Google+

Ki Tambyak / Andanggala Pindah Ke Desa Jimbaran

Ki Tambyak adalah seorang abdi yang sangat setia dan mempunyai peran yang sangat diandalkan oleh warga Pemecutan. Pada awal terbentuknya Puri Pemecutan Ki Tambak selalu mengawal Kiyayi Jambe Pule dari sejak mohon anugrah di Pura Ulun Danu sampai dengan terbentukkan Puri Pemecutan.

Peran Ki Tambayak juga masih sangat diandalkan sebagai pengawal oleh Raja Raja Pemecutan setelahnya, sehingga Raja Badung memberikan maklumat bahwa Ki Tambyak tidak boleh dihukum mati seberapapun besar kesalahannya.


Pada jaman Pemerintahan Kiyayi Anglurah IV terjadilah suatu peristiwa dimana Ki Tambyak dianggap melakukan kesalahan sehingga Raja Pemecutan dengan berat hati terpaksa memindahkan Ki Tambyak dan seluruh warganya ke Desa Jimbaran.

Peristiwa tersebut bermula dari tugas Ki Tambyak sebagai Pengawal Raja, dimana Ki Tambyak selalu mencicipi hidangan untuk Raja terlebih dahulu sebelum hidangan tersebut diberikan kepada Raja. Maksud Ki Tambyak sebenarnya baik yaitu untuk melindungi Raja kalau ada orang yang bermaksud tidak baik dengan meracuni makanan sang Raja. Namun apabila ditinjau dari adat kesopanan maka hal tersebut menjadi kurang baik, karena Raja sebagai kepala pemerintahan menyantap sisa dari hidangan yang sudah dimakan terlebih dahulu oleh pengawalnya.

10 komentar:

  1. Osa jro, Ki Tambyak yg mana niki, tambyak zaman Kebo Iwa dgn raja Badahulu Sri Astasura Ratna Bumi Banten 1343, penjaga pos keamanan di kabupaten jimbaran, dan wafat setelah diserang oleh arya kenceng ,,, bukan ki tambyak jadi abdi di Puri Pemecutan beda waktu ratusan th ,, salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampura, beda niki jro.. niki ki tambyak di jamannya raja kesiman :D

      Hapus
    2. Kalau minta keseluruhan ceritanya bisa ten ngih?? Suksma

      Hapus
  2. OSA tyang mau ikut sharing..kebetulan tiyang pretisentana Tambyak...tambyak yang diceritakan diatas adalah keturunan tambyak dari kerjaan bali dulu..suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. osa... suksma nggih.. mohon masukannya..

      Hapus
    2. mewali tiang tambyak sane meneng ring jimbaran kedonganan

      Hapus
  3. Dimana dapat sumbernya yg tertuang di atas nika nggih.. mohon petunjuk

    BalasHapus
  4. Dalem Ireng berputra Pangeran Tambyak yg lahir di Watukaru,para Batur /abdi raja termasuk Pasek Kubayan,Pasek Bendesa serta Ki Ketut Bendesa menjadi pelayan Pangeran Tambyak.
    Kenapa cerita babad ini jadi terbalik.?
    Pangeran Tambyak melayani Ki Jamne Merik.?
    Pangeran Tambyak adalah keturunan Raja Majapahit yg menyelamatkan diri ke Bali dari trah Menak Sembar(Bukan trah, Sri Masula Masuli.)

    BalasHapus
  5. Maaf apakah ada sumbernya ya??boleh ttg tau, suksma

    BalasHapus