Inilah hakikat Abhya-Kala (mabiakala) dan metetebasan yang dilakukan pada hari Penampahan itu.

Banten Penampahan Galungan
Menurut Pustaka (lontar) Djayakasunu, pada hari Galungan itu Ida Sanghyang Widhi menurunkan anugrah berupa kekuatan iman, dan kesucian batin untuk memenangkan dharma melawan adharma. Menghilangkan keletehan dari hati kita masing-masing. Memperhatikan makna Hari Raya Galungan itu, maka patutlah pada waktu-waktu itu, umat bergembira dan bersuka ria. Gembira dengan penuh rasa Parama Suksma, rasa terimakasih, atas anugrah Hyang Widhi. Gembira atas anugrah tersebut, gembira pula karena Bhatara-bhatara, jiwa suci leluhur, sejak dari sugi manek turun dan berada di tengah-tengah pratisentana sampai dengan Kuningan.

Dari konsepsi lontar Sunarigama inilah didapatkan kesimpulan bahwa hakikat Galungan adalah merayakan me-nangnya dharma melawan adharma. Untuk memenangkan dharma itu ada serangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum dan setelah Galungan. Sebelum Galungan ada disebut Sugihan Jawa dan Sugihan Bali. Kata Jawa di sini sama dengan Jaba, artinya luar. Sugihan Jawa bermakna menyucikan bhuana agung (bumi ini) di luar dari manusia. Sugihan Jawa dirayakan pada hari Wrhaspati Wage Wuku Sungsang, enam hari sebelum Galungan.

Dalam lontar Sundarigama disebutkan bahwa pada hari Sugihan Jawa itu merupakan Pasucian dewa kalinggania pamrastista batara kabeh (Penyucian Dewa, karena itu hari penyucian semua bhatara). Pelaksanaan upacara ini adalah dengan membersihkan segala tempat dan peralatan upacara di masing-masing tempat suci. Sedangkan pada hari Jumat Kliwon Wuku Sungsang disebutkan:

Kalinggania amretista raga tawulan (Oleh karenanya menyucikan badan jasmani masing-masing). Karena itu Sugihan Bali disebutkan menyucikan diri sendiri. Kata bali dalam bahasa Sansekerta berarti kekuatan yang ada di dalam diri. Dan itulah yang disucikan. Pada Redite Paing Wuku Dungulan diceritakan Sang Kala Tiga Wisesa turun mengganggu manusia. Karena itulah pada hari tersebut dianjurkan anyekung jñana, artinya: mendiamkan pikiran agar jangan dimasuki oleh Butha Galungan. Dalam lontar itu juga disebutkan nirmalakena (orang yang pikirannya selalu suci) tidak akan dimasuki oleh Butha Galungan.

Pada hari Senin Pon Dungulan disebut Penyajaan Galungan. Pada hari ini orang yang paham tentang yoga dan samadhi melakukan pemujaan. Dalam lontar disebutkan, "Pangastawaning sang ngamong yoga samadhi."

Pada hari Anggara Wage wuku Dungulan disebutkan Penampahan Galungan. Pada hari inilah dianggap sebagai hari untuk mengalahkan Butha Galungan dengan upacara pokok yaitu membuat banten byakala yang disebut pamyakala lara melaradan. Umat kebanyakan pada hari ini menyembelih babi sebagai binatang korban. Namun makna sesungguhnya adalah pada hari ini hendaknya membunuh sifat-sifat kebinatangan yang ada pada diri. Demikian urutan upacara yang mendahului Galungan.

Setelah hari raya Galungan yaitu hari Kamis Umanis wuku Dungulan disebut Manis Galungan. Pada hari ini umat mengenang betapa indahnya kemenangan dharma. Umat pada umumnya melam-piaskan kegembiraan dengan mengunjungi tempat-tempat hiburan terutama panorama yang indah. Juga mengunjungi sanak saudara sambil bergembira-ria.

Hari berikutnya adalah hari Sabtu Pon Dungulan yang disebut hari Pemaridan Guru. Pada hari ini, dilambangkan dewata kembali ke sorga dan meninggalkan anugrah berupa kadirghayusaan yaitu hidup sehat panjang umur. Pada hari ini umat dianjurkan menghaturkan canang meraka dan matirta gocara. Upacara tersebut barmakna, umat menikmati waranugraha Dewata.

Pada hari Jumat Wage Kuningan disebut hari Penampahan Kuningan. Dalam lontar Sundarigama tidak disebutkan upacara yang mesti dilangsungkan. Hanya dianjurkan melakukan kegiatan rohani yang dalam lontar disebutkan Sapuhakena malaning jnyana (lenyapkanlah kekotoran pikiran).

Keesokan harinya, Sabtu Kliwon disebut Kuningan. Dalam lontar Sundarigama disebutkan, upacara menghaturkan sesaji pada hari ini hendaknya dilaksana-kan pada pagi hari dan hindari menghaturkan upacara lewat tengah hari. Mengapa? Karena pada tengah hari para Dewata dan Dewa Pitara "diceritakan" kembali ke Swarga (Dewa mur mwah maring Swarga).

Demikianlah makna Galungan dan Kuningan ditinjau dari sudut pelaksanaan upacaranya. Macam-macam Galungan Meskipun Galungan itu disebut "Rerahinan Gumi" artinya semua umat wajib melaksanakan, ada pula perbedaan dalam hal perayaannya.

Berdasarkan sumber-sumber kepustakaan lontar dan tradisi yang telah berjalan dari abad ke abad telah dikenal adanya tiga jenis Galungan yaitu: Galungan (tanpa ada embel-embel), Galungan Nadi dan Galungan Nara Mangsa.

Berdasarkan keterangan lontar Sundarigama disebutkan "Buda Kliwon Dungulan ngaran Galungan." Artinya, Galungan itu dirayakan setiap Rabu Kliwon wuku Dungulan. Jadi Galungan itu dirayakan, setiap 210 hari karena yang dipakai dasar menghitung Galungan adalah Panca Wara, Sapta Wara dan Wuku. Kalau Panca Waranya Kliwon, Sapta Waranya Rabu, dan wukunya Dungulan, saat bertemunya ketiga hal itu disebut Hari Raya Galungan.

berdasarkan sekilas tentang perayaan galungan diatas, di Desa Guwang Kecamatan Sukawati tepatnya di Rumah Salah Satu Trah Kebayan, melakukan prosesi kecil yang menurut aturan merupakan kegiatan Utamaning Nista dalam yadnya. ini dilakukan sehubungan dengan perputaran roda perekonomian keluarga yang membutuhkan pertimbangan untuk melaksanakan prosesi lebih besar, sehungungan dengan Rentetan Upacara Yadnya yang "Astungkara" bisa dilaksankan semuanya, mulai dari:
  • Tilem Kesangan (hari raya Nyepi)
  • Buda Umanis Julung wangi, Petoyan Bethara Dalem Ratu Cili (Mrajan Agung Jempeng Puri Guwang) yang merupakan Lelangit Trah Kebayan, kebetulan bertepatan dengan Ngembak Gni,
  • Anggara Wage Dunggulan, Penampahan Galungan yang bertepatan dengan Purnamaning Kedasa merupakan Petoyan / Piodalan di Pura Penataran Agung Besakih
  • Buda Klion Dunggulan, Hari Raya Galungan
  • Wrespati Umanis Dunggulan, merupakan Petoyan /Piodalan di Pura Luhur Batukaru (kawitan Kebayan, serta
  • Saniscara Klion Kuningan, merupakan Petotan Piodalan Pura Dalem Guwang (Kuningan).
karena pertimbangan tersebut, maka tetua keluarga menyarankan melaksanakan Yadnya Utamaning Nista. semua prosesi dilakukan tetapi dengan membatasi tetapi tetap sesuai dengan aturan dasar yadnya galungan.
adapun Prosesinya:

Ngrebas

secara umum arti ngerebas itu "menyembelih"
tetapi sehubungan dengan menyembelih Babi tersebut memerlukan biaya dan tenaga tidak sedikit, akhirnya kami membeli daging babi di pasar "peken anyar guwang".
dalam ngrebas ada prosesi "Bhuta Yadnya" yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu menghaturkan "canang Bakaran". Bakaran biasanya dihaturkan berkenaan dengan proses menyembelih dalam rangka Yadnya.
isi persembahan canang bakaran ini adalah Canang, Tanding Bakaran, Dupa dan Tirta.
adapun isi bakaran tersebut adalah Hati, Jantung, Paru-Paru, Usus dan Darah, semua dalam keadaan mentah. mengenai lokasi dihaturkan canang Bakaran ini yaitu:
  • di tempat ngeruawang / ngrebas (biasanya di dapur)
  • di Natar Sanggah
  • di Natar Rumah
  • di Natar Pelinggih Siwaraksa (bagi yang memiliki) atau Natar Pelinggih Dugul Pengijeng (Ratu Ngurah Sedahan Karang)
prosesi ini tetap dilaksanakan dengan alasan kita tetap ngrebas daging mentah di areal rumah dalam rangka upacara yadnya.

Nglawar Mekarya Ulam Banten

dalam prosesi ini baru dimulai membuat lawar plek (lawar khas desa Guwang dan Ketewel) untuk ulam banten serta untuk dikonsumsi.
membuat sate yang merupakan simbol dari senjata dewa, dalam prosesi utamaning nista cukup menggunakan 5 macam sate yang merupakan simbol senjata Panca Dewata, diantaranya: 
  • sate Lembat (simbol Gada), 
  • sate Kuwung (simbol Cakra), 
  • sate asem (simbol Panah Nagapasa), 
  • sate Jepit Babi (simbol Bajra) dan 
  • sate Lepit Balung (simbol Padma).

Mebanten Kawisan

adapun isi kawisan diantaranya:
sebagai dasar adalah 5 macam lawar (lawar putih, barak, kuning, jukut dan anyangan hati), dengan brengkes (pepes), muluk babi, kulit babi, sate lembat 14 katih serta garam dan sambal.
banten Kawisan
bagian bawang Kawisan
sebagai bunga diatasnya menggunakan 4 macam lawar, sama seperti diatas tetapi tanpa jukut.
bagian atas Kawisan

ini Ulam Kawisan dengan Bakaran

Banten Kawisan di Natar Rumah
kawisan ini dihaturkan di Natar Rumah, dilengkapi dengan canang bakaran, api takep, Nasi Gibungan, Segehan, peras daksina, sebagai persembahan kepada Sang Hyang Kala Tiga Wisesa.

mebanten Saiban

menurut aturan peyadnyan, saiban (yadnya sesa) ini dihaturkan di 5 tempat saja, diantaranya:
  1. Tempat Api, dalam hal ini "tunggu api" (cangkem pawon) bila tidak memilikinya dapat dihaturkan di kompor saja.
  2. Tempat Air, dalam hal ini "Grombong" (tempat air bali kuno di sebelah dapur), bila tidak memiliki di keran air.
  3. Tempat Beras istilah balinya "Ampik" dan Menumbuk dalam istilah bali disebut dengan "Lesung dan Luu"
  4. Tempat Memotong, dalam hal ini "Talenan dengan Pisaunya"
  5. Alat Pembersih rumah, Sapu dan serok
tetapi karena kebiasaan di desa guwang, banten saiban ditambahkan lagi di setiap pelingih rumah, bangunan rumah dan beberapa tempat yang dianggap perlu. setelah menghaturkan saiban ini barulah dipersilahkan untuk "ngunggahin" alias makan.

Membuat Penjor

ini merupakan sesi akhir di hari penampahan galungan.
sedikit tentang penjor. Kata Penjor berasal dari kata “Penjor”, yang dapat diberikan arti sebagai, “Pengajum”, atau “Pengastawa”, kemudian kehilangan huruf sengau, “Ny” menjadilah kata benda sehingga menjadi kata, “Penyor” yang mengandung maksud dan pengertian, ”Sebagai Sarana Untuk Melaksanakan Pengastawa”.

Penjor Galungan ditancapkan pada Hari Selasa/Anggara wara/wuku Dungulan yang dikenal sebagai hari Penampahan Galungan yang bermakna tegaknya dharma. Penjor dipasang atau ditancapkan pada lebuh didepan sebelah kanan pintu masuk pekarangan. Bila rumah menghadap ke utara maka penjor ditancapkan pada sebelah timur pintu masuk pekarangan. Sanggah dan lengkungan ujung penjor menghadap ke tengah jalan. Bahan penjor adalah sebatang bambu yang ujungnya melengkung, dihiasi dengan janur/daun enau yang muda serta daun-daunan lainnya (plawa). Perlengkapan penjor Pala bungkah (umbi-umbian seperti ketela rambat), Pala Gantung (misalnya kelapa, mentimun, pisang, nanas dll), Pala Wija (seperti jagung, padi dll), jajan, serta sanggah Ardha Candra lengkap dengan sesajennya. Pada ujung penjor digantungkan sampiyan penjor lengkap dengan porosan dan bunga. Sanggah Penjor Galungan mempergunakan Sanggah Ardha Candra yang dibuat dari bambu, dengan bentuk dasar persegi empat dan atapnya melengkung setengah lingkaran sehingga bentuknya menyerupai bentuk bulan sabit.

Tujuan pemasangan penjor adalah sebagai swadharma umat Hindu untuk mewujudkan rasa bakti dan berterima kasih kehadapan Ida Sanghyang Widi Wasa. Penjor juga sebagai tanda terima kasih manusia atas kemakmuran yang dilimpahkan Ida Sang Hyang Widi Wasa. Bambu tinggi melengkung adalah gambaran dari gunung yang tertinggi sebagai tempat yang suci. Hiasan yang terdiri dari kelapa, pisang, tebu, padi, jajan dan kain adalah merupakan wakil-wakil dari seluruh tumbuh-tumbuhan dan benda sandang pangan yang dikarunia oleh Hyang Widhi Wasa.

Penjor Galungan adalah penjor yang bersifat relegius, yaitu mempunyai fungsi tertentu dalam upacara keagamaan, dan wajib dibuat lengkap dengan perlengkapan-perlengkapannya.

Dilihat dari segi bentuk penjor merupakan lambang Pertiwi dengan segala hasilnya, yang memberikan kehidupan dan keselamatan. Pertiwi atau tanah digambarkan sebagai dua ekor naga yaitu Naga Basuki dan Ananta bhoga. Selain itu juga, penjor merupakan simbol gunung, yang memberikan keselamatan dan kesejahteraan. Hiasan-hiasan adalah merupakan bejenis-jenis daun seperti daun cemara, andong, paku pipid, pakis aji dll. Untuk buah-buahan mempergunakan padi, jagung, kelapa, ketela, pisang termasuk pala bungkah, pala wija dan pala gantung, serta dilengkapi dengan jajan, tebu dan uang.

Didalam Lontar “Tutur Dewi Tapini, Lamp. 26”, menyebutkan sebagai berikut :
“Ndah Ta Kita Sang Sujana Sujani, Sira Umara Yadnva, Wruha Kiteng Rumuhun, Rikedaden Dewa, Bhuta Umungguhi Ritekapi Yadnya, Dewa Mekabehan Menadya Saraning Jagat Apang Saking Dewa Mantuk Ring Widhi, Widhi Widana Ngaran Apan Sang Hyang Tri Purusa Meraga Sedaging Jagat Rat, Bhuwana Kabeh, Hyang Siwa Meraga Candra, Hyang Sadha Siwa Meraga “Windhune”, Sang Hyang Parama Siwa Nadha, Sang Hyang Iswara Maraga Martha Upaboga, Hyang Wisnu Meraga Sarwapala, Hyang Brahma Meraga Sarwa Sesanganan, Hyang Rudra Meraga Kelapa, Hyang Mahadewa Meraga Ruaning Gading, Hyang Sangkara Meraga Phalem, Hyang Sri Dewi Meraga Pari, Hyang Sambu Meraga Isepan, Hyang Mahesora Meraga Biting

Oleh karena itu, membuat sebuah penjor sehubungan dengan pelaksanaan upacara memerlukan persyaratan tertentu dalam arti tidak asal membuat saja, namun seharusnya penjor tersebut sesuai dengan ketentuan Sastra Agama, sehingga tidak berkesan hiasan saja. Sesungguhnya unsur-unsur penjor tersebut adalah merupakan symbol-simbol suci, sebagai landasan peng-aplikasian ajaran Weda, sehingga mencerminkan adanya nilai-nilai etika Agama. Unsur-unsur pada penjor merupakan simbol-simbol sebagai berikut:
  • Kain putih yang terdapat pada penjor sebagai simbol kekuatan Hyang Iswara.
  • Bambu sebagai simbol dan kekuatan Hyang Brahma.
  • Kelapa sebagai simbol kekuatan Hyang Rudra.
  • Janur sebagai simbol kekuatan Hyang Mahadewa.
  • Daun-daunan (plawa) sebagai simbol kekuatan Hyang Sangkara.
  • Pala bungkah, pala gantung sebagai simbol kekuatan Hyang Wisnu.
  • Tebu sebagai simbol kekuatan Hyang Sambu.
  • Sanggah Ardha Candra sebaga: simbol kekuatan Hyang Siwa.
  • Upakara sebagai simbol kekuatan Hyang Sadha Siwa dan Parama Siwa.
Penjor terpancang di muka rumah dengan megah dan indahnya. Ia adalah lambang pengayat ke Gunung Agung, penghormatan ke hadirat Ida Sanghyang Widhi. Janganlah penjor itu dibuat hanya sebagai hiasan semata-mata. Lebih-lebih pada hari raya Galungan, karena penjor adalah suatu lambang yang penuh arti. 

Pada penjor digantungkan hasil-hasil pertanian seperti: padi, jagung, kelapa, jajanan dan lain-lain, juga barang-barang sandang (secarik kain) dan uang. Ini mempunyai arti: Penggugah hati umat, sebagai momentum untuk membangunkan rasa pada manusia, bahwa segala yang pokok bagi hidupnya adalah anugrah Hyang Widhi. Semua yang kita pergunakan adalah karuniaNya, yang dilimpahkannya kepada kita semua karena cinta kasihNya. Marilah kita bersama hangayu bagia, menghaturkan rasa Parama suksma. 

Demikian kegiatan atau Prosesi Penampahan Galungan di Pondok Kebayan Guwang, semoga ini bisa menjadi bayangan dan pertimbangan bagi semeton tityang yang masih kurang menjalankan prosesi Upacara Yadnya Galungan. semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Om Swastiastu.. salam kenal, tyang Gung Nova, tinggal di Sleman, Jogjakarta. Ternyata sama2 memiliki almamater UNUD ya :). Menarik tyang baca di artikel ini ada kalimat "Wrespati Umanis Dunggulan, merupakan Petoyan /Piodalan di Pura Luhur Batukaru (kawitan Kebayan...." Mohon maaf, apa palinggih yg dimaksud adalah palinggih Ida Kariinan Kubayan Sakti, yg terletak di pojok wayabhya (barat laut) utama mandala Kahyangan Jagat Batu Karu? Tyang kalau sembahyang juga di situ. Di artikel lain penulis mengunggah artikel tentang trah Kubhayan, atau Pasek Kubhayan. Setahu tyang dari panglingsir di Tunjuk (Tabanan), Kubhayan berbeda dengan Pasek Kubhayan. Mohon penjelasannya. Matur suksma. Salam dari tyang, preti sentana Kubayan Wongaya Gede Tunjuk Tabanan. Om Shanti Shanti Shanti Om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. om swastiastu...
      inggih.. nika maksud tyg, ring pura luhur batukaru
      mengenai simpang siur indik trah kubayan,
      hingga saat ini tyg blm menemukan "prasasti", "babad" ataupun "raja purana" yang mnyentuh / berhubungan langsung dengan kawitan kubayan
      saat ini tyg br memiliki patokan yang tertulis di "batu prasasrti" yang terletak di Purana Pura Luhur Batukaru, dimana menurut angka tahunnya merujuk pemerintahan Sri Kesari Warmmadewa yang penggalan bunyinya:

      "..... khabayan, paraning wwang ngawiwit kahyangan kalano. Lwir ring Pura Luhur Watukaru samana anabdab kahyangan lawan pada khubayan ing kana ..."

      kalau diartikan secara umum:
      khabayan / kubayan / kebayan itu nama jabatan yang diberikan orang yang dipercayai untuk mengamong pura khayangan (mangku)

      ini dibuktikan dengan adanya sebutan "jro kubayan" di pura2 khayangan jagat di bali. dilihat dari prasasti diatas, sebutan "jro kubayan" berawal dari pemerintahan Sri Kesari Warmmadewa.

      berdasarkan prasari (yang ditulis diatas lempengan tembaga) yang merupakan piagam yang diberikan dalem klungkung kepada keluarga tyg,yang mendukung isi purana pura luhur batukaru diatas..

      "... hana putranira Kyayi Gusti Agung Pasek Gelgel pinih untat, kalanira rare nandang gring rahat kepati - pati, wekasan ri sampun sira warasa, inaran Kyayi Pasek Kubhayan. hana pwa waranugrahanira Bhatara Kawitan muwangwaranugraha nira sri dalem ri sira Kyayi Pasek Kubhayan wenang dadi kubhayan ring Pura Desa Bale Agung muwah muputang sahananing karya sosot, sesangi muwang punagi, sosot ulih kang huwus manikel, ketampi antuk Gaduh Salahin Dangka muwang Ngukuhin tur padha mengarepin suci, maka cihna karyane puput ..."

      arti sekilasnya:
      salah satu anak "Kyayi Gusti Agung Pasek Gelgel" paling kecil yang sakit2 hingga hampir meninggal, setelah dewasa dikenal dimasyarakat dengan sebutan "Kyayi Pasek Kubhayan", yang diberi wewenang mengatur / nemong kayangan jagat di bali.

      sekian sekilas penjelasan tyg.. bila ada kurang mohon masukannya :D

      Hapus