Google+

Apa itu Chakra?

Apa itu Chakra?

Chakra atau yang lebih dikenal dengan sebutan cakra adalah pusat-pusat energi spiritual/halus yang sejajar dengan Sushumnānāḍī dari sistem Kunḍalinī.
Chakra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “roda”, “gulungan”, dan “lingkaran”.

Cakra Sudarsana (Dewanagari: सुदर्शन चक्र; IAST: Sudarśana Cakra), dalam mitologi Hindu, adalah senjata berputar yang dahsyat berbentuk cakram dengan 108 gerigi tajam di tepinya. Senjata itu dimiliki oleh Dewa Wisnu, yakni Dewa penjaga semesta ini. Cakra Sudarsana tampak dibawa di tangan kanan belakangnya, di antara empat lengannya yang lain, masing-masing membawa sangkakala (tangan kiri belakang), gada (tangan kiri depan), dan bunga padma di tangan kanan depan. Menurut kitab Purana, Cakra Sudarsana adalah senjata penghancur yang tak terelakkan. Penggambaran Cakra Sudarsana bersama Wisnu juga berarti bahwa Wisnu adalah penjaga sekaligus penguasa surga dan benda angkasa. cakra juga diartikan sebagai simbol waktu dan perubahan, dimana setiap ciptaan terikat oleh hukum karma, waktu dan perubahan, bagaikan roda seperti itulah kehidupan.


chakra adalah pusat energi yang berputar, dan merupakan bagian tubuh esoterik yang sangat penting. Sebagaimana tubuh fisik memiliki organ vital, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal dan lain-lain. Maka tubuh esoterik juga memiliki organ vital yang disebut dengan chakra. Chakra adalah pusat-pusat energi dalam tubuh, tempat 72000 saluran-saluran energi (nadi) saling bersilangan. Chakra adalah pusat informasi, membantu kita mempersepsi segala sesuatu. Setiap chakra terhubung dengan bagian-bagian tubuh tertentu. Seperti halnya organ dalam tubuh fisik, cakra juga mempunyai bentuk, letak, dan fungsi yang bereda-beda. Chakra mengatur kesehatan tubuh kita secara fisik, emosi, spiritual.

Cakra adalah titik pusat energi yang ada di dalam tubuh bioplasmik manusia. Pengetahuan tentang cakra ini sebenarnya berasal dari timur. Negara-negara barat termasuk Eropa pada awalnya tidak menganut keyakinan ini, dengan kata lain mereka tidak percaya dengan adanya cakra. Namun seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, baik di bidang kesehatan, kedokteran modern atau bela diri, orang – orang barat mulai banyak yang setuju dengan konsep adanya titik cakra dalam tubuh manusia. Bahkan, mereka sudah menciptakan alat yang bisa melihat cakra dalam waktu yang sangat singkat. Cakra tidak lagi dilihat secara mata batin, tetapi benar-benar muncul dalam olah digital.

Cakra tidak terlihat dalam tubuh fisik. Kalau tubuh manusia dibedah, anda tidak akan menemukan bagian cakra. Mengapa ? Karena cakra letaknya ada pada tubuh bioplasmik.

Tubuh bioplasmik adalah cetakan tubuh fisik manusia, yang benar-benar menyerupai tubuh fisik. Ada kepala, lengan, kaki, badan, dan sebagainya. Disebut bio karena hidup, dan plasmik berasal dari istilah plasma. Plasma disini tidak sama dengan plasma darah. Plasma adalah istilah untuk menyebut bahan keempat dalam pembentukan suatu unsur fisika, selain padat, cair, dan gas. Wujud tubuh bioplasmik itulah yang muncul ke permukaan tubuh fisik manusia, dan kemudian disebut dengan aura.

Secara umum aspek-aspek penting cakra berhubungan dengan fungsi emosional kita. Kemarahan, kegelisahan, kekhawatiran, ketakutan, kesedihan, rasa keinginan yang berlebihan, banyaknya beban pikiran, semua itu menjadi faktor penghambat terbuka (aktifnya) cakra-cakra dalam fisik Anda. Sebaliknya, kebahagiaan, kedamaian, ketentraman, semangat adalah unsur perasaan yang mendukung terbuka/aktifnya Cakra Anda. Cakra yang terbuka memiliki banyak kelebihan dan manfaat, sebaliknya cakra yang masih tertutup atau belum sepenuhnya terbuka menyebabkan beberapa kelemahan dalam setiap diri pribadi.

Chakra berfungsi sebagai pusat keluar dan masuknya energi. Energi yang diserap dan disimpan oleh Cakra kemudiannya disebarkan ke seluruh tubuh badan kita yang memerlukannya.

Fungsi Chakra
  • Melepaskan, menyerap, mencerna, dan mendistribusikan prana ke seluruh tubuh.
  • Mengendalikan, memberikan energi, dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh fisik dan berbagai bagian tubuh serta organ secara benar.
  • Beberapa chakra merupakan tempat atau pusat kemampuan psikis. Pengaktifan beberapa chakra (pusat energi) tertentu dapat menghasilkan perkembangan beberapa kemampuan psikis tertentu. Misalnya, salah satu chakra yang termudah dan teraman untuk digiatkan adalah chakra tangan. Chakra tersebut terletak di bagian tengah telapak tangan. Dengan menggiatkan chakra tangan, seseorang mengembangkan kemampuan merasakan energi halus dan juga kemampuan merasakan aura luar, aura kesehatan, dan aura dalam. Hal ini dapat dicapai dengan secara teratur memusatkan perhatian ke bagian tengah telapak tangan.
Disebut chakra lantaran berbentuk seperti chakram. Dan dia berputar seperti baling-baling. Jumlah chakra di seluruh tubuh ada banyak sekali. Terlampau rumit bila harus di hapalkan satu persatu. Maka para master energi telah mengkategorikan menjadi 3 kelompok yang di sesuaikan dengan diameter chakra. Yaitu, chakra mayor (utama), chakra minor dan chakra mini.

chakra mayor merupakan pusat pusaran energi yang berdiameter sekitar 10 cm. Chakra mayor mengendalikan dan memberikan energi kepada organ vital dan organ utama pada tubuh fisik. Chakra mayor bekerja seperti pembangkit tenaga listrik yang mengalirkan energi ke organ utama. Seperti di alirkan ke jantung, sehingga dia selalu berdetak tanpa anda memintanya untuk berdetak. Jika pembangkit tenaga ini tidak berfungsi dengan benar, organ vital menjadi sakit atau berpenyakit karena mereka tidak mempunyai cukup energi prana untuk bekerja secara benar!

Chakra minor bergaris tengah sekitar 3-5 cm. Chakra mini bergaris tengah kurang dari 3cm. Chakra minor dan chakra mini mengendalikan dan memberikan energi kepada bagian tubuh fisik yang kurang penting. Dari banyaknya chakra yang ada, hanya chakra mayorlah yang wajib anda ketahui.

Dari ke tiga kategori tersebut yang paling penting untuk di ketahui adalah chakra mayor. Ada perbedaan pendapat, mengenai jumlah chakra mayor, diantaranya ada yang mengatakan jumlahnya hanya 7 chakra, Terdapat tujuh cakra utama Kundalini yang didistribusikan sepanjang saluran Tengah tersebut. Chakra-chakra tersebut memberikan energi spiritual/halus untuk fungsi organ-organ tubuh, pikiran dan intelek. Namun, mereka pada utamanya terkait dengan tubuh rohani seseorang. Nama cakra-cakra tersebut, dengan urutan dari atas ke bawah, adalah sebagai berikut:

NomorNama Sansekerta
dari cakra Kundalini
Nama barat
dari cakra Kundalini
7
Sahasrār-chakra
Cakra mahkota
6
Ādnyā-chakra
Cakra kening/ alis
5
Vishuddha-chakra
Cakra tenggorokan
4
Anāhat-chakra
Cakra jantung
3
Cakra pusar
2
Cakra sakralis
1
Cakra dasar

Di bawah ini adalah diagram representasi dari posisi berbagai chakra.
Diagram tentang posisi dari Chakra di dalam sistem Kundalini

Brahmarandhra adalah pembukaan-halus (saluran/kanal) di atas Sahasrar-chakra dari mana energi ilahi diterima. Proses Kundalini melewati Brahmarandhra menunjukkan orang yang telah maju secara spiritual bergabung dengan Tuhan YME. Brahmanandra juga merupakan pembukaan di mana orang yang telah maju secara spiritual keluar ketika meninggalkan tubuh mereka pada saat meninggal.

Jangan sia-siakan energi spiritual anda

Dengan melakukan latihan spiritual, seseorang mendapatkan energi spiritual. Jika kita menggunakan energi ini, misalnya dalam bentuk doa untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan duniawi maka energi spiritual tersebut akan habis. Alasan untuk hal ini adalah karena kita memanfaatkan energi spiritual kita untuk mengatur sesuatu bagi keuntungan duniawi. Oleh sebab itu, energi spiritual kita tidak digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan spiritual kita dan kita pun dapat mengalami kemunduran dalam spiritualitas. Kesulitan-kesulitan duniawi tidak ada akhirnya dan kebanyakan hal tersebut terjadi karena takdir kita. Dengan pertumbuhan spiritual, seseorang meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi takdir dan pada akhirnya dapat mengatasinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar