Google+

Siapa yang Wajib Melaksanakan Agnihotra?

Siapa yang Wajib Melaksanakan Agnihotra?

dengan merebaknya trend melaksanakan ritual homa yadnya atau agnihotra di bali, mengundang polemik, pro dan kontra terus bergulir....
belakangan, ada beberapa pemuda yang memiliki keinginan yang besar untuk mengetahui, apakah agnihotra itu wajib? trus, siapa saja yang boleh dan wajib melaksanakan ritual Agni hotra ini? apa dasar sastranya?

nah... untuk menjawab hal tersebut, tyang sebagai salah satu pemuda asli bali mencoba mencari-cari dasar sastra yang merujuk pada pertanyaan diatas.
sebelum lebih jauh lagi, lewat artikel ini akan kembali tyang ulas tentang agni hotra secara umum yang nantinya akan berusaha mencari jawaban atas pertanyaan diatas

Agni Hotra

Dasar sastra pelaksanaannya:

  1. Reg Veda I.1.1 Agnimile Purohitam, yajnasya devam rtvijam Hotaram ratnadhatanam Arti : “oh deva Agni, Engkau sebagai Pendeta Utama, dewa pelaksana upacara yajna, kami memuja-Mu, Engkau pemberi Anugrah berupa kekayaan yang utama”
  2. Kitab Aitareya Brāhmaṇa (V.26) menghubungkan upacara ini dengan seluruh dewa (Viśvedeva) yang diharapkan memberi perlindungan dan kesuburan ternak, 
  3. kitab Kausītaki Brāhmaṇa (II.1) mengidentifikasikan persembahan Agnihotra adalah persembahan kepada dewa Sūrya
  4. Rgveda I.115.1 Sūrya adalah jiwa atau Ātma dari seluruh alam semesta, yang bergerak dan yang tidak bergerak (sūrya ātmā jagatas tasthusaś ca). 
  5. Śatapatha Brāhmaṇa (II.3.1.1) dinyatakan bahwa Agnihotra diidentikkan dengan Sūrya: Agnihotra tidak lain adalah (pemujaan kepada) Sūrya. Karena ia muncul dari depan (agra) dari segala persembahan, oleh karena itu Agnihotra adalah Sūrya. 
  6. Kitab Mahābhārata menyatakan: Seperti seorang raja di antara umat manusia, seperti Gāyatrī mantram di antara seluruh mantram, demikian pula upacara Agnihotra adalah upacara yang sangat penting di antara semua upacara-upacara Veda ( Ganga Ram Garga, 1992: 217). 
  7. Aitraiyabrahmana, 5,31,2 bahwa jika dia melakukan persembahan sebelum matahari terbit, ini seperti memberikan pada seseorang seekor gajah, ketika tangannya tidak menjulur keluar. Tetapi jika mempersembahkan setelah matahari terbit, ini seperti memberikan sesuatu pada seseorang seekor gajah setelah ia menjulurkan tangannya. Oleh karean itu, harus dilakukan pada saat matahari terbit yang akan membawanya pada Surga. 
  8. Satapathabrahamana 2.3.1.6 bahwa seperti seekor ular bisa bebas dari kulitnya, demikian pula ia membebaskan dirinya dari kejahatan malam hari, demikian pula halnya yang mengetahui dengan melakukan persembahan Agnihotra ia akan bebas dari kejahatan. 
  9. Regveda I.164.35 Iyam vedih paro antah prthivya ayam yajno bhuvanasya nabhih, ayam somo Vrishno asvasya reto brahmayam vacah paramam. Arti : ”Altar (kunda pemujaan) adalah tempat tertinggi di bumi, tempat yajna (kunda) adalah putsat alam semesta. Persembahan berupa daun-daun atau rerumputan akan menyuburkan bumi dengan jatuhnya hujan secara teratur, Oh Tuhan, Engkau adalah Mahakuasa dan tersuci diantara semuanya”
  10. Śīlakrama, lamp.41. Śuddha ngaranya eñjing-eñjing madyus, aśuddha śarīra, masūrya sewana, mamuja, majapa, mahoṁa – Bersihlah namanya, tiap hari membersihkan diri, sembahyang kepada Sang Hyang Sūrya , melakukan pemujaan, melakukan Japa dan melaksanakan Hoṁa yajña. 
  11. kakawin Rāmāyana 25, Lumekas ta sira mahoṁa , pretadi pisaca raksasa minantram, bhuta kabeh inilagaken, asing mamighna rikang Yajña. artinya: Mulailah beliau melangsungkan ūpacāra korban api (Agnihotra), roh jahat dan sebagainya, pisaca dan raksasa dimentrai. Bhuta Kala semuanya diusir, segala yang akan menggangu ūpacāra korban itu. 
  12. Atharvaveda XXVIII.6. Yatrā suhārdāṁ sukṛtam – agnihotrahutaṁ yatrā lokaḥ, taṁ lokaṁ yamniyabhisambhuva sā no ma hiṁsit puruśān paśuṁūca – Di mana mereka yang hatinya mulia bertempat tinggal, orang yang pikirannya damai dan mereka yang mempersembahkan Agnihotra, di sanalah majelis (pimpinan masyarakat) bekerja dengan baik, memelihara masyarakat, tidak menyakiti mereka dan binatang ternaknya. 
  13. Canakya Nitisastra, Adhyaya V. Sloka 1: Guru Agnir Dvijatinam, Varnanam Brahmana Guruh, Patireva Guruh Strinam, Sarvasya Bhayagato Guruh". Dewa Agni adalah Guru bagi para Dwijati (Sang Sadaka), Varna Brahmana adalah Guru bagi Varna Ksatria, Waisya dan Sudra, Guru bagi seorang istri adalah suami, dan seorang tamu adalah Guru bagi semuanya. 

Jenis-jenis Api Suci (Homa)

Kitab Sarasamuccaya 59. ...manglelana amuja ring Sang Hyang Tryagni ngaranira Sang Hyang Apuy Tiga, praktyakanya, ahawaniya, grhaspatya, citagni, ahanidha ngaranira apuy ring asuruhan, rumateng I pangan, grhyapatya ngaranira apuy ring winarang, apam agni saksika kramaning winarang ikalaning wiwaha, citagni ngaranira apuy nring manusawa, nahan ta sang hyang tryagni ngaranira sirata puja...
artinya:
taat memuja kepada tiga api suci yang digelari Tryagni; yaitu ahawanya, grhaspatya dan citagni.
  1. Ahawanya artinya pemasak makanan, 
  2. grhaspatya artinya api upacara perkawinan, sebagai saksi, 
  3. citagni artinya api pembakar jenazah. Itulah tiga api suci, api itu harus dihormati dan dipuja.

Pelaksanaan Agnihotra

  1. Kitab Katakasamhita;6,5;54-4 disebutkan “ dia hendaknya melaksanakan agnihotra di sore hari ketika saat matahari terbenam, pagi hari ketika matahari belum terbit” 
  2. Maitrayanisamhita I.8,7 ; 129-9 disebutkan “agnihotra hendaknya dilaksanakan pada saat malam tiba dan pagi hari setelah matahari terlihat bersinar terang”

Jejak Sejarah Agni Hotra di Bali

Agnihotra atau Hoṁa Yajña dilaksanakan pula di Indonesia (Bali) dan sebagai pendukung data ini kita masih dapat mengkajinya melalui peninggalan purbakala (arkeologi) dan tradisi yang hidup dalam masyarakat. Salah satu peninggalan purbakala adalah adanya lobang api (Yajñaśala atau Vedi) tempat dilaksanakan-nya ūpacāra Agnihotra. Tempat atau lobang api ini dapat pula kita saksikan di salah satu Gua Pura Gunung Kawi yang diyakini oleh penduduk sebagai Geria Brahmana terdapat sebuah lobang dalam sebuah altar di tengah-tengah gua, yang rupanya dikelilingi duduk oleh pelaksana ūpacāra Agnihotra. Peninggalan berupa lobang tempat api unggun itu adalah Yajñakunda (Yajñaśala) dikuatkan pula dengan adanya lobang api di bagian atap sebagai ventilasi keluarnya asap dari tempat dilangsungkannya ūpacāra Agnihotra. Nama-nama seperti Keren, Kehen, Hyang Api Hyang Agni (Hyang geni) dan Śala menunjukkan tempat yang berkaitan dengan dilangsungkannya ūpacāra Agnihotra.

Sumber tradisi di antaranya adalah penggunaan pasepan oleh para pamangku, dedukun atau sedahan desa, menunjukkan pula pelaksanaan Agnihotra dalam bentuknya yang sederhana, sayang tradisi menggunakan pasepan dengan mempersembahkan darang asep atau kastanggi kini nampaknya semakin memudar, pada hal yang penting dalam mempersembahkan pasepan adalah mempersembahkan darang asep tersebut.

berdasarkan informasi lisan, yang perlu dikaji kembali lebih seksama, bahwa ūpacāra Agnihotra terakhir terjadi pada masa kerajaan Klungkung di bawah raja Dalem Dimade. Konon saat itu, ketika pelaksanaan ūpacāra Agnihotra berlangsung, panggung tempat ūpacāra terbakar, dan sejak itu raja memerintahkan untuk melaksanakan ūpacāra Agnihotra yang kecil dan sederhana dengan menggunakan pasepan (padupan) saja. Bila informasi tersebut benar, maka sejak itulah tradisi melaksanakan ūpacāra Agnihotra mulai memudar di Bali.

Siapa yang WAJIB melaksanakan Agni Hotra?

  1. Warna Brahmana
  2.  Warna Ksatria
berikut ini dasar sastra tetang kewajiban menjalankan Agnihotra tersebut:
  1. Wrespati Tattwa: sakweh ning papa nika sang yogiswara, lawan ikang wasana kabeh, yateka tinunwan de Bhatara ning siwagni, ri huwusnya hilang ikang karmawasana, tanmolah alanggeng samadhi nira, tanmolah Bhatara ri sira yan mangkana, ya ta matangyan cintamani sira, asing sakaharep nira teka, sakahyunira dadi, ndah wyaktinya kapanggih ikang kastaiswaryan de nira, seluruh dosa beserta karmawasana seorang yogiswara dimusnahkan oleh Tuhan dalam siwagni. bila pemusnahan karmawasana telah selesai, maka konsentrasinya menjadi kokoh dan kuat. tuhan selalu ada dalam dirinya. karena itu ia dikatakan cintamani, segala yang ia inginkan terpenuhi, sebagai manifestasiNYA ia mendapatkan delapan aiswatya. 
  2. Lontar Kala Tattwa: ...tingkah ing yajna madana dana, kasukan sarwa mulya saraja yogya maka dulurin bhojana mwang sarwa phala mula, maka saksi Sang Hyang Siwaditya, pinuja denira sang siddhayogi, sang natha ratu juga wenang amanguna yajna mangkana.... Tatacara yajna adalah dengan membagi-bagikan dana kesenangan, segala yang mulai seperti isi kerajaan, disertai persembahan hidangan dan umbi-umbian dan buah-buahan, sebagai saksi Sang Hyang Siwaditya, yang dipuja oleh sang pendeta yang mempunyai pengetahuan sempurna, seorang raja dapat melaksanakan/menyelenggarakan yajna yang demikian. 
  3. Kitab Sarasamuscaya 58; Adapun kerja yang menjadi kewajiban sang ksatria adalah : mepelajari weda, selalu melaksanakan agnihotra, melaksanakan yadnya, menjaga perdamaian dunia(negara), mengenal bawahan dan sanak keluarga, dan beramal sedekah , bila berprilaku demikian, kamu akanh memperoleh surga kelak
demikianlah sekilas tentang Agni Hotra, yang menyimpulkan bahwa...
Agni Hotra itu PENTING.... dan kewajiban warna Brahmana bersama Warna Kesatrya untuk melaksanakannya.  

apakah boleh warna sudra dan wesya melakukan Agnihotra?

coba perhatikan sloka berikut ini, yang intinya... lakukan dan selesaikan dahulu kewajibanmu sebelum kamu melakukan hal yang lainnya.
śreyān svadharmo vigunah, para-dharmāt svanusthitāt svabhāva-niyatam karma, kurvan nāpnoti kilbisam.” (Bhagawadgita.XVIII.47)
Lebih baik swadharma (kewajiban) diri sendiri meskipun kurang sempurna pelaksanaannya. Karena seseorang tidak akan berdosa jika melakukan kewajiban yang telah ditentukan oleh alamnya sendiri. 


127 komentar:

  1. Terima kasih atas Info anda, Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih artikelnya Jero... dumogi sareng sami state Rahayu...

    BalasHapus
  3. Terimakasih artikelnya Jero... dumogi sareng sami state Rahayu...

    BalasHapus
  4. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  5. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  6. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  7. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  8. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  9. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  10. Jamkho Obat Penurun Kolesterol1 November 2016 pukul 00.20

    artikel yang sangat bagus sekali kak

    BalasHapus
  11. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  12. Aku pergi ke sekolah, langsung saya bulan depan, ini adalah minggu HIV-1 pada 6 dan 7, yang merupakan hari istirahat dan hari memenangkan Perusahaan untuk membeli mengisi istilah untuk ditangguhkan di 4 karena saya telah gagal untuk mengisi 1 bulan lagi.
    Jadi saya mendukung relaksasi dari 2 hari berturut-turut, jadi saya telah bekerja terutama pribadi.

    BalasHapus
  13. Saya sangat berterima kasih banyak Kpd Kyai SANJAYA, atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok Kyai SANJAYA, itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan Kyai,,bagi anda yang ingin dibantu sama Kyai SANJAYA silahkan hubungi Kyai di 082-399-986-107 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok Kyai KLIK<>DISINI

    BalasHapus
  14. Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D
    dan alhamdulillah saya dapat Rp.330 juta dan semua ini
    berkat bantuan angka dari MBAH SANGKIL
    karena cuma beliaulah yang memberikan angka
    ghoibnya yang di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 70 ribu karna
    saya gak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya gak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya karna 4X berturut-turut saya menang
    buat anda yang butuh angka 2d 3d 4d dijamin tembus
    hubungi di nomor hp: (~0852~1049~3757~) MBAH SANGKIL
    saya jamin beliau akan membantu kesusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih..

    BalasHapus
  15. Terima kasih Ya Gan Artikel Ini Sangat Bagus, Dan Pas Banget Buat Dibaca, Ini Artikel Yang Bermakna Untuk Diketahui, Kami Menunggu Artikel Selanjutnya Ya Gan.



    Agen Togel
    Prediksi Togel

    BalasHapus
  16. Bagus Sekali Artikel Ini Yah Gan, Saya Kagum Dengan Artikel Seperti Ini, Buat Artikel Yang Baru Lagi Ya Gan, Terima Kasih Gan


    Agen Togel
    Prediksi Togel

    BalasHapus
  17. terima kasih sudah berbagi info dan ilmu yang sangat berguna dan menarik
    saya berharap bisa membaca artikel anda selanjutnya..
    terima kasih..

    BalasHapus
  18. Selamat datang di situs sabung ayam online terbaik dan terpercaya. kami sebagai agen sabung ayam online terpercaya akan siap melayani selama 24jam nonstop untuk kamu lho bos, dan keunggulan dari situs kami kemenangan hampir 95%.

    Untuk info selengkapnya silahkan kunjugi kami sebagai partner resmi judi sabung ayam online terpercaya di indonesia.

    * Sabung ayam
    * Sabung ayam s1288
    * situs s128
    * Sabung Ayam Termurah.

    BalasHapus
  19. Certainly a great post. Hat off to you! The information you provide is very useful and please visit my website Judi Online

    BalasHapus
  20. budaya bali memang salah satu budaya yang menarik untuk di ketahui ya , dan saya berterimakasih atas artikel yang sudah anda buat . dan jangan lupa juga ya kunjungi artikel saya juga nih di sini . *(Antikalah)* & *(Sakongchips)* . artikel ini membahas mengenai menang bermain di dalam judi online . jadi bagi anda yang mau menang artikel itu lah jawaban nya

    BalasHapus
  21. Thanks for some other excellent post. Where else may anyone get that kind
    of info in such a perfect means of writing? I’ve a presentation next week, and I’m on the look for such info.
    Thank you very much
    datuktogel.info
    Bandar SGP
    Data Keluaran Togel
    prediksi Togel
    Bandarsgp.net
    Situs agen judi Online terbaik
    danaqq
    Jawapkr88
    Rumtar365

    BalasHapus
  22. https://www.blogger.com/comment.g?blogID=822003799664186904&postID=5961496447598217692&page=1&token=1536985988718

    Dompetpoker.org is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online

    Choosing an online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.net/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    BalasHapus
  23. bolavita agen bola dan sabung ayam terbaik indonesia dengan minimal taruhan 50rb

    Boss Juga Bisa Kirim Via :
    Wechat : Bolavita
    WA : +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )

    BalasHapus
  24. Dgpoker merupakan situs judi poker online terpercaya yang telah resmi sejak tahun 2015. Menyediakan berbagai informasi tentang cara bermain dan semua permainan poker online. Permainan yang tersedia yaitu :

    Poker
    Domino
    Ceme
    Ceme Keliling
    Capsas Susun
    Super 10
    Omaha
    Pelayanan 24 Jam, Dengan Customer Service Yang Ramah & Cepat. Info lebih lanjut hubungi :

    LIVECHAT : [url=https://lc.chat/now/2546331/2]DGPoker[/url]
    BBM : D88D5AAC
    WECHAT : dgpoker8899
    WHATSAPP : +6281368738167
    LINE : dgpoker

    BalasHapus
  25. wihh mantap nih untuk nambah wawasan, nice share gan !

    poker online 88

    BalasHapus
  26. mantapp gan artikelnya.. jadi pengen baca artikel yang lain lagi.. thx u gan
    situs judi poker

    BalasHapus
  27. http://archives.lametropole.com/blog/ginette-labarre/indestructibles

    Welcome to asetqq.vip, the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
    poker online

    jdk88.id/ is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    Onekartu is a trusted online poker agent Site. Original Money Poker uses IDNPlay servers that are 100% proven trusted and fairplay. Deposit and Withdraw Process in Crotqq start from 10 thousand rupiah and with fast and safe process. Customer Service Crotqq is available 24 hours to help you if you are having problems. onekartu.net is always trying to become a trusted online poker agent for those of you who want a Fairplay Poker game.

    poker uang asli

    AGWbet is an online gambling agent that is an online casino agent, online casino, online casino, online casino, online casino, online casino, and more. AGWbet has collaborated with several Indonesian local banks such as BCA, BRI, BNI and independently to improve services in the deposit and withdrawal process.

    agen bola terpercaya

    BalasHapus
  28. Hebat, Sangat Memberikan inspirasi, Semangat untuk berkarir, saya menyukai artikel anda !!

    kunjungi website kita di Agen Poker
    terima kasih

    BalasHapus
  29. http://archives.lametropole.com/blog/ginette-labarre/indestructibles

    dompetpoker.online is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online

    Choosing an online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.club/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    Zammora is an Online Store that was established in 2017, providing fashion products for women. We are focused on the beauty of design, and we are obsessed with quality

    tas wanita

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online dating site

    BalasHapus
  30. Welcome to pihakqq.net the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
    poker online

    jdk88.id/ is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    Malaikatpoker is the Most Trusted Judi Poker OnlineSite in Indonesia. Malaikatpoker is one of the websites of Poker Online, domino qq and the most trusted Ceme airport in Indonesia. domino qiu-qiu online with our friendly and professional customer service, 24 hours standby on livechat for you. For us Faithful Members are Kings. Brave Angel Guarantees 100% Security of Member Data and guarantees 100% players vs. players. When other agents expect you to lose, Angelpoker expects you to WIN. Online poker players can enjoy poker online uang asli games that we provide.

    poker uang asli

    AGWbet is an online gambling agent that is an online casino agent, online casino, online casino, online casino, online casino, online casino, and more. AGWbet has collaborated with several Indonesian local banks such as BCA, BRI, BNI and independently to improve services in the deposit and withdrawal process.

    agen bola terpercaya

    BandarPoker Trust is that BandarQ Agent, BandarQQ, Domino QQ Online, Trusted Poker
    The BandarPokerTer language allows the entire team to benefit the loyal members of our Trusted
    Online Poker Site by providing friendly and super fast service in a variety of chat and transactions 24 hours a day to help players on various questions or basics. THANK YOU and WELCOME TO JOIN :)

    situs poker


    Proqq.com is the Trusted Online BandarQ Online Agent and Domino Qiu Qiu / 99 / QQ which provides game Bandarq, Online Poker, Capsa Susun, AduQ, Bandar Poker, DominoQQ, Sakong and Bandar 66. Pro QQ is here to become one of the online gambling agent sites safe and reliable in Indonesia. With a minimum deposit of Rp.20,000 to reach all gambling players in Indonesia in order to play all the games available on ProQQ. If you need help with a deposit fund transaction service and withdraw funds and other complaints, then you can contact our 24 hour non-stop online customer service who is ready to provide the best service for you.

    Agen Poker Online


    BalasHapus
  31. hey! guess what? i just finally watch this movie. and, it was so damn good... i heard george clooney and his colony were playin at this movie also.
    check it out Agen Togel Terpercaya 2019

    BalasHapus
  32. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (WA : 08122221680)

    BalasHapus
  33. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus
  34. "JUDI POKER | TOGEL ONLINE | TEMBAK IKAN | CASINO | JUDI BOLA | SEMUA LENGKAP HANYA DI : WWW.DEWALOTTO.ME
    DAFTAR DAN BERMAIN BERSAMA 1 ID BISA MAIN SEMUA GAMES YUKK>> di add WA : +855 69312579 "

    BalasHapus
  35. This is a really good read mega888 download malaysia for me, Must admit that you are one of the best bloggers I ever saw.Thanks for posting this informative article.

    BalasHapus
  36. The blog article very surprised malaysia online casino slot game to me! Your writing is good. In this I learned a lot! Thank you!

    BalasHapus
  37. “Suatu ketika, kami (para sahabat) duduk di dekat rasululah S.A.W.. Tiba-tiba muncul kepada kami seorang lelaki mengenakan pakaian yang sangat putih dan rambutnya amat hitam. Tak terlihat padanya tanda-tanda bekas perjalanan, dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya. Ia segera duduk di hadapan nabi, lalu lututnya disandarkan kepada lutut nabi dan meletakkan kedua tangannya di atas kedua paha nabi,

    Kemudian ia berkata: “Hai, Muhammad! Beritahukan kepadaku tentang Islam.” Rasulullah S.A.W. menjawab, ”Islam adalah, engkau bersaksi tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah Rasul Allah; menegakkan shalat; menunaikan zakat; berpuasa di bulan Ramadhan, dan engkau menunaikan haji ke Baitullah, jika engkau telah mampu melakukannya,” lelaki itu berkata, ”Engkau benar,” maka kami heran, ia yang bertanya ia pula yang membenarkannya.”
    Kemudian ia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang Iman”. Nabi menjawab, ”Iman adalah, engkau beriman kepada Allah; malaikatNya; kitab-kitabNya; para RasulNya; hari Akhir, dan beriman kepada takdir Allah yang baik dan yang buruk,” ia berkata, “Engkau benar.”
    Dia bertanya lagi: “Beritahukan kepadaku tentang ihsan”. Nabi S.A.W. menjawab,”Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatNya. Kalaupun engkau tidak melihatNya, sesungguhnya Dia melihatmu.”
    Lelaki itu berkata lagi: “Beritahukan kepadaku kapan terjadi Kiamat?” Nabi menjawab, ”Yang ditanya tidaklah lebih tahu daripada yang bertanya.” Dia pun bertanya lagi : “Beritahukan kepadaku tentang tanda-tandanya!” Nabi menjawab, ”Jika seorang budak wanita telah melahirkan tuannya; jika engkau melihat orang yang bertelanjang kaki, tanpa memakai baju (miskin papa) serta pengembala kambing telah saling berlomba dalam mendirikan bangunan megah yang menjulang tinggi.”
    Kemudian lelaki tersebut segera pergi. Aku pun terdiam, sehingga nabi bertanya kepadaku: “Wahai, Umar! Tahukah engkau, siapa yang bertanya tadi?” Aku menjawab, ”Allah dan RasulNya lebih mengetahui,” Dia bersabda, ”Dia adalah Jibril yang mengajarkan kalian tentang agama kalian.”

    — HR. Muslim no.8

    BalasHapus
  38. Cukup satu hadits abda sdh dapat memahami isIam

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Dibawah akan kami jelaskan beberapa alasan kenapa harus memilih Ratucapca sebagai pilihan yang tepat untuk anda..

    1. Keamanan akun dan tingkat kredibilitas yang terjamin.
    2. Sistem deposit dan withdraw yang cepat dan tanpa potongan apapun.
    3. Grafis dan gameplay yang cukup baik.
    4. 8 pilihan games yang bisa dimainkan dalam 1 user id.
    5. Bonus rollingan dan bonus referral (mingguan).
    6. Pelayanan Customer Service 24 jam yang ramah dan professional.
    7. Didukung 5 bank besar, BCA BRI BNI Mandiri Danamon.
    8. 100% Fairplay, Player vs Player, Dijamin.
    9. Terdapat bonus Jackpot dalam permainan.
    10. Bisa dimainkan melalui smartphone Android maupun Iphone.

    Recommended banget buat yang ingin mempunyai penghasilan tambahan.
    Segera bergabung dan buktikan sendiri bossku.. Smile
    Depo minimal - WD maksimal..
    Hanya disini tempatnya para jutawan Smile

    WhatsApp : 0878 6855 1546

    SKYPE : Cs Ratucapsa

    - www.ratucps.vip

    Segera bergabung dan bersama puluhan ribu member lainnya bossku,
    Dan jadilah jutawan bersama Ratucapsa

    >>> Daftar <<<

    kami menyediakan 8 permainan dalam 1 akun saja

    #Bandar66
    #BandarQ
    #Domino99
    #AduQ
    #Poker
    #BandarPoker
    #Sakong
    #Capsasusun

    https://pkvratucapsa.blogspot.com

    BalasHapus
  41. I was very pleased to find this site.I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little 918kiss 2 bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

    BalasHapus
  42. Welcome to the Bosdewaq situs bandarqq online , the best and most trusted poker online gambling qq site, which provides a wide selection of popular games. By using 1 ID, you can play 9 games such as, Poker, Capsa Susun, Domino QQ, Sakong, Bandar66, Bandarq and Perang Baccarat. You can play this game on Tables, Computers and other Smartphones.

    BalasHapus
  43. NEGARAQQ adalah Agen Poker Dan Domino Online Terpercaya , Dengan pelayanan dari customer service kami yang ramah menjawab semua pertanyaan-pertanyaan anda serta memberi kenyamanan bermain kepada member-member kami sudah menjadi prioritas kami.
    Kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan bermain di NEGARAQQ
    Master Agen POKER Online Terpercaya

    LINK ALTERNATIF :
    http://31.220.54.222/negaraqq/
    http://178.128.93.219//

    Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
    Live Chat :NEGARAQQ
    No Telp : +85595819087
    WA : +855975301105
    WA : +85595819087
    SKYPE : negara.qq

    BalasHapus
  44. Website Indonesia yang paling di Rekomendasikan khusus untuk kalian

    Agen Bandarq - PoloQQ
    BOLA PAGCOR Agen Game Online Resmi Agen Slot Game
    BOLA PAGCOR Judi Bola Online Resmi
    Agen Sabung Ayam Terbaik - Agen Bandar Bola Terbaik Di Indonesia - Angkor4D
    Angkor4D Agen Bandar Bola Terbaik Di Indonesia - Adu Ayam Online
    Agen Judi Terbaik Dengan Game Terlengkap | Togel Online - ARTIS4D
    Bandar Bola Terbaik Dan Terpercaya Hanya ada di BOLAUTAMA

    http://feracute88.blogspot.com/2020/04/mengalahkan-bandarq-dengan-setiap.html
    http://feracute88.blogspot.com/2020/04/selamat-datang-di-agen-game-online-resmi.html

    kuy gabung sekarang juga

    BalasHapus
  45. Website Indonesia yang paling di Rekomendasikan khusus untuk kalian

    Agen Bandarq - PoloQQ
    BOLA PAGCOR Agen Game Online Resmi Agen Slot Game
    BOLA PAGCOR Judi Bola Online Resmi
    Agen Sabung Ayam Terbaik - Agen Bandar Bola Terbaik Di Indonesia - Angkor4D
    Angkor4D Agen Bandar Bola Terbaik Di Indonesia - Adu Ayam Online
    Agen Judi Terbaik Dengan Game Terlengkap | Togel Online - ARTIS4D
    Bandar Bola Terbaik Dan Terpercaya Hanya ada di BOLAUTAMA

    http://feracute88.blogspot.com/2020/04/mengalahkan-bandarq-dengan-setiap.html
    http://feracute88.blogspot.com/2020/04/selamat-datang-di-agen-game-online-resmi.html

    kuy gabung sekarang juga

    BalasHapus
  46. Artikel ini sangat bagus sekali, saya sangat menyukainya. Jangan lupa kunjungi situs kami http://biologplace.com/user/profile/54149

    BalasHapus
  47. interesting article to read, don't forget to visit our website http://euryka.rdi.uoc.edu/lp-profile/Sebastian988/

    BalasHapus
  48. Informasi yang sangat menarik.
    situs domino qq online terpercaya juga berikan kemudahan extra bagi para membernya agar dapat melakukan deposit melalui layanan applikasi uang elektronik Dana, Go Pay dan OVO sehingga saat Anda ingin depo dan bermain tidak ada lagi jam offline pada situs cinta pkv poker qq online.
    #stayathome#

    BalasHapus
  49. Untuk semua kelancaran member selama bermain games bandarqq terbaik, agen judi poker online dufan QQ memutuskan untuk menjadi agen pkv terbaik.

    BalasHapus
  50. Contact Us
    Website SahabatQQ
    WA 1 : +855887159498
    WA 2 : +855972076840
    Telegram 1 :+85515769793
    Telegram 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    Agen Domino99

    BalasHapus
  51. SEKILAS INFO, yang bisa terkait tentang peluang keselamatan bagi kristen dan non kristen, dan yang non kristen tidak harus pindah agama ke kristen.
    https://laskarislam.indonesianforum.net/t37063p225-sekilas-infoku-jilid-2

    BalasHapus
  52. Main Judi Bola Online Terpercaya dan resmi di BK8. Gabung sama kami dapatkan 100% Welcome Bonus!

    Gabung Situs Terpercaya BK8

    BK8 adalah bandar judi online terpercaya Indonesia yang menyediakan semua permainan seperti slot game, live casino, sports betting, togel, IDN poker, Qq, tembak ikan. Situs AsianBookie Indonesia BK8 deposit melalui seluruh bank ternama yang ada di Indonesia.

    BK8 menyediakan 4 platform taruhan bola C-Sports (CMD368), I-Sports (MAXBET), S-Sports (SBOBET) dan 1 Virtual Sports (Betradar).

    BalasHapus
  53. Hasilakan uang dengan cepat dari permainan dominoqq dan bandarqq di sini https://dominoqqme.com/

    BalasHapus
  54. mendapatkan bandar judi online terpercaya sekarang tidak susah lagi. pastikan anda mendapatkan bosbobet barakcasino yang sudah terbukti aman dan terpercaya http://149.28.153.153/

    BalasHapus
  55. judi togel hongkong terapdate dan terpercaya. kunjungi kami di website terbaik kami http://139.180.184.251/

    BalasHapus
  56. baru tahu ternyata saya sejarah bali, terimakasih infonya gan

    BalasHapus
  57. Situs yang paling terpercaya dan terbaik ada disini dalam menyediakan permainan slot online joker123 yang sangat bagus untuk dimainkan. https://joker123lu.com

    BalasHapus
  58. BONUS 10% MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE (S1288)
    - Minimal deposit Rp 200.000 dan maksimal Rp 5.000.000
    - Extra credit 10% langsung dimasukkan ke dalam akun, apabila sudah melakukan deposit pada pertama kali
    - Withdraw dapat dilakukan apabila sudah mencapai kemenangan sebanyak 3x + bonus dari deposit
    - Tidak diperbolehkan double bet (bet kanan-kiri atau over under dalam 1 pertandingan) di dalam Agen Taruhan Judi Sabung Ayam
    - Bonus tidak berlaku jika terdapat persamaan IP Addres, nama rekening, nomor telepon dan email yang sudah terdaftar

    Gabung dan menangkan jackpot mu di BOLAVITA !!

    Berapapun kemenangan Anda pasti dibayarkan !!

    Dapatkan HADIAH DAN DISKON TOGEL yang disediakan oleh BOLAVITA:
    HADIAH TOGEL :
    4D = 3000
    3D = 400.
    2D = 70

    DISKON TOGEL :
    4D = 66%
    3D = 59%
    2D = 29%

    Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :
    WA / TELEGRAM : +62812-2222-995
    INSTAGRAM : @bola.vita
    FACEBOOK : @bolavita.ofc
    TWITTER : @BVgaming_net
    LINE : @CS_bolavita

    #Bolavita #BandarBolavita #AgenJudiTerpercaya #BandarJudiTerbsar #JudiOnlineTerpercaya #AgenTogel #DiskonTogel #BonusTogel #IDNLIVE #Casino #Slotgames #SabungAyam #SabungAyamS128 #TajiAyam #TogelJackpot #BonusDiskonTogel #TogelOnlineTerbaik #AgenJudiTerbaik

    BalasHapus
  59. bandar togel online kingdomtoto selalu mengudara dan menjadi terbaik http://128.199.187.54/

    BalasHapus
  60. I visited your blog for the first time and just been your fan. I Will be back often to check up on new stuff you post!

    BalasHapus
  61. I have been reading a lot of stuff about it. but it is different presented, i loved to read this. keep it up.

    BalasHapus
  62. carpets uae thanks… I’ve been bookmarking them for a while now and just decided to create a post to provide them to others…

    BalasHapus
  63. dengan bermain game online dapatkan penghasilan tambahan... ayo bergabunglah di hkpools dapatkan berbagai penawaran terbaik.

    BalasHapus
  64. Info bermanfaat yang sangat cantik pada artikel yang di sajikan di blog ini sangat indah dan berisi, terima kasih
    dan jika ingin bermain game online deposit pulsa tanpa potongan silahkan saja berkunjung ke situs kami di:
    agen judi slot agen togel singapura agen judi pokerv agen judi poker
    dimana web ini sudah sangat nyaman dan aman untuk dijadikan tempat anda bermain dan sudah menjadi tempat andalan para penjudi profesional.
    blog kami :
    absintheandlyrics beesandbuttercups aduniversalisecclesiae bridalhood corinabrandusan londonslostrivers mojkotija-beata olgavanouito pixel-manie phalenshappyaccidents romy-buchard ruthillustreert sheeplessinseattle ukhwah-dhearty whatyoumustread wenzlau
    https://indah9999.blogspot.com/ https://macan99.blogspot.com/ https://macanbola369.blogspot.com/
    terima kasih

    BalasHapus
  65. Valuable site, where did u come up with the information in this posting? I am pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what
    new content pieces u have.

    BalasHapus
  66. ayo coba keberuntungan anda, bermain bersama Agen Togel Online dan dapatkan diskon terbesr hanya di kingdom grup

    BalasHapus
  67. Slot Online KINGDOMGRUP fast respond banget,, recomennded

    BalasHapus
  68. paket terlengkap dan terpercaya di mpo slot...

    http://139.162.43.253/

    BalasHapus
  69. Situs deposit pulsa HokQBet dengan promo-promo yang menarik
    Special Promo :
    1.Bonus New Member 100%
    2.Bonus Harian 10%
    3.Bonus Get Free Deposit Per 10x Deposit
    4.Bonus Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    5.Bonus Free Spin Winning 20%
    6.Bonus Turnover slot 0.5%
    7.Bonus Cash Back Casino 5%
    8.Bonus Turn Over Casino 0.7%
    9.Bonus Cashback Sportsbooks 5%
    10.Bonus Trun Over Sportsbooks 0.5%

    BalasHapus
  70. HARI BAIK UNTUK SEMUA!

    Nama saya Amisha Chahaya Saya dari  Indonesia Saya telah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan mendirikan bisnis
    yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya imbalan apa pun,

    Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin ada hubungannya dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya menceritakan semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, bahwa Dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman apa pun yang saya butuhkan dengan tingkat bunga 2% yang sangat rendah, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia memberi tahu saya cara mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , saya melamar mereka di Email : (  mariaalexander818@gmail.com   ) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

    Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka ( mariaalexander818@gmail.com  ) mereka tidak akan pernah gagal,
    Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan, Jadi segera hubungi ( mariaalexander818@gmail.com
    ) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman pinjaman Anda untuk tawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman saya dari perusahaan ini tanpa tekanan apapun.


    MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
    EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
    NOMOR HUBUNGI:+1 254-276-8402
    WHATSAPP: +1 254-276-8402


    Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

    Terima kasih semua karena Anda mendengarkan kesaksian saya
    Semoga ALLAH MEMBERKATI KALIAN SEMUA.

    BalasHapus