Google+

Minggu, 04 Juli 2010

Pis Arjuna, salah satu uang magis di masyarakat bali

Pis Arjuna, salah satu uang magis di masyarakat Bali

Pis Rejuna (Pis Arjuna / uang kepeng arjuna), sesuai dengan sebutannya, merupakan uang kepeng yang pada salah satu sisinya terdapat gambar Arjuna. Dalam cerita Mahabharata, Arjuna dikenal sebagai putra ketiga dari Dewi Kunti dan nomor tiga dari Panca Pandawa. Di samping pandai memanah, ia juga dikenal sebagai ksatria yang gagah berani. Wajahnya yang rupawan menyebabkan ia diidolakan oleh banyak wanita. Hal ketampanan itulah yang sebenarnya menjadi penyebab pengapa banyak lelaki kemudian berkeinginan untuk memiliki pis Rejuna tersebut.

Sebagian masyarakat di Bali ada yang meyakini bahwa dengan menjadikan pis Rejuna sebagai jimat dan dipercaya bisa digunakan untuk memikat gadis yang menjadi incaran sang pemuda. Dengan simbol sang Arjuna ini diyakini akan dapat memanah Jantung Asmara sang gadis untuk dipersunting dijadikan istri. Namun ada pendapat lain yang mengatakan bahwa pis Rejuna fungsinya tiada lain untuk melanggengkan hubungan orang bersuami-istri atau hubungan sejoli yang sedang dilanda asmara dan sebagai penjaga, ataupun penambah kekuatan untuk bertempur/berperang

Sedemikian sulit dan kuatnya kepercayaan akan khasiat dari Pis Rejuna ini tidak sedikit di antara pemuda-pemuda yang kuat keinginannya untuk segera mempersunting gadis idaman ini berburu di malam hari ke tempat tempat yang angker untuk mendapatkan Pis Arjuna ini. 

Dalam pewayangan Panca Pandawa disebutkan bahwa:
  • Sang Yudistira; merupakan tokoh tertua, yang menjadi panutan dan dikenal kebijaksanaannya dalam menjalankan kehidupan, sehingga sering juga disebut “dharma wangsa” yaitu orang yang dengan teguh menjalankan ajaran dharma.
  • Sang Bima (bimasena); merupakan tokoh yang dikenal dengan kekuatannya, adalah tokoh yang terkuat diantara ke-empat saudaranya. dia juga dikenal dengan keteguhannya, kesetiaan dan baktinya.
  • Sang Arjuna; merupakan tokoh yang ahli dalam ilmu panah, paling sakti karena dianugrahi berbagai macam keterampilan karena keuletannya dalam belajar serta meditasi / tapan. karena kesenangannya dalam mencari sesuatu yang baru tersebut (belajar) maka beliau sering pergi meninggalkan saudara2nya untuk menuntut ilmu. dalam perjalannanya tersebut bertemu dengan para wanita yang beberapa diantaranya dijadikan istri beliau.
  • Sang Nakula dan Sahadewa; si kembar yang merupakan tokoh dikenal sebagai ahli ilmu pengobatan (ayur weda) serta ilmu gaib lainnya (atharwa weda). diantara saudara2nya, Nakula Sahadewa-lah yang paling tampan, tetapi kurang dikenal karena kurangnya minat beliau untuk berkelana dan mencari wanita lain.
dikehidupan sehari hari, masyarakat menjabarkan ajaran Panca Pandawa kegiatannya / sikap social, yaitu; yudistira merupakan akal pikiran, bima merupakan semangat, arjuna merupakan emosi, serta nakula dan sahadewa merupakan sikap. hikmahnya, apabila ingin dihargai di masyarakat kuasailah sifat dari panca pandawa. bila terjadi sesuatu yang kurang menyenangkan yang membuat kita marah dan keksalan menyelimuti diri, biarkan yudistira (akal pikiran) meredam 4mpat saudaranya. caranya saat mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan, berpikirlah jernih & tetap tenang (sifat yudistira), tahan semangat /panasnya hati (sifat Bima), tetaplah tersenyum (Arjuna) dan tetap sadar akan perbuatan, bersikap santai, dengan melipat kedua tangan di depan dada (Nakula Sahadewa) yang juga berfungsi untuk menahan marah dalam dada. dengan menguasai sifat2 dari panca pandawa maka akan akan tetap disegani masyarakat seperti halnya sang Panca Pandawa.

kembali kepada topic utama, “Pis Arjuna”…
oleh beberapa sumber pis arjuna yang beredar dalam masyarakat adalah Pis Arjuna mentang panah ( baik yang memanah kearah depan ataupun kea rah atas), Arjuna nunggal, Arjuna yang sedang disembah oleh wanita serta Pis Arjuna sedang memangku wanita dll.
cara untuk memperoleh Pis Arjuna ada 3 yaitu;
  • Paica; dengan cara meyasa, bersemedi / meditasi di tempat2 tertentu. pis bolong ini dipandang sangat sakral karena datangnya secara gaib, misalnya melalui wong samar, paica Ida Bhatara, dll
  • Turunan; merupakan warisan atau pemberian orang
  • Pasupati; merupakan uang kepeng yang baru dibuat / digambar oleh para balian/dukun di Bali disertai pemasupati
seperti halnya benda gaib lainnya, Pis Arjuna juga memiliki kelemahan yaitu sangat dipantangkan untuk melewati sarana ini, yaitu “keungkulan semat maisi tain sampi”. apabila uang tersebut melanggar pantangan tersebut maka kasiat yang terkandung didalamnya akan hilang (punah). tapi untuk menghindari punahnya kasiat dari Pis Arjuna ini hendaknya jangan membawanya, cukup nunas wangsuhnya saja. selain itu, untuk memperkuat kekuatan dari Pis Arjuna tersebut diperlukan sarana “Dedes" / alat kelamin dari binatang yang bernama Rase, dengan cara mengasapi, atau di olesi minyaknya.

satu info yang mesti diketahui, kasiat yang dikandung dalam Pis Arjuna tidak akan dapat menyatu dengan penggunanya, tanpa rapalan (mantra). mungkin orang2 tertentu langsung dapat menggunakannya, mungkin karena tingkat sepiritualnya sudah mencukupi, tapi untuk orang biasa tentunya harus melalui pengucapan mantra tersebut. salah satu mantra yang sering dipakai oleh para sesepuh di bali untuk piolas. mantranya “ ih sang arjuna, aku anggago piolas agung, angadeg ring jadma manusa kabeh, teke lengleng bungeng hatine …..(nama target)…. aninggalin awak sarisanku, kedep sidi mandi mantranku”. selain itu untuk lebih memantafkannya lagi mintalah restu dahulu kepada yang lebih berwenang dan berpengalaman.

untuk mengatasi masalah terbesar dalam penggunaannya, setiap “Tumpek Krulut” dibuatkan upacara sebagaimana halnya benda gaib lainya, serta saat “Tumpek Landep” untuk mepasupatinya kembali.
demikian dulu info mengenai Pis Arjuna, untuk penjelasan lebih lanjut hendaknya bertanya langsung kepada para sesepuh adat… smoga bermanfaat. thx

68 komentar:

  1. tanya apakah pis rejuan yang di jual di pasar kreneng atau pasar satriya bisa di pasupati dan berguna sebagaimana mestinya mohon penjelasannya ke rgusraidarmadi@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. hanya saja khasiatnya tidak bisa menyamai pis paica, kec yg mempasupati memiliki jnana yang hebat...
      ada bbrp org yang memiliki kemampuan spiritual sprt itu, tp beliau blm mau melakukan hal tsb..

      Hapus
    2. apakah benar kalau pis arjuna yg asli seperti zaman dahulu bisa dipakai mencari wanita hanya dengan memanggil namanya saja 3 kali dari depan angkul2 wanita tersebut....??? mohon penjelasannya ke locality_people@yahoo.com

      Hapus
    3. itu merupakan salah satu aplikasi pemakaiannya... dan msh bnyk cara lain yang bs digunakan.. dan smua itu akan disesuaikan dg angleh dari setiap pemakainya.
      jadi setiap orang memiliki angleh berbeda sehingga cara pemakian yang tepat pun akan berbeda

      Hapus
  2. Becik pisan tulisannyane bli Umaseh....

    BalasHapus
  3. mampir kesini ya temen2 semuanya ,suksma http://pisbolongjepun.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. larangan tempat saat membawa pis arjuna kemana saja?
    misalnya uangnya di ajum ajumin khasiatnya hilang tidak?
    kalok beli di peken satriya berguna tidak untuk saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai larangan tidak ada, tapi ada pantangannyam diatas sudah dijelaskan....

      kl uang itu sdh mulai digunakan dengan "campah" kama khasiat pasupatinya pun turun

      kalau membeli, tentu tidak terlalu berguna bila tidak di pasupati.

      Hapus
  5. Apakah pis Arjuna mempunyai nilai komersial?? Karena saya dititipkan oleh sang pemiliknya untuk menjualnya.08123632820

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja.. tp mengenai manfaat kegunaannya sudah tentu akan menurun, tidak seperti diperoleh pertama kalinya...

      Hapus
  6. jika kita menjual pis rejuna ke pada org lain apakah akan hilang kasiatnnya,,????
    mohon penjelasan???
    suksme,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari mana memperolehnya..
      apabila itu warisan, hasil permohonan atau paica kemungkinan hilangnya kasiat dari pis bolong tersebut cukup besar...

      tetapi apabila sumber mendapatkan pis bolong itu memang karena komersial dari pasaran, sudah tentu khasiatnya tidak bs disamakan dengan yg diatas.. karena besar khasiat dan manfaat dari pis bolong tersebut berasal dari kekuatan spiritual dari yang mempasupati atau yang memohonkan kekuatan tsb..

      Hapus
  7. jero tiang niki medue pis ganesha napi maknane jero napi mantrane

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai pis ghanesa, sangat jarang beredar dan ditemui di bali..
      mengenai manfaat pis ghanesa sudah tentu berkaitan dg rsi ghana, yg akan melindungi pemilik/pemakainya..

      Hapus
  8. napi arti “keungkulan semat maisi tain sampi”. yening madue pis arjuna nike dados ke pasih, kamar mandi, ketempat2 leteh, mesilub ring jemuran....?????? suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. keungkulan semat maisi tain sampi maksudnya... semat (bambu yg dipakai membuat canang) di colek kotoran (tai) sapi, lemudian ditaruh diatas (lebih tinggi dr posisi kepala manusia) sehingga bila tidak sengaja melewati sarana tadi, khasiat dari pis bolong akan memudar..

      mengenai pemakaian pis bolong untuk sehari2,
      disarankan untuk menggunakan seperlunya saja.. karena pada umumnya pis bolong ke-hyangin (disucikan) sehingga apabila memasuki daerah cuntaka/leteh/kotor/kurang suci akan menurunkan bahkan memudarkan khasiat dati pis bolong tersebut..
      kalau hanya digunakan jalan2 melewati pantai tentu saja tidak masalah, selama pantangan yg tyg jelaskan diatas tidak dilanggar

      Hapus
  9. om swastyastu,
    tiang punya pis bolong arjuna, bentuknya sangat tipis dengan gambar arjuna merentangkan panah.di baliknya ada tulisan cina
    dan tiang juga pernah melihat pis arjuna bentuknya tebal tapi di baliknya kosong tidak ada tulisan. yang saya tanyakan apa perbedaan kedua pis rejuna tersebut???? yang bagaimana aslinya.berlaku atau duluan ada???? mohon infonya. suksma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai saat ini belum ada yg bs memastikan asli atau palsunya pis bolong tsb. yg bisa dipastikan adalah.. "setiap pis bolong wayang memiliki khasiat yg mengkhusus" apakah yg bli punyai tersebut sudah / merasakan khasiatnya...?
      bila belum, jnglah menanyakan asli palsu, krn tidak memiliki khasiat apa2
      suksma.

      Hapus
  10. Bgaimna cra pasupati pis arjuna?mhon bantuannya, suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lebih lanjut disini
      http://cakepane.blogspot.com/2013/01/banten-pasupati-dan-mantra-pasupati-di.html

      Hapus
  11. Metaken gih, tyg medue pis tualen tp ten bise carane pasupati, minta penjelasan gih! Suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan lebih lanjut disini
      http://cakepane.blogspot.com/2013/01/banten-pasupati-dan-mantra-pasupati-di.html

      Hapus
    2. pis arjuna itu bisa kita dapatkan dimana bli?
      beli atau bagaimana?

      Hapus
    3. kalau membeli yang sudah jadi, niki ada teman dari bali yang memiliki http://jual-gwang.blogspot.com/ tp tiyang tidak kenal orangnya, kemaren tyg sempat mencoba memesan sebagai testkiss ternyata barangnya lumayan bagus..

      Hapus
  12. temen tiang medue pis arjuna(polih dengan cara numbas) mangkin pekidihange sareng tiang........mresidayang UMASEH PASUPATI mempasupati pis arjuna nike gih lan biayane berapa nike???? (tiang ten bise masupati)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mresidang... nanging yening baan numbas sampun pastike manfaatne ten kadi paice
      indik biaya, gratis... nanging sediakan manten banten pasupatinyane

      Hapus
  13. belinya dimana bli?
    dan kira2 harganya beerapa ya?

    BalasHapus
  14. belinya dimana bli?
    dan kira2 harganya berapa ea yg udah ada khasiatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau harga tyg blm tau pasti... silahkan saja kunjungi http://jual-gwang.blogspot.com/ di tempat tsb ada kok..

      Hapus
  15. kira2 kalok di luar bali ada yang jual gx ya bli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada bang...
      kl mau pesan aja ama org bali, yg mengerti ttg hal beginian :)

      Hapus
  16. Swastystu bli..napi makna filosofi dari semat dan tahi sapi sehingga ketika keduanya di gabung mengakibatkan punahnya khasiat pis bolong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mengenai itu tyg blm tau pst..
      tp bila ditarik scr logika, sapi merupakan kendaraan dewa siwa, sehingga salah satu sarananya bs mengunakan bagian dr sapi itu sendiri. dan harap jng dilupakan Dewa siwa saat meryoga juga disebut hyang pasupati. selain itu sapi merupakan binatang suci yang digembalai oleh dewa rare anggon...
      mengenai semat itu berhubungan dg filosofi canang atau banten, saat sematnya dilepas maka banten itu akan kurang (hancur) jd menggunakan sarana semat bekas canang akan menjadi lambang penghancur
      begitu kira2... mungkin ada yg berpendapat lain atau ada yg sudah mendapatkan literatur ttg hal tersebut, mohon jg masukannya..

      Hapus
  17. met pagi dan salam sejahtera bli....saya punya pis arjuna(sudah di pasupati) yang di dapat dengan cara membeli dan selama ini saya hanya simpan di dompet saja...pertanyaan saya adalah..........

    1. bagaimana cara menggunakan pis arjunja untuk memikat lawan jenis secara sederhana(mudah) sedangkan saya tidak hapal mantra2 seperti yang bli ulas di atas

    2. klo pis arjuna saya hanya di simpan di dompet dan dompet jarang dibawa keluar(krn takut mesilub kena semat tai sapi)apakah itu artinya saya tidak menggunakan ato memanfaatkan pis arjuna itu????????

    3. kapan saya/kita sebagai pemilik pis arjuna disebut menggunakan pis tsb dan kapan kita tidak dianggap menggunakannya????? (KARNA SAYA MASIH BINGUNG, APAKAH DENGAN MEMBAWA SAJA SUDAH DIANGGAP MENGGUNAKAN,,MISAL KLO TIDAK MEMBAWA GMN????)


    TERIMA KASIH

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih lanjut silahkan baca artikel ini http://cakepane.blogspot.com/2013/03/cara-menggunakan-pis-arjuna.html

      Hapus
  18. Om swasty astu, tyang mau bertanya, apakah ada mantra lain untuk menghidupkan pis arjuna, misalnya untuk kewibawaan, karena diatas saya melihat hanya untuk piolas aja, atu memang pis arjuna ini hanya digunakan untuk hal tersebut? Suksma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada... silahkan datang ke klinik ntuk lebih jelasnya...

      Hapus
  19. bli di mana beli uang cetakan arjuna, krisna , dll

    BalasHapus
  20. tolong di posting mnatra untuk menghidupkan Pis Arjunanya..
    sukseme,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampun nike.. silahkan dicermati kembali... dari mantra, sarana pasupati hingga cara menjalankan sudah di posting...

      Hapus
  21. kalau untuk di pake selingkuh bisa gak....? mengapa....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua itu dikembalikan ke penggunanya... suksma

      Hapus
  22. om swastiastu tiang jagi metaken. wenten napi ten jinah arjuna kembar....?? niki tiang medue jinah megambar persis arjuna, tetapi megambar kalih.....napi niki yang dinamakah jinah nakula shadewa atau jinah dados niki. suksema

    BalasHapus
    Balasan
    1. suksma..
      indik arjuna kembar sudah pasti tidak ada... yg kembar adalah "nakula-sahadewa"

      Hapus
  23. tulisan sangat menarik..nitip lapak jero www.uangkepengbali.wordpress.com suksma!

    BalasHapus
    Balasan
    1. suksma mewali.... rarisan.. niki duwe jrone sareng sami :)

      Hapus
  24. Om swastiastu klo tanpa pis bolong ap ad mantra agar kliahatan ganteng dan. Berwibawa ya pak jero
    ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa mantrapun bisa kok...
      rajin2 melukat, muspa serta meditasi...
      dalam jangka waktu 1 purnama, aura wajah akan lebih mantap ;)

      Hapus
    2. Truss kalo tiang mau minta mantra nya ada ya pak jero sukseme

      Hapus
  25. Om swastiastu jero kalo kita beli pis bolong bukannya dapet dari paica,apakah ada dampak negatifnya katanya kalo pis bolongnya itu beli kan berarti dibuat dari balian terus katanya kalo pis bolong yg kita beli itu kita pkai lama kelamaan tubuh kita bisa dimakannya. Bener nike? Katanya juga temen pis bolong yg dibuat dari balian itu adalah leak. Mohon infonya.. suksema

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini, kepemilikan pis bolong sebagian besar dari membeli atau penghibahan seseorang. jd tidak apa2 bila memilikinya, hanya saja kasiatnya jauh berkurang...

      mengenai pis bolong buatan balian, itu tergantung tehnik dan kekuatan balian dalam menghidupkan fibrasi (pasupati) dr pis bolong tsb.. bisa saja karena tingkat spiritual baliannya rendah shg kualitas kekuatan pis bolongnyapun rendah...

      pis bolong buatan balian blm tentu berakibat buruk, semua tergantung pemakainya.. dan tidak ada hubungannya dg LEAK.
      lebih lanjut ttg leak silahkan buka di (umaseh.com) tentang bali, disana dijelaskan panjang lebar ttg kekuatan leak...
      sekian dumun, semoga dipahami. mogi rahayu

      Hapus
  26. blii saya mau pesan ,, tapi dmana ya dan berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf... untuk saat ini tyg ten jualan pis bolong.
      tp bila berkenan, tyg bantu mencarikannya.. dan itupun bukan paica, krn tyg sudah tidak aktif lagi dalam hal penarikan benda2 gaib...
      suksma

      Hapus
  27. Bli, pis arjuna bisa dipakai di pulau sumatera, sebrang laut

    BalasHapus
    Balasan
    1. pis arjuna hanyalah sebuah senjata, dimanapun bisa digunakan..
      hanyasaja, apakah pemakai senjata tersebut bisa menggunakannya..?
      itu pertanyaan besar yang sering bikin GALAU pemilik pis arjuna ini, karena keliatan pis ini tidak bermanfaat lebih.. sama sperti uang kepeng yang tak ada istimewanya,..
      untuk dapat menggunakannya, asahlah jnana anda dulu, setelah itu, apapun senjata yang anda pegang pasti berguna..
      sekian dumun, semoga dimengerti. rahayu...

      Hapus
  28. saya punya bulu perindu sepasang kalo di satukan dgn pis arjuna bagaimana?, tambah powernya ngak

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dua benda yang beda karakter tapi memiliki kemiripan fungsi..
      tentu saja tidak bisa digabungkan, lebih baik dalam penggunaannya digunakan satu per satu, agar karakter benda2 tersebut tidak benturan

      Hapus
  29. Mesti Dipasupati Bli ?
    Soalnya Saya Punya Tapi Saya Beli Dan Itupunpula Dengan Harga Yg Mahal
    Dimana Bisa Nyari Minyak Dedes Bli ?
    Moon Pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib pasupati ulang stiap tumpek landep...
      gunakan tebasan pasupati dg andong bang + ayam biying panggang, gunakan dupa pasupati (nunas di gria sulinggih atau dupa gandasiddhi)

      Hapus
  30. bli umaseh, tiang ngelah pis bolong arjuna..
    iseng tiang nganggen 1 hari efeknya ada tapi setelah hari" berikutnya efeknya hilang bli..
    knapa itu bli? ap karena saya ada salah / karena saya waktu itu memakai 2 , arjuna dan tualen..
    mohon pencerahan biar tidak salah bli umaseh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nika krn pasupatinya kurang...
      silahkan pasupati ulang setiap tumpek landep

      Hapus
  31. salam sejahtera..saya muslim dalam hal pis arjuana saya pernah menemukan, melihat dan ditawari pis arjuna yang sedang memanah kearah atas dengan harga tertentu. pertanyaan saya setelah membaca tentang pis arjuna tersebut apa yang harus saya lakukan? apakah saya membelinya karna menurut sumber cerita yang saya dapat pis arjuna tersebut mempunyai hasiat atau kegunaan untuk kewibaan,kekebalan dan meluluhkan hati seseorang (secara umum). mohon penjelasannya.. Trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai hal tersebut, anda dapat membelinya.. tetapi mengenai khasiat dr benda magis ini, baiknya anda mempelajari dunia ritual.. sehinga khodamnya dpt dimanfaatkan

      Hapus
  32. Bli,saya punya pis bolong anoman,saya dpat dri membeli,pertanyaanya,adakah mantra untuk menghidupkan pis bolong tersebut/apakah yang harus saya lakukan supaya bisa lebih bisa merasakan efek dari pis tersebut??,karena slama ini saya pakai terasa efeknya tapi hanya pada saat2 tertentu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar meditasi, dg bgt kekuatan luar tubuh akan bs dikenali :)

      Hapus
  33. Bli tiang jagi metaken, bli adi nawang liu, napi bli jero balian at napi... nyen nike jakti, tiang mesen pisbolong arjune siki, nyening seken2 kasiatne tiang tigi borong

    BalasHapus