Google+

Gelombang-gelombang otak dan Biofeedback - AM I A HINDU

berikut adalah lanjutan resume dari buku 

AM I A HINDU ( Apakah Saya Hindu ? ) 

dimana dibawah ini dijelaskan tentang "Sains Reinkarnasi" buku ini di tulis oleh Ed. Viswanathan (Diterjemahkan oleh NP Putra) 

 

APAKAH GELOMBANG ALPHA, THETA DAN DELTA? 

Well, mari kujelaskan segalanya dari awal. Otak menghasilkan sejumlah kecil listrik yang dapat diukur. Dewasa ini para dokter mengambil listrik ini dengan menggunakan sebuah mesin yang disebut electroencephalograph (EEG). 


Listrik yang diambil dengan cara itu diperbesar dan ditayangkan dalam bentuk visual oleh sebuah pen mengikuti garis naik turun (jagged line) di atas kertas graphik yang bergerak. Para dokter menyebut ini graphik gelombang otak. Sesuai dengan variasi dalam frekuensi, para ilmuwan menamakan empat gelombang dasar otak alpha, beta, delta (satu sampai empat lingkaran/cicle per detik) dan theta (empat sampai tujuh lingkaran/cicle per detik). 

Yang paling cepat dari keempat gelombang itu adalah beta, dengan tiga belas atau lebih getaran per detik, satu pola gelombang dihubungkan dengan sebuah kondisi sadar atau aktif. Gelombang alpha (tujuh atau tigabelas getaran/vibrasi per detik) terjadi dalam otak selama dalam keadaan relaksasi yang lebih maju. Penemuan dari gelombang -gelombang alpha sesungguhnya mengejutkan masyarakat ilmiah dan menghasilkan perkembangan dari sistem biofeedback. 

 

APA YANG DIMAKSUD DENGAN SISTEM BIOFEEDBACK? 

Ketika pada ilmuwan menemukan jenis-jenis gelombang otak yang berbeda, mereka berpendapat gelombang-gelombang otak itu di luar kontrol manusia. Kemudian secara kebetulan mereka menemukan bahwa manusia secara sadar dapat menempatkan diri mereka ke dalam keadaan gelombang alpha dari otaknya. Ini sesunguhnya suatu penemuan revolusioner dalam dunia sains. Kemudian sejumlah ilmuwan memulai percobaan dengan manusia, membuat mereka secara sadar (sengaja) menghasilkan gelombang-gelombang alpha. Metode dimana seorang manusia secara sadar menghasilkan gelombang-gelombang alpha dengan secara nyata mengetahui sebelumnya gelombang-gelombang yang dihasilkan oleh otaknya disebut sebagai biofeedback. 

Dijelaskan secara lebih rinci, pertama orang tersebut disambungkan pada satu mesin electroencephalograph. Setiap kali gelombang alpha muncul mesin itu mengeluarkan bunyi. Orang tersebut kemudian mencoba menjaga bunyi atau nada itu berlanjut terus dengan membuat gelombang-gelombang alpha, dan ini disebut sebagai biofeedback. Kebanyakan orang menemukan bahwa mereka sungguh-sungguh merasa rileks dalam keadaan gelombang alpha. Kemudian beberapa orang mulai menyatakan bahwa mereka menemukan prinsip-prinsip dasar yang ada di balik meditasi Yoga. 

 

APAKAH BIOFEEDBACK DAN MEDITASI ADALAH SATU DAN SAMA? 

 Sistem biofeedback adalah sangat penting dan ia membantu sejumlah besar orang untuk rileks secara benar. Tapi ia tidak dapat dibandingkan dengan meditasi. Para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa meditator bergerak dari alpha ke theta dan kadang-kadang ke gelombang-gelombang delta selama meditasi. Lagi pula tiada seorangpun dapat membuat sebuah mesin seperti electroencephalograph sebagai seorang hakim untuk membandingkan biofeedback dengan meditasi. 

Mesin ini hanya memberikan satu ukuran kasar dari aktifitas otak. Ia tidak punya kemampuan untuk melihat lebih dalam ke dalam "kenapa" dan "bagaimana" gelombang-gelombang otak itu. Tentu saja EEG digunakan dalam diagnosis yang tepat untuk penyakit-penyakit seperti epilepsi dan kasus-kasus lain dari kerusakan otak. Dewasa ini ia digunakan secara luas untuk menentukan apakah seseorang hidup atau mati. Tapi ilmu pengetahuan hanya tahu bahwa berhentinya aktivitas listrik dalam otak berarti mati. Ia tidak tahu bagaimana memasukkan atau merangsang aktivitas listrik dalam otak yang sudah berhenti atau mati. 
Jadi kita masih harus menempuh jalan yang amat panjang untuk mengetahui otak dan gelombang-gelombang otak. 

Bagaimana ilmu pengetahuan dapat menjelaskan kemampuan dari seorang Yogi yang dapat tetap sadar secara penuh dan dengan menutup dirinya sepenuhnya dari dunia luar? 

Kemampuan dari beberapa Yogi untuk melakukan ini sepenuhnya dibenarkan oleh pusat-pusat penelitian parapsychologi. Baiklah kuulangi lagi bahwa seseorang sama sekali tidak dapat mengumumkan penilaian atas meditasi atau bahkan perbandingan biofeedback dan meditasi dengan semacam alat seperti EEG itu. Mesin ini hanya menilai aktivitas listrik dipermukaan otak dan sebagai demikian hanya menyediakan ukuran-ukuran sangat kasar dari aktivitas listrik dalam otak. 

Buku Plato "Republic" dan buku Aldous Huxley "Brave New World" diperintah oleh rangsangan otak. Para ilmuwan di seluruh dunia melakukan banyak sekali percobaan-percobaan mengenai Yogi, dan kita hanya dapat berharap bahwa suatu hari nanti mereka mungkin menemukan hal-hal yang sangat berharga dari meditasi. 

Hippocrates (400 SM) berkata, "Manusia harus mengetahui bahwa dari otak dan hanya dari otak muncul kesenangan, kebahagiaan, tawa dan senda gurau/lelucon sebagaimana juga kesedihan, kesakitan, penderitaan dan air mata kita."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar