Google+

Srimad Bhagavatam BAB II - Teologi dan Pelayanan Ilahi

Bab 2: Teologi dan Pelayanan Ilahi


Srimad Bhagavatam 1.2.1
Byasa uvāca
iti sampraśna -samhṛṣṭo
viprāṇām raumaharṣaṇiḥ
pratipūjya vacas teṣām
pravaktum upacakrame

Sinonim
vyāsaḥ uvāca - Vyasa mengatakan; iti - dengan demikian; sampraśna - pertanyaan yang sempurna; samhṛṣṭaḥ - sangat puas; viprāṇām - orang bijak sana, raumaharṣaṇiḥ - anak Romaharṣaṇa, yaitu Ugraśravā; pratipūjya - setelah berterima kasih kepada mereka; vacaḥ - kata; teṣām - mereka ; pravaktum - untuk membalas untuk mereka; upacakrame - berusaha.

TERJEMAHAN
Ugraśravā [Suta Gosvāmī], anak Romaharṣaṇa, sepenuhnya puas dengan pertanyaan-pertanyaan yang sempurna dari brahmana, berterima kasih kepada mereka dan dengan demikian berusaha untuk membalas.



Srimad Bhagavatam 1.2.2
Suta uvāca
ubi pravrajantam anupetam apeta - kṛtyam
dvaipāyano viraha - Katara ājuhāva
putreti tan - mayatayā taravo 'bhinedus
tam Sarva - bhuta - Hrdayam Munim ānato 'smi

Sinonim
sūtaḥ - Suta Gosvāmī; uvāca - kata; ubi - siapa; pravrajantam - sementara akan pergi untuk urutan meninggalkan kehidupan; anupetam - tanpa direformasi oleh thread suci; apeta - tidak menjalani upacara; kṛtyam - tugas yang ditentukan; dvaipāyanaḥ - Vyāsadeva; viraha - pemisahan; kātaraḥ - menjadi takut; ājuhāva - seru; putra iti - O anakku; tat - mayatayā - diserap dalam cara itu; taravaḥ - semua pohon; abhineduḥ - menanggapi; tam - kepadanya; Sarva - semua; Bhuta - hidup entitas; Hrdayam - jantung; Munim - bijak; ānataḥ Asmi - obeisances tawarkan.

TERJEMAHAN
Srila Suta Gosvāmī berkata: Marilah saya berikan hormat saya kepada obeisances yang besar bijak [ Śukadeva Gosvāmī] yang bisa masuk ke hati semua. Ketika ia pergi untuk mengambil urutan meninggalkan kehidupan [ sannyāsa ], meninggalkan rumah tanpa menjalani reformasi oleh thread suci atau upacara diamati oleh kasta yang lebih tinggi, ayahnya, Vyāsadeva, takut pemisahan dari dia, berteriak, "saya O Nak! " Memang, hanya pohon-pohon, yang diserap dalam perasaan yang sama pemisahan, bergema dalam menanggapi ayah begrieved.


Srimad Bhagavatam 1.2.3
yah svānubhāvam akhila - Sruti - sāram Ekam
Adhyatma - dīpam atititīrṣatām Tamo 'ndham
samsāriṇām karuṇayāha purana - guhyam
tam Byasa - sūnum upayāmi gurum munīnām

Sinonim
yah - dia yang; SVA - anubhāvam - diri berasimilasi (berpengalaman); akhila - seluruh; Sruti - Veda; sāram - krim; Ekam - satu-satunya; Adhyatma - transendental; dīpam - obor; atititīrṣatām - menginginkan untuk mengatasi; tamaḥ andham - eksistensi material sangat gelap; samsāriṇām - dari orang-orang materialistis; karuṇayā - karena kemurahan tdk beralasan; Aha - kata; purana - suplemen untuk Weda; guhyam - sangat rahasia; tam - kepadanya; Byasa - sūnum - putra Vyāsadeva; upayāmi - biarkan aku menawarkan obeisances saya; gurum - master spiritual; munīnām - orang bijak yang besar.

TERJEMAHAN
Biarkan saya menawarkan obeisances hormat saya kepadanya [ suka ], master spiritual dari semua orang bijak, putra Vyāsadeva, yang, karena kasihan-Nya yang besar bagi mereka yang berjuang materialis bruto untuk menyeberang daerah tergelap eksistensi material, berbicara ini paling suplemen rahasia kepada krim pengetahuan Veda, setelah terasimilasi secara pribadi dengan pengalaman.


Srimad Bhagavatam 1.2.4
nārāyaṇam namaskṛtya
Naram caiva narottamam
devīm sarasvatīm vyāsam
tato jayam udīrayet

Sinonim
nārāyaṇam - Kepribadian Ketuhanan; namah - kṛtya - setelah menawarkan obeisances hormat; Naram ca eva - dan Narayana Rsi ; nara - uttamam - yang supermost manusia; devīm - dewi; sarasvatīm - nyonya pembelajaran; vyāsam - Vyāsadeva; tatah - sesudahnya; jayam - semua yang dimaksudkan untuk menaklukkan; udīrayet - diumumkan.

TERJEMAHAN
Sebelum membaca ini Srimad - Bhagavatam , yang sangat berarti penaklukan, salah satu harus menawarkan obeisances hormat kepada Kepribadian Ketuhanan, Narayana , kepada Nara - Narayana Rsi , manusia supermost sedang, kepada ibu Saraswati , dewi belajar, dan kepada Srila Vyāsadeva, penulis.


Srimad Bhagavatam 1.2.5
munayaḥ sadhu pṛṣṭo ' ham
bhavadbhir Loka - Mangalam
yat kṛtaḥ Krsna -sampraśno
yenātmā suprasīdati

Sinonim
munayaḥ - O bijak; Sadhu - ini relevan; pṛṣṭaḥ - mempertanyakan; aham - sendiri; bhavadbhiḥ - oleh anda semua; Loka - dunia; Mangalam - kesejahteraan; yat - karena; kṛtaḥ - membuat ; Krishna - Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa; sampraśnaḥ - pertanyaan yang relevan; yena - dimana; Atma - diri; suprasīdati - benar senang.

TERJEMAHAN
O orang-orang bijak, saya telah adil dipertanyakan oleh Anda. Pertanyaan Anda layak karena mereka berhubungan dengan Tuhan Krsna dan begitu juga yang relevan dengan kesejahteraan dunia. Hanya pertanyaan semacam ini mampu sepenuhnya memuaskan diri.


Srimad Bhagavatam 1.2.6
sa vai pumsām Paro dharmo
yato bhaktir adhokṣaje
ahaituky apratihatā
yayātmā suprasīdati

Sinonim
Sah - bahwa; vai - tentu; pumsām - bagi umat manusia; parah - luhur; dharmaḥ - pekerjaan; yataḥ - dimana; bhaktiḥ - bhakti; adhokṣaje - kepada Transendensi ini; ahaitukī - tdk beralasan; apratihatā - terputus; Yaya - dimana; Atma - diri; suprasīdati - benar puas.

TERJEMAHAN
Pendudukan tertinggi [ Dharma ] untuk seluruh umat manusia adalah bahwa dengan mana manusia dapat mencapai bhakti yang penuh kasih kepada Tuhan transenden. Bhakti tersebut harus termotivasi dan tidak terputus untuk benar-benar memuaskan diri.


Srimad Bhagavatam 1.2.7
vāsudeve bhagavati
bhakti - yogaḥ prayojitaḥ
janayaty asu vairāgyam
jñānam ca yad ahaitukam

Sinonim
vāsudeve - kepada Krsna ; bhagavati - kepada Kepribadian Ketuhanan; bhakti - yogaḥ - kontak bhakti; prayojitaḥ - yang diterapkan; janayati - tidak menghasilkan; Asu - segera; vairāgyam - detasemen; jñānam - pengetahuan; ca - dan; yat - yang; ahaitukam - tdk beralasan.

TERJEMAHAN
Dengan render bhakti kepada Kepribadian Ketuhanan, Sri Krsna , satu segera memperoleh pengetahuan tdk beralasan dan lepas dari dunia.


rimad Bhagavatam 1.2.8
dharmaḥ svanuṣṭhitaḥ pumsām
viṣvaksena - kathāsu yah
notpādayed yadi Ratim
śrama eva hi kevalam

Sinonim
dharmaḥ - pekerjaan; svanuṣṭhitaḥ - dieksekusi dalam hal posisi sendiri; pumsām - manusia; viṣvaksena - Kepribadian Ketuhanan (bagian pleno); kathāsu - dalam pesan; yah - apa; na - tidak; utpādayet - tidak menghasilkan ; yadi - jika; Ratim - tarik; śramaḥ - tenaga kerja tidak berguna; eva - saja; hi - tentu; kevalam - seluruhnya.

TERJEMAHAN
Kegiatan kerja seorang pria melakukan sesuai dengan posisinya sendiri hanya tenaga kerja begitu banyak gunanya jika mereka tidak memprovokasi tarik bagi pesan dari Kepribadian Ketuhanan.


Srimad Bhagavatam 1.2.9
dharmasya hy āpavargyasya
nārtho 'rthāyopakalpate
nārthasya dharmaikāntasya
Kamo lābhāya hi smṛtaḥ

Sinonim
dharmasya - keterlibatan kerja; hi - tentu; āpavargyasya - akhir pembebasan; na - tidak; arthaḥ - akhir; arthāya - untuk keuntungan material; upakalpate - dimaksudkan untuk; na - baik; arthasya - keuntungan materi; dharma - eka - antasya - untuk satu yang terlibat dalam pelayanan pekerjaan utama; Kamah - kepuasan akal; lābhāya - pencapaian; hi - persis; smṛtaḥ - digambarkan oleh orang bijak yang besar.

TERJEMAHAN
Semua perjanjian kerja tentu dimaksudkan untuk pembebasan akhir. Mereka tidak pernah harus dilakukan untuk keuntungan materi. Selanjutnya, menurut orang bijak, orang yang terlibat dalam pelayanan pekerjaan utama seharusnya tidak pernah menggunakan keuntungan materi untuk memupuk kepuasan akal.


rimad Bhagavatam 1.2.10
kāmasya nendriya-prītir
lābho jīveta yāvatā
jīvasya tattva - jijñāsā
nārtho Yas ceha karmabhiḥ

Sinonim
kāmasya - keinginan; na - tidak; indriya - indra; prītiḥ - kepuasan; lābhaḥ - keuntungan; jīveta - diri pengawetan; yāvatā - begitu banyak sehingga , jīvasya - dari makhluk hidup; tattva - Kebenaran Mutlak; jijñāsā - pertanyaan; na - tidak; arthaḥ - akhir; yah ca iha - apapun yang lain; karmabhiḥ - oleh kegiatan pekerjaan.

TERJEMAHAN
Keinginan hidup tidak harus diarahkan untuk kepuasan akal. Satu harus hanya menginginkan hidup sehat, atau pemeliharaan diri, karena manusia dimaksudkan untuk penyelidikan tentang Kebenaran Mutlak. Tidak ada lagi yang harus menjadi tujuan karya seseorang.


Srimad Bhagavatam 1.2.11
vadanti tat tattva -vidas
tattvam Yaj jñānam advayam
brahmeti paramātmeti
Bhagavan iti śabdyate

Sinonim
vadanti - mereka mengatakan; tat - itu; tattva - vidaḥ - jiwa belajar; tattvam - Kebenaran Mutlak; yat - yang; jñānam - pengetahuan; advayam - nondual; brahma iti - yang dikenal sebagai Brahman ; Paramatma iti - yang dikenal sebagai Paramatma ; Bhagavan ITI - dikenal sebagai Bhagavan , śabdyate - itu sehingga terdengar.

TERJEMAHAN
Transcendentalists terpelajar yang mengetahui Kebenaran Mutlak panggilan zat ini nondual Brahman , Paramatma atau Bhagavan .


Srimad Bhagavatam 1.2.12
tac chraddadhānā munayo
Jnana - Vairagya - yuktayā
paśyanty ātmani cātmānam
bhaktyā śruta - gṛhītayā

Sinonim
tat - bahwa; śraddadhānāḥ - serius ingin tahu; munayaḥ - orang bijak; jnana - pengetahuan; Vairagya - detasemen; yuktayā - dilengkapi dengan; paśyanti - lihat; ātmani - dalam dirinya sendiri; ca - dan; ātmānam - yang paramatma ; bhaktyā - di bhakti ; śruta - Veda; gṛhītayā - diterima dengan baik.

TERJEMAHAN
Mahasiswa serius ingin tahu atau bijak, dilengkapi dengan pengetahuan dan detasemen, menyadari bahwa Kebenaran Mutlak dengan rendering bhakti dalam hal apa yang ia telah mendengar dari Vedanta - Sruti .


Srimad Bhagavatam 1.2.13
ataḥ pumbhir dvija - śreṣṭhā
varṇāśrama - vibhāgaśaḥ
svanuṣṭhitasya dharmasya
samsiddhir hari - toṣaṇam

Sinonim
ataḥ - jadi ; pumbhiḥ - oleh manusia; dvija - śreṣṭhāḥ - O terbaik di antara dua kali kelahiran; Varna - Asrama - institusi dari empat kasta dan empat perintah hidup; vibhāgaśaḥ - oleh pembagian; svanuṣṭhitasya - sendiri seseorang tugas yang ditentukan; dharmasya - kerja; samsiddhiḥ - kesempurnaan tertinggi; hari - Kepribadian Ketuhanan; toṣaṇam - menyenangkan.

TERJEMAHAN
O terbaik di antara dua kali kelahiran, karena itu disimpulkan bahwa kesempurnaan tertinggi yang dapat dicapai dengan pemakaian tugas-tugas yang ditentukan untuk pekerjaan sendiri menurut kasta divisi dan perintah kehidupan adalah untuk menyenangkan Kepribadian Ketuhanan.


Srimad Bhagavatam 1.2.14
tasmād ekena manasā
Bhagavan sātvatām Patih
śrotavyaḥ kīrtitavyaś ca
dhyeyaḥ pūjyaś ca nityadā

Sinonim
tasmāt - Oleh karena itu; ekena - per satu; manasā - perhatian pikiran; Bhagavan - Kepribadian Ketuhanan; sātvatām - dari para pemuja; Patih - pelindung; śrotavyaḥ - adalah untuk didengar; kīrtitavyaḥ - untuk dimuliakan; ca - dan; dhyeyaḥ - untuk diingat; pūjyaḥ - untuk disembah; ca - dan; nityadā - terus-menerus.

TERJEMAHAN
Oleh karena itu, dengan satu-menunjuk perhatian, salah satu harus selalu mendengar tentang, memuliakan, ingat dan menyembah Kepribadian Ketuhanan, yang adalah pelindung para bhakta.


Srimad Bhagavatam 1.2.15
yad -anudhyāsinā yuktāḥ
karma - granthi - nibandhanam
chindanti kovidās tasya
ko na kuryāt Katha - Ratim

Sinonim
yat - yang; anudhyā - mengingat; asinā - pedang; yuktāḥ - yang dilengkapi dengan; karma - pekerjaan reaksioner; granthi - simpul; nibandhanam - interknit; chindanti - dipotong; kovidāḥ - cerdas; tasya - Nya; Kah - yang; na - tidak ; kuryāt - harus lakukan ; Katha - pesan; Ratim - perhatian.

TERJEMAHAN
Dengan pedang di tangan, pria cerdas memotong simpul yang mengikat kerja reaksioner [ karma ] dengan mengingat Kepribadian Ketuhanan. Oleh karena itu, yang tidak akan memperhatikan pesan-Nya?


Srimad Bhagavatam 1.2.16
śuśrūṣoḥ śraddadhānasya
Vasudeva - Katha - ruciḥ
syān mahat - sevayā viprāḥ
punya - tirtha - niṣevaṇāt

Sinonim
śuśrūṣoḥ - orang yang terlibat dalam pendengaran; śraddadhānasya - dengan perawatan dan perhatian; Vasudeva - dalam hal untuk Vasudeva ; Katha - pesan; ruciḥ - afinitas; syāt - ini dibuat mungkin; mahat - sevayā - oleh layanan yang diberikan untuk murni penggemar; viprāḥ - O dua kali kelahiran; punya - tirtha - mereka yang sedang dibersihkan dari wakil semua; niṣevaṇāt - oleh layanan.

TERJEMAHAN
O dua kali lahir orang bijak, dengan melayani orang-orang pengikut yang benar-benar dibebaskan dari wakil semua, great service dilakukan. Dengan layanan tersebut, salah satu keuntungan afinitas untuk mendengar pesan-pesan Vasudeva .


Srimad Bhagavatam 1.2.17
śṛṇvatām SVA - kathāḥ kṛṣṇaḥ
punya - śravaṇa - kīrtanaḥ
Hrdy antaḥ stho hy abhadrāṇi
vidhunoti suhṛt Satam

Sinonim
śṛṇvatām - mereka yang telah mengembangkan dorongan untuk mendengar pesan; SVA - kathāḥ - kata-Nya sendiri; kṛṣṇaḥ - Kepribadian Ketuhanan; punya - kebajikan; śravaṇa - pendengaran; kīrtanaḥ - nyanyian; hṛdi antaḥ sthaḥ - dalam hati seseorang; hi - tentu; abhadrāṇi - keinginan untuk menikmati materi; vidhunoti - membersihkan; suhṛt - dermawan; Satam - orang yang benar.

TERJEMAHAN
Sri Krishna , Kepribadian Ketuhanan, yang adalah Paramatma [Supersoul] dalam hati semua orang dan dermawan dari pemuja jujur, membersihkan keinginan untuk kesenangan materi dari jantung pemuja yang telah mengembangkan dorongan untuk mendengar pesan-Nya, yang dalam sendiri berbudi bila benar didengar dan dinyanyikan.


Srimad Bhagavatam 1.2.18
naṣṭa -prāyeṣv abhadreṣu
nityam Bhagavata - sevayā
bhagavaty Uttama - śloke
bhaktir bhavati naiṣṭhikī

Sinonim
naṣṭa - hancur; prāyeṣu - hampir ke nil; abhadreṣu - semua yang tidak menguntungkan; nityam - teratur; Bhagavata - Srimad - Bhagavatam , atau murni pemuja; sevayā - dengan melayani; bhagavati - kepada Kepribadian Ketuhanan; Uttama - transendental; śloke - doa; bhaktiḥ - pelayanan kasih; bhavati - datang menjadi ada; naiṣṭhikī - tidak dapat dibatalkan.

TERJEMAHAN
Dengan kehadiran yang teratur di kelas pada Bhagavatam dan rendering dari pelayanan kepada fakir murni, semua yang sulit untuk jantung hampir hancur, dan kasih pelayanan kepada Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, yang memuji dengan lagu-lagu transendental, didirikan sebagai tidak dapat dibatalkan fakta.


Srimad Bhagavatam 1.2.19
Tada raja-Tamo- bhāvāḥ
kama -lobhādayaś ca kamu
ceta etair anāviddham
sthitam sattve prasīdati

Sinonim
Tada - pada waktu itu; Rajah - dalam modus gairah; tamaḥ - modus kebodohan; bhāvāḥ - situasi; kama - nafsu dan keinginan; lobha - mendambakan; ādayaḥ - lain; ca - dan; kamu - apa pun yang mereka berada ; cetaḥ - pikiran; etaiḥ - oleh; anāviddham - tanpa dipengaruhi; sthitam - yang tetap; sattve - dalam modus kebaikan; prasīdati - sehingga menjadi puas.

TERJEMAHAN
Begitu pelayanan kasih tidak dapat dibatalkan didirikan di dalam hati, efek dari mode alam dari nafsu dan kebodohan, seperti nafsu, keinginan dan mendambakan, menghilang dari hati. Kemudian sang fakir didirikan dalam kebaikan, dan ia menjadi benar-benar bahagia.


Srimad Bhagavatam 1.2.20
evam Prasanna -manaso
Bhagavad- bhakti - yogataḥ
Bhagavat - tattva - vijñānam
Mukta - sańgasya jāyate

Sinonim
evam - dengan demikian; Prasanna - dimeriahkan; manasaḥ - pikiran; Bhagavat - bhakti - yang bhakti Tuhan; yogataḥ - oleh kontak; Bhagavat - mengenai Kepribadian Ketuhanan; tattva - pengetahuan; vijñānam - ilmiah; Mukta - dibebaskan ; sańgasya - asosiasi; jāyate - menjadi efektif.

TERJEMAHAN
Jadi didirikan pada modus kebaikan murni dan tidak dicampur, orang yang pikirannya telah dimeriahkan oleh kontak dengan bhakti kepada Tuhan keuntungan pengetahuan ilmiah positif dari Kepribadian Ketuhanan dalam tahap pembebasan dari semua asosiasi materi.


Srimad Bhagavatam 1.2.21
bhidyate hṛdaya -granthiś
chidyante Sarva - samśayāḥ
kṣīyante cāsya karmāṇi
dṛṣṭa evātmanīśvare

Sinonim
bhidyate - menusuk; hṛdaya - jantung; granthiḥ - knot; chidyante - dipotong untuk lembar; Sarva - semua; samśayāḥ - was-was; kṣīyante - dihentikan; ca - dan; Asya - nya; karmāṇi - rantai aksi fruitive; dṛṣṭe - setelah melihat; eva - tentu; ātmani - kepada diri; īśvare - mendominasi.

TERJEMAHAN
Jadi simpul dalam hati ini ditembus, dan semua was-was dipotong-potong. Rantai tindakan fruitive diakhiri bila seseorang melihat diri sendiri sebagai master.


Srimad Bhagavatam 1.2.22
ato vai kavayo nityam
bhaktim paramayā muda
vāsudeve bhagavati
kurvanty Atma - prasādanīm

Sinonim
ataḥ - Oleh karena itu; vai - tentu; kavayaḥ - semua transcendentalists; nityam - dari zaman dahulu; bhaktim - layanan kepada Tuhan; paramayā - tertinggi; Muda - dengan kegembiraan yang besar; vāsudeve - Sri Krishna ; bhagavati - Kepribadian Ketuhanan; kurvanti - lakukan membuat; Atma - diri; prasādanīm - yang menghidupkan.

TERJEMAHAN
Tentu saja, karena itu, sejak zaman dahulu, semua transcendentalists telah render bhakti kepada Tuhan Krishna , Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa, dengan senang besar, karena bhakti tersebut untuk menghidupkan diri.


Srimad Bhagavatam 1.2.23
sattvam rajas tama iti tair prakṛter Gunas
yuktaḥ parah Purusa eka ihāsya dhatte
sthity- ādaye hari - viriñci -hareti samjñāḥ
śreyāmsi tatra khalu sattva -tanor nṛṇām syuḥ

Sinonim
sattvam - kebaikan; Rajah - gairah; tamaḥ - kegelapan kebodohan; iti - dengan demikian; prakṛteḥ - dari alam material; guṇāḥ - kualitas; taiḥ - oleh mereka; yuktaḥ - terkait dengan; parah - transendental; puruṣaḥ - kepribadian; ekaḥ - satu; iha Asya - dari dunia materi ini; dhatte - menerima; sthiti - ādaye - untuk masalah penciptaan, pemeliharaan dan kehancuran, dll; hari - Visnu , Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa; viriñci - Brahma ; hara - Tuhan Siva ; ITI - dengan demikian; samjñāḥ - fitur yang berbeda; śreyāmsi - manfaat utama; tatra - dalamnya; khalu - tentu saja; sattva - kebaikan; Tanoh - bentuk; nṛṇām - dari manusia; syuḥ - berasal.

TERJEMAHAN
Kepribadian transendental Ketuhanan secara tidak langsung terkait dengan tiga model dari alam material, yaitu gairah, kebaikan dan kebodohan, dan hanya untuk penciptaan dunia material, pemeliharaan dan kehancuran Dia menerima tiga bentuk kualitatif Brahma , Visnu dan Siva . Dari ketiga, semua manusia dapat memperoleh manfaat utama dari Visnu , bentuk kualitas kebaikan.


Srimad Bhagavatam 1.2.24
pārthivād dāruṇo dhūmas
tasmād agnis trayīmayaḥ
tamasas tu raja tasmāt
sattvam yad brahma - darśanam

Sinonim
pārthivāt - dari bumi; dāruṇaḥ - kayu bakar; dhūmaḥ - asap; tasmāt - dari itu; agniḥ - api; trayī - pengorbanan Veda; mayaḥ - terbuat dari; tamasaḥ - dalam modus ketidaktahuan; tu - tapi; Rajah - modus gairah ; tasmāt - dari itu; sattvam - modus kebaikan; yat - yang; Brahma - Kebenaran Mutlak; darśanam - realisasi.

TERJEMAHAN
Kayu bakar adalah transformasi dari bumi, tapi asap lebih baik dari kayu mentah. Dan api masih lebih baik, karena dengan api kita dapat memperoleh manfaat dari pengetahuan yang unggul [melalui pengorbanan Veda]. Demikian pula, gairah [raja] adalah lebih baik daripada kebodohan [tamas], tetapi kebaikan [ sattva ] adalah yang terbaik karena dengan kebaikan seseorang dapat menyadari Kebenaran Mutlak


Srimad Bhagavatam 1.2.25
bhejire munayo 'thāgre
bhagavantam adhokṣajam
sattvam viśuddham kṣemāya
kalpante kamu ' nu tan iha

Sinonim
bhejire - layanan yang diberikan kepada; munayaḥ - orang bijak; atha - dengan demikian; setuju - sebelumnya; bhagavantam - kepada Kepribadian Ketuhanan; adhokṣajam - Transendensi ini; sattvam - keberadaan; viśuddham - di atas tiga sifat alam; kṣemāya - untuk memperoleh manfaat utama; kalpante - layak; kamu - mereka; anu - mengikuti; tan - mereka; iha - di dunia materi ini.

TERJEMAHAN
Sebelumnya semua resi diberikan layanan kepada Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa karena keberadaan-Nya di atas tiga sifat alam material. Mereka menyembah Dia untuk menjadi bebas dari kondisi-kondisi material dan dengan demikian memperoleh manfaat utama. Siapapun yang mengikuti otoritas besar seperti juga memenuhi syarat untuk pembebasan dari dunia material.


Srimad Bhagavatam 1.2.26
mumukṣavo ghora - rūpān
hitvā Bhuta - patin atha
Narayana - kalah Santa
bhajanti hy anasūyavaḥ

Sinonim
mumukṣavaḥ - orang yang menginginkan pembebasan; ghora - mengerikan, mengerikan; rūpān - bentuk seperti itu; hitvā - menolak; Bhuta - patin - demigods; atha - karena alasan ini, Narayana - Kepribadian Ketuhanan; Kalah - porsi pleno; śāntāḥ - semua- bahagia; bhajanti - melakukan ibadah; hi - tentu; anasūyavaḥ - nonenvious.

TERJEMAHAN
Mereka yang serius tentang pembebasan tentu nonenvious, dan mereka menghormati semua. Namun mereka menolak bentuk-bentuk yang mengerikan dan mengerikan para dewa dan hanya menyembah-bahagia semua bentuk Tuhan Visnu dan bagian pleno Nya.


Srimad Bhagavatam 1.2.27
raja- tamaḥ - prakṛtayaḥ
sama - Sila bhajanti vai
pitṛ - Bhuta -prajeśādīn
śriyaiśvarya-prajepsavaḥ

Sinonim
Rajah - modus gairah; tamaḥ - modus kebodohan; prakṛtayaḥ - mentalitas itu; sama - Silah - dari yang sama kategori; bhajanti - melakukan ibadah; vai - sebenarnya; pitṛ - nenek moyang; Bhuta - makhluk hidup lainnya; prajeśa - Adin - pengendali administrasi kosmis; śriyā - pengayaan; aiśvarya - kekayaan dan kekuasaan; praja - progeni; īpsavaḥ - begitu menginginkan.

TERJEMAHAN
Mereka yang berada di mode nafsu dan kebodohan menyembah leluhur, makhluk hidup lainnya dan para dewa yang bertanggung jawab kegiatan kosmis, karena mereka didesak oleh keinginan untuk menjadi materi diuntungkan dengan wanita, kekayaan, kekuasaan dan keturunan.


Srimad Bhagavatam 1.2.28-29
Vasudeva - para veda
Vasudeva - para makhāḥ
Vasudeva - para yoga
Vasudeva - parah kriyāḥ
Vasudeva - param jñānam
Vasudeva - param Tapah
Vasudeva -Paro dharmo
Vasudeva - para gatiḥ

Sinonim
Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - tujuan akhir; vedāḥ - suci mengungkapkan; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - untuk menyembah; makhāḥ - pengorbanan; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - sarana untuk mencapai; yogāḥ - perlengkapan sufi, Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - di bawah kendali-Nya; kriyāḥ - kegiatan fruitive; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; param - tertinggi; jñānam - pengetahuan; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; param - terbaik; Tapah - penghematan; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - kualitas unggul; dharmaḥ - agama; Vasudeva - Kepribadian Ketuhanan; parah - utama; gatiḥ - tujuan hidup.

TERJEMAHAN
Dalam tulisan suci mengungkapkan, obyek utama pengetahuan adalah Sri Krishna , Kepribadian Ketuhanan. Tujuan melakukan pengorbanan adalah untuk menyenangkan-Nya. Yoga adalah untuk mewujudkan-Nya. Semua kegiatan fruitive pada akhirnya dihargai oleh-Nya saja. Dia adalah yang tertinggi pengetahuan, dan segala bentuk pertapaan keras parah dilakukan untuk mengenal Dia. Agama [ dharma ] adalah memberikan pelayanan kasih kepada-Nya. Dia adalah tujuan tertinggi kehidupan.


Srimad Bhagavatam 1.2.30
sa evedam sasarjāgre
Bhagavan Atma - māyayā
sedih -asad- rūpayā cāsau
guṇamayāguṇo vibhuḥ

Sinonim
Sah - bahwa; eva - tentu; Idam - ini; sasarja - diciptakan; setuju - sebelum; Bhagavan - Kepribadian Ketuhanan; Atma - māyayā - oleh potensi pribadi-Nya; duduk - penyebabnya; ASAT - efek; rūpayā - oleh bentuk-bentuk ; ca - dan; asau - yang sama Tuhan; guna - maya - dalam sifat-sifat alam materi; aguṇaḥ - transendental; vibhuḥ - Yang Mutlak.

TERJEMAHAN
Pada awal penciptaan materi, bahwa Kepribadian Mutlak dari Ketuhanan [ Vasudeva ], di posisi transendental-Nya, menciptakan energi sebab dan akibat oleh energi internal Nya.


Srimad Bhagavatam 1.2.31
Taya vilasiteṣv ESU
guṇeṣu guṇavān IVA
antaḥ - praviṣṭa ābhāti
vijñānena vijṛmbhitaḥ

Sinonim
Taya - oleh mereka; vilasiteṣu - meskipun dalam fungsi; ESU - ini; guṇeṣu - sifat-sifat alam materi; guṇavān - dipengaruhi oleh mode; IVA - seperti olah; antaḥ - dalam; praviṣṭaḥ - memasuki; ābhāti - muncul untuk menjadi ; vijñānena - oleh kesadaran transendental; vijṛmbhitaḥ - sepenuhnya tercerahkan.

TERJEMAHAN
Setelah membuat substansi materi, Tuhan [ Vasudeva ] memperluas diriNya dan masuk ke dalamnya. Dan meskipun Ia berada dalam mode materi alam dan tampaknya, salah satu makhluk, Dia selalu sepenuhnya tercerahkan dalam posisi transendental-Nya.


Srimad Bhagavatam 1.2.32
yathā hy avahito vahnir
dāruṣv ekaḥ SVA - yoniṣu
nāneva Bhati viśvātmā
bhūteṣu ca tathā pumān

Sinonim
yathā - seperti banyak seperti ; hi - persis seperti; avahitaḥ - surcharged dengan; vahniḥ - api; dāruṣu - di kayu; ekaḥ - satu; SVA - yoniṣu - sumber manifestasi; nana IVA - seperti entitas yang berbeda; Bhati - menyala; Visva - Atma - Tuhan sebagai paramatma ; bhūteṣu - di entitas hidup; ca - dan; tathā - di dalam sama cara; pumān - Pribadi Mutlak.

TERJEMAHAN
Tuhan, sebagai Supersoul, meliputi semua hal, seperti api menembus kayu, sehingga Ia tampaknya menjadi banyak varietas, meskipun Ia adalah salah satu yang mutlak tanpa yang kedua.


Srimad Bhagavatam 1.2.33
asau guṇamayair bhāvair
Bhuta -sūkṣmendriyātmabhiḥ
SVA - nirmiteṣu nirviṣṭo
bhuńkte bhūteṣu laki-laki - guṇān

Sinonim
asau - yang paramatma ; guna - mayaiḥ - dipengaruhi oleh sifat-sifat alam; bhāvaiḥ - secara alami; Bhuta - diciptakan; Suksma - halus; indriya - indra; ātmabhiḥ - oleh makhluk hidup; SVA - nirmiteṣu - dalam ciptaan-Nya sendiri; nirviṣṭaḥ - masuk; bhuńkte - menyebabkan untuk menikmati; bhūteṣu - di entitas hidup; tat - guṇān - mereka sifat alam.

TERJEMAHAN
Supersoul masuk ke dalam tubuh dari makhluk yang dipengaruhi oleh sifat-sifat alam material dan menyebabkan mereka menikmati efek dari mode ini oleh pikiran halus.


Srimad Bhagavatam 1.2.34
bhāvayaty esa sattvena
lokān vai loka - bhāvanaḥ
līlāvatārānurato
deva -tiryań-narādiṣu

Sinonim
bhāvayati - mempertahankan; Esah - semua; sattvena - dalam modus kebaikan; lokān - seluruh alam semesta; vai - umumnya; loka - bhāvanaḥ - menguasai seluruh alam semesta; Lila - hiburan; avatara - inkarnasi; anurataḥ - dengan asumsi peran; dewa - para dewa; tiryak - hewan yang lebih rendah; nara - ādiṣu - di tengah-tengah manusia.

TERJEMAHAN
Jadi Tuhan semesta memelihara semua planet yang dihuni oleh dewa, manusia dan binatang yang lebih rendah. Dengan asumsi peran inkarnasi, Ia melakukan hiburan untuk merebut kembali orang-orang dalam modus kebaikan murni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar