Google+

Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita memiliki energi "prana" yang luar biasa, yang sering disebut juga dengan "tenaga dalam". Setiap manusia berpeluang untuk mempunyai tenaga dalam yang hebat, tentunya harus melalui latihan-latihan tertentu untuk membangkitkan cakra atau tenaga dalam tersebut.

Cara Belajar Tenaga Dalam Asli Bali dengan cepat diantaranya adalah dengan berlatih pernafasan. Dengan teknik pernafasan tertentu serta keinginan kuat untuk mempunyai tenaga dalam, maka kita dapat mengaktifkan tenaga inti dalam tubuh kita.

Latihan-latihan yang akan kita lakukan ini merupakan latihan yang hal terpenting dalam dasar tenaga dalam dasar kekuatan tenaga dalam dan ilmu terawangan.

Maka hendaknya dapat diperhatikan benera-benar dan tanpa kesalahan sama sekali didalama pelaksanaan nanti. semua ini akan memberikan banyak sekali faedah di dalam hidup kita. Cara melakukan adalah sebagai berikut :


Hari Baik / Dewasa Ayu Mulai Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

berikut ini pemilihan hari baik, yang digunakan untuk memulai mempelajari ilmu spiritual. adapun pemilihan dewasa ayu belajar tenaga dalam asli bali diantaranya:

  • Purnama
  • Kajeng Klion Enyitan (kajeng klion setelah tilem)
  • Subacara; Minggu tgl 3 dan 15; Senin tgl 3; Selasa tgl 2, 7 dan 8; Rabu tgl 2 dan 3; Kamis tgl 5; Jumat tgl 1, 2 dan 3; Sabtu tgl 4 dan 5
  • Kala Wisesa; Senin Pon Kulantir


Lakukan Panglukatan, memohon Restu Hyang Guru

sarananya:

  1. peras daksina
  2. bungkak kelapa gading
  3. ambengan (daun ilalang) 9 helai diikat dengan benang tridatu. 

haturkan di hadapan sanggah kemulan, mohon penglukatan dan bimbingan akan belajar tenaga dalam.
adapun mantra saat mohon penglukatan:
Ang ung mang, ung mang ang, mang ang ung, ang ah, ah ang, mang. (ucapkan 3x)
ucapkan permohonan untuk nunas penglukatan penyepuh raga serta mohon bimbingan belajar kawisesan.
kemudian tunas tirta bungkak kelapa (nyuh) gading tersebut; ketisang 3x, tunas minum 3x, raup 3x, sisanya untuk mengguyur kepala, usahakan air guyuran tirta kelapa gadingnya membasahi badan.

setelah itu barulah memulai latihan Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

Doa Pembuka / Mengawali Latihan Tenaga Dalam Asli Bali

sebelum latihan, jangan lupa haturkan canang sari dengan sebatang dupa di hadapan anda.
apabila Anda suka menggunakan Dupa Aroma Therapi, silahkan Gunakan Mantra:
Ong Ang Dupa Dipa Astra Ya Namah Swaha
Ong Rah Phat Astra Ya Namah Swaha
tetapi bila anda menggunakan Dupa Pasupati Ganda Sidhi, silahkan Tambahkan Matra berikut ini:
Ong Ang Hyang Ganda Siddhi Ya Namah Swaha
penggunaan dupa ini merupakan pemujaan kepada Dewa Agni, agar beliau berkenan membimbing saat latihan dan menetralisir energi yang kurang menguntungkan (black magic) yang mungkin akan mengganggu Anda sat latihan nanti.
lebih lanjut silahkan baca: Agnihotra versi Bali

Setelah itu ucapkan do'a pembuka, dengan tujuan agar latihan yang dilakukan bisa mencapai hasil yang maksimal dan bermanfaat kedepannya. lakukan sikap duduk dengan mudra Namaskara (cakupkan kedua tangan didepan dada), sambil mengucapkan mantra pembuka latihan. Do'a ini ditujukan kepada Dewata penjaga semsta yang dijadikan Gurudewa. adapun mantra mengawali latihan adalah"
Om Awighnamastu Namo Siddham
Om Siddhirastu Tat Astu
Om Namo Narayana
Om Saraswati Jaya
Om Namo Siwaya
Om Sri Guru Pasupati Ya Namah
Om Hrong Krong Siwa Astraraja Ya Namah
Om Hrang-hring Sah Paramasiwa Aditya Ya Namah Swaha
setelah itu barulah lakukan tahap-tahap berikutnya.

 

latihan Pemanasan Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

untuk latihan pemanasan, gunakan dengan melakukan Pranayama. Pranayama adalah pengaturan nafas keluar masuk paru-paru melalui lubang hidung dengan tujuan menyebarkan prana (energi) keseluruh tubuh.

  • Pada saat menarik nafas mengeluarkan suara So, dan 
  • Pada saat mengeluarkan nafas berbunyi Ham

Dalam bahasa Sansekerta So berarti energi kosmik, dan Ham berarti diri sendiri (saya). Ini berarti setiap detik manusia mengingat diri dan energi kosmik.
mantra "So - Ham" dapat diganti dengan mantra "Ang - Ah" yang artinya Ang (api) dan Ah (air), secara sepintas itu dimaksudkan 2 elemen pembentuk semesta (rwabhineda), ibu bapak pencipta semerta ini.
Pranayama terdiri dari :

  1. Puraka yaitu memasukkan nafas, 
  2. Kumbhaka yaitu menahan nafas, dan 
  3. Recaka yaitu mengeluarkan nafas. 
Puraka, kumbhaka dan recaka dilaksanakan pelan-pelan bertahap masing-masing dalam tujuh detik. Hitungan tujuh detik ini dimaksudkan untuk menguatkan kedudukan ketujuh cakra yang ada dalam tubuh manusia yaitu: muladhara yang terletak di pangkal tulang punggung diantara dubur dan kemaluan, svadishthana yang terletak diatas kemaluan, manipura yang terletak di pusar, anahata yang terletak di jantung, vishuddha yang terletak di leher, ajna yang terletak ditengah-tengah kedua mata, dan sahasrara yang terletak diubun-ubun.

lakukan pranayama sebanyak 7 kali putaran.
setelah itu baru lakukan latihan tahap berikut ini.

Cara Awal Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

  1. Pusatkan konsentrasi (dalam duduk bersila).
  2. tarik nafas dalam-dalam dengan perlahan kemudian hembuskan melalui mulut, lakukan 3x
  3. Mulut tertutup
  4. Tarik nafas pelan 4-7 hitungan (satu hitungan sama dengan satu detak jantung).
  5. Tahan nafas di perut, sebentar
  6. turnkan nafas anda kebawah perut, rasakan nafas turun ke arah bawah pusar (antara pusar dan kelamin), tahan selama 7 hitungan.
  7. Keluarkan nafas pelan-pelan,4-7 hitungan (harus sama hitungannya dengan saat menarik nafas).

lakukan nafas dengan relaks sesantai mungkin.
kemudian ulangi hingga 30 menit atau lebih. kerjakan latihan pernafasan seperti diatas setiap pagi dan sore hingga 30 hari. sangat dianjurkan memulai latihan di hari pertama setelah bulan "Tilem" atau "kajeng klion enyitan".
Keuntungan latihan pernafasan cara ke satu ini selain menghimpun “energi batin” atau tenaga dalam, kita akan tahan terhadap serangan masuk angin dan berbagai penyakit lainnya. Nafas kita akan kuat dan tubuh terasa lebih sehat dari semula.

Berikut ini Penjelasan Tehnik dan Sikap dalam Belajar Tenaga Dalam Asli Bali


Sikap Duduk

silahkan pilih 3 posisi duduk yoga meditasi berikut ini yang anda sukai:

Silasana
Silasana Kapalabhati (Bersila) 
Ini adalah posisi paling mudah dalam yoga. Duduk dilantai dengan sikap duduk bersila secara santai, tetapi posisi punggung harus lurus/tegap. Semua otot-otot dikendorkan. Posisi ini untuk melatih pernafasan, membersihkan paru-paru. Efek rileks akan terasa saat latihan posisi ini. Karena tubuh rileks, otot-otot yang kejang pun akan mengendur.

Padmasana
Padmasana, atau Kamalasana
merupakan sikap meditasi tradisional. sangat penting untuk pelatihan padmasana, meditasi tubuh bebas dan menjaga elastisitas normal dari otot-otot yang berhubungan dengan panggul dan ekstremitas bawah. Seperti kebanyakan yang dirasakan saat ini, orang-orang yang telah dibesarkan dalam budaya Barat yang kaku dan kurang fleksibel di kaki mereka dan tubuh yang lebih rendah. Ini harus diperbaiki untuk mengembalikan kekenyalan alami dari anggota badan. Padmasana mungkin pada awalnya agak sulit, tetapi dengan latihan teratur, pijat anggota badan dan tekad, dapat dicapai. Hindari ketegangan berlebihan dan jangan memaksa diri Anda ke dalam ini dengan tersentak kekerasan atau ketegangan kaki Anda. Ketika Anda siap untuk itu, tubuh Anda akan jatuh secara alami ke dalam postur yang diinginkan. padmasana ini dilakukan dengan cara duduk bersila dengan menempatkan tumit kaki kiri di atas paha kanan dan tumit kaki kanan ditaruh di atas paha kiri, atau lakukan sebaliknya. tegakkan badan, luruskan pungung dan kepala anda.

Padmasana ini merupakan sikap terpenting dibandingkan dengan sikap-sikap lainnya dan sangat baik sekali untuk bermeditasi. sehingga bila kita hanyut tertidur, tidak akan jatuh, Untuk latihan pernafasan dengan sikap ini sangat baik, karena mempunyai beberapa manfaat:
  1. Meningkatkan fungsi dari pernafasan,
  2. Menguatkan kosentrasi pikiran, dan
  3. Menghilangkan bungkuk badan.
  4. Membantu untuk melestarikan cairan penting dalam tubuh.
  5. Mencegah penyakit perut dan gangguan perempuan terhubung dengan organ reproduksi.
  6. Menciptakan ketenangan batin, membawa kedamaian, kesendirian dan umur panjang untuk praktisi 
Siddhasana
Ardha-Padmasana, atau Siddhasana
Dimulai dengan Padmasana, duduk di lantai dengan kaki terentang. taruh tumit kaki kiri diatas anus (antara anus dan kemaluan). Tekuk kaki kanan secara perlahan dan lipat pada dirinya sendiri, taruh tumit kanan diatas paha kiri anda. Jaga lutut ditekan ke tanah, kaki ketat terhadap paha, dan tekan tumit tegas terhadap margin depan atas tulang kemaluan sedikit di atas organ seks.
Untuk melengkapi pose ini, tahan tegak tubuh Anda, dengan leher lurus, dada busungkan ke depan dan perut ditarik ke dalam cukup. Memperbaiki mata Anda pada setiap objek di depan Anda, kemudian menutupnya.
letakkan tangan anda diatas lutut anda.

penguasaan atas asana ini membantu seseorang untuk memperoleh banyak kekuatan ilahi. Saat melakukan asana ini, Seseorang tidak harus memaksa tubuh. Sadarilah perasaan yang postur berkembang di berbagai bagian tubuh. Biarkan bergerak pikiran dengan gerakan tubuh. Tutup mata Anda dan rasa damai. Teks-teks kuno mengaitkan pose ini dengan damai. manfaat:

  • Praktek asana ini membantu dalam konsentrasi dan kejernihan pikiran.
  • Sikap ini meningkatkan memori, pencernaan dan fakultas pikiran.
  • Siddhasana ini bermanfaat untuk mereka yang menderita mimpi basah.

Sikap Tangan (mudra)

silahkan pilih sikap mudara yang anda sukai:
Gyan Mudra
Gyan Mudra (mudra pengetahuan)
sikap tangan dimana, letakkan tangan di atas lutut anda kemudian ujung telunjuk dan ujung ibu jari bertemu (menyatu) sedangkan jari yang lainnya dibiarkan terurai, lepas. lakukan mudra ini dengan santai, relaks.
manfaat dari gyan mudra ini adalah:

  1. Seperti namanya, mudra ini dimaksudkan untuk meningkatkan konsentrasi dan daya memori. 
  2. Mudra ini mempertajam kekuatan otak Anda. 
  3. Gyan Mudra memiliki kemampuan untuk menyembuhkan insomnia. 
  4. dengan praktek gyan mudra ini secara teratur untuk menyembuhkan diri sendiri dari semua gangguan mental dan psikologis seperti marah, stres, kecemasan atau bahkan depresi.

Shuni Mudra
Shuni Mudra
letakkan telapak tangan anda di atas lutut, dan lakukan sikap tangan, dimana ujung ibu jari bersentuhan dengan ujung jari tengah anda. sikap mudra ini dikatakan sangat ajaib dan tradisional. manfaat dari Shuni Mudra ini adalah:
  1. Shuni Mudra dapat meningkatkan ketenangan, kesabaran dan kearifan.
  2. mudra ini mencerminkan sikap fokus dan displin
  3. Mudra ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan kegelisahan pikiran, serta membangkitkan keadaan yang tertekan akibat kurangnya motivasi sehingga pencapaian tujuan hidup menjadi lebih mudah.
  4. mudra ini akan membantu anda menyadari keadaan anda saat ini sehingga dapat membuat suatu keadaan yang lebih baik.

Tahap lanjutan Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

Latihan pernafasan lanjutan ini adalah sebagai berikut :

  1. Duduk bersila seperti diatas.
  2. Tarik nafas lembut 7 hitungan
  3. Tahan nafas di perut, kemudian arahkan nafas di bawah pusar, tekan dengan pelan perlahan, kemudian tahan semaksimalnya  (semakin lama semakin baik) dan ucapkan mantra dalam hati "Om Ang Brahma Ngesam Ya Namah" . 
  4. Keluarkan nafas melalui hidung 7 hitungan.
  5. Ulangi hingga 11 kali putaran pernafasan. 
  6. Apabila latihan telah dirasa cukup, tutup dengan  ucapan mantra "Om Hrang-hring sah sarwanugraha Ya Namah, Om Dewa Suksma Paramacintya Ya Namah Swaha".
kerjakan setiap pagi dan sore hari berturut-turut, dan Ingat! gunakan pernafasan perut. dan lakukan selama 3 purnama atau 3 bulan.

lakukan uji kedalaman kekuatan anda dengan melakukan beberapa test kemampuan, salahsatunya dengan melakukan "Nerang Hujan" caranya bisa dibaca di "tips menjadi Pawang Hujan"

bila anda berhasil, maka basic tenanga dalam asli bali sudah anda pahami, sehingga dalam mempelajari kelanjutan dari Belajar Tenaga Dalam Asli Bali ini menjadi lebih besar kesempatannya. tetapi blia belum mampu, berarti ulangi latihan anda, baca ulang artikel ini dari atas, perhatikan pelan-pelan, mungkin ada hal yang semeton lewati.

setelah itu baru lanjutkan dengan Belajar Tenaga Dalam Spiritual Bali

Cara latihan pernafasan seperti diatas akan memperkuat stamina tubuh dan akan menghimpun tenaga dalam yang tinggi. Ingat selama latihan pernafasan jangan merokok. Juhilah asap rokok dan bebauan yang tidak sedap.
Nah, ada lagi suatu metode membangkitkan Tenaga Dalam yang luar biasa yaitu dengan Rajin Sembahyang, minimal 2 kali (pagi dan malam).

Intinya, Tata Cara Latihan Belajar Tenaga Dalam Asli Bali

  1. Awali dengan melakukan Persembahyangan, tuntunan Muspa silahkan Baca "Mantra Muspa"
  2. Cari Tempat yang Nyaman Untuk Latihan
  3. Ucapkan Do'a pembuka Latihan, dengan sikap tangan Namaskara (kedua tangan dicakupkan di depan dada) dengan mengucapkan "mantra Pembuka Latihan"
  4. Lakukan Tehnik Meditasi Tahap Awal (untuk 1 bulan pertama) dan Tahap Lanjutan (untuk 3 Bulan selanjutnya).
  5. Lakukan Latihan Minimal 30 Menit atau 11 kali putaran.
  6. Tutup Latihan dengan Do'a Penutup,
  7. selesai.

sebagai pengetahuan tambahan untuk memantapkan tahapan Belajar Tenaga Dalam Asli Bali ini, silahkan baca artikel-artikel berikut ini:

KEGUNAAN DARI LATIHAN PERNAFASAN

Secara medis, olah pernafasan akan membantu perkembangan gelembung sel paru-paru. Gelembung sel dalam paru-paru ini jumlahnya mencapai jutaan, andaikan bisa digelar bisa mencapai seluas lapangan bola. Paru-paru yang sakit jumlah gelembung selnya akan berkurang. Dengan olah pernafasan akan sangat membantu pemulihan jumlah gelembung sel paru-paru mencapai kondisi normal kembali. Di samping itu dengan latihan pernafasan yang rutin, emosi menjadi lebih stabil terkendali, sehingga orang yang bertabiat pemarah, iri hati, dengki, selalu berfikiran negatif, mudah tersinggung, akan menjadi lebih sabar, tenang, dan matang. Emosi menjadi lebih “cerdas dan dewasa”. Demikian juga penyakit yang ditimbukan oleh stress akan hilang dan berubah menjadi rasa percaya diri, ketentraman, dan kebahagiaan.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas materi pembelajarannya, mohon ijin untuk mempelajarinya.

    BalasHapus
  2. Suksma atas ilmunya, saya sangat mengharapkan bisa menguasainya, saya memohon ijin untuk menyalin dan mempelajarinya

    BalasHapus