Google+

Markandeya Purana

Markandeya Purana

Markandeya Purana yang terkenal adalah satu di antara delapan belas Mahapuranas. Purana ini memiliki karakter yang berbeda dari semua yang lain. It has nothing sectarial dari semangat, sedikit dari agama nada; jarang memasukkan invocations dan doa-doa kepada dewa, dan seperti yang dimasukkan singkat dan moderat. It deals sedikit di precepts, upacara atau moral. Nya adalah fitur yang naratif; dan menyajikan sebuah terganggu suksesi dari legenda, yang paling kuno adalah ketika embellished dengan keadaan baru, dan ketika baru sampai saat ini bagian dari semangat yang lama, bahwa mereka tdk memihak kreasi dari imajinasi, yang tidak tujuan tertentu, yang dirancang khusus untuk merekomendasikan tidak doktrin atau pemeliharaan.

Purana yang dibagi menjadi lima bagian berbeda, yaitu:


  1. Bab 1-9, yang disebut oleh Jaimini ke Markandeya Burung yang bijaksana, dan mereka langsung menjelaskan kepadanya empat pertanyaan yang bingung dia dan beberapa hal-hal terhubung.
  2. Bab 10-41, di mana, meskipun Jaimini propounds pertanyaan lebih lanjut ke Burung dan mereka nominal mereka secara terperinci, namun sebenarnya adalah speaker Sumati, nicknamed Jada, dan ayahnya.
  3. Bab 42-78: disini, meskipun Jaimini dan Burung adalah nominal speaker, namun sebenarnya adalah speaker Markandeya dan murid Kraustuki.
  4. Bab 79-90, yang Devi-mahatmya, (popularly dikenal sebagai Durgasaptasati) interpolasi yang murni, yang sebenarnya adalah sebuah speaker RSI bernama Medhas, dan yang hanya diulang oleh Markandeya.
  5. Bab 91-134, Markandeya dan membawa mereka Kraustuki wacana. Pada akhirnya, di dekat sini Burung lama wacana yang disampaikan oleh Markandeya, dan Jaimini thanks mereka dan berangkat.

Saat ini adalah edisi baru terdiri direvisi dan saat ini tersedia dengan teks Sansekerta dan terjemahan dari Pargiter. Selain itu, editor telah diberikan terjemahan sendiri di tempat-tempat yang sesuai dan diabaikan terjemahan flowless ayat yang ditemukan dalam teks tersedia Bombay edisi dan edisi lain yang tersedia.

ISI

Pendahuluan iii-xvi

ch. 1-3
Jaimini diterapkan Markandeya instruksi untuk empat pertanyaan. Markandeya dia dirujuk ke empat Burung belajar, anak-anak Drona dan Apsaras Vapu yang telah dikutuk oleh RSI Durvasas menjadi burung, dan menceritakan cerita mereka lahir, dan pendidikan mereka oleh Samika, dan menjelaskan bahwa mereka empat brahmanas, yang begitu lahir, karena dikutuk oleh ayah mereka tidak Sukrsa untuk menawarkan tubuh mereka sebagai makanan untuk burung yang lapar.
1-10

Burung dari wacana yang di Jaimini dari empat pertanyaan

ch. 4-9
Jaimini mengunjungi Burung di Vindhya Mts. dan mereka menjawab pertanyaan itu empat sehingga: - Visnu diasumsikan bentuk tubuh untuk menyelesaikan baik; Draupadi menjadi istri bersama lima Pandavas karena semua emanations dari Indra; Baladeva berkomitmen brahmanicide selama kemabukan dan expiated dengan ziarah, dan lima Visva Devas, yang pada Visvamitra melihat dari kebrutalan ke raja Hariscandra, censured Visvamitra, timbul sehingga ia mengutuk dan dilahirkan sebagai anak-anak lima Draupadi mati muda dan belum.

Berita ini memimpin Burung di Jaimini permintaan untuk menceritakan seluruh kisah Hariscandra raja dari segala penderitaan dan kebahagiaan, dan memerangi dahsyat yang dihasilkan itu antara Vasistha dan Visvamitra sebagai raksasa burung.
15-51

Burung yang 'wacana di Jaimini dari pertanyaan lebih lanjut

Wacana tentang kehidupan, kematian dan tindakan
ch. 10-15
Jaimini propounded pertanyaan lebih lanjut mengenai konsep, hidup yg berhubung dgn janin, kelahiran, pertumbuhan, kematian dan konsekuensi dari tindakan, dan Burung jawab oleh mereka yang menerima instruksi bahwa Brahman, Sumati, nick-bernama Jada, setelah memberikan kepada ayahnya (bab 10 -- 30).

Dengan demikian, dalam memberikan Burung Jada dari kata keterangan kematian, setelah-keberadaan dan Hells tertentu; manusia konsepsi dan kelahiran, dan semua keberadaan evils; tertentu lainnya Hells dan berbagai terrible torments kenakan sana, dan mereka menceritakan cerita dari keturunan raja dari Vipascit ke neraka, dengan wacana mengenai tindakan dan hukuman yang spesifik untuk suatu daftar panjang dari berbagai dosa, dan kepada penyelamatan dari neraka bersama-sama dengan orang lain yg melahirkan di sana.
54-74

Cerita menggambarkan agama ketaatan (yoga)

ch. 16-17
The Burung, terus Jada dari wacana, broached subyek yoga atau agama kesetiaan, tetapi prefaced dengan panjang naratif (bab 16 hingga 39). J Mandavya Brahman disimpan dari kutukan oleh para istri setia, yang dihentikan meningkatnya matahari dan keuntungan yang didapat dari Atri isteri Anasuya; para allah makanya Anasuya diberkati, dan Brahma, Visnu dan Siva dia dilahirkan sebagai anak laki-laki tiga Soma, Dattatreya dan Durvasas; Dattatreya indulged dalam kenikmatan sensual; Arjuna Kartavirya Namun, yang dianjurkan oleh para menteri Garga untuk memperdamaikan Dattatreya, karena Dattatreya (sebagai sebuah jelmaan dari Visnu) telah sekali 'menyelamatkan allah dari iblis, yang melakukannya dan berkat dari Dattatreya reigned gloriously. 106 ini dipimpin ke cerita Alarka, yang digunakan untuk menyampaikan politik, agama dan sosial instruksi (bab 17-41).
80-94

Alarka kelahiran dan pendidikan

c. 18-23
Raja Satrujit anak Rtadhvaja tinggal di intim persahabatan dengan dua Naga raja, mereka mengatakan kepada ayah mereka Asvatara - Rtadhvaja cara yang telah succoured Brahman Galava dengan bantuan yang menakjubkan kuda bernama Kuvalaya, dan turun ke Patala, iblis yang telah membunuh Patala-Ketu sana, dan telah menikah dan rescued yang Gandharva princess Madalasa, dan terkenal sebagai Kuvalayasva, dan juga bagaimana iblis telah menyebabkan Madalasa mati pada laporan palsu Kuvalayasva kematian. Raja Asvatara, kemudian oleh propitiating Sarasvati, ikut serta keterampilan sempurna dalam puisi dan musik (yang dijelaskan), dan diterima oleh propitiating Siva Madalasa dikembalikan ke kehidupan; Kuvalayasva dia diundang ke Patala dan memberikan Madalasa kembali kepadanya. Kuvalayasva mempunyai seorang anak laki-laki oleh perempuan itu, dan dia prattled ke bayi, mereka telah tiga lainnya anak laki-laki dan ia dinamakan Alarka bungsu.
97-124

Politik, agama dan sosial instruksi

ch. 24-32
Kemudian diikuti sebuah eksposisi politik, agama dan sosial dalam doktrin sbg instruksi yang diberikan oleh Madalasa ke Alarka. Dia diinstruksikan kepadanya di dalam melaksanakan tugas dan seorang raja, dalam tugas dari empat Castes dan seorang Brahmana hidup; dalam tugas-tugas umum dari grhastha dan berbagai urusan agama, dalam tugas-tugas yang grhastha secara rinci; dalam upacara sraddha ; dalam performa yang Parvana Sraddha dan orang yang akan dikeluarkan; di Voluntary sraddhas dan manfaat dan tepat waktu, dalam aturan Virtuous Custom, secara umum dengan lebih detail dan; tentang diet, pemurnian, melakukan, hari suci dan berbagai upacara keagamaan. 129-158

Eksposisi agama ketaatan (Yoga)

ch. 33-41
Rtadhvaja kemudian mengundurkan diri ke Alarka kerajaannya dan berangkat ke hutan. Senang tinggal di Alarka, tetapi, yang dikurangi menjadi besar Straits oleh saudaranya dan raja Kasi, memohon bantuan dari Dattatreya. Dattatreya berbicara tentang jiwa dan, pada Alarka bertanya tentang agama dari ketaatan (yoga), expounded metode, kondisi dan tanda-tanda kinerja yang baik, yang hadir ailments dan tahapan yang mengarah pada akhir dari keberadaan emansipasi; cara yang harus yogi hidup, mengemis, dan makan sampai kepada akhir; komposisi, makna dan manfaat dari kata "Om"; omens sakit dan makna, dan musim, dan pentingnya, yoga. Alarka kemudian melepaskan kerajaan, tetapi saudaranya, senang di 'Alarka konversi, menolak dan pergi. Alarka memberikannya kepada anak laki-laki dan berangkat ke hutan. Ini berakhir Jada's eksposisi.
164-187

Burung dari wacana yang pada pertanyaan lebih lanjut dari Jaimini

Wacana mengenai Penciptaan
ch. 42-49
Jaimini menaruh pertanyaan lebih lanjut, dan Burung jawab mereka Markandeya mengulangi apa yang telah diajarkan Kraustuki. Wacana ini berjalan pada akhir Purana.
Markandeya, setelah extolling ini Purana, dijelaskan kursus penciptaan dari Brahma melalui Pradhana, dan keduniaan telur, ia discoursed tentang Brahma, dan dijelaskan Tuhan dan manusia dan waktu empat usia. Dia menggambarkan penciptaan bumi dan semua berisi; para allah, iblis, pitrs, manking, dan posisi mereka ditugaskan; asal ras manusia di jaman purba dan evolusi sosial dan moral, yang lahir dari sembilan Sages, Rudra, manu Svayambhuva dan keturunannya, dan keturunan Daksa; J-dharma dan anak, terutama Duhsaha goblin dan kekuasaan, yang memeram goblins dari hags dan diberi nama dengan fungsi tertentu; penciptaan yang Kudras, dan istri-istri dan keturunan dari rsis dan pitrs.
190-230

Account yang Manus

ch. 50
Markandeya berikutnya discoursed dari Manus dan manvantaras. Dia memberitahu yang pertama Manu, Svayambhuva, dan keturunan yang peopled tujuh benua. Jambudvipa yang diduduki oleh Agnidhra, dan keturunan Bharata memberi namanya ke India. Ini diperkenalkan subjek geografi.
233

Geografi

ch. 51-57
Markandeya dijelaskan bumi dan benua, terutama Jambu-dvipa; dan juga Gunung Meru, pertama sebentar, dan kemudian dengan penuh menyebutkan hutan di sekitarnya, gunung dan danau, dan pada waktu yang berbeda dalam Ganges di langit dan di bumi. Dia menyebutkan sembilan divisi dari Bharata, kemudian berurusan dengan India secara rinci; nama-nya tujuh gunung rentang dan tersebar bukit, dan sungai-sungai, mereka bedakan menurut sumber, di Himalaya, yang Paripatra, yang Vindhya, yang Rksa, yang Sahya, di Malaya, dan Mahendra di Suktimat rentang. Dia bernama berbagai bangsa inhabiting India dan confines, karena menurut mereka berdiam di Tengah Tanah (Madhya-desa), di sebelah utara-barat, di luar arah utara, di sebelah utara, di sebelah timur, di sebelah selatan, di sebelah barat, Vindhya di sekitar gunung-gunung dan di bawah Himalayas.
Berikut mewakili Indonesia sebagai istirahat setelah Visnu dalam bentuk kura-kura, bernama Markandeya berbagai bangsa (yang sesuai dengan constellations lunar) sebagai disalurkan melalui bagian tengah tubuh kura-kura, lebih-nya wajah, dan kaki kanan bagian depan, dan kanan lambung, dan hak-hind makanan, dan ekor, dan kaki kiri tengkuk, yang terletak di samping kiri dan kaki kiri bagian depan, dan dia menambahkan beberapa Astrological, agama dan politik komentar. Dia kemudian menggambarkan negara Bhadrasva, Ketumala, di Northern Kurus, Kimpurusa, Hari-varsa, Ilavrta, Ramyaka, dan Hiranmaya.
236-295

Account yang Manus (dilanjutkan)

ch. 58-77
Markandeya terkait kelahiran kedua Manu. J Brahman Himavat dikunjungi dan bertemu dengan seorang Apsaras Varuthini; yang Gandharva Kali oleh personating dia memperoleh kasih sayang dia dan dia seorang anak laki-laki Svarocis membosankan. Svarocis menyampaikan gadis Manorama dari kutukan dan dia menikah, dan juga rescued her girl-dua sahabat-sahabatnya dan mereka menikah, setelah lama tinggal di lalai senang dengan mereka, dia mempunyai tiga anak-anak yang didirikan pada dia terpisah oleh kerajaan yang disebut Padmini pengetahuan dan dia oleh dewi hutan lainnya yang menjadi anak Dyutimat kedua Manu, Svarocisa; dan periode yang perhatikan. Yang kiasan kepada pengetahuan Padmini wacana diperkenalkan pada pendukung, yang Nidhis.
Terus, Markandeya terkait bagaimana raja Uttama banished his ratu untuk naik darah, dan membantu untuk menemukan sebuah Brahman itu sakit marah istri yang telah dibawa off; dia rebuked oleh RSI untuk melakukan sendiri, ia kembali dengan Brahman isteri, yang buruk tersembunyi; Brahman yang berubah sifat dia dan dia Raksasa dikembalikan ke raja Uttama; dia membosankan seorang anak laki-laki, yang menjadi yang ketiga Manu, Auttama, dan perhatikan adalah periode.
Markandeya terkait bagaimana raja Svarastra ketika didorong dari kerajaannya, ia bertemu dengan almarhum ratu, dan seorang anak laki-laki yang telah menjadi keempat Manu, Tamasa; nya adalah bahwa periode. RSI Rtavac yang menjadikan konstelasi Revati jatuh; gadis yang lahir itu, dia menikah Durgama raja dan membosankan seorang anak laki-laki, yang menjadi kelima Manu, Raivata; nya adalah bahwa periode. Caksusa, yang berubah bila bayi oleh masygul, menjadi kingVikranta dari anak laki-laki, tetapi menjadi sebuah ascetic dan menjadi yang keenam Manu, Caksusa; nya adalah bahwa periode.
Melanjutkan manvantaras, Markandeya kata menikah Minggu Tvastr's daughter Sanjna dan mempunyai dua anak laki-laki Vaivasvata dan Yama; Sanjna quitted dia, dia meninggalkan Shadow di belakang, karena ia telah berlebihan semarak; Tvastr pared his kemegahan bawah sementara Manu kedelapan, Savarni. Vaivasvatais yang ketujuh dan hadir Manu; nya adalah bahwa periode. Periode masa depan Sevarni dengan rsis, allah, dll, yang dinubuatkan.
296-358

The Devi-Mahatmya

ch. 78-90
Yang menyebutkan dari Savarni memperkenalkan Devi-mahatmya. Markandeya terkait bahwa raja Suratha, yang ousted dari kerajaannya, bertemu dengan seorang Vaisya didorong dari keluarganya, dan yang kedua berkonsultasi tentang RSI longings untuk rumah mereka, yang mereka RSI ascribed perasaan dewi ke Maha-maya (Great Illusion), dan yang berhubungan dengan cara , ketika ia lauded oleh Brahma, Visnu madhu iblis yang telah membunuh dan Kaitabha.
RSI Al Qur'an yang kemudian dia exploits. Dimulai disini dengan Devi mahatmya-benar. Iblis yang tewas di bawah Mahisa para dewa dan dewi dibentuk sebagai Candika, (Ambika) dari mereka khusus energi gabungan; dia mulai peperangan yang besar dan menghancurkan setan, iblis semua pemimpin-pemimpin dan akhirnya Mahisa sendiri. Para allah memuji dia dalam mazmur, dan dia berjanji akan selalu menolong mereka. Kembali para dewa telah tewas oleh iblis Sumbha dan Nisumbha, dan dia invoked; ia muncul, dan Sumbha dia ingin menikah tetapi ia menolak, ia telah mengirim tentara dan dia hancur itu, ia dikirim lain dengan canda dan munda; dewi Kali yang hancur Candika dan mereka memberi dia gabungan nama Camunda; Sumbha dikirim segala tentara; Candika membunuh pemimpin Raktavija, maka Nisumbha walaupun Sumbha dari bantuan, dan banyak iblis, dan akhirnya Sumbha dirinya; itu adalah alam semesta penuh dengan sukacita. Para allah memuji dia dalam mazmur dan dia berjanji akan membebaskan mereka selalu. Dia descanted pada ciri dari puisi ini. Para allah mereka regained keagungan, dan ia extolled. Disini yang berakhir Devi-mahatmya benar. Setelah mendengar puisi ini Suratha Raja Candika disembah, dan ia berjanji ia harus menjadi Manu kedelapan, Savarni.
359-406

Account yang Manus (dilanjutkan)

ch. 91-97
Markandeya, terus, menyebutkan Manus lainnya di masa mendatang, yang kesembilan, kesepuluh, kesebelas dan kedua belas bernama Savarna, dan ketiga bernama Raucya, dan waktu. H. menceritakan cerita Raucya. J Prajapati Ruci telah mendesak oleh Pitrs untuk menikah, ia propitiated Brahma dan senang dengan Pitrs dalam mazmur, mereka muncul dan menjanjikan kepadanya seorang isteri dan extolled nya gita; sebuah Apsaras dia menikah dan memiliki anak yang akan menjadi ketigabelas Manu Raucya. Santi, yang murid seni bengkeng RSI Bhuti, mencari suci api extinguished, ditawarkan ke bertasbihlah Agni. Agni dikembalikan api dan berjanji untuk Bhiiti anak yang harus dia yang keempatbelas Manu, Bhautya. Bhautya dari zaman apa adanya. Account ini dari manvantaras adalah extolled.
407-426

Permulaan dari Genealogies

ch. 98
Pada Kraustuki permintaan Markandeya memulai genealogies. Brahma menciptakan Daksa, yang datang dari Martanda, Sun. Kemudian menyebutkan bahwa Brahma lahir dari keduniaan telur, dan menghasilkan lokas (dunia), dan selanjutnya empat Vedas dengan ciri - Markandeya diverged menjadi puji-pujian dari Minggu
430

Yang keagungan dari Sun

ch. 99-107
Para dewa dan Vedas yang dinyatakan sebagai manifestasi dari Sun. Matahari bangga pada pertama terlalu besar, dan bertasbihlah dengan Brahma dia dipaksa untuk kontrak dan kemudian selesai penciptaan. Marici putra Kasyapa Begot para allah, iblis, manusia, dll yang berhasil iblis dan para allah Aditi dicari bantuan Sun dalam mazmur. Ia menjadi anaknya sebagai Martnda dan menghancurkan iblis. Cerita Sun dan isterinya Sanjna (seperti yang dikatakan dalam bab 74 dan 75) adalah kembali kepada disini dengan lebih detail mengenai Shadow-Sanjna, kutukan pada Yama, di bawah kulit dari Sun keindahan, yang ditawarkan kepada hymns Minggu, dan Minggu dari keturunan dan stasiun dialokasikan mereka.
Markandeya yang lebih terkait Rajya-raja vardhana bila lama terselesaikan diri ke kerajaan, tetapi umat-Nya dalam kesedihan propitiated Sun, dan Minggu diberikan kepadanya sangat panjang kehidupan; raja juga memperoleh keuntungan yang sama untuk mereka. Cerita ini adalah extolled.
432-455

Dilanjutkan dengan Genealogies

ch. 108-133
Manu Markandeya disebutkan Vaivasvata dari tujuh anak laki-laki dan Ila-Sudyumna, Pururavas, dll Manu anak yang dibunuh Pusadhra Brahman dari sapi dan menjadi terkutuk menjadi sudra. Karusa dari keturunan yang disebutkan. Dista anak Nabhaga menikah vaisya gadis yang disengaja dan menjadi vaisya; anak laki-lakinya Bhanandana menaklukkan bumi, tetapi Nabhaga ditolak untuk memerintah. Kemudian Nabhaga istri menjelaskan bahwa ia tidak benar-benar sebuah janji pemulihan, dan bahwa ia adalah seorang princess dan telah menjadi vaisya di bawah Agastya dari kutukan.
Bhanandana menjadi raja. Anaknya Vatsapri rescued a princess Sunanda dari Patala setelah membunuh seorang raja iblis yang mempunyai magic klub dan dia menikah. Anaknya telah Pramsu dan Pransu anak Prajati. Prajati adalah putra Khanitra dermawan; saudaranya dari menteri sihir dilakukan untuk menurunkan dr takhta namun dia sendiri hancur; Khanitra diri kerajaan dalam kesedihan dan pergi ke hutan. Anaknya Ksupa dilakukan korban untuk panen. Anaknya itu dan Vira grandsom Yivimsa. Vivimsa anak Khaninetra saat bertemu dua berburu rusa empik akan dikorbankan oleh Indra dan nikmat yang diperoleh anak Balasva. Balasva disebut Karandhama karena kemenangan yang fantastis.
Aviksit anaknya laki-laki dan dibawa princesses off princess Vaisaini dalam pidato svayamvara; pelamar yang menaklukkan raja-raja dan menangkap dia, tetapi ia menolak mereka semua; Karandhama rescued Aviksit, tetapi Aviksit menolak untuk menikah dengan princess setelah penggagalan; ia beralih ke austerities dan mendapatkan sebuah jaminan dari allah: Aviksit ibu oleh perdayaan memperoleh janji dari dia untuk memperanakkan seorang anak laki-laki: saat berburu ia rescued the princess dari iblis dan senang para allah: membuktikan dia menjadi Gandharvamaiden dan Aviksit menikah dia Gandharva di dunia; Dia seorang anak laki-laki Marutta membosankan ada Aviksit kembali kerajaan tetapi menolak karena dia kebingungan. Marutta menjadi raja, dan 653 universal raja, sacrificer yang besar, dan liberal ke brahmans dermawan. Nagas yang memberi masalah besar, dan ia menyerang mereka, tetapi Aviksit interposed demi yang Nagas; peperangan telah averted oleh rsis dan Nagas dibuat rugi. Marutta istri yang bernama.
Anaknya Narisyanta kaya yang brahmans secara permanen pada korban yang besar. Anaknya Dama telah dipilih oleh Dasarna princess, penuntut dan raja-raja yang dikalahkan, yang melanggar undang-undang perkawinan, menentang dia. Dama menjadi raja. Narisyanta telah dibunuh di hutan Vapusmat oleh salah satu raja-raja mereka. Dama bewailed, bernazar dan balas dendam terhadap pembunuh; dia membunuh Vapusmat dan merayakan upacara pemakaman ayahnya dengan Vapusmat dari daging dan darah.
459-534

Kesimpulan

ch. 134
Burung yang ditutup mereka panjang pengulangan dari Markandeya instruksi ke Kraustuki, dengan encomium pada Puranas dan Purana ini pada khususnya. Jaimini terima kasih mereka.
sumber bhujangga-waisnawa.blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar