Google+

I Gusti Anglurah Panji Sakti Mengangkat Purohita

I Gusti Anglurah Panji Sakti Mengangkat Purohita

Mengangkat Pedanda Kemenuh sebagai Purohita.

Pada waktu pemerintahan Gelgel dikuasai I Gusti Agung Maruti dengan gelar Dalem Maruti Di Made, sebagaimana telah diceritakan, banyak petinggi kerajaan mengungsi ke luar wilayah Gelgel, ada yang ke wilayah Timur ada yang ke Barat, bahkan ada yang ke Den Bukit.

Demikian juga dialami oleh seorang Pendeta Brahmana Kemenuh yang bergelar Pedanda Wiraghasandi ingin kembali ke Jawa karena merasa sudah tidak diperlukan lagi berada di Gelgel yang pemerintahannya tidak seperti dulu lagi. Beliau dengan keluarga dan pengiring yang setia sudah beberapa lama berada di desa Kayuputih wilayah Den Bukit. Beliau diterima baik oleh Bendesa Ki Pasek Gobleg. Pedanda Wiraghasandi selain ahli dalam Weda juga pandai membuat senjata seperti keris bertuah, sehingga dikenal dengan "keris pakaryan Kayuputih". 

Pada suatu hari Ida Pedanda bersiap untuk berangkat meneruskan perjalanannya kembali ke Jawa, karena sudak cukup lama berada di desa Kayuputih. Namun dicegah oleh Bendesa Ki Pasek Gobleg agar beliau jangan pergi dan mohon dengan sangat kesediaannya untuk terus menetap di Kayuputih. Ida Pedanda mengatakan, beliau merasa ragu untuk mengikuti permintaan Ki Bendesa karena belum mendapat ijin I Gusti Ngurah Panji. Seketika Ki Pasek Gobleg tersentak, bahwa benar apa yang dikatakan Ida Pedanda. Maka segera Ki Pasek Gobleg minta diri dan segera menghadap I Gusti Ngurah Panji di Puri Panji.


Setelah Ki Pasek Gobleg memaparkan peristiwa yang menimpa Ida Pedanda Wiraghasandi, segera I Gusti Ngurah Panji menyongsong ke Kayuputih. Singkat cerita, terjadilah pembicaraan yang akrab dan saling menghormati. I Gusti Ngurah Panji mengangkat Ida Pendanda Wiraghasandi sebagai Bagawanta atau Purohita dan dikenal dengan nama Pedanda Sakti Ngurah. Beliau dipindahkan ke Asram Banjar Ambengan dengan menguasai wilayah sebelah Barat Kalibukbuk dengan penduduk 3000 orang.

Membuat Tatabuhan Kerajaan

Dengan didampingi seorang Bagawanta, I Gusti Ngurah Panji setiap waktu bisa mendapat petunjuk mengenai tata cara dan melengkapi persyaratan dalam membentuk kerajaan yang kuat dan mandiri. Atas petunjuk yang diberikan oleh Sang Bagawanta dibangun Prangkat Tatabuhan sebagai salah satu kelengkapan sebuah Kaprabonan atau Kerajaan. Perangkat tatabuhan diberi nama Juruh Satukad, paling depan dan belakang adalah Terompong, karena suaranya sangat menyayat hati dan manis seperti madu mengalir memenuhi sungai. Sepasang padahi disebut Bentar Kedaton karena suaranya seperti guruh membelah langit. Sebuah bende dinamai Ki Gagak Ora, suaranya seperti ribuan burung, sebuah petuk kajar dikenal dengan nama Ki Tundung Musuh, dengan suara mengerikan membuat musuh lari terbririt-birit. Kemudian ada beri yang namanya Glagah Katunwan dengan suara seperti padi kebakaran yang sangat menakutkan. Kemudian ada sepasang gubar, suaranya seperti guntur bertalu-talu karenanya diberi nama Gelap Kesanga. Demikianlah Tatabuhan yang telah dimiliki oleh I Gusti Ngurah Panji yang telah menyatakan diri sebagai raja Buleleng (Den Bukit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar