Google+

Gerak Tetanganan Mudra

Gerak Tetanganan Mudra

seperti yang telah dijelaskan dalam Gerak Tangan dan Jari (Mudra) Dalam Proses Keluarnya Wedangga, Mudra adalah isyarat dengan tangan atau cap yang melambangkan energi. Ini adalah salah satu bentuk ekspresi paling indah dengan menggunakan jari-jari dan jempol. Mudra adalah tindakan neuromuskuler sukarela (kontraksi) atau postur dimana prana dikendalikan dan diarahkan melalui nadi tertentu, yang dikenal sebagai Mudra.

Sesuai mitologi, Tuhan Siwa dianggap telah memulai mudra dasar. praktek Mudra adalah lazim di seluruh dunia. Mudra ditemukan dalam segala bentuk dan digunakan dalam tari, seni agama, dan juga di Tantra. Pentingnya Mudra adalah baik esoteris dan eksoteris.

Jenis - Jenis Gerak Tetanganan Mudra

berikut ini beberapa jenis Mudra yang sudah sering digunakan dalam berbagai kegiatan esoteris, meditasi dan pengobatan, diantaranya:


Surabhi Mudra

Surabhi Mudra adalah jenis mudra yang sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai masalah fisik. Mudra Surabhi adalah sangat efektif dan kuat. Jenis mudra membantu seorang sadhak "atau calon praktisi untuk memecahkan hambatan yang mungkin dihadapi pada saat mencapai" samadhi atau meditasi tertinggi.
Dalam Surabhi Mudra, elemen langit digabungkan seperti untuk memperbesar dan memperbanyak kekuasaan mereka dan menghasilkan hasil yang kuat pada tubuh manusia. Dalam mudra Surabhi Vayu (angin) yang diwakili oleh jari pertama bertemu Aakash (Eter) diwakili oleh jari tengah. Posisi ini menenangkan cakra (lingkaran) dari alam semesta. Selanjutnya, Prithvi (Bumi) dilambangkan oleh jari manis bertemu Jal (Air) dilambangkan oleh jari kecil dan menghasilkan kekuatan prokreasi alam semesta.

Mudra Surabhi dipraktekkan dengan menyentuh jari kecil tangan kiri dengan jari manis tangan kanan. Menurut mudra ini, jari kelingking tangan kanan harus datang pada kontak jari manis tangan kiri. Selanjutnya, jari-jari tengah kedua tangan harus menyentuh jari telunjuk dari yang lain dan ibu jari harus disimpan diperpanjang. Jari-jari dan ibu jari yang bergabung di tips jempol menyentuh satu sama lain. Dalam hal ini jenis mudra, jari telunjuk kiri bergabung dengan jari tengah kanan. Hak jari telunjuk kiri jari bergabung Saturnus atau jari tengah. jari manis Waktu bergabung dengan jari tangan kanan sedikit dan jari manis kanan kiri bergabung kelingking.

Jenis Mudra Surabhi Surabhi Mudra sangat membantu untuk menstabilkan dan membawa resonansi "Nabhi Chakra" atau lingkaran pusar. mudra ini dianggap sebagai penting untuk puncak akhir dari pikiran manusia dan tubuh. mudra ini dibagi dalam empat kategori yang berbeda yang masing-masing memberikan hasil yang berbeda.
Variasi dari Surabhi Vayu Mudra adalah Surabhi Mudra, Surabhi Shunya Mudra, Prithvi Surabhi Mudra dan Jal Surabhi Mudra. Klasifikasi Surabhi Mudra diberikan sebagai berikut:

  1. Vayu Mudra Surabhi: Surabhi Vayu Mudra adalah variasi dari Mudra Surabhi dasar. Ini membantu untuk menghilangkan semua penyakit akibat kenaikan angin dalam sistem
  2. Surabhi Shunya Mudra: Shunya Mudra Surabhi meningkatkan kekosongan ethereal dari pikiran manusia dan pada dasarnya membantu sadhak `` atau aspirer untuk meningkatkan daya pendengaran manifold.
  3. Prithvi Surabhi Mudra: Mudra Surabhi Prithvi membantu untuk menyembuhkan semua penyakit lambung yang dihasilkan karena cacat dalam sistem pencernaan. mudra ini efektif terutama untuk orang dengan penyakit pencernaan kronis.
  4. Jal Surabhi Mudra: Mudra Surabhi Jal memfasilitasi dan menghilangkan penyakit yang berhubungan dengan empedu. Ini membantu dalam menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan urin dan membantu bagian mudah.

Manfaat Mudra Surabhi Surabhi Mudra membantu untuk mendapatkan beberapa perbaikan untuk penyakit serta ketenangan jiwa. Hal ini diyakini bahwa, berlatih mudra ini memberikan keinginan manusia dengan mudah. Surabhi Mudra menghasilkan relaksasi di segala macam masalah perut. latihan mudra ini secara teratur kumpulan lima zat utama yang adalah padat, cair, angin, panas, dan ruang. Selanjutnya, Surabhi Mudra memperbaiki serta mempertajam daya konsentrasi dan menghilangkan kotoran dari tubuh. mudra ini menyeimbangkan ekstrak berbagai kelenjar. Dengan demikian, Surabhi Mudra seharusnya menjadi alat yang efektif terhadap efek rheumatoid arthritis.

Suchi Mudra

Suchi Mudra sangat penting bagi kesehatan untuk memiliki eliminasi stres harian. Penghapusan dengan tehnik mudra ini sangat penting dalam proses penyembuhan tubuh-pikiran, tidak terbatas pada tubuh saja, tetapi penting juga membersihkan jiwa, pikiran dan kesadaran. Sembelit berkepanjangan nantinya menyebabkan beberapa masalah medis lainnya, untuk itu tehnik YOGA juga sangat direkomendasikan dalam menangani masalah pencernaan ini. disamping itu gangguan anorectic disebabkan oleh stres, dan jika tidak dikelola dengan baik, bisa meningkatkan stres dan dapat mengakibatkan lebih banyak masalah medis dan emosional.
cara melakukan Suchi Mudra ini adalah:

  • mengepalkan kedua tangan, luruskan telujuk dan tahandi depan dada Anda.
  • Tarik napas dan regangkan lengan kanan ke kanan dan ke atas titik indeks jari.
  • Selain itu, secara bersamaan, meregangkan lengan kiri ke kiri. Pegang ini selama enam napas dan kembali ke posisi awal.
  • Ulangi enam kali di kedua sisi.
  • Jika sembelit yang serius, melakukan hal ini Mudra empat kali sehari. Untuk sembelit yang tidak begitu parah, ulangi enam sampai dua belas kali di pagi hari dan di siang hari.


Om Mudra

Om Mudra mungkin salah satu mudra paling terkenal dan sangat mudah dilakukan. Mudra ini adalah dipraktekkan dengan ibu jari dan jari telunjuk. Mudra ini sangat baik ketika hidup Anda membutuhkan perdamaian dan ketenangan.
cara melakukannya:

  • Duduk dengan punggung lurus. Buat Om Mudra suci dengan menghubungkan jari telunjuk dengan ibu jari di sisi yang sama (kedua tangan) dan kemudian pergi pada nyanyian Om.
  • Sementara melakukannya, Anda harus mengatakan kepada diri sendiri ketika Anda bernafas dalam: "Saya satu dengan Semesta" dan ketika Anda bernapas keluar: "semesta dan aku adalah satu" - Om Tat Twam Asi.
  • Anda harus berpikir positif dan memiliki gaya hidup visualisasi yang tepat, dengan melakukannya Anda akan melihat manfaat selama periode waktu.


Maha Mudra

Maha-Mudra Maha bandha, dan Maha vedha adalah tiga bagian dari satu latihan dan dipraktekkan bersama-sama.
Untuk melakukan itu, cukup duduk di tanah, dan tempat tumit kiri pada perineum, berhati-hati untuk tidak duduk di atasnya. Kaki kanan disimpan lurus dan pada sudut kanan ke tubuh. pegang kaki kanan Anda dengan kedua tangan, tidak hanya menyentuh kaki tapi memegang dengan kuat. Konsentrasi dan alihkan perhatian Anda ke antara kedua alis.
Maha Mudra memperbaiki organ dalam anda, dengan memvisualisasikan sushumna nadi sebagai shell bercahaya berjalan secara vertikal melalui pusat tubuh Anda dari atas ke bawah. Tarik napas. Kemudian drop dagu Anda dan tekan dengan kuat ke dada dan menahan nafas, terus memvisualisasikan sushumna nadi. visualisasi ini hanya dari tabung psikis dan bukan dari chakra individu. Karena tumit kaki berada di perineum, dan karena perhatian Anda juga telah difokuskan pada pusat alis, Anda akan segera menyadari di mana sushumna dimulai dan berakhir.
Setelah memegang nafas kapasitas Anda, menaikkan dagu dan menghembuskan napas perlahan-lahan. Ini adalah semester pertama prosedur. Ulangi tapi tempat ini waktu keluar kaki kiri lurus dan kaki kanan pada perineum.
Namun, ini adalah bagian kedua dari satu putaran lengkap dari mudra-maha. Jika perlu, kita dapat melakukan beberapa putaran lengkap maha-mudra. Mungkin perlu untuk memvisualisasikan sushumna dengan jelas. Namun, setelah finishing dengan Maha mudra, orang harus melakukan

Maha bandha.
Maha-Bandha Tempatkan tumit kiri terhadap perineum. Tempatkan kaki kanan di paha kiri. Tarik napas, lakukan kunci dagu, dan tempat telapak tangan di lantai. Sebagai bagian dari bandha-maha, Anda harus melakukan Maha bandha, kontraktor otot untuk menutup atau "mengikat" anus sementara juga kontraktor otot-otot sedemikian rupa sehingga menarik saluran pencernaan.
Ini maha-bandha harus tegas disimpan sementara Anda melanjutkan dengan bandha-maha. Kontemplasi adalah pusat alis. Dan seperti dalam Maha mudra, Anda memvisualisasikan sushumna tersebut. Seperti sebelumnya, Anda menaikkan dagu, dan napas slowly.Finally, masih asumsi Maha bandha, Anda melakukan Maha vedha.

Maha-Vedha
Ambil napas dalam-dalam dan tahan dan, sedangkan menjatuhkan dagu lagi ke jalandhara-bandha, Anda mengangkat dan menaikkan bokong Anda dari tanah, dua telapak tangan Anda mendorong Anda dari tanah. Kemudian drop pantat, membiarkan lembut mogok lantai.

Maha-Mudra, Maha bandha, dan Maha vedha harus dilakukan togetherand ketiga menghasilkan beberapa efek pada perineum. Semua ini dilakukan karena mereka membantu menciptakan sensitivitas tentang awal sushumna tersebut. Pusat alis adalah terminus sushumna tersebut. Konsentrasi harus bebas untuk bergerak melalui seluruh bidang sushumna karena sushumna tidak hanya atas, tengah, dan bawah tetapi satu bidang, satu sushumna! Di sini, meditasi ini tidak terpaku pada satu hal, ada gerakan dari pikiran atau chitta. Gerakan ini mungkin terbatas sejauh bahwa meditasi adalah pada sushumna saja, tetapi tidak ada batasan pada pergerakan kesadaran dalam bidang tersebut.

Jnana Mudra dan Chin Mudra

Jnana Mudra dan Chin Mudra sangat baik untuk konsentrasi dan memastikan seorang praktisi kepala rapi.
Mudra ini ditemukan di seluruh dunia dalam berbagai agama.
Ada dua cara untuk melakukan ini Mudra.
Dalam metode pertama ujung ibu jari dan jari telunjuk saling bersentuhan.
Dalam metode kedua, ujung jari telunjuk menyentuh ibu jari pertama bersama dengan tekanan ringan.
Kedua metode yang berbeda. Yang pertama adalah posisi menerima pasif, dan yang kedua adalah posisi aktif memberi.
prakteknya:

  • Tempatkan ujung jempol di ujung jari telunjuk sedangkan jari lainnya tetap santai dan lakukan nafas panjang. 
  • Lakukan ini dengan kedua tangan dan menempatkannya pada paha dalam posisi santai.
  • Ketika titik jari ke atas itu disebut Jnana Mudra dan ketika mereka titik bawah disebut Chin Mudra.


Dhyani Mudra

Dhyani mudra merupakan sikap meditasi yang mempromosikan cara untuk spiritualitas.
Dhyani Mudra adalah sikap meditasi meditasi klasik yang sering diidentikan dan tergambar seperti halnya sikap dewa yang terlihat saat duduk. Dalam mudra ini kedua tangan diletakkan seperti mangkuk di pangkuan. Tangan kiri terletak di tangan kanan dan jempol saling menyentuh. Bentuk tangan menyerupai mangkuk yang merupakan representasi kebebasan dari keterikatan duniawi, kemurnian, kekosongan yang sesuai dengan jalan menuju spiritualitas. Mudra ini, dalam meditasi klasik, yang dianggap sebagai pemberi kebebasan.

Dhyani Mudra meliputi mengistirahatkan tangan kanan di atas, yang melambangkan keadaan pencerahan. Sisi lain, tangan kiri di bawahnya, berkonotasi dunia penampilan. Gerakan ini menyatakan mengatasi penampilan dunia melalui pencerahan, dan juga sebagai keadaan tercerahkan pikiran yang `samsara` dan `nirwana` adalah bagian komponennya. 

Apan Vayu Mudra

Apan vayu mudra, peracikan dua-Apan mudra dan Vayu Mudra, berfungsi untuk bermanfaat untuk masalah jantung.
Apan Vayu Mudra digambarkan menjadi penyelamat dan merupakan pertolongan pertama untuk serangan jantung. Mudra ini berfungsi untuk menjadi pengaruh langsung dalam keadaan darurat.
mudra ini dipraktekkan dengan menyentuh pangkal ibu jari dengan jari telunjuk dan ujung jempol menyentuh ujung jari tengah dan jari manis. Jari kelingking tetap lurus, tenang. Hal ini dapat dilakukan dengan masing-masing tangan.

Apan Apan Vayu Vayu Mudra Mudra adalah kombinasi dari dua mudra, mudra dan mudra Apan Vayu. Karena mereka berlatih bersama, menyembuhkan penyakit akibat gabungan mereka sekaligus. Apan Vayu Mudra bermanfaat bagi jantung. mudra ini juga diidentifikasi sebagai Hridaymudra atau Mrit mudra Sanjeevani. Dalam sebuah serangan jantung parah, jika diberikan sebagai tindakan pertolongan pertama dalam dua detik pertama, mudra ini terbukti pereda instan. Apan Vayu Mudra dapat dipraktekkan sebagai kali dalam sehari sesuai kebutuhan. Mempraktekkan mudra ini selama 15 menit di pagi dan sore hari dapat bermanfaat bagi pasien jantung, orang yang menderita dari Tinggi BP atau orang yang mengalami serangan jantung.

Manfaat Dari Apan Vayu Mudra: Meskipun Apan Vayu Mudra pada dasarnya dilakukan untuk meringankan masalah jantung, masih itu sudah cukup manfaat tambahan.

  • Gas dalam perut atau dalam tubuh akan dihilang oleh praktek mudra ini. 
  • berfungsi sebagai obat untuk tekanan darah.
  • Bermanfaat untuk menyembuhkan keasaman lambung (maag).
  • Mudra ini menguntungkan dalam hal masalah sakit kepala dan lambung dan juga mengatur buang air besar.
  • Menghapus keringat lebih di kaki dan tangan.
  • Hal yang berguna membuang racun dari tubuh manusia.
  • Praktek Apan Vayu Mudra efektif pada sakit gigi.
  • Meredakan sakit kepala.
  • mengatur suhu tubuh.


1 komentar:

  1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini HANDAYANI seorang TKW dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI SYHE MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pembantu rumah tanggah di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih kepada AKI SYHE MAULANA dan tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKW, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. jika anda ingin seperti saya silahkan kunjungi situs/website AKI MAULANA ~>KLIK DISINI<~  yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    BalasHapus