Google+

Jnana Marga Yoga

Jnana Marga Yoga

Jalan Ilmu pengetahuan kerohanian disebut Jnana Marga. Melalui jalan ilmu pengetahuan, seorang Jnanin (seseorang yang mendekati-Nya melalui Ilmu pengetahuan kerohanian) dapat mendekatkan dirinya pada Tuhan.

Pada jalan ini, yang dimohon adalah kecerdasan akal budi, intelektualitas, pengetahuan spiritual, kecermatan, cahaya yang terang dan sebagainya. Seseorang dengan memiliki ilmu pengetahuan (Jnana) akan memperoleh kesejahteraan, ketenangan dan kebahagiaan.

Ilmu pengetahuan memberikan bimbingan, pertimbangan terhadap yang baik dan buruk. Menghindarkan diri dari perbuatan yang buruk karena kegelapan senantiasa diamanatkan di dalam Weda. Pengetahuan kerohanian seperti halnya pengetahuan, umumnya hanya dapat diperoleh melalui pendidikan.


Kami mengetahui sesuatu yang agung ini sebagai surya
Bhadram no api vataya mano daksam uta kratumAdha te sakhya andhaso vi vo madeRanam gavo na yavase vivaksape (Rgveda X.25.1)
artinya:
Berikanlah kami pikiran yang baik dan bahagia Berikanlah kami keterampilan dan pengetahuan. Maka semoga manusia dalam persahabatan-Mu merasa bahagia Ya Tuhan, seperti sapi di padang rumput Engkau yang maha agung

Pengetahuan melalui pendidikan (aturan)
Nidhiyamanam apagughvham apsuPra me devanam vratapa uvacaIndro viddham anu hi tva cacaksaTenaham agne anusista agam (Rgveda X.32.6)
artinya:
Dari engkau yang tersembunyi di dalam air. Yang mempertahankan hukum, Dewa-dewa memberi kami. Indra yang mengetahui, menyaksikan dan menunjukkan kepada Engkau. Berkat pengajarannya, ya Agni, kami lahir.

Petunjuk di tempat yang tak dikenal
Aksetravit ksetravidam hyapratSa praiti ksetravidanusistahEtad vai bhadram anusasanasyoTa sruti vindatyas njasinam (Rgveda X.32.7)
artinya:
Orang yang tak mengenal suatu tempat bertanya kepada orang yang mengetahuinya. Ia meneruskan perjalanan, dibimbing oleh orang yang tahu. Inilah manfaat pendidikan. Ia menemukan jalan yang lurus.
Tuhan Yang Maha Esa Maha Mengetahui
Siksa na indra raya a puruvidam rcisama, ava nah parye ghane (Rgveda VIII.32.7)
artinya:
berilah kami petunjuk, ya tuhan, untuk mendapatkan kekayaan, engkau maha mengetahui, dipuja dengan lagu-lagu, tolonglah kami dalam perjuangan ini.
Pengetahuan tertinggi sangat esensial
Rco aksare parame vyomanYasmin deva adhi visve niseduhYastatra veda kim rca arisyatiYa it tad vidus tai me samasate (Rgveda I.164.39)
artinya:
Yang abadi,nyanyian veda, yang ada dalam alam suci. Tempat perwujudan semua yang bersinar. Akan diapakankah nyanyian Veda oleh orang yang tidak mengetahuinya? Tetapi mereka yang mengetahui, mereka itu sempurna.
demikianlah sekilas tentang Jnana Marga Yoga, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar