Google+

Benarkah Nabi Muhammad adalah Kalki Awatara?

Benarkah Nabi Muhammad adalah Kalki Awatara?

banyaknya artikel tentang saling klaim kebenaran antar agama, membuat saya tergelitik mencarinya. dan jika anda melakukan "search" di google dengan mengetikkan kata "muhammad dalam weda" atau "Muhammad SAW Nabi Hindu?" maka anda akan menemukan beberapa tulisan yang menyatakan bahwa Muhammad SAW adalah Kalky awatara ataupun Nabi-nya orang Hindu. saya tidak memberi komentar panjang lebar di artikel-artikel tersebut karena satu, kita beda keyakinan dan sudah tentu mereka akan banyak berkilah tentang kebenaran menurut mereka, seperti halnya kita dalam mempertahankan keyakinan kita.
akhirnya melalui artikel ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan jawaban (wiweka) untuk pertanyaan besar orang Hindu khusunya dibali, apa benar Nabi Umat Islam yaitu Muhammad adalah Kalki awatara yang sangat ditunggu-tunggu umat hindu?


Sekilas Tentang Konsep Kalki Avatara dalam WEDA

Kalki awatara adalah sebuah "Penjelmaan" /Inkarnasi/ menjadikan diriNya (krida) Tuhan kedalam wujud tertentu demi menegakkan Kebenaran (dharma) yang telah dijajah oleh ke-tidak benaran (adharma), untk menyelamatkan umat manusia, yang dipercaya oleh umat Hindu yang akan muncul suatu Hari Nanti. Hindu menyakini ada 10 awatara, 9 awatara telah terjadi di masa lampau, dan satu lagi akan datang yakni Kalki Avatara. (perhitungan tahunnya dibahas dalam weda).

mari kita simak artikel sahabat kita, Artikel dibawah ini saya kutip dari dari sekian banyaknya situs/blog yang mempublikasikan berita/ulasan sebuah penelitian seorang Dr. Zakir Naik, yang menemukan kaitan antara "Kalky Awatara" (didalam weda), dengan sosok nabi Muhammad SAW. (Nabi umat Islam).

"Nabi Muhammad adalah nabi umat Hindu?"
(sebenarnay itu sebuah pertanyaan, bukan pernyataan, tetapi akibat banyaknya "copas" maka berubahlah kutipan-kutipan itu menjadi "pernyataan").
Kalimat itu pasti mengejutkan bagi kebanyakan umat Islam maupun umat Hindu, bahkan mungkin bagi umat di luar kedua agama itu. Betapa tidak, konsep dari dua agama itu sangat jauh berbeda.
Mungkinkah nabi Muhammad adalah nabi dari kedua agama tersebut?

Jika dikatakan bahwa nabi Muhammad adalah juga nabi dari umat Yahudi & umat Kristen, mungkin banyak dari kalangan umat Islam akan setuju, mengingat dalam Al-Qur’an memang terdapat ayat-ayat yang menyatakan kalau kedatangan nabi Muhammad sebenarnya sudah diberitakan dalam kitab-kitab suci pendahulunya, seperti Taurat & Injil. Lima kitab awal dari kitab Perjanjian Lama Kristen adalah apa yang oleh umat Yahudi diakui sebagai Torah/Taurat/Pentatouch, yaitu kitab-kitab Kejadian, Keluaran, Imamat, Bilangan, dan Ulangan. Sedangkan 4 kitab awal dari kitab Perjanjian Baru Kristen diakui oleh umat Kristen sebagai kitab Injil, yaitu kitab-kitab Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes.

Sekalipun umat Islam menyatakan bahwa Taurat & Injil yang diturunkan pada nabi Musa & nabi Isa adalah bukan yang diakui oleh umat Yahudi & Kristen sekarang, atau setidaknya sudah berubah/diubah dari aslinya, banyak para pakar ilmu Kristologi yang menyatakan kalau dalam Taurat & Injil yang diakui umat Yahudi & Kristen sekarang inipun masih terdapat sisa-sisa ramalan kedatangan nabi Muhammad (sebenarnya sangat menarik untuk menampilkan argumentasi pembuktiannya, tapi hal itu bukan topik utama dari tulisan ini).

Jika umat Islam mempercayai ramalan kedatangan nabi Muhammad dalam kitab Taurat & Injil, bagaimana dengan kitab suci umat Hindu? Mungkinkah nabi Muhammad adalah seorang nabi yang kedatangannya sudah diramalkan oleh kitab suci umat Hindu? itulah yang akan kita bahas di sini.

Sebenarnya dalam Al-Qur’an terdapat ayat-ayat yang dapat dijadikan acuan bahwa nabi Muhammad mungkin saja adalah juga seorang nabi umat Hindu yang ramalan kedatangannya terdapat dalam kitab-kitab suci umat Hindu. Diantaranya:

Dalam surat Asy-Syu’ara (26) ayat 196: “Dan sesungguhnya Al-Qur’an itu benar-benar (tersebut) dalam kitab-kitab orang yang terdahulu”. Jadi dalam kitab-kitab sebelum Al-Qur’an juga terdapat wahyu Tuhan

Dalam surat Fatir (35) ayat 24 dinyatakan bahwa tidak ada suatu kaum di masa lalu tanpa seorang pemberi peringatan

Dalam surat Al-Ahzab (33) ayat 40 dinyatakan bahwa Muhammad adalah utusan Tuhan dan merupakan penutup para nabi (utusan terakhir)

Dalam surat Al-Anbiya (21) ayat 107 dinyatakan bahwa nabi Muhammad tidak diutus melainkan untuk seluruh semesta alam.

Dalam surat Saba’ (34) ayat 28 dinyatakan bahwa Tuhan mengutus Muhammad untuk seluruh umat manusia, pemberi kabar gembira, dan peringatan akan dosa, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya.

Juga dalam hadits Bukhari vol 1. dalam kitab Shalat bab 56 hadits no 429, nabi Muhammad bersabda: “Semua rasul yang diutus sebelumku hanya berlaku untuk umat/bangsanya saja, tapi aku diutus untuk semua umat manusia”.

Sekarang akan kita lihat dalam kitab suci agama Hindu. Ada banyak kitab dalam agama Hindu yang diakui sebagai kitab suci mereka. Dari semuanya yang dianggap paling suci adalah kitab Veda (Weda). Bila diantara kitab-kitab itu ada yang bertentangan, maka yang harus menjadi rujukan utama adalah Weda yang juga masih terbagi lagi menjadi beberapa kitab. Kitab-kitab lain selain Weda adalah: Upanishad, Smriti, Dharma Sastra, Bhagavat Gita, Puranas, dll.

Ayat-kitab ramalan kedatangan nabi Muhammad
Disebutkan dalam Bhavisa Purana –> dalam Pratisarag Parv III, Khand 3, Adhyay 3, Shalokas 10 to 27:
Aryadarma akan tampil di muka bumi ini. ‘Agama kebenaran’ akan memimpin dunia ini. Saya diutus oleh Isyparmatma. Dan pengikut saya adalah orang yang berada di lingkungan itu, yang kepalanya tidak dikucir, mereka akan memelihara jenggot dan akan mendengarkan wahyu, mereka akan mendengarkan panggilan sholat (adzan), mereka akan memakan apa saja kecuali daging babi, mereka tidak akan disucikan dengan tanaman semak-semak/umbi-umbian tapi mereka akan suci di medan perang. Meraka akan dipanggil “Musalaman” (perantara kedamaian).”
Kalau anda baca tulisan diatas dengan baik, maka anda akan melihat bahwa ciri-ciri dari pengikut agama kebenaran yang disebutkan adalah ciri-ciri yang umum terdapat pada umat Islam.

Dalam Atharvaveda book 20 Hymn 127 Shlokas 1-14 disebutkan tentang Kuntupsuktas yang mengisyaratkan bahwa nabi Muhammad akan terungkap kemudian.

Mantra 1 mengatakan: ia akan disebut Narasangsa. “Nars” artinya orang, “sangsa” artinya “yang terpuji”.Jadi Narasangsa artinya: orang yang terpuji. Kata “Muhammad” dalam bahasa arab juga berarti: orang yang terpuji. Jadi Narasangsa dalam bahasa Sansekerta adalah identik dengan Muhammad dalam bahasa arab. Jadi Narasangsa adalah figur yang sama dengan nabi Muhammad. Ia akan disebut “Kaurama” yang bisa berarti: pangeran kedamaian, dan bisa berarti: orang yang pindah (hijrah). Nabi Muhammad adalah seorang pangeran kedamaian yang hijrah dari Makkah ke Madinah. Ia akan dilindungi dari musuh yang akan dikalahkannya yang berjumlah 60.090 orang. Jumlah itu adalah sebanyak penduduk Makkah pada masa Muhammad hidup yaitu sekitar 60.000 orang.

Mantra 2 mengatakan: ia adalah resi yang naik unta. Ini berarti ia bukan seorang bangsawan India, karena dikatakan dalam Mansuriti (11) : 202 mengatakan bahwa Brahma tidak boleh menaiki unta atau keledai. Jadi tokoh ini jelas bukan dari golongan Brahmana (pendeta tinggi Hindu), tapi seorang asing.

Mantra 3 mengatakan: ia adalah “Mama Rishi” atau resi agung. Ini cocok dengan nabi agung umat Islam yaitu nabi Muhammad SAW.

Mantra 4 mengatakan: ia adalah Washwereda (Rebb) artinya orang yang terpuji. Nabi Muhammad yang juga dipanggil dengan nama Ahmad adalah berarti juga “orang yang terpuji” yang terjemahan bahasa Sansekerta-nya adalah Rebb.

Beberapa ramalan lainnya:
Dalam Atharvaveda book 20 hymn 21 : 6 dinyatakan bahwa di sana disebutkan dengan istilah: “akkaru”yang artinya: “yang mendapat pujian”. Dia akan mengalahkan 10.000 musuh tanpa pertumpahan darah. Hal ini merujuk pada perang Ahzab yang mana Nabi Muhammad mengalahkan musuh yang berjumlah 10.000 orang tanpa pertumpahan darah.

Dalam Atharvaveda book 20 hymn 21 : 7 dinyatakan bahwa Abandu akan mengalahkan 20 penguasa. Abandu juga berarti seorang yatim atau seorang yang mendapat pujian. Ini mengarah pada nabi Muhammad yang seorang yatim sejak lahir dan arti kata Muhammad/Ahmad yang berarti yang terpuji, yang akan mengalahkan kepala suku dari suku-suku di sekitar Makkah yang berjumlah sekitar 20 suku.

Dalam Rigveda book 1 Hymn 53 : 9 nabi dipanggil dengan sebutan “Suslama” yang artinya lagi-lagi adalah: orang yang terpuji yang merupakan arti dari nama Muhammad.

Dalam Samaveda Agni Mantra 64 dinyatakan bahwa ia tidak disusui oleh ibunya. Hal ini persis dengan nabi Muhammad yang tidak disusui oleh ibunya tapi oleh seorang wanita bernama Halimah.

Dalam Samaveda Uttararchika Mantra 1500 dinyatakan bahwa Ahmad akan dianugrahi undang-undang abadi, yang jelas mengacu pada nabi Muhammad yang akan dianugrahi kitab suci Al-Qur’an. Tapi karena orang India yang berbahasa sansekerta tidak paham kata Ahmad, maka diterjemahkan menjadi “a” dan “mahdi” yaitu “saya sendiri”, jadi diartikan “saya sendiri yang menerima undang-undang abadi”. Padahal seharusnya “Muhammad sendiri yang dianugrahi undang-undang abadi”.

Nabi Muhammad diramalkan dengan nama Ahmad pada banyak bagian dalam kitab-kitab Weda. Juga diramalkan pada tak kurang dari 16 tempat yang berbeda dalam kitab weda dengan nama Narasangsa artinya adalah sama dengan arti dari nama Muhammad, yaitu “yang terpuji”.

Kalky Autar
Salah satu ramalan kedatangan nabi Muhammad yang sangat terkenal yang juga telah membuat seorang professor bahasa dari ALAHABAD University India mengajak kepada umat Hindu untuk segera memeluk agama Islam, adalah terdapatnya sebuah ramalan penting dalam kitab suci Hindu tentang kedatangan yang ditunggu-tunggu dari seorang Kalky Avtar (baca: autar). “av” artinya: turun. “tr”artinya melewati. Jadi arti kata Avtar adalah “diturunkan atau diutus untuk turun”. Kalky Avtar artinya adalah: “utusan terakhir”.

Pundit Vaid Parkash - sang professor (yang menulis buku berjudul “Kalky Avtar”), secara terbuka dan dengan alasan-alasan ilmiah, mengajak para penganut Hindu untuk segera memeluk agama Islam dan sekaligus mengimani risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW, karena menurutnya, sebenarnya nabi Muhammad adalah sosok yang dinanti-nantikan sebagai sosok pembaharu spiritual dalam agama Hindu.

Disebutkan dalam Nashpropesy, nabi Muhammad diramalkan dengan nama Kalky Avtar (Autar terakhir) dan Amtim Rishi. Sedangkan dalam kitab Puranas disebutkan tentang Kalky Autar dan kedatangannya. Diantara ayat-ayat yang menyebutkan adalah:

Dalam Baghavata Purana Khand 12 Adhyay 2 Shloka 18-20 disebutkan dalam rumah Visnuyashakan dilahirkan Kalky Avtar yang diramalkan akan menjadi penguasa dunia, yang terkenal dengan sifat-sifatnya yang baik & menonjol. Dia akan diberi tanda-tanda. Dia akan diberi oleh malaikat sebuah kendaraan yang cepat. Dia akan menaiki kuda putih sambil memegang pedang. Dia akan mengalahkan orang-orang jahat dan dia akan terkenal di dunia.

Dalam Baghavata Purana Khand 1 Adhyay 3 Shloka 25 disebutkan akan ada juru selamat di rumah Visnuyash

Dalam Kalki Purana (2) : 4 disebutkan bahwa di rumah Visnuyash pemimpin kampung Sambala akan lahir Kalki Avtar

Dalam Kalki Purana (2) : 5 disebutkan bahwa dia akan datang bersama para sahabatnya (4 orang sahabat) mengalahkan orang-orang jahat

Dalam Kalki Purana (2) : 7 disebutkan bahwa dia akan dijaga oleh malaikat di medan perang

Dalam Kalki Purana (2) : 11 disebutkan bahwa dalam rumah Visnuyash dan dalam rumah SummatiKalki Autar akan lahir

Dalam Kalki Purana (2) : 15 disebutkan bahwa dia akan lahir pada tanggal 12 bulan pertama Madhop

Semua ramalan yang disebut diatas tadi tiada lain merujuk pada nabi Muhammad SAW. Penjelasannya demikian:

Dirumah Visnuyash berarti dirumah pengikut Vishnu (pengikut Tuhan) sedangkan ayah dari nabi Muhammad adalah bernama Abdullah yang artinya adalah pengikut Allah (pengikut Tuhan). Orang Islam menyebut “Allah” sbg Tuhan, sedang orang Hindu menyebut “Vishnu” sbg Tuhan. Jadi di rumah Visnuyash adalah di rumah Abdullah.

Summati dalam bahasa sansekerta artinya adalah orang yang sangat setia. Sedangkan ibunda nabi Muhammad adalah bernama Aminah yang dalam bahasa arab artinya juga orang yang setia.

Sambala bahasa arabnya adalah tempat yang aman & damai. Nabi Muhammad dilahirkan di Makkah yang terkenal dengan nama “Darul Aman” yaitu tempat yang aman & damai. Akan lahir diantara kepala suku Sambala, artinya bahwa nabi akan lahir diantara kepala suku di Makkah.

Dilahirkan pada tanggal 12 di bulan pertama Madhop. Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 rabiul awal

Sbg Amtim Rishi (resi terakhir). Nabi Muhammad adalah juga nabi terakhir dari deretan nabi-nabi yang dikirim Tuhan seperti yang terdapat pada QS. Al- Ahzab : 40.

Dia akan memperoleh bimbingan di atas gunung dan akan kembali lagi ke arah utara. Nabi Muhammad memperoleh wahyu pertamanya di gua Hira di Jabal Nur. Jabal Nur artinya Gunung Cahaya lalu kembali lagi ke Makkah.

Dia akan memiliki sifat-sifat yang sangat mulia. Persis seperti nabi Muhammad seperti terdapat pada QS. Al-Qalam : 14Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang luhur”.

Kalki Autar akan diberi 8 kemampuan spiritual, yaitu: bijaksana, punya kendali diri, keturunan yang terhormat, punya pengetahuan wahyu, pemberani, perkataannya bertarget kurikulum, sangat dermawan, dan sangat ramah. Semuanya adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh nabi Muhammad

Dia akan diberi kendaraan yang sangat cepat oleh Shiva. Nabi Muhammad juga diberi bouraq yang sangat cepat oleh Allah yang membawanya ke langit dalam peristiwa Mi’raj.

Dia akan naik kuda putih dengan tangan kanannya memegang pedang. Nabi Muhammad juga ambil bagian dalam peperangan termasuk dengan menunggang kuda dan bertempur dengan memegang pedang dengan tangan kanannya.

Dia akan menjadi penyelamat umat manusia. Dalam QS. Faatir (35) ayat 24 dan QS. Saba (34) ayat 28 disebutkan bahwa Nabi Muhammad adalah pembawa berita gembira & peringatan bagi seluruh umat manusia, tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Dia akan menjadi pembimbing ke jalan yang benar. Nabi Muhammad hidup pada jaman jahiliyah yang penuh kegelapan dimana ia membawa umatnya ke jalan yang terang benderang.

Dia akan dibantu oleh 4 sahabat dalam menyebarkan misi. Kita tau ada 4 orang khalifah sahabat nabi yaitu: Sayyidina Abubakar, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Dia akan ditolong oleh malaikat di medan pertempuran. Dalam perang Badr nabi Muhammad dibantu oleh para malaikat Allah seperti tersebut dalam QS. Ali Imran (3) ayat 123 & 125: “Jika kamu bersabar dan bertaqwa dan mereka menyerang kamu dengan seketika itu juga niscaya Allah menolong kamu dengan 5000 malaikat yang memakai tanda”. Juga QS. Al-Anfal ayat 9 yang berbunyi “…. sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut.

Subhanallah..
Ternyata sekian banyak ayat tersebut (yang sebenarnya belum semuanya ditampilkan) yang meramalkan akan datangnya seorang nabi yang ditunggu-tunggu oleh umat Hindu, begitu cocok dengan gambaran nabi Muhammad, umat Islam, dan sejarahnya. Mungkin saja ini juga merupakan pembuktian yang diberikan Allah bahwa nabi Muhammad memang diutus Allah untuk seluruh umat manusia.

Hal ini juga dapat membuka diskusi yang menarik tentang agama Hindu, kitab suci umat Hindu, dan syariat-nya.
Benarkah agama Hindu memang merupakan agama yang diturunkan oleh Allah jauh sebelum nabi Muhammad lahir?
Kalau ya, apakah berarti umat Hindu bisa disebut “muslim”, atau juga bisa disebut “ahlul kitab”?
Bagaimana sesungguhnya ajaran agama Hindu itu, dan sesuaikah dengan ajaran Islam?
Bagaimana pendapat anda sendiri?
-rkh-
source: rkhblog.wordpress.com/2007/08/28/muhammad-adalah-nabi-umat-hindu, fv4eva.wordpress.com/2013/05/13/muhammad-adalah-nabi-terakhir-yang-ditunggu-umat-hindu

demikian Kutipan blog itu saya ambil, dari blog rekan muslim.
lalu..

Bagaimana Kajian dari Ajaran Hindu.

untuk mengkaji Artikel diatas, perlu digunakan Teori Ajaran yang berlaku dalam Ajaran Sanatana Dharma, karena yang dibahas adalah Awatara.
baik kita bahas satu persatu:

Teori Jaman (yuga)

Ajaran Sanatana Dharma yang dikenal dengan sebutan Agama Hindu mengenal 4 jaman, seperti yang tertuang dalam Manusmrti diantaranya:

  1. Krtayuga, merupakan masa yang penuh kedamaian dimana pada masa tersebut tidak ada manusia yang berbuat adharma walaupun hanya dalam pikiran. hati manusia tertuju hanya kepada tuhan saja, kegiatan manusia hanyalah Raja Yoga.
  2. Trta Yuga, Pada masa ini pikiran manusia mulai dikotori oleh sesuatu kejahatan untuk menghancurkan manusia lainnya. “Pada masa ini mulailah muncul Kumpulan/kelompok yang memisahkan antara golongan yang satu dengan golongan yang lainnya.
  3. Dwapara Yuga, pada masa ini manusia sudah mulai berwatak dua yakni sebagian dirinya merupakan kebaikan dan sebagian lainnya tersimpan kejahatan. Pada zaman ini manusia sudah mulai merasa pamrih untuk membantu orang lain.
  4. Kali Yuga, saat ini kepuasan hatilah yang menjadi tujuan utama dari manusia. Pada zaman ini apabila manusia sudah dapat memenuhi segala sesuatu yang bersifat keduniawian baik itu berupa harta (kekayaan) ataupun tahta (kedudukan) maka puaslah orang tersebut dan banyak tujuan agama hanya sebatas mencari sorga saja.

dan pada akhir dari Kali Yuga ini disebut Mahapralaya atau lebih dikenal kiamat. mungkin dari ajaran ini agama yang lahir dijaman Kali Yuga selalu mempromosikan ajarannya dengan Ancaman Neraka dan Kiamat saja.

dan berdasarkan sastra Weda yang harus diperhatikan, Kalki Awatara adalah Penutup Kali Yuga, jaman kegelapan. seperti halnya Krisna Awatara yang menutup jaman Dwapara Yuga dan memasuki jaman Kali Yuga, terlihat ciri-cirinya dengan adanya kehancuran moral manusia. dan seharusnya apabila Kalki Awatara telah hadir secara otomatis HARUSnya saat ini kita berada di jaman Krta Yuga jaman kedamaian dan kebahagiaan.
Tapi, Bagaimana realitanya? 
setelah Nabi Muhammad wafat, Perang Salib terjadi, Perang Dunia I dan II pecah, Teror Bom, semakin merosotnya moral manusia, korupsi serta kejahata lainnya semakin meraja lela. bukankah hal-hal tersebut merupakan ciri jaman Kali Yuga? dengan teori ini maka terbantah sudah klaim sodara muslim kita diatas.

Teori Keyakinan atau Panca Sradha

Çraddhaya satyam apnoti, çradham satye prajapatih (Yajur Veda XIX.30)
dengan sradha orang akan mencapai Tuhan, Beliau menetapkan, dengan sradha menuju satya.
ciri ajaran Sanata Dharma adalah 5 pilar pokok keimanan yang dikenal dengan sebutan Panca Sradha, diantaranya:

  1. Brahman (Percaya akan adanya Tuhan)
  2. Atman (Percaya akan adanya Tuhan dalam setiap Mahluk ciptaannya)
  3. Karma Phala (Percaya dengan adanya Hukum Sebab Akibat - Surga/Neraka)
  4. Samsara/Reinkarnasi (Percaya dengan adanya kehidupan kembali, akibat dari Karma Phala)
  5. Moksa (Percaya dengan lepas dari Hukum Karma maka Atma Akan bersatu dengan Brahman)
artinya Tuhan adalah yang maha kuasa dan maha pencipta, dengan kuasanya beliau menciptakan ciptaannya dan Mahluk dengan menghembuskan bagian dari dirinya yang disebut atma/Ruh yang kemudian dijaga dengan Hukum Karma. bila Atma terikat Hukum Karma maka yang diperoleh hanyalah Surga/Neraka sehingga menimbulkan Reinkarnasi yang terus berulang-ulang dan bila Atma tidak terpengaruh Karma maka dia akan kembali bersatu dengan asalNya yang disebut Moksa.

dari 5 pilar diatas yang diakui oleh Umat Muslim atas ajaran Nabi Muhammad hanyalah 2 saja, yakni:
  1. Percaya akan adanya Tuhan (allah), dan 
  2. hukum sebab akibat yang berujung pada Pengadilan Akbar yang akan memberikan putusan Surga/Neraka saja. selain itu umat muslim tidak mempercayai.

yang jadi pertanyaan, bagaimana mungkin Kalki Awatara sebagai Jelmaan Wisnu tidak meyakini 3 pilar lainnya? karena yang mengajarkan 5 pilar tersebut adalah beliau sendiri.

Teori Awatara (avatar)

mungkin ini sangat penting untuk diketahui, bahwa dalam keyakinan Dharma, dijelaskan bahwa TUHAN akan turun untuk mengajarkan dan memperbaiki manusia. Awatara adalah Reinkarnasi dari Tuhan itu sendiri menjadi diriNYA. ini tersirat dalam beberapa sloka/mantra weda, salah satunya yang paling terkenal adalah Bhagawad gita Bab 4 sloka 7 dan 8 yang berbunyi:
Yadā yadā hi dharmasya glānir bhavati bhārata abhyutthānam adharmasya tadātmanam srjāmy aham paritrānāya sādhūnām vināśāya ca duskrtām dharma samsthāpanarthāya sambavāmi yuge yuge” (Bhagavad-gītā, 4.7-8)
Manakala kebenaran merosot dan kejahatan merajalela, pada saat itulah Aku akan turun menjelma ke dunia, wahai keturunan Bharata (Arjuna). Untuk menyelamatkan orang-orang saleh dan membinasakan orang jahat dan menegakkan kembali kebenaran, Aku sendiri menjelma dari zaman ke zaman.
Awatara adalah Tuhan sendiri yang turun tidak saja tertulis dalam nubuat-nubuat Kitab Suci, melainkan juga DINYATAKAN sendiri oleh Awatara tersebut. dalam Bhagawad gita, Sri Krsna jelas-jelas memposisikan diriNya sebagai TUHAN, karena hanya Tuhan-lah yang dapat mengucapkan (dan mempertanggungjawabkan) ucapan seperti itu. Dalam Bhgavad-Gita juga digambarkan bagaimana Sri Krsna menampakkan wujud ILAHI (bukan wujud duniawiNya) pada Arjuna, di mana Arjuna melihat bahwa dunia dan seluruh alam semesta berada DALAM diriNya.

Sedangkan Muhammad SAW tidak pernah satu kalipun menyatakan dirinya sebagai Tuhan (aku adalah ALLAH), melainkan sebagai utusan Tuhan.

Jika anda Muslim, mohon ingat kembali bunyi bagian kedua dari Syah'adat: "Aku percaya/bersaksi bahwa Muhammad adalah UTUSAN Allah". Muhammad juga tidak pernah tercatat memperlihatkan sesosok wujud ilahi pada pengikut-pengikutnya. Bahkan, Muhammad sangat ketat memegang peraturan mengenai pemujaan oknum lain selain Allah. Kemudian Umat muslimpun tak pernah menyamakan derajat Allah dengan Nabinya (muhammad SAW), lalu menyembahnya.

Awatara Selalu mengajarkan Hindu, sedang Muhammad mengajarkan Islam. Kok ga Sejalan kalo memang Muhammad = awatara??
Kebohongan tidak pernah mewakili satu kebenaran Agama, dan Kebohongan pasti akan hancur jika berhadapan dengan Realitas Kebenaran.
Kesimpulannya
Benarkah Nabi Muhammad adalah Kalki Awatara?
sudah tentu SALAH..!!!
argumen yang sangat lemah, kurangnya pemahaman Weda tetapi berani meng-klaim sebagai Awatara sangatlah aneh. Artikel Nabi Muhammad adalah nabi umat Hindu yang merupakan Penjelmaan dari Kalki Awatara hanya sekedar Memprofokasi saja, sehingga umat Hindu yang msih dangkal pengetahuan Hindu-nya diharapkan akan masuk Islam.Sungguh ini adalah sebuah klaim yang membuktikan ketidak PD-an umat muslim (muslim yang sependapat dengan artikel tersebut), sehingga Muhammad SAW. butuh diakui di kitab-kitab umat lain.

Awatara selalu mengajarkan Hindu dan bersifat bijaksana serta universal dan tidak pernah menganggap bahwa selain Hindu adalah sesat/salah. Ataupun mengklaim Bahwa Hindulah yang Paling Sempurna. Dan membenarkan semua cara untk memujaKU (dalam artian jalan yang positif) Ini sungguh bijaksana. alias tidak EGOIS.

Sesungguhnya jika kita yakin kepadaNya, Tunduk padanya, maka disanalah kita dapat menemukan kasih sayangNya serta perlindungan Darinya.

94 komentar:

  1. Pertanyaannya adalah, apakah sifat sifat Muhamad (kalo betul Awatara) yg merupakan penjelmaan Wisnu dlm dunia fana sudah sesuai dengan sifat sifat Awatara itu sendiri?

    BalasHapus
  2. rukun iman ada 6. bukan 2. coba tanya orang islam

    BalasHapus
  3. presiden turun menangani masalah tidak harus turun sendiri tapi menyuruh menteri/utusannya utk menghendel masalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp seorang raja yg bijaksana akn turun langsung menyelesaikan masalah yg sdh diluar batas kemanusiaan.. beliau bersifat suci.. dunia ini adlah bentuk dr badan kasar/jasmani.. maka sang pencipta hrs berada dalam bentuk jasmani pula di dunia ini. Tp sifat Yg kuasa itu adlh kesadaran yg tinggi.. dijasmani manapun beliau tempati belia ttp memiliki kesadarn yg tinggi akn diri beliau... manifestasi Tuhan salah satunya adlh sbg pemelihara, maka sdh kewajiban beliau utk memeilihara dunia beserta isinya. Tuhan ada dimana2, tak mesti di surga sja spt pemukiran anda.

      Hapus
    2. Tp seorang raja yg bijaksana akn turun langsung menyelesaikan masalah yg sdh diluar batas kemanusiaan.. beliau bersifat suci.. dunia ini adlah bentuk dr badan kasar/jasmani.. maka sang pencipta hrs berada dalam bentuk jasmani pula di dunia ini. Tp sifat Yg kuasa itu adlh kesadaran yg tinggi.. dijasmani manapun beliau tempati belia ttp memiliki kesadarn yg tinggi akn diri beliau... manifestasi Tuhan salah satunya adlh sbg pemelihara, maka sdh kewajiban beliau utk memeilihara dunia beserta isinya. Tuhan ada dimana2, tak mesti di surga sja spt pemukiran anda.

      Hapus
    3. Saya setuju bahwa Raja yg bijaksana akan turun langsung menyelesaikan masalah yg diluar batas kemanusiaan.

      Masalahnya adalah: Raja segala Raja TIDAK HANYA memiliki sifat bijaksana saja, namun juga memiliki sifat ADIL, PINTAR atau JENIUS, Punya Manajemen yg hebat, dll. Dan dari semua sifat Raja, semuanya IMBANG atau Melengkapi satu sama lain. Jika semuanya IMBANG atau SALING MELENGKAPI satu sama lain, maka itu artinya KESEMPURNAAN dan MULIA.

      Karena Anda manusia, maka adalah normal jika anda "berpikir" Raja yg bijaksana akan turun langsung ke dunia.
      Kalo anda Raja yg SEMPURNA, anda memiliki SEMUA HAL yg dipunya, tidak kurang, Mengapa mesti turun tangan sendiri?? Kan Raja yg SEMPURNA punya "anak buah" yg bisa di utus dalam berbagai masalah.

      anda berkata: Sudah Kewajiban Beliau untuk memelihara dunia beserta isinya.
      ini sangat aneh. Mengapa Tuhan WAJIB memelihara dunia dll?? Bukankah Tuhan juga mencipatakan Iblis/jin untuk mengganggu manusia??
      well,,,Tuhan sudah menurunkan PETUNJUK di kitab-kitabnya, melalui utusan2nya, agar manusia BISA MEMELIHARA DUNIA berserta isinya.

      Peraturannya SANGAT SIMPEL: Yaitu Taqwa. Jika anda PATUH dan TUNDUK terhadap aturan Tuhan, maka dunia akan terjaga. Jika tidak, maka berlaku hukum Karma Phala. Yaitu apa yg anda tanam, ya itu yg anda peroleh.

      Hapus
    4. Sama halnya seorang presiden anda undang untuk meresmikan toilet rumah anda. Dunia terlalu sepeleh bagi tuhan cukup utusan/rasul yg dikirim.

      Hapus
    5. Kenapa raja yg sempurna itu mau turun ke dunia? Ini sperti dlam kristen.. dalam kristen Tuhan hadir ke dunia menjadi Isa Almasih. anda juga tau kan bahwa Tuhan itu Maha Kasih? Ia mengasihi manusia seperti Bapak sayang anaknya. Jikalau Dia yg berkehendak.. siapa yg dapat melarang? Klo Tuhan krna cibtanya dengan manusia maka Ia turun ke dunia apakah itu salah? Apakah Tuhan itu angkuh hanya duduk di atas kerajaan sorga tapi tdak pernah mendatangi ciptaanya? Begitukah pandangan anda mengenai kesempurnaan Tuhan? Tuhan sgt peduli dengan ciptaanya, hal kecil pun ia perhatikan. Bukankah ia maha tahu dan maha penyayang? Bahkan peresmian toilet pun dia hadir. Tuhan hadir di setiap pjalanan kita.

      Well.. tpi bkan itu yg sya tekankan.. sya hanya heran saja ilmu cocokologi dri temen2 muslim membenarkan muhammad. Krna pda dsarnya Hindu beda dengan islam.. stop untuk cocokologi..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. rukun iman ada 6. bukan 2. coba tanya orang islam

    BalasHapus
  6. Seorang tukang meja apabila ditanya mau kh engkau menjadi meja maka tentu jawabnya ialah "tidak"
    Begitupulah dan keyakinan para muslim pencipta tidak akan mau disetarakan atau diserupakan dgn ciptaannya...
    Konsep ketuhanan muslim itu tiada penolakan dlm hati tiap tiap insan

    BalasHapus
  7. Mohon maaf sebelumnya, saya bukan bermaksud memyalahkan atau pembenaran diri. mari kita berdiskusi dengan damai,
    Teori jaman (yuga)
    1. krta yuga -> jaman kedamaian
    2. trta yuga -> jaman pikiran kotor
    3. dwpara yuga -> jaman berwatak dua
    4. kali yuga -> jaman keduniawian & surga neraka menjadi acuan

    yangperlu dikritisi dari tulisan ini adalah pernyataan
    dan seharusnya apabila Kalki Awatara (penutup jaman no 4) telah hadir secara otomatis HARUSnya saat ini kita berada di jaman Krta Yuga (jaman no 1) jaman kedamaian dan kebahagiaan
    kok rasanya aneh, kalau jaman no 4 telah hadir, harusnya kita berada dijaman no 1 (telah lampau).

    dan berdasarkan sastra Weda yang harus diperhatikan,
    Kalki Awatara adalah Penutup Kali Yuga, jaman kegelapan .
    seperti halnya Krisna Awatara yang menutup jaman Dwapara Yuga dan memasuki jaman Kali Yuga,
    terlihat ciri-cirinya dengan adanya kehancuran moral manusia.

    Kali Yuga, saat ini kepuasan hatilah yang menjadi tujuan utama dari manusia. Pada zaman ini apabila manusia sudah dapat memenuhi segala sesuatu yang bersifat keduniawian baik itu berupa harta (kekayaan) ataupun tahta (kedudukan) maka puaslah orang tersebut dan banyak tujuan agama hanya sebatas mencari sorga saja.

    umat muslim meyakini bahwa nabi Muhammad SAW adalah penutup nabi-nabi sebelumnya, dalam artian tidak ada nabi setelah beliau wafat (akhir zaman). kata Kalki Awatara adalah Penutup Kali Yuga, jaman kegelapan bisa diartikan Kali Yuga penutup jaman (dari keempat jaman) yang dipimpin kalki awatara.
    dari artikel diatas orang awam seperti saya pun akan memahami kita sedang berada di jaman kali yuga. jaman orang ambisius harta dunia, banyak tujuan agama hanya sebatas mencari sorga saja (agama islam, kristen, katolik mengajarkan surga dan neraka).
    yang perlu dikajji ulang apakah penutup mesti harus di paling akhir? contoh logika -> penutup buku, ada di bab terakhir, namun tidak dihalaman terakhir. setelahnya masih ada daftar pustaka dll..

    teori keyakinan
    Atman (Percaya akan adanya Tuhan dalam setiap Mahluk ciptaannya) -> umat muslim percaya Tuhan ada dalam hati dan pikiran setiap makhluk. adanya Tuhan dalam setiap Mahluk ciptaannya ini bisa diartikan tuhan selalu dalam pikiran dan hati setiap muslim yang bertakwa
    Samsara/Reinkarnasi (Percaya dengan adanya kehidupan kembali, akibat dari Karma Phala) -> umat muslim percaya bahwa ada kehidupan setelah kehidupan sekarang (akhirat), dimana hasil kehidupan akhirat adalah buah dari kehidupan sekarang.

    Mohon maaf bila ada kesalahan. tanggapilah komentar ini dengan bijak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada dalam keyakinan umat muslim bahwa, setelah mahapralaya, dunia baru kan timbul.... dan lingkar jaman (YUGA) kembali memasuki tahap awal... :)
      itu keyakinan hindu... saat jaman sudah tua, dimana kemerosotan dharma terjadi, adharma menguasai ciptaanNYA maka saat itulah RESET semesta terutama dibumi... dan saat reset itu maka semua kembali seperti diawal YUGA...
      untuk lebih lengkapnya, mohon cari informasi tentang 1 hari kalpa
      ato baca tentang catur yuga dulu.. http://cakepane.blogspot.co.id/2015/11/tentang-catur-yuga-perputaran-jaman.html

      Hapus
  8. disebutkan dalam Bhavisa Purana, dalam Atharvaveda, mantra 1 - 4 dan lain - lain seperti yg dijelaskan oleh blog saudara muslim, apakah weda benar menyebutkan seperti diatas?
    salam damai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin link ini bs menjelaskannya :D
      http://cakepane.blogspot.co.id/2015/03/ramalan-kalki-awatara-non-hindu-versi.html

      dan
      http://cakepane.blogspot.co.id/2015/03/tafsir-kalki-awatara-non-hindu-versi.html

      Hapus
  9. Agama ku agamaku agamamu agamamu.. tidak usahlah saling mencari siapa yg paling benar yg akhirnya berujung saling memaksakan dan menghujat.. cukuplah apa yg kamu yakini untuk kamu sendiri dan kaum mu.. jangan memaksakan kehendak.. karena hati itu milik tuhan.. tuhan lah yg menjadikan hati kmu islam, kristen, hindu, budha, Atheis.. walalupun anda paksa sampe nangis darahpun kalo tuhan tdk mengijinkan hati dia untuk tdk meyakini hindu tdk mungkin dia mempercayai keyakinan lain apapun alasannya.. karena keyakinan hati milik tuhan dan sudah takdir tuhan

    BalasHapus
  10. Awatara adalah Tuhan menjelma sebagai manusia sedangkan Nabi Muhamad hanyalah Manusia biasa yg di berikan Mukzizat oleh tuhan, jadi Kalki awatara bukan nabi muhamad dan saya kasi tau agama yg pertama kali ada yaitu Hindu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menurut anda dan ilmuan barat,sedangkan umat islam percaya bahwa islam dulu masih sawamawi/ menyembah tuhan yang esa ( ALLAH) adalah agama pertama, penganutnya yaitu nabi adam dan hawa

      Hapus
    2. Tuhan tdk akan menghinakan dirinya menyerupai/menjelma menjd manusia krn tiada satupun yg menyerupainya. Cukup dengan mengirim utusannya. Agama hindu memang agama pertama d muka bumi yaitu agama Tauhid (menyembah 1 Tuhan) cek aja d veda ada koq. Di sruti juga ada...

      Hapus
  11. Sekiranya objektivitas berdiri sendiri tanpa bias dengn landasan kebijaksanaan dan kasih sayang yang universal seperti adanya dalam semua agama, maka kita akan "melihat" kebenaran tanpa secuil bias pribadi. Salam namaste shalom

    BalasHapus
  12. kalau dlm pandanganku melihat dri isi Bhavasya Purana di atas jelaslh itu muslim bukan berarti di pas pas in.
    coba liat ciri2 nya:
    1. dia lahir di antara kaum yg rambutnya tak dikucir tetapi kaum yg memanjangkn jenggot. (ciri2 orang arab)
    2. dia bepergian naik unta (para resi dilarang naik unta dan keledai brarti ini ada di tanah Arab)
    3. memakan segala jenis makanan baik hewan maupun tumbuhan kecuali babi (muslim tak makan babi)
    4. mereka mendengarkan seruan ketika hendak beribadah (mirip adzan umat islam)
    5. mereka disucikan tdk dengan rumput semak tetapi dengan pedang (seperti jihat umat islam dlm menegakkan agama Tuhan)
    6. dan disebut Musalaman (kata yg dekat dengan Musliman)

    ketahuilh Nabi Muhammad Saw adalh penutup nabi nabi dan utusan bgi seluruh semesta alam. dia adalah orng yg tertulis di smua agama kristen, yahudi, dan majusi (agama bangsa Arya Parsi). mungkin jga Hindu menulis hal serupa dgn 3 kepercayaan diatas krena Agama Hindu ada setelah penaklukan bangsa Arya ke India.
    TIDAK SEMUA AVATAR HARUS MEMILIKI AJARAN YG SAMA DENGAN PARASURAMA, SRI RAM, DAN SRI KRISNA. LIHAT SAJA AVATAR BUDDHA MEMBAWA AJARAN YG SEDIKIT BERBEDA. HINGGA ALIRAN BUDDHA YG DIANGGAP SEBAGAI SALAH SATU ALIRAN DLM KEPERCAYAAN HINDU HARUS KELUAR DAN MENDIRIKAN AGAMA DILUAR HINDU KARENA HINDU MENUDUHNYA SESAT.
    ORANG HINDU TETAP MENGAKUINYA AVATAR BUDDHA JELMAAN WISNU YG KE 9. MENGAPA? PADAHAL DIA (BUDDHA) ITU SESAT. APA KARENA BUDDHA DI LAHIRKAN DI TANAH
    HINDI (sekarang sudah jd negara Nepal) MAKANYA DIA DIAKUI AVATAR?
    JIKA BENAR TIDAK ADA BEDANYA DENGAN YAHUDI YG TIDAK MW MENGIKUTI NABI KARENA BUKAN ORANG ISRAEL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya kalau begitu cara pandang anda berarti Agama Hindu melahirkan agama Budha lewat awatara sebelumnya dan Agama Islam lewat Kalki awatara.
      Saya berikan logika sedikit anggap aja Hindu adalah orang tuanya sedangkan Islam dan Budha anaknya, apakah baik seorang anak tidak menghormati ayahnya sebaliknya juga begitu apakah baik seorang orang tua memaksakan kehendaknya untuk seperti mereka, jelaslah semua itu perbuatan dosa. Sama seperti ketika ada hujan turun keluarga tersebut tidak akan nyaman berteduh dengan satu payung pastilah semuanya akan mencari payungnya sendiri padahal tujuannya sam yaitu agar tidak kehujanan (berteduh). Sama seperti Agama Hindu, Islam, Budha dll semua agama tersebut tujuannya hanyalah 1 yaitu Tuhan. Seperti ibarat cerita saya diatas tujuan keluarga itu sama supaya tidak kehujanan atau berteduh (Tuhan) tapi payungnya yang berbeda (tempat dan caranya berbeda).
      Saya sebagai umat Hindu mengajak semua umat beragama agar memperdalam lagi pemahaman agama masing" janganlah masalah agama diperdebatkan lagi mari kita berdiri bersama apa yang sama dalam ajaran agama masing" yang berbeda kita abaikan ibaratkan pelangi kalau hanya satu warna tidak akan indah.

      Terimakasih semoga damai selalu

      Hapus
  13. cakepane tolong cek dulu di kamus bahasa sansekerta - indonesia via online

    ANDANU = KERBAU
    USTRA = UNTA

    silakan cek sendiri di sini
    https://alangalangkumitir.wordpress.com/kamus-sansekerta-indonesia/

    jdi jelas kata Ustra Dalam Bhivasya Purana mengacu ke Hewan Unta bukan kerbau.
    pasti Resi naik Unta bukan naik Kerbau.

    Terima Kasih.....

    cek sendiri disini

    BalasHapus
  14. RAINKARNASI?
    aku tidak membantah adanya semacam fenomena tertentu seorang anak tertanam suatu ingatan atau memori tentang kejadian masa lalu kini dan akan datang.
    dalam Islam Ada beberapa kasus...
    1. kisah Nabi Yusuf (Yoseph) Ketika difitnah oleh ibu angkatnya. dia di tuduh hendak memperkosa ibu angkatnya tersebut. dalam kondisi yg buruk seperti itu seorang tetangga yg menjadi saksi mata membawa bayinya. dan bayi nya berbicara memberi pembelaan kepada yusuf. bagaimana bayi itu bisa bicara?
    2. Nabi Isa (Yesus) pun ketika lahir telah mampu berbicara. ketika usianya 13 tahun telah pasih berkhotbah di Bait Suci Yerusalem. dia mengetahui perjalanan para nabi sebelum dia tanpa ada yg mewahyukan. bahkan dia tau apa yg disembunyikan dan apa yg disimpan orang dalam rumahnya. klo untuk kasus nabi Isa maklumlh karena nabi
    3. kasus terbaru ada di Afrika ketika seorang anak bernama Khalifah lahir dri orang tuanya yg katolik. namun, keajaiban muncul ketika bru berumur 1 bulan dia mulai menyebut ayat2 Al Quran. bahkan ketika hendak dibaptis menjadi katolik bayi Khalifah menyanggah "jangan baptis saya karena saya muslim"
    menurut pandanganku mungkin fenomena seperti ini merupakan jawaban dri yg ghaib untuk mengungkap kebenaran yg tak terungkap dari peristiwa apapun.

    coba pikirkan data WHO tahun 2013 mengatakan bahwa populasi manusia pd saat itu mencapai 8 miliar jiwa di muka bumi. ini dua kali lipat dri jumlah manusia di tahun 1900an yg hanya mencapai 4 miliar jiwa. mungkin satu dekade ke depan bisa mencapai 16 miliyar jiwa. bahkan untk menekan overpopulasi WHO menempuh KB, Kondom gratis dll. tpi yg pling nyata adalah WHO membebaskan pemakaian bhan pengawet pada makanan dan rokok yg jelas2 racun. semua bertujuan utk mengurangi overpopulasi manusia. jika TEORI REINKARNASI benar seharusnya sang Hyang Widi ikut membantu agar bumi tidak sampai overpopulasi manusia. sebab jika rainkarnasi ada menurut saya jumlah manusia tak an bertambah krena manusianya itu2 saja mati kemudian lahir kembali tak ada stok manusia yg baru.

    TENTANG SOMA.
    dikatakan dlm weda soma adalah satu hal yg memberi kekuatan dan makanan bagi planet dan bintang. penulis menyamakan SOMA dengan Hidrogen dan Helium. OK, kita liat Matahari dalam ilmu Fisika. Matahari adalah lautan Hidrogen dengan Helium di intinya. matahari untuk menyala, membakar hidrogen tersebut. ilmu fisika menyatakan klau bobot berat matahari terus berkurang berjuta2 ton dalam waktu beratus tahun (hidrogen sebagai makanan). dan jika matahari kehabisan hidrogen maka dia akan membakar helium (helium sebagai inti menopang matahari). jika itu terjadi matahari ibarat bom waktu yg siap melenyapkan seluruh galaksi bima sakti. ini semua di dukung oleh NASA yg sering melihat bintang yg meledak lalu menghilang di angkasa lewat teropong canggihnya.
    sekali lagi jika masih di banding2kan dengan yg da di bumi maka tidak ada yg abadi. hidrogen dan helium adalah kimia yg akan habis jika terus2an di gunakan.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Yg cerdas yg bijaksana ; ketahuilah Tuhan menciptakan dunia beserta isinya ini dg berbagai jenis dn ragam bentuk dn jg sifat. Segalanya itu yg membuat dunia ini hidup dn mjd kehidupan. Pilar dr kehidupan ini adalah cinta, kasih sayang,keadilan/kebenaran dn kebijaksanaan. Keyakinan apapun yg engkau yakini dn engkau jalankan,jika sdh mencakup pilar itu maka itulah yg disebut jalan TUHAN. lalu knp qt berargumen tentang keaslian TUHAN??? Jk TUHAN tak dpt dijangkau oleh pikirkan manusia skalipun, lalu knp qt berani mngatakan akulah kebenaran yg paling benar???? Semua sastra dn kitab suci belum satupun yg dpt menjelaskan keaslian TUHAN secara nyata. Jd jgn sllu berdebat. Perbanyaklah menjalankn pilar kehidupan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya, apakah Anda merupakan ahli dalam agama? Agama apakah yang Anda anut? Bolehkah diceritakan tentang sejarah agama Anda? Dan kalau boleh tahu, siapakah manusia yang diciptakan pertama? Bagaimanakah sejarah penciptaannya? Dan menganut Agama apakah manusia pertama itu? Terima kasih :)

      Hapus
  17. Yg cerdas yg bijaksana ; ketahuilah Tuhan menciptakan dunia beserta isinya ini dg berbagai jenis dn ragam bentuk dn jg sifat. Segalanya itu yg membuat dunia ini hidup dn mjd kehidupan. Pilar dr kehidupan ini adalah cinta, kasih sayang,keadilan/kebenaran dn kebijaksanaan. Keyakinan apapun yg engkau yakini dn engkau jalankan,jika sdh mencakup pilar itu maka itulah yg disebut jalan TUHAN. lalu knp qt berargumen tentang keaslian TUHAN??? Jk TUHAN tak dpt dijangkau oleh pikirkan manusia skalipun, lalu knp qt berani mngatakan akulah kebenaran yg paling benar???? Semua sastra dn kitab suci belum satupun yg dpt menjelaskan keaslian TUHAN secara nyata. Jd jgn sllu berdebat. Perbanyaklah menjalankn pilar kehidupan ini.

    BalasHapus
  18. Saya sebagai umat islam jujur baru tau kalau di kitab Wedha ada banyak nama muhammad, saya pikir gak ada...
    Ada baiknya saudara umat hindu memikirkan untuk memeluk islam...
    mengingat contoh2nya sudah didepan mata, tapi jangan memeluk islam jika saudra masih ada keraguan...
    Saya gak baca samapi akhir...

    Jika sy membaca definisi saudara mengenai "KALKI AWATARA" beserta ciri2nya. mungkin sangat benar dia bukan Muhammad, kita umat muslim mempercayai pada saat mendekati hari akhir kiamat (atau dalam bahasa saudara adalah Akhir dari jaman KALI YUGA), dunia akan dipenuhi oleh manusia2 yang tidak bermoral, tidak berakhlak,dan itulah tanda2 kiamat atau jika saya mengatakan dalam bahasa hindu - itulah tanda2 mahapralaya.

    dan tanda itu akan terjadi sampai kedatangan seorang imam yang akan memperbaiki dunia ini, dia adalah imam mahdi. dy bukan seorang nabi.Dan hanyalah seorang Imam. setelah kedatangannya dunia akan kiamat dan memasuki fase baru. dan saudara menyebut fase baru itu adalah krta yuga...

    Di hindu sy mengetahui ada Resi Byasa, dia bukan seorang awatara wisnu seperti parasurama. tapi dia memiliki jiwa/roh nya dewa wisnu. sama seperti imam mahdi, dy bukan seorang nabi, dy bukan rasul, tapi dy memiliki jiwa/roh kebenaran.

    saya sangat percaya, bahwa dahulu, seorang utusan Allah, entah itu Nabi/ Rasul/ Wali/ Imam, mereka bisa memang orang yang menuntun ke jalan yg benar, akan tetapi karena kelebihan2 mereka dibanding orang biasa, banyak orang yg salah tangkap mengaggap mereka adalah Tuhan. Islam meyakini Tuhan tidak pernah turun kebumi kecuali nanti dihari akhir. oleh karena Tuhan tidak pernah turun kebumi maka dari itulah Tuhan mengutus Nabi, Rasul.

    Saya berusaha mencari kebenaran di kitab bible tapi gak menemukan, orang nasrani dan yahudi memang pintar2 dlm mengubah kitab2 mereka, banyak ayat yg ditambahkan, saya sudah mempelajari ayat per ayat bible...
    Jika saya adalah kereta api, saat saya membaca bible, saya merasa berjalan di rel yang lurus, tapi sering saya menjumpai krikil2 diatas rel, artinya ada ayat yg dipaksakan. kadang saya merasa sudah seperti di ujung rel, tapi kenapa kok masih ada rel didepan saya, artinya ada ayat yg ditambahkan.

    saya gak akan bahas itu disini, tapi yg jelas, sy baru kaget klo di wedha banyak kabar yg menggambarkan Muhammad. Alhamdulillah...

    Saran saya buat saudara, segera pilihlah agama yg benar. jangan masuk islam sampai benar2 tidak ada keraguan dihati saudara. itu syaratnya...
    Salam Damai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tak perlu sodara.. bnyak jalan menuju Tuhan, bukan hanya islam saja.

      Hapus
    2. Itu tak perlu sodara.. bnyak jalan menuju Tuhan, bukan hanya islam saja.

      Hapus
    3. tidak mungkin tuhan menciptakan satu agama dalam satu masa/ waktu/ zaman

      Hapus
  19. mf penulis buku KALKY AUTAR adlh seorang PROFESOR WAID BARKASH yg mrupakan PENDETA BESAR kaum brahmana dn tlh d SETUJUI 8 PENDETA BESAR LAINNYA. Dan mf kita ini hidup di zaman KALI YUGA bukan KRTA YUGA, dn nabi MUHAMMAD dtng pd zmn KALI YUGA msa jahiliyah itu msa rusaknya mntal kmudian stelah nabi MUHAMMAD lahir dn menjadi RASULULLAH mk tb zmn yg trng benderang mksdnya jls mn yg bnr dn slh. bkn brrti ktk nabi MUHAMMAD lhr kmdian kmbli sprti KRTA YUGA krna kbnykan orang tdk mngtahui kbnran itu dan tak mau tau. nabi ISA lhr lbh dlu dn mmbwa ajarannya untk kaumnya stlh nabi ISA d sembunyikan olh ALLAH dn moral rusak lahir nabi MUHAMMAD sbg nabi trhr, dn nabi ISA yg msh hidup kelak kembali k dunia untuk mmbunuh dajal dan menegakkan tauhid (ISLAM), jg munculnya imam mahdi.

    BalasHapus
  20. knp nabi MUHAMMAD adlh nabi trahir pdhal sblm kiamat nabi Isa al masih akn turun, krna kerasullan nabi isa lbh dulu dan datang lg rasulullah nabi Muhammad s.a.w sbg pnympurna agama dn nabi Isa kelak akan mngikuti syariat nabi Muhammad s.a.w, y simpelnya gni aj deh pintar mna kalian sm WAID BARKASH dan 8 pendeta besar lainnya?? bkn dngn sy lho... sy mah llusan SMA dn bukan pendeta besar atau kyai. prbndingannya itu aja ilmu kalian dngn ilmu prof. WAID BARKASH dn 8 PENDETA BESAR. smg d bri jln yg lurus. amin.

    BalasHapus
  21. maaf bpk,catur yuga yg sy baca dlm kitab weda tdk demikian,urutan yg baca asalah krta yuga,trta yuga,dwapara yuga,kali yuga,kali yuga,dwapara yuga,trta yuga,krta yuga.jdi ksimpulannya stlh masa dri jaman kali yuga berakhir sbnyk 2x jamn maka kita tdk lngsung kmbli ke jaman krta yuga tp ke jaman dwapara yuga dulu kemudian trta yuga baru kmbli ke krta yuga.jdi jka ada yg mnyebutkn kalki avatara sdh turun,bagi sy itu kebohongan besar.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum, salam damai untuk kita semua.
    Maaf sebelumnya, saya ada beberapa pertanyaan dan pernyataan.
    1. Saya punya seorang sahabat seorang hindu yang taat, pada saat saya tanya tentang kalky awatara, dia menyatakan bahwa kalky awatara adalah seorang resi yang berarti seseorang yang mendapatkan wahyu dari tuhan. Jadi konsep itu hampir sama dengan konsep rasul atau nabi dalam Islam.
    2. Dari beberapa sumber yang saya baca dan teliti, kata hindu itu berasal dari orang2 yang tinggal di hulu sungai bindu, dan itu adalah sebutan dari orang2 barat kepada penduduk disana. Lau berbeda dengan Islam, kata itu bukanlah kata yang merujuk ke tempat atau suatu benda, namun lebih berakar ke kata salam yang berarti selamat. jadi bisa anda jelaskan, apakah hal yang saya katakan ini bisa salah, bahwa hinfu itu agama yang universal? Bahkan itu hanya sebuah sebutan bagi orang2, dan itu bukan anda juga.
    3. Kalau anda mengatakan bahwa Islam itu adalah agama dari nabi muhammad, maka anda salah besar. Nabi Muhammad hanyalah nabi yang diturunkan tuhan untuk menyempurnakan agama Islam. Jadi kalau anda katakan islam adalah agama baru, maka itu salah, karena pada dasarnya, kristen, yahudi atau Judaism, Dan bahkan hindu sudah mengajarkan inti dari ajaran Islam, yaitu tauhid atau mengesakan tuhan atau percaya bahwa Tuhan hanya Satu. Bukankah Hindu juga begitu, mereka percaya bahwa trimurti juga bermanifestasi dari satu sumber.
    4. Inti dari suatu agama adalah kitabnya, bukan? Lalu coba anda bandingkan semua kitab suci, teliti denfan cermat. Karena anda tahu, bahkan seorang ahli bahasa di India, seorang pendeta, seorang pastor yang ahli dengan alkitabnya sekarang malah menjadi muslim. Kerana apa? Hampir semua kitab itu selalu merujuk pada nabi muhammad.
    5. Yang terakhir adalah, saua mau menyangkal pernyataan anda yang menyebutkan bahwa dunia pada saat ini masih kacau, mari kita telaah, pada jaman swbelum nabi Muhammad, free sex, homoseksual, perang, perbudakan, dan lain2 meraja lela. Bamdingkan dengan sekarang, kita hidup di dunia yang tertata, hak asasi ditegakkan, emansipasi wanita diangkat, dan lain2. Walaupun nabi Muhammed telah wafat, namun ajarannya menyebar dan membagikan kedamaian. Bukan seperti umat kristiani yang memulai perang salib, bukan seperti umat hindu di india yang mendiskriminasi umat muslim. Bukan juga seperti umat yahudi yang menginvasi palestina. Umat muslim bukan pembuat perang, tapi umang yang lain saja yang welalu memulai perang.
    Maaf kalau sebagian kalimat saya agak menyinggung.

    BalasHapus
  23. Menambah pengetahuanku, sebagai umat muslim , terimakasih sahabat2 umat.hindu, umat kristen, buda atau umat yg lainya, salam damai selalu

    BalasHapus
  24. permasalahan Ini terangkat oleh dialog dr zakir naik. Saya sangat setuju dengan konsep zakir naik.
    Dan saya sampai pada kesimpulan saya sendiri.
    nabi yg wajib diketahui oleh umat islam ada 25 nabi. Padahal jumlahnya ribuan. Jika kita tarik kemungkinan rama, krishna, sidartha gautama, dari nabi yg kita tidak ketahui yg jumlahnya ribuan. Berarti ajaran mereka adalah ajaran konsep yg diberilkan Allah SWT. Jadi tentang tanda² kalki autar sama dengan tanda² raaulullah bisa juga kemungkinan bahwa itu adalah petunjuk dari Allah SWT tentang nabi penutup. Kenapa mereka dianggap tuhan bukan sebagai utusan?.
    Jika ada pertanyaan seperti itu. Maka jawabannya akan sama seperti kenapa Isa as dianggap tuhan oleh orang kristen. Bukan nabi.
    Maaf jika ucapan dan pemikiran saya sedikit frontal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jgan pernah smakan nabimu itu ama awatara klau gk pham tentang awatara lebih baik diam nabi muhad nabi palsu tdak ada nabi pnya istri bnyak atau nabi yg mngajarkan pembunuhan pada umat manusia....Klau blom knal jiwa anda lbih baik tnya jiwa anda sndiri siapakah aku d dlm bdan fana ini...krena klian sdah bnyak mnyimpang ajaran veda atau weda mnyebut tripusura membuat agama bru yg d sbut muslaman artinya agama islam dn dia akan mkan apa sja kcuali babi dn dia d sucikan dlm perang...klamin mereka akn d sunat dn mempelihara jagot pnjang....Artinya kn itu merujuk islam dia akn membuat ke gaduh d mka bumi ini...kalki akn turun dn mnghncurkan raja jahat yg mnyamar jdi mnusia artinya awatara itu mngetahui....Smua mnusia jahat....

      Hapus
  25. Cakeff diskusinya...
    Menambah pengetahuan saya.
    Jadi "lakum diinukum, wa liya diin" karena urusan hidayah adalah milik-Nya semata, mengutip kata-kata Dr. Zakir Naik: "...kewajiban saya selaku muslim hanyalah menyampaikan risalah Muhammmad SAW, selanjutnya adalah urusan-NYA".

    Tararengkyu buat semua.

    BalasHapus
  26. Puji Tuhan,baik dari artikel maupun perdebatan komentar-komentarnya sangat menambah ilmu & memperkuat keimanan saya..
    Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa

    BalasHapus
  27. Kesimpulan dr apa yg saya baca pd artikel di atas dan dr pengetahuan yg saya miliki,saya meyakini bahwa:
    Agama yahudi, nasrani (kristen), budha, hindu, majusi dan ajaran" lainnya memiliki nabi yg telah diutus Allah untuk mengajarkan Tauhid (keEsaan Tuhan).
    Namun, seiring dgn berjalannya waktu banyak orang" sesat dr golongan pendeta untuk merubah ajaran Tauhid menjadi ajaran pagan yg menyembah kpd berhala atau patung", seperti umat kristen yg menuhankan nabi Isa AS. Dan sampai sekarang pun tdk ada satu kitab injil pun yg asli tulisan nabi Isa (Yesus), yg ada hanya injil karangan penulis seperti: Matius, Markus dll.
    Begitu pula dgn kitab" hindu, yg seiring dgn berjalannya wkt mengalami perubahan, yg semula mengajarkan Tauhid berbalik mentuhankan sesama mahluk sbg reinkarnasi Tuhan, seperti: Sri Krisna sbg mana umat kristen menganggap nabi Isa (Yesus) sbg jelmaan Tuhan.
    Jadi agama yg murni dr Tuhan yg mengajarkan pengenalan sejati tentang sifat" Tuhan adalah Islam, sbg agama penyempurna.
    Salam damai...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agama yg ada prtma kli pncipta alam smesta ini kitab weda udah ada sbelum d ciptakan alam smesta ini....jgan asal klim dh ajaran tauhid blom ada....ada pernjian lama wktu sri rama turun k bumi dia hnya mberikan tanah suci pda islarel itu perjanjian lma tuhan...prtama udh memperkenalkan kitab weda k pda rsi kpada raja yg dlu...Artinya weda sudah ada..D brikan k pda brahma...Mngajarkan ke pra rsi dn k pda mnu artinya weda ada slamnya... bkn kyak agma islam udah tw bkinan nabi palsu...kitab suci hindu bhiasa purna mnjelaskan tentang nabi muhad aatu di sbut mahamada artinya itu reinkarnasi dri tri pusura sdh menamkan ajaran yg brtentanggan dri kitab weda...Hnya weda lah jln kbenaran.....

      Hapus
  28. Jika ada seseorang yg beranggapan Islam hanya mengajarkan surga dan neraka saja, berarti orang tsb perlu belajar lg tentang Islam lebih dalam...
    Dan jika ada orang beranggapan bahwa jalan menuju Tuhan ada berbagai macam jalan, itu juga tdk bisa dibenarkan. Karena apa?... Tuhan tdk mungkin memeberi ajaran (agama) lebih dr satu, karena itu dpt membikin perpecahan antar manusia. Logikanya, Tuhan itu satu dan ajarannya pun hanya satu.
    Bila ada banyak agama, mungkinkah Tuhan juga ada banyak?... Tentu tdk!, bila Tuhan ada banyak pasti masing" dr mereka akan bertarung merebut kekuasaan di alam semesta, sehinggal alam ini sdh lama telah hancur.

    BalasHapus
  29. Berbagi ayat" Al Quran tentang ajaran Tauhid yg merupankan inti ajaran para nabi (utusan Tuhan):

    Allah berfirman:
    Katakanlah!... Dialah Allah yang Maha Tunggal. Allah adalah Maha Dibutuhkan. Dia tidak beranak dan tidak diperanakkan. Dan tidak ada yang setara (serupa) dengan Dia.
    QS. Al Ikhlas: 1-4.

    Semoga memberi hidayah...

    BalasHapus
  30. Jika ada seseorang yg beranggapan Islam hanya mengajarkan surga dan neraka saja, berarti orang tsb perlu belajar lg tentang Islam lebih dalam...
    Dan jika ada orang beranggapan bahwa jalan menuju Tuhan ada berbagai macam jalan, itu juga tdk bisa dibenarkan. Karena apa?... Tuhan tdk mungkin memeberi ajaran (agama) lebih dr satu, karena itu dpt membikin perpecahan antar manusia. Logikanya, Tuhan itu satu dan ajarannya pun hanya satu.
    Bila ada banyak agama, mungkinkah Tuhan juga ada banyak?... Tentu tdk!, bila Tuhan ada banyak pasti masing" dr mereka akan bertarung merebut kekuasaan di alam semesta, sehinggal alam ini sdh lama telah hancur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan itu tak sesederhana yg anda pikirkan sampai harus berebut kekuasaan.

      Tuhan itu hanya satu. Cara memujanya yang banyak.

      Jgn melogikakan tuhan. Pikiran manusia terbatas.

      Setiap keyakinan punya pandangannya.

      Bagi kami hindu, tuhan menyatakan bahwa akan banyak cara untuk memujanya, tp siapapun yg memujanya, berarti ia pada tuhan. Dan tuhan bersama nya pula.

      Jika logika anda seperti itu. Wajar banyak org merusak dgn alasan untuk memaksa org memiliki 1 agama.

      Mari pelajari agama kita lebih dalam lagi.

      Hapus
  31. Kesimpulan dr apa yg saya baca pd artikel di atas dan dr pengetahuan yg saya miliki,saya meyakini bahwa:
    Agama yahudi, nasrani (kristen), budha, hindu, majusi dan ajaran" lainnya memiliki nabi yg telah diutus Allah untuk mengajarkan Tauhid (keEsaan Tuhan).
    Namun, seiring dgn berjalannya waktu banyak orang" sesat dr golongan pendeta untuk merubah ajaran Tauhid menjadi ajaran pagan yg menyembah kpd berhala atau patung", seperti umat kristen yg menuhankan nabi Isa AS. Dan sampai sekarang pun tdk ada satu kitab injil pun yg asli tulisan nabi Isa (Yesus), yg ada hanya injil karangan penulis seperti: Matius, Markus dll.
    Begitu pula dgn kitab" hindu, yg seiring dgn berjalannya wkt mengalami perubahan, yg semula mengajarkan Tauhid berbalik mentuhankan sesama mahluk sbg reinkarnasi Tuhan, seperti: Sri Krisna sbg mana umat kristen menganggap nabi Isa (Yesus) sbg jelmaan Tuhan.
    Jadi agama yg murni dr Tuhan yg mengajarkan pengenalan sejati tentang sifat" Tuhan adalah Islam, sbg agama penyempurna.
    Salam damai...

    BalasHapus
  32. Salam damai
    Mohon maaf sebelumnya jika kurang berkenan,
    Disini saya sekedar mau share pemahaman yang saya dapat.

    Semoga kita selalu menjunjung nilai2 toleransi antara umat beragama.

    Sebenarnya ada beberapa kesamaan antara ajaran Sanata Dharma (Panca Sradha) dengan konsep keimanan di agama islam

    1. Konsep Brahman

    Umat Islam percaya adanya Adanya Allah Tuhan yang seluruh alam.

    2. Konsep Atman

    Umat islam juga mengenal dan meyakini konsep ini, berikut adalah sumber dari hadist sahih riwayat abu hurairah.

    Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam,
    Allah Ta’ala berfirman di hari Kiamat:

    "Hai anak Adam, Aku telah sakit, tetapi engkau tidak menjenguk-Ku. Orang itu bertanya: Wahai Tuhan, bagaimana cara saya menjenguk-Mu, sedangkan Engkau Tuhan penguasa alam semesta? Allah menjawab: Apakah engkau tidak mengetahui bahwa seorang hamba-Ku bernama Fulan sedang sakit tetapi engkau tidak mau menjenguknya. Sekiranya engkau mau menjenguknya, pasti engkau dapati Aku di sisinya.

    Wahai anak Adam, Aku minta makan kepadamu, tetapi engkau tidak mau memberikan makan kepada-Ku. Orang itu bertanya: Wahai Tuhan, bagaimana caranya saya memberi makan kepada-Mu, sedang Engkau Tuhan penguasa alam semesta? Allah berfirman: Ketahuilah, apakah engkau tidak peduli adanya seorang hamba-Ku, si Fulan, telah datang meminta makan kepadamu, tetapi engkau tidak memberinya makan. Ketahuilah, sekiranya engkau mau memberinya makan, pasti engkau akan menemukan balasannya di sisi-Ku.

    Wahai anak Adam, Aku minta minum kepadamu, tetapi engkau tidak mau memberi-Ku minum. Orang itu bertanya: Wahai Tuhan, bagaimana caranya aku memberi-Mu minum, padahal Engkau Tuhan penguasa semesta alam? Allah berfirman: hamba-Ku, si Fulan, minta minum kepadamu tetapi engkau tidak mau memberinya minum. Ketahuilah, sekiranya engkau memberinya minum, pasti engkau akan menemui balasannya di sisi-Ku"

    Imam Al Ghazali, ulama besar ahli tasawuf dalam islam, mengatakan dalam kitabnya bahwa :
    "Jika seseorang sudah kenal akan dirinya dan kenal akan Tuhannya, niscaya dia tidak ada kewujudan."

    3. Karma phala
    Umat Muslim meyakini hukum sebab akibat, Surga, neraka.

    4. Reinkarnasi/Samsara

    Disini umat muslim tidak meyakini konsep ini, umat muslim meyakini bahwa hidup di dunia ini cuman sekali dan tidak ada kesempatan untuk reinkarnasi mengulanginya kembali.


    5. Mengenai konsep Moksa

    Sebenarnya di agama islam juga ada konsep "Moksa" ini, ketika seorang muslim ditimpa suatu musibah/cobaan maka seorang muslim dianjurkan untuk mengucapkan "innalillahi wa innalillahi roziun". Yang artinya " segala sesuatu berasal dari Allah dan semuanya akan kembali pada Allah".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam konteks Tasawuf Islam,
      Kami meyakini bahwa alam semesta ini berasal dari tuhan. Ketika proses "Bigbang" terjadi, sebagian kecil dari dzat tuhan terdzahir/berubah bentuk menjadi seluruh ciptaannya di alam semesta ini, termasuk bumi, langit, bintang, ruang dan waktu.

      Tuhan dan ciptaan sangatlah dekat dan tidaklah terpisah, bahkan lebih dekat dari urat leher.

      “dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” (Q.S. Qoff : 16-17)

      bagaikan bongkahan Es Batu yang tercipta dari Air laut. Dalam diri Es batu terdapat partikel2 air laut, sehingga Air tersebut menguasai dan dapat mengetahui apapun yang terjadi pada bongkahan Es batu tsb. Dan pada Akhirnya bongkahan Es yang sedikit tersebut akan lebur kembali menjadi bagian dari air di lautan.


      Sehingga jelaslah bahwa Tuhan Maha kuasa dan Maha mengetahui segala sesuatu, bahkan yang ada dalam hati dan pikiran kita.

      “Tidaklah berguguran sehelai daun pun melainkan Dia (Allah) mengetahuinya”. (Q.S. Al An’am : 59)


      Perbandingan Alam semesta dengan kekuasaan tuhan (Allah) hanyalah bagaikan sebutir debu di padang pasir, ataupun setetes air di lautan.

      Alam semesta ini bagaikan setetes air di samudra yang sangat luas yang berubah menjadi butiran es batu yang sangat kecil.

      Makanya umat muslim tidak menggambarkan bagaimana wujud Tuhan.
      Bahkan Nabi musa pun tidak mampu untuk melihat wujud Tuhan. Ketika tuhan membuka tirai cahayanya, Gunung tursina pun hancur berkeping2..

      Karena Tuhan terlalu sempurna untuk digambarkan. Tidak ada yang setara dengan Nya, Tidak ada yang mampu menggambarkan kedahsyatan keagungan tuhan. Alam semesta yang menurut kita sangatlah dahsyat dan besar ini, ternyata hanyalah bagaikan sebutir pasir di gurun pasir jika dibandingkan dengan keagungan Tuhan.

      Mengenai konsep Avatar,
      Umat muslim tidak mengenal dan tidak mempercayai konsep tersebut.
      Memang benar, Umat muslim tidak percaya bahwa tuhan berubah menjadi manusia untuk memberi pengajaran pada manusia.

      Akan tetapi umat islam mempercayai konsep kenabian/utusan tuhan.
      Yang mana tuhan memberikan pengajaran kepada manusia melalui perantara para nabi. Para nabi ini hanyalah mahluk yang tuhan pilih dan tuhan kasih tugas. Mereka bagaikan "boneka" yang tuhan gerakan untuk memberikan pengajaran pada mahluk lainnya.

      Dan jumlah nabi yang diyakini umat muslim sebelum kedatangan zaman nabi muhamad berjumlah "124 ribu orang" yang bertebaran di seluruh dunia. Mengajarkan Ilmu ketuhanan di daerahnya masing-masing.

      wallahu a'lam

      Sekali lagi, Mohon maaf jika teman2 kurang berkenan dengan pemahaman saya.
      Semoga tuhan membimbing kita ke jalan yang Lurus.

      Salam damai.

      Hapus
    2. Saudara harry Saya Mau menanyakan darimana Anda dapat hadits,Allah menyatakan dirinya sakit,bukan kah ITU adalah sifat manusia,Saya juga Muslim,Saya bingung dengan hadits yang Anda beri,Dan juga diembeli sahih

      Hapus
    3. Referensi itu diambil dari Hadist Qudsi yang telah diriwayatkan oleh abu hurairah, jika saudara masih ragu, silahkan anda pelajari kembali sumber dan sanadnya, apakah hadist Qudsi ini benar sahih ataukah hadist palsu?

      sebagai referensi, jika saudara ingin memahami makna dari hadist qudsi diatas lebih mendalam, mungkin saudara bisa mengkaji/mempelajari kajian makrifatullah di link berikut :

      http://yamasindonesia.org/silabus-kajian/

      Terima kasih

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Reingkarnasi itu ada, saya orang Islam, dalam AlQur-an jelas ada keterangan tentang Reingkarnasi bagi yang gagal dalam kembali ke Alloh, maka dia diberi kesempatan kembali berusaha untuk memperbaiki diri supaya bisa kembali ke Alloh. itulah mengapa orang Islam jika ada saudaranya meninggal mereka mendo'akan agar saudaranya tersebut bisa langsung kembali ke Alloh ( MOKSA ).
    Tidak semua manusia adalah Ruh baru, ada juga Ruh lama yang kembali ditiupkan ke dalam benih calon bayi. (baca surat Waqi'ah).

    BalasHapus
    Balasan
    1. surat Al-Waqi'ah artinya adalah HARI KIAMAT, hari dimana dibangkitkan dan ditimbang amal baik dan amal buruknya untuk mendapat kehidupan yang layak (surga) atau buruk (neraka). pada hari kiamat dosa kita sudah tidak diampuni lagi. maka dalam Al-Quran, tidak ada tulisan/ makna/ arti REINGKARNASI. tidak ada arti/ tulisan di dalam surat Al-Waqiah tentang "tidak semua manusia adalah Ruh baru, ada juga ruh lama yang kembali ditiupkan ke dalam benih calon bayi". tolong baca Al-Quran lebih teliti, jangan menyesatkan umat. terimakasih

      Hapus
    2. Waqi'ah memang nama lain dari hari Qiyamah, tapi arti Waqi'ah = instal

      Hapus
  35. tetap saha pada keyakinan masing" janganlah mrngajak orang jika orang yg km ajak tidak meyakini apa yg kamu yakini, apapun stetmen yg mencoba membatah keyakinan yg saya yakinin takkan pernah ada keraguan dalam benak saya, akan apa yg telah saya jalani dan yg telah saya yakini, maka dngan demikian marilah kita bedampingan berhenti salning menjatuhkan, mari berjalan berdampingan di jalan darma/jalan kebaikan, karna apapun agamamu tak ada satu katapun yg mengajar ke tidak baikan, mungkin hany orang" yg berfikir cerdas yg salah menafsirkany,.! marilah kita bercermin pada diri sendiri sudahkah kamu berbuat kebaikan,..? sudahkah kamu berada pada jalan yg benar, benarkah apa yg kamu lakukan, coba tanyakan itu pada dirimu sendiri.! terimakasih atas stetmen saudara saudari ku. samalm dami

    BalasHapus
  36. Subhanallah... terimakasih tulisan maupun argumen2nya menambah pengetahuan saya

    BalasHapus
  37. mantaaap gw demen diskusi kaya gini, tetep pegang teguh salong menghargai...
    gak ada yg saling cela...

    tp kenapa kalo debat sama umat kristen sama yahudi selalu cela-cela an yaaah...

    BalasHapus
  38. mantaaap gw demen diskusi kaya gini, tetep pegang teguh salong menghargai...
    gak ada yg saling cela...

    tp kenapa kalo debat sama umat kristen sama yahudi selalu cela-cela an yaaah...

    BalasHapus
  39. Agan lumayan jeli... saya salut.. tapi sayang andai agan hendak mengupas tentang agama sebaiknya pelajari dengan benar tiap tiap kitab agama.. jadi anda tidak mendifinisikan secara opini anda saja tapi atas dasar kitab kitab yang bersangkutan.. kami umat islam terbuka buat semua saudara untuk mengetahui kitab islam yang sebenarnya.. tanpa anda harus masuk islam.

    BalasHapus
  40. Waqi'ah memang salah satu nama lain dari hari akhir, tapi ente tahu endak arti kata Waqi' ? Ente perlu belajar bahasa Arab, jangan hanya baca terjemahan alQur-an saja.
    di dalam surat itu jelas disebutkan bahwa tidak semua jiwa / Ruh langsung bisa kembali pada Alloh. perlu ente tahu juga kata Qiyamah itu dari kata Qiyam = berdiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aliran apa lagi pak jamalfanani ini,,,,boleh saya belajar,,,,

      Hapus
    2. Cocokin lgi bos ktanya d islam gk prcaya reingkarnasi....artinya islam ikutin budaya agama yg dlu ada ea artinya copas kitab agama weda brati ea.... agama hindu adalah agama lnjutan dri weda sndiri.....

      Hapus
  41. http://golokrembulanbiru.blogspot.co.id/2012/05/konsep-tuhan-dalam-hindu-dan-islam.html

    BalasHapus
  42. saya sebagai manusia biasa,hanya bisa memberitahu,mengingatkan(dalam hal positif) dan mengajak bermusyawarah.Ingatlah musuh manusia adalah syetan.Jangan sampai syetan menertawakan kita sebagai manusia yang penuh kebingungan ini akan kebenaran.Dan perlu saudara non-islam ketahui,jangan berprasangka negatif dulu.Mungkin teman Muslim hanya memberitahu dan menyarankan untuk lebih mendalami ilmu lagi.Tidak ada ajaran dari islam untuk memaksakan Agama.

    BalasHapus
  43. Assalamuaikum dah salam damai kepada semua...

    Hati sy tergerak untuk memberitahu kalian semua mengenai topik yang kalian bincangkan ini... Umat Islam iaitu Muslim diajarkan mengenai 2 rukun iaitu Rukun Islam dan Iman. Kebanyakkan Muslim beragumen mengenai Tasauf,Tarikat dan Tauhid iaitu mengEsakan Allah SWT. Kawan2 harus ingat,berbicara mengenai agama,haruslah kukuh dahulu asasnya,jika asasnya blm kukuh,bagaimana kalian bisa beragumen mengenai Hukum?

    Contohnya:

    Rukun Islam kedua adalah solat.. Mengapa kalian solat? Adakah solat semata2 menyembah Allah swt?

    Rukun Iman punyai 6 rukun,
    Iman bererti kepercayaan...
    Kalian sakit,kalian mkn ubat,selepas sihat..kalian percaya ubat menyembuhkan sakit kalian..

    Mana iman nya???

    Teliti surah satu2, bkn teliti ayat dalam satu surah,udah mau beragumen tentang tuhan. Surah Al-Ikhlas,Allah swt sudah memberitahu kita semua mengenai Dia..

    Surah al-Kafirun,Allah swt memberitahu kita bahawa orang Kafir(non-believer) tidak akan mempercayai akan Allah swt.

    Berkenaan agama Hindu (atau lebih tepat Vedantist)

    Kitab hindu terbahagi kepada 2 jenis,

    SHURTI : pesanan yang terunggul,dipercayai daripada Tuhan

    SMIRITI : pesanan yang 'ditulis' oleh manusia

    Sy perhatikan kesemua kitab yg dirujuk saudara admin adalah kitab2 smriti...

    Jika pertentangan berlaku dlm smriti,haruslah kalian merujuk dahulu daripada shurti.. Kerana ianya lebih agung.. Tiada smriti yg boleh melawan shruti..

    Di dlm shruti hanya ada 4 Veda dan Upanishad... Sebelum kalian hendak berbicara,kaji dahulu Shruti...

    Smriti hanyalah tulisan manusia... Ngapa dibahas secara serius begini...

    Sy menjelaskan kebenaran... Moga kalian mendapat pencerahan..

    Salam damai,assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. .
      Bener kata saudara semua kitab buatan manusia. .
      Saya ngga kepikiran. .
      Di nirwana atau surga atau apa lah yang di tempati tuhan
      Disana kan ngga ada hewan yang bisa di kuliti untuk di tulis dan dijatuhkan kebumi. .
      Ngga usah serius serius semua tulisan dicomot hanyalah untuk membenarkan keyakinannya masing".
      sebijak dan sehebat anda berbicara tidak mungkin akan salah bagi anda. .
      Yang luar biasa adalah ketika anda membela agama lain yang sedang di cela atau serupanya dengan pedoman agama anda. .
      Dan itu MUSTAHILL
      Kalo setelah ini anda menyakal berarti tidak salah kata MUSTAHILL saya capslock

      Hapus
    2. Kitab weda d susun olh awatara tuhan yg prnah turun k bumi sbagai rsi vyasa adalah tuhan sndiri yg mngajarkan ilmu pengetahuan dlm kitab weda bliau yg mngajarkan weda hnya bliau yg tw isi kitab weda bkn d buat olh mnusia tpi weda d buat olh kperibadian tuhan sndiri...tuhan brsada dlam kta bliau adalah kta om dlm mantara bliau adalah gayantri...Dlam kitab suci bliau d sbut yajur weda sma weda... d stiap umat manusia bliau adalah leluhur umat mnusia...bliau adalah rasi bintang bulan matahari bumi ini adalah tuhan sri krisna bliau adalah brahma visnu mahes artinya Smua itu adalah tuhan sri krisna masa akan dtang bliau akan turun sbagai kalki d mna ajaran dharma mngalami ke merosotan bliau turun k bumi untu mnegakan dharma lgi klau adharma merajalela bliau akan memusnahkan adharma dn mngajari dharma..Artinya ajaran dhrama itu adalah ajaran dri weda....Bkn ajaran islam... itu adharmik....

      Hapus
  44. Mungkin ajaran kita dulu adalah dari orang yabg sama yaitu ibrahim/abraham/brahmana. Kita ketahui dalam kitab umat muslim bahwa ibrahim memiliki sifat: hati yang lembut, mengasihi sesama, dan bertakwa kepada Tuhan. Dan ibrahim adalah orang yang mengokohkan paham tauhid, monotheisme. Beliau hidup pada masa penyembahan berhala dan salah satu penganut penyembahan berhala adalah ayahnya sendiri, yaitu AZAR. Ibrahim berusaha berdialog dg para pembesar2 kerajaan dan raja namrud agar menyembah Tuhan pencipta alam. Ibrahim juga dikenal sebagai seorang pengembara ke berbagai wilayah. Karena punya sifat lemah lembut, penyantun dan bertaqwa kepada Tuhan, akhirnya banyak yang menjadikan beliau manusia suci. Ibrahim salah satu nabi dan membawa ajaran tauhidnya ke tempat2 yang disinggahinya.bukan seauatu yang mustahil jika ajaran ibrahim tersebut memberitahukan kpd manusia pada jamannya, bahwa akan ada nabi penutup yang mengajarkan monoteiame. Salah satu penganut ajaran ibrahim adalah bani hasyim dari keturunan ismail, anak dari ibrahim. Keluarga muhammad adalah dari bani hasyim yang mneganut ajaran ibrahim, yaitu tahuid/monoteisme. Salam

    BalasHapus
  45. Catatan penulis "kebohongan tdk prnh mewakili satu kebenaran agama" nah disini yg menarik adalah pemaparan kitab2 yg tertulis diatas memaparkan ramalan tentang nabi muhammad, jadi anda tdk percaya apa yg dipaparkan kitab2 anda? Kemudian disini islam tidak mengklaim tapi lagi2 berdasar pemaparan kitab2 yg tersebut diatas dan bukan butuh diakui tapi kitab2 diatas yg mengakuinya melalui pemaparan2 diatas...kitab adalah pedoman hidup untuk menuju tuhan melalui kebenaran2nya...tapi saya salut komen2 diatas bagus2 itu menandakan kesadaran spiritual generasi muda bertambah, apapun keyakinannya..kita tetap saudara..hidup pancasila, hidup NKRI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smua ada d kitab weda kdatangan yesus udah prnah d ramal kok d weda yesus sbenarnya mngajarkan ajaran dharma..Tpi yesus brkata aku adlah jln untuk umat mnusia biar bsa mnemuai bapak yg ada d sorga... anrtinya yesus adalah guru spertualitas dri ajaran krisna d sbut yohanes tuhan...yesus bilang akn ada nabi plsu... krena krisna mngetahui jman kali akan ada agama yg pslu adalah agama mlccha dharma....Itulah islam...

      Hapus
  46. Wah, asyik, nih. Sebagai awam dalam beragama, saya sangat menyukai gagasan-gagasan dalam tulisan ini. Terlepas dari konsep kaku atas kebenaran. Karena kebenaran yang kita percaya hari ini belum tentu kebenaran paling universal. Bisa jadi besok kita temui kebenaran-kebenaran baru untuk satu hal seperti ini. Hanya saja, menurut penalaran saya, antara Islam dan Hindhu tak perlu kiranya berdebat, karena satunya dinyatakan sebagai agama samawi (langit) dan satunya agama ardhi (bumi). Sebenarnya ini bukan benar-benar berbeda. Hanya titik awal tumbuhnya saja yang berbeda. Alangkah tak ada yang perlu didebatkan dari dua hal yang berangkat dari titik berbeda. Pandangan saya malah menduga, suatu hari nanti keduabya bertemu dan saling melengkapi. Menjadi manunggalnya agama langit dan bumi untuk Nusantara.

    Salam.

    BalasHapus
  47. Dg melihat ciri yg tertulis di kalky autar. Kalau dianggap bukan nabi muhammad trus siapa yg punya kemiripan yg sanga. Tinggal mau menerima kebenaran dr kalky autar apa tidak. Orang yahudi dan nasrani jg diberikan petunjuk adanya nabi muhammad tapi mereka mengingkari/melawan petunjuk tuhan

    BalasHapus
  48. Utk mendapatkan kesimpulan terbaik atas keyakinan apakah benar Nabi Muhammad Saw adalah nabi yg sesungguhnya ditunggu2 oleh ummat Hindu, sy usulkan sebaiknya unmat Hindu dan Parisada nya mengundang/mendatangkan Dr Zakir utk duduk berdiskusi menemukan kebenaran pendapatnya.

    BalasHapus
  49. Manusia ngg bisa jadi tuhan manusia yg mati ngg bisa hidup lagi tp manusia akan dibangkit lagi to mempertanggung jawabkan perbuatannya didunia. Wasalam

    BalasHapus
  50. Manusia yg mengenal tuhannya Dan menjauhkan hatinya Dari dunia dia bisa melihat dunia ini sebesar bola basket ,kelereng, pentol korek API bahkan tdk sama sekali tergantung ke imanannya Dan berbuat apasaja yg ia inginkan Dan itupun atas kehendak-Nya,tetapi dia bukan tuhan

    BalasHapus
  51. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  52. Salam damai saudara Budi Cakepane. Memang mayoritas muslim tdk percaya dg Reinkarnasi.. ini perbedaan yg sangat fundamental yg tdk ada titik temu antara Hindu dan Islam Mainstream.. tapi saya hanya ingin anda tahu.. bahwa ada sbagian kecil muslim yg percaya dg reinkarnasi.. QS Yaasiin 68.... salam damai..

    BalasHapus
  53. Trims, ingat sebelum/sesudah tidur, baru bangun, mandi, berpakaian, bernafas, bekerja dll. ingat TUHAN YANG MAHA ESA, biar agama tidak di KTP aja. hidup nkri

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum.. Salam damai buat temen2 smua.. Jujur sya suka diskusi sprt ini wlau dskusi mslah prbedaan keyakinan tp msih mengedepankan slogan santun dan damai....
    Mnanggpi artikel d ats ijinkn coment sdikit. Klw dlm ktab agama hindu mnyebutkn ciri2 nabi muhammad yg akn datang itu bsa msuk akal krna agm hindu dtang jauh lebih awaL dr islam..ajaran Islam datang sbgai pnerus dn penyempurna dr ajran sblumx yg dtrunkan tuhan mlalui pmbwa risalahx (nabi dan rasul), dn muhamad sbgai pmbwa risalah trakhir dr smua pndahulux.. Dn krena dya yg trakhir mka ajranx lbih universal bkan hnya trbtas pda suatu bngsa trtentu.. Dr comen d ats ad yg mnyebut klw inti / konsep ajaran islam dn hindu hmpir ad kesamaan, cma bedax adlh baground budayax.. Klw islam bahasax pke b arab klw hindu pke sansakerta. Jd kesimpulanx inti ajaran islam adlh pnerus dr inti ajaran hindu.. Cma klw ad prbedaan dlm agama hindu mngkin itu d ubah oleh pngikutx setelah pembawa agama hindu itu wafat sbagaimana halx dlm islam stlah nabi muhamad wafat bnyak prbedaan dlm pndapat dlm mnafsirkan agama islam itu sendiri dan bhkan perbedaan itu Ad yg jauh melenceng dr ajaran yg d bawa nabi muhamad sndr, tp kami sbg muslim klw sdah kya gtu kami kmbalikn pd al quran dan hadist dn ulama salaf.. Jd klw ad temen muslim yg blang klw agama hindu itu adlh agm islam sya rasa dlm diskusi lintas agama sprt ini bhsax kurang elok krn nma islam sndri brsal dr bhsa arab, Mungkin lbih baikx qta bilang klw ajran islam yg dbwa nabi muhamad itu adlh ajaran hindu versi penyempurnaanx, cma krena islam dtrunkan d arab mka bagrounx sdkit bnyak pke budaya arab.. Tp yg pnting bukan budaya arabx, tp isi dr ajran itu sndri..
    Slbihx mohon mf klw ad kekeliruan.. Sya hnya menyampaikan sja, tmen2 hindu prcaya atw tdak itu trletak pd keyakinan qta msing msing krn dlm al quran dsbutkn " agamaku agamaku, agamamu agamamu"
    SALAM NKRI.

    BalasHapus
  55. Pertama saya ucapkan agan org baik dlm berdiskusi... :)

    Saya muslim, dn hanya ingin mengartikan 5 pilar yg agan maksut :

    1.Brahman (Percaya akan adanya Tuhan)

    Ini sama ya qt jg percaya akan Tuhan.


    2.Atman (Percaya akan adanya Tuhan dalam setiap Mahluk ciptaannya)

    Kalau bahasa saya yg mengartikan, adalah semua mahluk ciptaanNya itu adalah perantara Tuhan. Contoh umumnya seperti yg biasa umat muslim qt dengar dilapangan, menghina mahluk Tuhan sama saja menghina Tuhan sebab Ialah yg menciptakan. Nah disini ada peran Tuhan di mahluk ciptaan Nya. Deal!


    3.Karma Phala (Percaya dengan adanya Hukum Sebab Akibat - Surga/Neraka)

    Ini jg sama ya, qt percaya akan adanya surga dn neraka.

    4.Samsara/Reinkarnasi (Percaya dengan adanya kehidupan kembali, akibat dari Karma Phala)

    Diislam sebenarnya bukan kata reinkarnasi, tapi akan dibangkitkan kembali di akhirat. Dan memang akan dibangkitkan kembali.

    5.Moksa (Percaya dengan lepas dari Hukum Karma maka Atma Akan bersatu dengan Brahman)

    Nah disini, setelah dosa2 qt terbayar dari siksaan api neraka, adalah surga tempatnya. (bersatu dgn brahman yg agan maksut)

    BalasHapus
  56. Terlepas dari benar tidaknya permasalahan ini itu tidaklah penting. Karna kita hanya berbicara tentang kemungkinan....

    Sebenarnya apa yang di ungkapkan sodara kita di atas sudah separuh benar, hanya saja berbeda arah pandang saja.

    Jadi perlu di luruskan agar tidak timbul perselisihan...

    Karna dalam agama islampun kami tidak dibebani secara mutlak untuk merujuk atau membuat kepastian mengenai hal hal yang tidak disebutkan dengan jelas dalam kitab suci kami baik mengenai para nabi ataupun kitab suci. Nah terkait dalam hal ini kami hanya diberi isyarat isyarat saja seperti firman Allah yang telah sodara tuliskan di atas tadi tanpa disebutkan nama kitab suci apa saja atau nabi dan rasul siapa saja.

    Yang jelas Kami hanya percaya dengan hak bahwa selain 25 nabi yang di sebutkan dalam kitab suci kami masih ada lagi para nabi dan rosul terdahulu yang tidak diceritakan kepada kami dan kami tidak berkewajiban mengetahuinya pula. Disini kami hanya yakin dengan hak bahwa nabi kami telah dikabarkan atau dinubuat pada kitab kitab suci terdahul yang nama kitabnya kami tidak diberi tahu maka kami juga tidak dibebankan untuk mengimaninya selain dari kitab kitab yang sudah jelas disebutkan namanya dalam kitab suci kami yaitu zabur, taurot dan injil.



    Bantahan di atas itu sangat tepat sekali sodaraku.

    Sodaraku hanya perlu separuh lagi saja untuk memahami tingkatan tingkatan keimanan. Kami menyebutnya tingkatan ketauhidan atau bisa di sebut tingkatan perjalanan kerohanian seseorang dalam memahami ke esaan tuhan.
    Semua bantahan yang sodara kita kemukakan tadi semuanya ada dalam islam di bahas sangat mendetail dengan tetap berkaidah tanpa menyekutukan tuhan dengan sesuatu apapun bahkan dengan yang sangat halus sekalipun.karna bagi kami tidak ada sesuatu apapu yang menyamai tuhan atau sebanding dengannya tidak dengan perumpamaan atau ibarat tidak dengan bentuk, benda, titik, garis, huruf, suara dll. Tidak pula dengan seluruh suasana dunia ini tidak dengan ruang dan waktu tidak dengan seluruh alam dan yang selain alam tidak dengan nama namanya bahkan tidak dengan do'a. Jika saya uraikan semuanya rasanya jari ini tidak cukup kuat untuk mencukupinya. Tuhan bukan siapa saja tuhan bukan apa saja dan apapun yang kau bayangkan atau kau fisualkan bukanlah dia. Telah ada ia dan tiada sesuatupun yang mengawalinya dan tiada sesuatupun besertanya dan kini dan selamanya ia tetap sebagaimana adanya.

    Jadi yang berbeda hanya secuil pemahaman yang sangat halus namun begitu mendalam maknanya dan begitu tinggi kesan yang di timbulkan, dalam hal ini perbedaannya yaitu bagaimana cara kita mengesakan tuhan....?

    Nah karna itu jika berkenan coba pelajarilah lebih jauh tingkat tingkat ketauhidan islam atau perjalanan rohani islam mengenai perhubungan kami dengan tuhan. Niscaya sodaraku tidak akan menemui kesilafan apapun mengenai persoalan rububiah kecuali cara kita memahami bagaimana mengesakan tuhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan mengenai pandangan sodara hindu kami menghargainya.

      Sebenarnya mengenai bantahan sodara percaya atau tida itu kembali pada diri anda sendiri, itu bukanlah masalah buat kami.

      Sodara mengakui atau tidak itu tidaklah berpaedah bagi kami.
      Yang terpenting bagi kami jelaslah kitab suci sodara berbanding lurus dengan kabar yang di ceritakan kitab suci kami yang telah sodara tulis sendiri di atas guna memperteguh keimanan kami.

      Kami bahkan sudah membenarkan kitab suci sodara mengenai hal ini yang sudah melamarkan kedatangan nabi kami.
      Dan kami mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya karna telah jelas dan terang penjelasan sodara kepada kami. Bertambah yakin dan teguhlah keimanan kami terhadap islam.

      Nah sudahlah jangan lagi di perpanjang perdebatan ini.
      Masing masing manusia punya keyakinan dan kita harus saling menghargai.

      Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.

      Jika ada salah kata mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya?

      Hapus
  57. Om Swastiastu. Semoga pikiran , perkataan dan perbuatan yang baik, datang dari segala penjuru....
    Saya adalah manusia yang dilahirkan dari seorang ibu dalam keluarga yang memeluk Agama Hindu. Saya mohon ijin untuk memberikan satu atau beberapa komentar terkaiat dengan diskusi ini, diskusi yang haus akan nilai spiritual bagi semua umat.
    Saya akan memberikan satu konsep untuk menggambarkan perdebatan dalam diskusi ini yakni konsep RWA BHINEDA. Rwa Bhineda yang jika ditilik dari arti katanya, Rwa = Dua, Bhineda = Yang Berbeda, bisa diterjemahkan sebagai dua hal berbeda dalam kehidupan yang selalu menjadi satu dan tak terpisahkan satu sama lain. Sesuatu yang jika ada, maka yang lainnya pasti akan selalu ada sebagai penyeimbangnya. Ada siang- ada malam. Ada sedih ada bahagia. Ada tua, ada muda. Ada utara, ada selatan. Ada positive, ada negative. Ada perbuatan baik, ada perbuatan jahat. Itulah yang dimaksudkan dengan Rwa Bhineda. Rwa Bhineda inilah yang menjadi dasar dari hukum keseimbangan. alam semesta.
    Berkaitan dengan konsep rwa bhineda, apakah keberadaan beraneka ragamnya agama, dapat dikatakan sebagai sesuatu hal yang berbeda tapi menjadi satu yang tak terpisahkan sebagai bentuk keseimbangan ? Jika ya,, maka begitu indahnya dunia ibarat pelangi yang memancarkan aneka warna tapi memberikan rasa keindahan... Salam damai saudaraku....salam NKRI
    Om Shanti Shanti shanti, OM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, dan jika Tuhan Yang Maha Kuasa menghendaki agar umat manusia menjadi 1 umat saja, tentu itu bukan hal yg sulit buat Tuhan tapi nyatanya Tuhan berkehendak lain. Bukan tanpa makna Tuhan berkehendak seperti itu.

      Hapus
  58. Salam damai, Tidak ada paksaan dlm hal kita berkeyakinan.
    Yg ingin saya tanyakan:"Jikalau misalnya di jaman sekarang Kalki Awatara muncul, apakah orang-orang akan mengenalinya?
    Bukan apa2, Saya tak ingin seperti Aswatama yg justru menentang Sri Khresna. Tak bisa kubayangkan jika seseorang tahu dia sedang berhadapan dengan Awatara tetapi justru berani menentangnya. Mulai hari ini mata saya harus jeli melihat "Penunggang Kuda Putih",

    BalasHapus
  59. peganglah kitab suci Wedha..kalian tidak akan tersesat..umat Hinddu yg percaya akan Kitab Bagawad Gita...pastilah akan menjumpai arah yang berbeda dengan tujuan awal dari Wedha...karna Wedha adalah yg tertinggi...dari kitab2 yg ada dalam agama Hindhu

    BalasHapus
  60. Maaf sebelumnya, apakah Anda merupakan ahli dalam agama? Agama apakah yang Anda anut? Bolehkah diceritakan tentang sejarah agama Anda? Dan kalau boleh tahu, siapakah manusia yang diciptakan pertama? Bagaimanakah sejarah penciptaannya? Dan menganut Agama apakah manusia pertama itu? Senang berdiskusi dengan Anda. Terima kasih :)

    BalasHapus