Google+

Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015

Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015

menyambung artikel sebelumnya "Dewasa Ayu Nganten - Hari Baik kawin di 2015" yang baru selesai 6 bulan saja yakni hanya bulan januari - juli 2015, melalui artikel ini "Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015" akan melengkapinya mulai Bulan Juli - Desember 2015.
semoga Artikel Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015 ini bisa menjadi masukan bagi semeton hindu yang ingin melangsungkan pernikahan.

seperti telah dipaparkan dalam artikel-artikel wariga dan dewas ayu sebelumnya, Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015 ini dibuat dengan menitik beratkan pada:
Hari baik - Tanggal dan pangelong - wuku - sasih
selain itu tyang abaikan untuk memberi ruang nafas untuk memilih dewasa ayu apabila ada kejadian memaksa untuk melangsungkan upacara pernikahan.

Pilihan Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015

untuk mempersingkat tulisan ini, mari kita bahas Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015 berikut ini:


Hari Baik Nikah di Bulan Juli 2015

pada bulan Juli 2015, secara perhitungan Kalender Bali Bulan Juli sudah termasuk Sasih Kasa (ala), ini merupakan salah satu sasih yang dihindari oleh masyarakat bali karena dipercayai akan berdampak kesedihan yang berkepanjangan akibat memiliki sentana (putra-putri) yang sakit-sakitan. sedangkan pada akhir Juli 2015 sudah memasuki Sasih Karo (ala) yang juga dihindari, karena puncak kesengsaraan ada di sasih karo ini. disamping itu, pada pertengahan Bulan Juli 2015 juga terdapat Wuku Dunggulan yang merupakan pantangan untuk melakukan Upacara Pernikahan yang serng disebut "Uncal Balung". disebut dmikian karena menurut kepercayaan, apabila melaksanakan upacara di sasih/dina Uncal Balung, keluarga yang melaksanakan upacara akan dirundung kesedihan karena sakit yang berkepanjangan serta pertengkaran yang lenimbulkan pendarahan. istilah uncal balung di identikan dengan menghancurkan tulang belulang. adi sangat teramat dihindari.
tetapi, apabila ada semeton bali ada yang kurang mau memahami makna dari dewasa ayu, biasanya lebih sering mengabaikan, maka pihak keluarga terpaksa tetap menjalankan Upacara Pernikahan. berikut ini beberapa pilihan Dewasa Ayu untuk melaksanakan Pernikahan di Tahun 2015;
  • 2 Juli 2015, Wrespati Paing Julungwangi, Pangelong 1 Sasih Kasa (ala), Pasah (ala).
  • 3 Juli 2015, Sukra Pon Julungwangi, Pangelong 2  Sasih Kasa (ala)
  • 8 Juli 2015, Buda Pon Sungsang, Pangelong 7 Sasih Kasa (ala)Carik Walanggati (ala), Titi Buwuk (ala)
  • 17 Juli 2015, Sukra Paing Dunggulan, Penanggal 1 Sasih Karo (ala), Was Penganten (ala), Uncal Balung (ala), Subacara (ayu)
  • 23 Juli 2015, Wrespati Pon Kuningan, Penanggal 7 Sasih Karo (ala), Pasah (ala)Carik Walanggati (ala)Uncal Balung (ala)Tanpa Guru (ala)

Hari Baik Nikah di Bulan Agustus 2015

secara umum, Bulan Agustus 2015 sudah masuk Sasih Karo (ala) merupakan Sasih yang dihindari karena dipercaya membawa kesengsaraan, baik pada Keluarga Kecil yang baru dibangun maupun Keluarga Purusa tempat diselenggarakannya Upacara Pernikahan. di Akhir Bulan Agustus merupakan Sasih Ketiga (ayu), merupakan Bulan yang ditunggu oleh calon Penganten, karena di Sasih Katiga ini diyakini akan memberi berkah pada keluarga yang akan dibangun, dan dikaruniai keturunan yang banyak. tetapi jangan lupa, bahwa bulan Agustus masih diliputi oleh sasih "Uncal Balung" jadi bulan agustus masih tetap dihindari walaupun sudah memasuki sasih katiga.
berikut ini pilihan tanggal yang bisa dilangsungkan upacara pernikahan:
  • 6 Agustus 2015, Wrespati Paing Medangsia, Pangelong 7 Sasih Karo (ala), Titi Buwuk (ala)Uncal Balung (ala),
  • 12 Agustus 2015, Buda Pon Pujut, Pangelong 13 Sasih Karo (ala)Rangda Tiga (ala)Titi Buwuk (ala)Uncal Balung (ala),
  • 10 Agustus 2015, Buda Klion Pahang, Penanggal 5 Sasih Katiga (ayu)Uncal Balung (ala)Rangda Tiga (ala)Pasah (ala),
  • 21 Agustus 2015, Sukra Paing Pahang, Penanggal 7 Sasih Katiga (ayu)Rangda Tiga (ala)
  • 24 Agustus 2015, Soma Klion Krulut, Penanggal 10 Sasih Katiga (ayu)Was Penganten (ala),
  • 27 Agustus 2015, Wrespati Pon Krulut, Penanggal 13 Sasih Katiga (ayu)Was Penganten (ala)Titi Buwuk (ala),

Hari Baik Nikah di Bulan September 2015

Bulan September 2015 merupakan Sasih Katiga (ayu) dimana dipercaya dapat diberi Keturunan yang sehat dan banyak, disamping itu di akhir Bulan September sudah memasuki Sasih Kapat (ayu) yang juga diyakini penuh berkah, dimana penganten akan selalu disayang serta dicintai masyarakat, diberikan rejeki lebih sehingga kemungkinan rejeki tersebut bisa di dermakan atau ditabung.
adapun pemilihan tanggal menikah yang baik diantaranya:
  • 3 September 2015, Wrespati Klion Merakih, Pangelong 5 Sasih Katiga (ayu)Pasah (ala),
  • 11 September 2015, Sukra Pon Tambir, Pangelong 13 Sasih Katiga (ayu), ingkel WONG (ala),
  • 14 September 2015, Soma Umanis Medangkungan, Penanggal 1 Sasih Kapat (ayu), Tanpa Guru (ala)
  • 23 September 2015, Buda Klion Matal, Penanggal 10 Sasih Kapat (ayu), Purwaning Dina (ala)
  • 30 September 2015, Buda Paing Uye, Pangelong 3 Sasih Kapat (ayu)

Hari Baik Nikah di Bulan Oktober 2015

Bulan Oktober 2015 merupakan Sasih Kapat (ayu) dan diakhir bulan memasuki Sasih Kalima  (ayu). kedua Sasih ini sangat baik untuk menyelenggarakan upacara Pernikahan, dimana menurut Lontar Wariga yang diyakini Umat Hindu Bali, Sasih Kapat bermakna rejeki dan kasih sayang sedangkan Sasih Kalima bermiliki arti kecukupan sandang pangan. itulah sebabnya, banyak orang bali yang melangsungkan pernikahan di bulan ini. tetapi kalau ditelusuri lebih mendetail, ada hal-hal tertentu yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan hari pernikahan di bulan Oktober. adapun hal yang waib dipertimbangkan, berkenaan dengan tanggal berikut ini:
  • 2 Oktober 2015, Sukra Wage Uye, Pangelong 5 Sasih Kapat (ayu), Kala jengking (ala)
  • 7 Oktober 2015, Buda Wage Menail, Pangelong 10 Sasih Kapat (ayu)Rangda Tiga (ala)Was Penganten (ala)
  • 14 Oktober 2015, Buda Umanis Prangbakat, Penanggal 2 Sasih Kalima (ayu)Rangda Tiga (ala)Carik Walanggati (ala)Subacara (ayu), Kamajaya (ayu).
  • 15 Oktober 2015, Wrespati Paing Prangbakat, Penanggal 3 Sasih Kalima (ayu)Rangda Tiga (ala)Carik Walanggati (ala)Titi Buwuk (ala),
  • 29 Oktober 2015, Wrespati Umanis Ugu, Pangelong 2 Sasih Kalima (ayu)
  • 30 Oktober 2015, Sukra Paing Ugu, Pangelong 3 Sasih Kalima (ayu)

Hari Baik Nikah di Bulan November 2015

November adalah Sasih Kalima (ayu) merupakan bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan, tetapi di akhir November sudah memasuki Sasih Kaenem (ala) yang dihindari, dikarenakan oleh kepercayaan bahwa sasih Kaenem ini berdampak pada pasangan yang menikah akan sering cekcok dan yang lebih parahnya bisa bercerai (janda/duda), baik akibat faktor internal maupun eksternal mereka.
berikut pertimbangan tanggah untuk Dewasa Ayu Nganten di Bulan November 2015:
  • 6 November 2015, Sukra Wage Wayang, Pangelong 10 Sasih Kalima (ayu)Carik Walanggati (ala)Pati-Pata (ala),
  • 12 November 2015, Wrespati Klion Kelawu, Penanggal 1 Sasih Kenam (ala)Carik Walanggati (ala)Tanpa Guru (ala)
  • 13 November 2015, Sukra Umanis Kelawu, Penanggal 2 Sasih Kenam (ala)Carik Walanggati (ala)Tanpa Guru (ala)Subacara (ayu), 
  • 16 November 2015, Soma Wage Dukut, Penanggal 5 Sasih Kenam (ala)Was Penganten (ala), Dina Jaya (ayu)
  • 18 November 2015, Buda Umanis Dukut, Penanggal 7 Sasih Kenam (ala)Was Penganten (ala)

Hari Baik Nikah di Bulan Desember 2015

Bulan desember sudah merupakan Sasih Kenam (ala) yang patut dihindari, tetapi di akhir Desember sudah memasuki Sasih Kapitu (ayu) merupakan Sasih Baik untuk melangsungkan pernikahan, dimana diyakini penganten akan panjang umur, awet saling mencintai.
adapun pemilihan tanggal baik untuk menikah di Bulan Desember 2015 diantaranya:
  • 11 Desember 2015, Sukra Wage Landep, Penanggal 1 Sasih Kapitu (ayu)Subacara (ayu), 
  • 17 Desember2015, Wrespati Klion Ukir, Penanggal 7 Sasih Kapitu (ayu)
  • 23 Desember 2015, Buda Umanis Kulantir, Penanggal 13 Sasih Kapitu (ayu), Pasah (ala)Titi Buwuk (ala), Sarik Agung (ala)
  • 28 Desember 2015, Soma Umanis Tolu, Pangelong 3 Sasih Kapitu (ayu)Was Penganten (ala)
  • 30 Desember 2015, Wrespati Wage Tolu, Pangelong 5 Sasih Kapitu (ayu)Was Penganten (ala)

satu catatan penting yang mungkin sebagai masukan. selain hindari hari yang berkonten "ala", tidak lupa perhatikan juga Pangelong-nya. karena secara aturan wariga, arti pangelong adalah "berkurang", sehingga apabila upacara pernikahan dilaksanakan di "pangelong" dampaknya adalah rasa bahagia akan makin lama makin menyusut.
baca juga:
demikian Hari Baik Nikah - Dewasa Ayu Nganten di Tahun 2015, semoga bermanfaat.

32 komentar:

  1. om swastyastu bli,,, tyang mau mlaksanakan pawiwahan antara tgl 14 september 2015 (amerta yoga tp ada raksasa nya) atau 16 september 2015 (kamajaya tp ingkel jejepan wong).... mana yg lebih baik tgl 14 atau 16 tsb? mohon penhelasannya. suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik untuk menghindari jejepan atau ingkel WONG...
      karena itu sudah pasti akan berbahaya :)

      Hapus
  2. diantara tanggal yang tertera di sasih kapat, tanggal 23 lah yang paling bagus, apakah benar begitu? ,mohon penjelasanya. suksma

    BalasHapus
  3. jadi bingung ga ada yang mulus sasih kapat ini.mungkin saya pilih tanggal 16 september(kamajaya)kalau tanggal 23 ada lebur awu...jadi bingung.masukanya dong bli...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampure wawu tyg mresidang menjawab komen duwe..
      indik tanggal2 punike:

      16 september 2015, buda pon medangkungan
      coba cermati tanggalnya, ditanggal tersebut ada jejepan WONG yang sangat dihindari oleh pemerhati padewasan... tetapi di sisilain terdapat subacara dan kamajaya yang sering ditunggu2 oleh pemerhati padewasan.... jadi ada sisi kurang lebihnya....

      23 setember 2015, buda klion matal
      kurangnya karena bertepatan dengan odalan gumi (purwaning dina), tetapi tanpa jejepan/ingkel WONG

      sekarang tergantung sulinggih pemuput saja, apabila beliau merestui, gunakanlah hari2 tersebut dan jangan lupa untuk membuatkan banten pemayuh dina-nya...
      semoga bermanfaat.

      Hapus
  4. Om swastyastu...tiang mau tanya.. di antara bulan juli dan augustus ,yang mana bulan yang lebih baik beserta tanggalnya...suksema...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl terpaksa... tyg lebih menyarankan 24 agustus 2015...
      nike paling aman

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. di tanggal 23 september tersebut bertepatan dengan kajeng kliwon, apakah tidak apa2?
    mohon pencerahan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tyang sudah ini purwaning dina.. nike ala...
      tapi di bulan september, hny tanggal2 itu saja yang boleh dilangsungaknya upacara pernikahan... apabila terpaksa, silahkan gunakan walau agak sedikit beresiko :)
      dumogi nemu rahayu..

      Hapus
    2. suksma balasan nya,
      wah tiang jadi agak ragu2 niki. susah2 gampang menentukan nya. berarti menurut jabaran tanggal di atas yang bulan september hanya tgl 30 saja yang tidak memiliki ALA nggih?
      namun dari jumlah sapta wara dan penanggal nya tidak sebaik tgl 23.

      tapi apakah risiko nya fatal atau tidak kalo tetap melangsungkan di tanggal 23?
      mohon pencerahan nya niki

      Hapus
    3. bila dibandingkan antara tangal 23 dan 30 sept, tyg lebih condong ke 23...
      dengan syarat, dirumah mempelai (penganten) tidak sedang melangsungkan upacara selain pernikahan, seperti odalan atau upacara lainnya...
      disamping nunas banten pebayuh dina untuk menutupi Ala dina tersebut..

      Hapus
    4. makasi balasan nya,
      tapi kalau dibandingkan dengan tgl 14 dgn 23 september yang mana menurut bli yang paling bagus?
      mohon masukan nya bli, suksma

      Hapus
  7. Swastiastu....
    tyang mau minta pertimbangan untuk hari baik pernikahan di bulan september 2015..untuk rencana awal tyang punya pilihan di tgl 4, 16, dan 25 september 2015..tyang masih bingung..jd tyang minta tlong untuk di berikan pertimbangan untuk hari baiknya...suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. tgl 4 sept... itu hari jumat legi... kl lihat harinya saja bagus... tpi saat itu ada pangelong 6, itu sangat dihindari oleh orang bali... karena ada efek kurang baik bagi yang mengasungkan pernikahan... jd pengaruhnya kpd pasangan penganten...

      tgl 16 sept... Rabu pon...ada 2 poin permasalahan yg dikandungnya... pertama "tanpa guru" yg nantinya berakibat pada anak yg dilahirkan durhaka pd org tua alias suka melawan ortunya... kedua, ada jejepan wong, biasanya akan terjadi masalah2 kecil yg malahan mengancam keberadaan keluarga..

      tgl 25 sept.. maslahnya cm 1... yaitu penanggal 12... itu juga sangat dihindari, krn akan berakibat pada pasangan mempelai...

      saran saya, pilihlah tanggal2 yg sy rekomendasikan diatas...
      TAPI pilih yang sedikit ada kata "ALA" karena itu artinya kurang baik...

      mungkin akan ada pertanyaan, kl sudah tau kurang bauk (Ala) knp msh juga direkomendasikan?
      itu karena kebutuhan...
      kadang org menikah ky dunia mau kiamat besok saja, alias suka nikah cepet2...
      itu tanggal-tanggal sy pilih dari bbrp tanggal yg terbaik, dan pilihan terbaik dr yg buruk.. yg paling sedikit resikonya...
      suksma... smoga dipahami...

      Hapus
  8. untuk melakukan resepsi pernikahan ,apakah dapat dilaksanakan secara bebas secara tanggal?
    maksud nya, tiang mau melaksankan adat nya di bulan september dan resepsi nya di tanggal yang berbeda, karena dilaksanakan di hotel, nah apakah sebaiknya perlu di barengi dgn hari baik yang tertera di atas atau acara resepsi boleh dilaksanakan tanggal secara bebas? tentu saja resepsinya dilaksanakan beberapa hari setelah acara adat.

    mohon pencerahan nya niki, suksma banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk resepsi pernikahan dipersilahkan... kalau bisa, disesuaikan dengan pati-urip sang purusa (suami). secara langsung pernikahan adat bali sudah selesai saat upacara mekalan-kalan (natab byakala) yang di natar rumah tersebut... mengenai upacara yg dipuput sulinggih, itu merupakan rangkaian lanjutan upacara yg sering disebut dengan mesakapan.

      jadi... selesai hal tersebut diberikan keleluasaan kpd keluarga...

      mengenai hari pati-urip, silahkan simak di artikel Tips Memulai Bisnis
      http://cakepane.blogspot.com/2015/06/tips-memulai-usaha-bisnis.html

      Hapus
    2. Antara tgl 24 agustus, 14 sept, dan 16 sept 2015 mna yg paling baik??serta apa saja dampak dari kekurangan tgl-tgl tsb?? Mohon pencerahannya. Suksma

      Hapus
  9. Saya rencana saya bulan desember antara tgl 11 dengan 17 mana yang lebih baik..saya lihat di kalender ala ayuning dewasenya tgl 11 berisi nuju pati, sedangkan tgl 17 berisi kliwon??

    BalasHapus
    Balasan
    1. om swastiastu...
      menrut pendapat tyg, 11 desember paling baik...
      karena apapun masalah patemon dewasanya, sudah disupat langsung oleh yang ngeker dewasa yaitu subacara...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Suksema bli....apakah ada kekurangannya d tanggal 11 desember??

      Hapus
  10. Om swastiastu
    Tiang rencana melangsukan upacara tanggal 2 oktober. Apa kekurangan dan kelebihanya.. mohon pencerahan . Suksma

    BalasHapus
    Balasan
    1. om swastiastu...
      indik padewasan sane sampun kasumanggemin, (hari baik yg sudah disepakati) apalagi sudah merupakan petunjuk atau mohon restu pada ida sulinggih, tentunya itulah tanggal yang terbaik...
      mengenai kelebihannya sudah pst ada, hny saja tyg sarankan untuk membuatkan juga banten bayuh anten, guna mengurangi efek dari pangelong tsb... hny nike yg bs tyg berikan sbg masukan...
      suksma

      Hapus
  11. om swastiastu, tiang mau nanya niki, diantara tanggal2 hari baik di bulan desember 2015 mana kira2 tanggal yang paling bagus melaksanakan pernikahan? suksma antuk galah

    BalasHapus
  12. Swastiastu.
    Tiang mau nikah di akhir bulan oktober atau awal november. Tiang minta saran tgl pernikahan yg baik di kedua bulan itu. Minta pencerahan nya? Baik dalam kekurangan nya mau pun kelebihan nya. Sukseme

    BalasHapus
  13. Swastiastu.
    Tiang mau nikah di akhir bulan oktober atau awal november. Tiang minta saran tgl pernikahan yg baik di kedua bulan itu. Minta pencerahan nya? Baik dalam kekurangan nya mau pun kelebihan nya. Sukseme

    BalasHapus
  14. Swastyastu bli, tiang jagi mataken yening ring tanggal 12 november punapi nke bli?

    BalasHapus
  15. Swastyastu
    mau tanya yang bagus untuk menikah dibulan desember 15 tgl berapa ya?

    BalasHapus
  16. Om Suastiastu,

    Tahun 2016 niki ring bulan Desember, tanggal napi sane bagus jagi ngelaksanaang pawiwahan?

    BalasHapus
  17. saya ingin menanyakan tanggal yang lebih baik untuk menikah, tanggal 27 agustus 2017 atau tanggal 21 oktober 2017? atau ada tanggal lain di bulan agustus - oktober yang bagus yang jatuh di hari minggu

    BalasHapus