Google+

Pura Kawitan Pasek Sanak Selem

Pura Kawitan Pasek Sanak Selem

Pura pasek panyungsung saudara yang berlokasi bersebelahan dengan pura dasar bhuwana gelgel di desa gelgel. Kecamatan dan kabupaten klungkung, bukan pura kawitan, dan pura kawitan pasek adalah pura lempuyang madya. Kecamatan abang, kabupaten karangasem. Sedangkan pura pasek yang berlokasi bersebelahan dengan pura pasek yang berlokasi bersebelahan dengan pura dasar bhuwana gelgel adalah merajan dalam berbagai status bukan pura kawitan mungkin sebagai merajan / dadya, panti atau paibon, dan juga bukan merajan agung / dadya agung.

Yang dinamakan siswa tidak mesti terhadap seorang sulinggih, dan dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi, asalkan yang dijadikan siswa adalah mereka yang sudah berstatus sulinggih atau brahmana berdasarkan fungsi.


Merajan yang terdapat di padangan, kebon pajahan dan anggasari merupakan penyungsungan sanak kelarga saudara yang tadinya pindah ke tempat – tempat tersebut, dan seterusnya dapat dejelaskan demikian :

  1. leluhur saudara dari desa gelgel, kecamatan dan kabupaten klungkung pindah ke puncang pedem, dan bangunan suci yang dibangun tersebut berstatus penyungsungan umum, dan bangunan suci yang dibangun berstatus penyungsungan umum, serta merajan – merajan tadi adalah penyungsungan sanak keluarga saudara dalam berbagai status.
  2. yang dimaksd dengan pasek gelgel sanak enem ialah pasek gelgel di desa aan, pasek gelgel di desa akah, pasek gelgel di desa mandwang, pasek gelgel di desa sangkanbhuwana, pasek gelgel di bhudaga dan pask gelgel di banjar pagetepan desa gelgel. Semuanya termasuk wilayah kabupaten klungkung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar